Teman Anda Punya Anak Batita? Ini Dia 10 Kado Anak 2 Tahun Buat Anda yang Lagi Pusing Mikirin Hadiah! (2018)

Teman Anda Punya Anak Batita? Ini Dia 10 Kado Anak 2 Tahun Buat Anda yang Lagi Pusing Mikirin Hadiah! (2018)

Saat teman Anda yang jauh atau lama tak bertemu sudah punya anak berusia dua tahun, tentu ingin rasanya membelikan hadiah agar si kecil senang. Tapi kadang kesibukan membuat Anda susah mencari hadiah yang pas. Nah daripada pusing memikirkan kado anak 2 tahun, Anda bisa memilihnya dari daftar yang kami sediakan.

Inilah yang bisa Anda berikan untuk anak-anak di usia 2 tahun

Anak-anak yang masih berusia batita atau mungkin balita adalah masa-masa dimana mereka dengan mudah mempelajari sesuatu disekitar mereka. Pada masa inilah sebagai orang tua sekaligus sebagai orang terdekat mengajarkan hal baru pada anak-anak. Tak hanya mampu mempelajari sesuatu yang mereka lihat, tetapi anak-anak juga mudah mengingat hal-hal baru karena memori mereka masih belum terisi banyak hal. Untuk itu, sangat penting jika hal yang diajarkan pada anak-anak adalah sesuatu yang baik dan juga bermanfaat. Momen seperti ulang tahun mereka adalah momen yang tepat untuk memberikan sebuah hadiah ulang tahun yang mampu mengeksplor atau bahkan meningkatkan kemampuan motorik maupun kognitif anak-anak.

Untuk itu memilih kado anak 2 tahun harus benar-benar diperhatikan. Tak hanya menarik saat pertama dipandang tetapi juga harus mengedukasi dan meningkatkan daya tarik eksplorasi pada anak. Tidak jarang mencari hadiah ulang tahun untuk anak 2 tahun adalah hal yang susah-susah gampang. Ya, karena banyak sekali pilihan mainan yang mungkin dibutuhkan dari segi edukasi untuk anak-anak tetapi belum tentu suatu jenis mainan tertentu disukai oleh semua anak.

Tak hanya orang dewasa yang menunggu momen dimana usia mereka bertambah, anak-anak pun demikian. Mereka akan selalu menunggu hari dimana orang tua mereka menyiapkan sebuah pesta dimana akan ada kue di meja-meja, atau paling sederhananya orang tua dan kerabat terdekat mereka akan memberikan sebuah hadiah. Dan betapa menyenangkan jika ketika ia membuka kado yang sudah dia terima merupakan barang yang sangat ia inginkan atau barang yang menjadi kesenangannya. Nah, hadiah yang terbaik tentunya adalah hadiah yang bernilai edukatif untuk anak-anak pada usianya.

Tips mencari kado untuk anak 2 tahun

Jika anak-anak sudah memasuki usia 2 tahun, banyak sekali orang tua yang kuwalahan menjaga dan mengawasi anak-anak mereka. Karena seperti yang kita tahu, usia 2 tahun pada anak anak-anak mulai banyak dan aktif bergerak, mulai belajar berbicara dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi sehingga banyak orang tua yang pusing ketika anak mereka beranjak usia 2 tahun. Namun jika anak-anak diberikan mainan yang mengeluarkan suara atau bunyi-bunyian seperti play table, maupun mainan menyusun konstruksi bangunan seperti lego atau balok kayu, maka anak-anak akan sibuk dengan mainannya dan berhenti menimbulkan masalah untuk orang tua atau orang dewasa yang tengah mengawasi mereka.

Anak-anak di usia 2 tahun memiliki energi yang begitu banyak dan keingintahuan yang sangat tinggi. Hendaknya kita bisa memberikan hadiah atau sebuah mainan yang mampu menarik perhatiannya. Di usia tersebut anak-anak masih dalam proses meningkatkan kemampuan motoriknya dan senang memegang segala hal yang ada di dekatnya. Karenanya, hadiah yang pas untuk anak-anak usia 2 tahun adalah mainan yang mampu ia dorong, tarik atau ia bawa kemana-mana. Pada usia 2 tahun pun anak-anak banyak yang menggemari mainan yang mampu mengasah kemampuan berfikir mereka seperti puzzle maupun balok kayu. Tak hanya secara motorik dan berfikir, jika kita bisa memberikan hadiah berupa mainan yang tepat bagi anak-anak, bisa saja mainan tersebut dapat meningkatkan imajinasinya.

