Ingin Tahu Inpirasi Kado untuk Bayi 6 Bulan? Inilah Rekomendasi Lengkapnya! (2020)

Ingin Tahu Inpirasi Kado untuk Bayi 6 Bulan? Inilah Rekomendasi Lengkapnya! (2020)

Banyak pertimbangan saat Anda ingin memberikan kado untuk bayi 6 bulan agar kado tersebut pas dan bermanfaat buat si bayi. Harga, jenis kado, warna, ukuran, dan banyak hal lain untuk dipertimbangkan sering membuat pusing kepala saat memikirkannya. Nah, agar Anda tak lagi bingung, BP-Guide telah menyiapkan daftar kado yang cocok untuk bayi berusia 6 bulan untuk Anda!

Jangan Bingung Menentukan Kado untuk Bayi 6 Bulan

Memberikan kado sebagai ucapan selamat atas kelahiran si bayi tidak melulu diberikan sesaat setelah ia lahir. Banyak faktor yang kadang membuat Anda tak sempat menjenguk bayi setelah sesaat setelah ia lahir di rumah sakit. Bisa jadi Anda baru bisa menjenguknya beberapa hari setelahnya, beberapa minggu setelah si bayi pulang, atau bahkan beberapa bulan setelah hari kelahirannya!

Tak masalah kapan Anda berkunjung dan memberikan ucapan selamat serta memberikan kado untuk si bayi. Bagaimanapun juga, hal tersebut adalah perwujudan rasa ikut berbahagia dan dukungan moral untuk orang tua si bayi. Yang jadi masalah adalah, kadang Anda tak tahu kado apa yang cocok untuk si bayi setelah usia tertentu.

Apalagi saat si bayi sudah berumur 6 bulan dan Anda ingin menghadiahkan sesuatu, jika Anda belum pernah punya anak sebelumnya, maka bisa jadi Anda bingung menentukan apa yang akan Anda beli. Tapi tenang saja, Anda tak perlu khawatir sebab kami akan membantu Anda untuk memilih kado yang tepat bagi si bayi 6 bulan.

Satu hal yang perlu diingat saat memberi kado untuk bayi 6 bulan adalah Anda punya kebebasan untuk memilih apakan akan memberikannya pakaian, perlengkapan bayi, atau mainan. Ketiga jenis barang tersebut sudah jadi barang-barang yang lumrah diberikan pada bayi usia 6 bulan. Soal warna yang tepat untuk kado bayi tersebut, warna kuning dan hijau adalah warna netral jika Anda tidak ingin memberi warna pink yang feminin atau warna biru yang macho.

Kebanyakan bayi usia 6 bulan juga mulai diberikan makanan pendamping ASI. Orang tua si bayi akan mulai membutuhkan perlengkapan makan bayi, pengolah makanan, bahkan mungkin memerlukan baby chair jika si bayi sudah bisa duduk. Anda bisa kok membelikan salah satu kebutuhan si bayi tersebut sebagai kado. Tak perlu bingung sama sekali, bukan?

Tips Mempersiapkan Kado untuk Bayi 6 Bulan

Agar lebih afdol dalam menyiapkan kado untuk bayi 6 bulan dengan tepat, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Kebutuhan umum bayi 6 bulan
    Mengetahui hal-hal yang umumnya dibutuhkan oleh bayi 6 bulan bisa sangat membantu Anda untuk menentukan jenis kado yang akan Anda berikan. Si bayi mulai mengoptimalkan fungsi jari dan tangannya, jadi ia butuh mainan yang bisa membantu jari dan tangannya berlatih. Kebanyakan bayi 6 bulan juga sudah bisa duduk tanpa bersandar lagi. Bayi juga mulai belajar merangkak dan berguling. Benda-benda yang melindungi aktivitasnya sangat ia butuhkan. Penglihatannya juga sudah mulai jelas dan mulai memahami suara. Ia membutuhkan benda yang merangsang perkembangan kedua indera tersebut.
  • Dana yang disiapkan
    Tak perlu diperdebatkan lagi soal ini. Memberikan kado tentu harus sesuai dengan dana yang Anda siapkan. Tahan keinginan untuk membelikan kado di luar budget agar Anda tak kesulitan sendiri nantinya.
  • Keawetan barang
    Barang yang awet