Salah satu profesor psikologi di Universitas Delaware, Dr. Roberta Golinkoff, mengungkapkan tentang bagaimana cara memilih mainan yang tepat, yang bisa kita buat sebagai kado untuk anak usia 2 tahun. Katanya, "Jangan pernah kita membuat batasan untuk mereka. Berikanlah sebuah mainan yang mampu berubah bentuk agar anak-anak mampu mempelajari hal-hal baru, memperluas imajinasi mereka, dan menciptakan sendiri kesenangan mereka".

Jika kita berfikir memberikan sebuah mainan yang hanya mampu menyenangkan dan menghibur anak-anak adalah hal yang tepat dilakukan, maka hal tersebut salah. Tak hanya menarik dan menyenangkan hati anak-anak saja, mainan yang baik adalah mainan yang mampu memberikan pengalaman baru, meningkatkan kemampuan anak, dan juga bermanfaat bagi anak-anak sesuai dengan usianya. Piano mainan, drum, crayon, plastisin, dan mainan lainnya adalah mainan yang tepat untuk anak usia 2 tahun karena tak hanya menyenangkan namun juga memberikan pengalaman baru ketika memainkannya.

Inspirasi kado anak 2 tahun

Multifunctional Art Desk 4 in 1

Sumber gambar www.pinterest.com

Pernahkah kita berfikir untuk memberikan sebuah kado meja belajar untuk anak-anak atau adik-adik kita? Atau memberikan sebuah papan mainan yang bisa bebas anak-anak coreti daripada mencoret-coret dinding? Kini ada sebuah mainan yang menggabungkan kedua benda tersebut, benda tersebut bernama Multifuctional Art Desk 4 in 1. Dengan meja belajar ini kita sudah mendapatkan sebuah meja belajar plus dengan papan tulis yang multifungsi dimana papan ini bisa coret-coret menggunakan spidol atau kapur karena bahan yang digunakan untuk papan ini adalah magnet.

Soal warna, para orang tua tidak perlu khawatir karena meja belajar multifungsi ini tidak hanya menyediakan satu warna saja, tersedia dalam 4 warna berbeda yang pasti akan menarik perhatian anak-anak. Dengan anak-anak menggunakan Multifunctional Art Desk 4 in 1 ini, mereka bisa tak hanya menulis tetapi juga melakukan aktivitas bermain-belajar mereka.

Untuk harga, cukup menyiapkan uang sebesar Rp. 115.000 sampai Rp. 400.000 saja Anda sudah bisa membawa pulang sebuah Multifuctional Art Desk 4 in 1.

Baca juga

Little Joy Box

Sumber gambar Lazada.co.id

Anak-anak yang masih berusia 2 tahun adalah masa-masa dimana mereka dengan mudah mempelajari sesuatu disekitar mereka. Pada masa inilah kesempatan sebagai orang tua maupun orang terdekat mengajarkan hal baru pada anak-anak. Tak hanya mampu meniru dengan mudah pada masa itu mereka juga mudah mengingat hal-hal baru yang baru mereka alami.

Untuk itu, memberikan sebuah kado mainan yang edukatif adalah langkah yang bisa diambil, contohnya saja Little Joy Box ini. Little Joy Box ini adalah sebuah mainan dimana terdapat benda menyerupai roda-roda mekanik yang jika roda-roda itu diputar akan menghasilkan berbagai suara melodi dan juga kerlip lampu yang indah. Jika Anda takut untuk membeli mainan ini karena takut anak-anak akan bosan, maka Anda tak perlu khawatir karena Little Joy Box ini memberikan 15 jenis permainan berbeda yang bisa dimainkan oleh anak-anak di rumah.

Anda dapat membeli Little Joy Box ini di situs-situs terpercaya dengan harga Rp. 225.000 hingga Rp. 300.000. Anda bukan saja sudah bisa memberikan mainan yang menyenangkan untuk anak-anak Anda tetapi juga mengembangkan imajinasi mereka dan melatih motorik serta sensorik mereka.

Learning Zebra Scooter

Sumber gambar alicebabyshop.com

Rasanya kurang sip jika kita hanya memberikan sebuah kado ulang tahun atau mainan untuk anak 2 tahun yang hanya bisa dimainkan di dalam rumah. Anak-anak tersebut juga perlu bermain diluar rumah. Sepeda atau scooter adalah pilihan yang tepat untuk diberikan pada anak-anak agar mereka mau bermain diluar rumah.

Dengan Learning Zebra Scooter akan anda mendapatkan scooter sekaligus bisa digunakan sebagai sepeda oleh anak-anak. Mainan ini akan sangat menyenangkan dan menghibur bagi anak-anak. Learning Zebra Scooter ini membuat anak bisa bermain sambil belajar. Warna yang menarik dan melodi yang indah membuat mainan ini dapat merangsang anak untuk belajar berjalan, mendorong, dan menjaga keseimbangan, sehingga meningkatkan kemampuan koordinasi pada anak.

Leraning Zebra Scooter dari brand Vtech ini bisa didapat seharga Rp. 865.000 sampai Rp. 1.000.000. Meski terbilang tidak murah, tapi dengan Learning Zebra Scooter, Anda sudah mendapat sepeda, scooter, juga benda yang dapat didorong-dorong oleh anak usia 2 tahun.

Puzzle Timbul Shape

Sumber gambar www.mainananakonline.com

Jika Anda ingin membelikan kado berupa puzzle namun bosan dengan bentuk dan model puzzle konvensional, maka Anda tidak perlu risau karena ada sebuah puzzle yang beda dari yang lain. Puzzle Timbul Shape adalah puzzle yang tak hanya menantang anak-anak untuk bisa menyelesaikan permainan, tetapi juga akan mengenalkan anak pada warna dan bentuk-bentuk dasar seperti lingkaran, persegi, segitiga, dan bentuk-bentuk lainnya.

Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan puzzle ini adalah triplek dengan ketebalan 9 mm, biji dari MDF (Medium Density Board) 12 mm yang halus dan kuat dengan dikombinasikan dengan warna-warna solid. Harga dari Puzzle Timbul Shape ini juga terjangkau yakni mulai dari Rp. 45.000 hingga Rp. 96.000.

Piano Mainan

Sumber gambar www.kidipal.com

Tak hanya benda-benda yang berbentuk unik dan memiliki warna yang cerah yang mampu menarik perhatian anak-anak, musik atau suara-suara yang baru didengar oleh anak juga bisa menarik perhatiannya. Musik atau suara adalah salah satu obyek yang mampu memberi rangsangan dan dampak yang baik untuk perkembangan anak.

Untuk itu orang tua direkomendasikan untuk memberikan mainan atau kado dimana mampu mengembangkan kemampuan kognitif salah satunya yang mampu menghasilkan suara atau musik bagi anak usia 2 hingga 5 tahun. Mungkin drum bisa menjadi pilihan karena pemakaian yang mudah untuk anak-anak yakni hanya dengan cara dipukul. Namun, Anda juga bisa mempertimbangkan piano mainan. Tak hanya bisa memperkenalkan berbagai bunyi-bunyian yang dikeluarkan oleh setiap tuts-tutsnya, piano mainan juga dapat melatih motorik halus dan mampu mengasah minat bakatnya di dunia musik sejak usia dini.

Dengan harga dari Rp. 50.000 hingga Rp. 160.000 kita sudah bisa membawa pulang sebuah piano mainan tergantung seberapa besar ukuran yang kita inginkan.

Puzzle Angka

Sumber gambar kidipal.com

Di jaman yang sudah maju seperti sekarang, banyak sekali pilihan-pilihan varian mainan edukasi untuk anak usia 2 tahun. Sebut saja puzzle. Dulu, puzzle hanyalah permainan dimana menghubungkan satu potongan dengan potongan lain agar membentuk sebuah gambar tertentu. Kini karena makin berkembangnya jaman, banyak sekali produsen mainan anak-anak yang menciptakan inovasi-inovasi agar konsumen mereka tidak bosan dengan hanya mainan yang biasa. Selain puzzle timbul shape seperti daftar di atas, salah satu varian lainnya lagi adalah puzzle huruf dan angka ini.

Puzzle huruf dan angka ini tak hanya menantang anak-anak tetapi juga bisa sebagai media belajar mereka dalam mengenal angka dan huruf. Biasanya bahan yang digunakan untuk puzzle ini adalah kayu atau flanel. Mainan anak-anak memang harus terbuat dari bahan yang aman dan bersifat non toxic, apalagi mengingat anak usia 2 tahun senang sekali memasukkan apapun ke dalam mulut mereka. Selain sebagai media anak belajar, puzzle angka dan huruf ini juga bisa membantu melatih koordinasi antara tangan dan mata, serta meningkatkan ketrampilan motorik maupun kognitif anak.

Untuk bisa membawa pulang mainan ini, Anda cukup menyediakan uang sebesar Rp. 24.000 hingga Rp. 154.000 saja, tergantung kualitas bahan dan seberapa besar ukuran puzzle yang Anda inginkan.

El Hana First Busy Bag

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mungkin dari kita banyak yang kebingungan mencari kado atau mainan yang tepat untuk anak-anak usia 2 tahun karena produk yang ditawarkan sangat beragam. Jika kita membeli banyak mainan, selain sangat menguras dompet, juga tidak praktis karena mainan tersebut tidak berada dalam satu wadah. Nah, Busy Bag dari El Hana inilah jawabannya.

Busy Bag milik El Hana adalah sebuah produk mainan berupa tas yang didalamnya terdapat kurang lebih 6 mainan edukatif yang dapat mengasah motorik dan kognitif pada anak. Untuk anak usia 2 tahun El Hana membuat edisi khusus dengan nama El Hana First Busy Bag yang dapat dibeli dengan harga Rp. 60.000 saja. Berisikan 3 sorting mat (ABC, shape, dan color), 6 kartu contoh stik, 26 keping abjad, stik dan kancing aneka warna, 12 kartu bergambar buah, 4 kartu berhitung, 5 kartu catterpillar, 16 keping geometri, 4 jepit kayu serta eksklusif bag yang dikemas dalam El Hana Fisrt Busy Bag dari karton, Anda bisa memberikan satu set permainan lengkap secara langsung untuk si anak.

Permainan-permainan yang dipilih oleh El Hana dalam First Busy Bag-nya ini tak lain bertujuan untuk meningkatkan dan melatih beberapa kemampuan dasar yang bisa diajarkan kepada anak-anak usia 2 tahun seperti :

  • Mengenalkan huruf, angka, warna dan buah.
  • Melatih kemampuan anak dalam mengelompokkan dan memasang kembali suatu benda.
  • Melatih daya ingat dan konsentrasi anak.

Fun Doh

Jika Anda bingung ketika hendak membelikan mainan untuk anak 2 tahun, salah satu solusinya adalah lilin mainan yang seringkali disebut sebagai malam atau plastisin, bisa menjadi referensi anda para orang tua. Walau hanya sekedar plastisin, tetapi mainan ini bersifat edukatif dan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan anak-anak.

Fun Doh adalah mainan plastisin dimana dalam 1 paketnya terdapat plastisin dengan berbagai macam warna yang mampu dibentuk-bentuk sesuai dengan kreativitas anak-anak juga terdapat alat untuk mencetak plastisin tersebut menjadi bentuk tertentu. Fun Doh adalah mainan plastisin hasil dari inovasi plastisin biasa yang bisa kita temukan dengan mudah, karena mainan ini selain menawarkan plastisin dengan berbagai macam warna Fun Doh juga menawarkan alat cetak untuk plastisin dengan berbagai macam bentuk. Plastisin dari Fun Doh ini selain aman digunakan, tidak lengket, tidak beracun, tetapi juga bisa digunakan secara berulang karena jika plastisin dari Fun Doh ini mengering cukup ditambahkan dengan air secukupnya maka plastisin bisa digunakan kembali.

Selain melatih kreatifitas anak, plastisin dari Fun Doh ini juga bisa meningkatkan kekuatan jari-jari tangan anak dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Tetapi seaman apapun mainan yang dimainkan oleh anak-anak, mereka juga harus mendapat pengawasan dari orang dewasa ketika bermain. Terutama jika si anak suka memakan plastisin yang biasanya terasa asin tersebut.

Mainan Balok Geometri

Sebagian orang mungkin tahu permainan ini, namun sebagian lainnya bisa jadi baru mengenalnya. Balok Geometri ini hampir sama dengan balok susun, bedanya balok geometri memiliki tempat berupa media datar seperti papan yang berlubang sesuai dengan bentuk balok dimana balok-balok tersebut dapat dimasukkan ke dalam lubang tersebut. Balok-balok tersebut biasanya berbentuk kubus, persegi panjang, lingkaran, setengah lingkaran, oval, silinder, hingga piramida.

Permainan ini tak kalah mendidiknya untuk anak usia 2 tahun dengan permainan lainnya karena permainan ini mampu :

  • Mengenalkan berbagai macam bentuk 3D pada anak
  • Melatih koordinasi tangan dan pikiran mereka untuk bisa memasukkan balok-balok tersebut ke lubang yang sesuai
  • Meningkatkan imajinasi anak-anak.
  • Meningkatkan kekuatan jari dan tangan mereka ketika memegang sesuatu (melatih motorik halus)
  • Melatih anak-anak berfikir dalam menyelesaikan masalah ketika mereka memasukkan balok ke dalam lubang yang salah dan lain-lain.

Permainan balok geometri ini sendiri sangat bermacam-macam, ada yang berukuran besar dan kecil, ada yang memiliki jumlah yang banyak dan sedikit, ada yang memiliki bentuk balok yang komplek ada pula yang memiliki bentuk sederhana. Material yang digunakan dalam pembuatan mainan pun juga sangat beragam, ada yang terbuat dari kayu pinus dan MDF yang diwarnai dengan cat warna-warni, bahan-bahan yang digunakan sudah pasti sangat aman digunakan untuk anak-anak dan tidak beracun.

Untuk harga juga bervariasi mulai Rp. 60.000 hingga Rp. 250.000, tergantung balok geometri yang bagaimana yang kita ingin, kita sudah bisa membelikan untuk anak atau adik kita di rumah.

Balok Susun Edukatif

Beberapa orang sudah tahu dan mengenal permainan menyusun balok, dimana kita akan diberikan beberapa balok berbentuk persegi dan segitiga dengan berbagai ukuran dan tugas kita adalah membangun balok-balok tersebut hingga menjadi sebuah bangunan. Permainan menyusun balok ini pun sudah tidak diragukan lagi manfaatnya dalam memberi edukasi pada anak-anak khususnya usia 2 tahun.

Bagi para orang tua atau yang tengah bingung untuk mencarikan sebuah kado untuk anak-anak usia 2 tahun, balok susun edukatif bisa menjadi jalan keluarnya. Kalau kita takut balok susun edukatif ini hanya berwarna coklat seperti batang kayu, kini kita bisa menjumpai balok susun edukatif yang terbuat dari MDF atau kayu pinus dalam berbagai macam warna dan tersedia dalam berbagai macam tema seperti natural, balok truk, kereta, dan lain-lainnya. Permainan ini tak hanya melatih kognitif, motorik, dan meningkatkan imajinasi anak saja, tetapi anak akan mencari cara bagaimana mereka bisa menyusun balok-balok tersebut hingga membentuk sebuah bangunan. Kesenangan dan kepuasan anak akan terbayar jika ia mampu menyusun balok-balok tersebut sesuai dengan keinginan mereka. Dari permainan ini pun anak-anak akan belajar bersabar ketika balok yang mereka susun rubuh.

Biasanya balok susun edukatif ini dijual dengan harga Rp. 65.000 hingga Rp. 290.000. Tetapi jika kita mencari balok susun yang isinya lebih banyak dan lebih beraneka ragam bentuk serta ukurannya harga yang ditawarkan bisa mencapai Rp. 1.000.000 atau lebih.

From our editorial team

Hadiah yang bagus adalah hadiah yang sesuai

Anak usia dua tahun sudah mulai memilih-milih mainan yang ia suka. Karenanya, pastikan mainan yang Anda beli sesuai dengan contoh-contoh yang kami siapkan di atas. Daftar kado tersebut sudah terbukti pas untuk anak mulai daru usia 2 tahun ke atas. Selamat memberi kado yang terbaik!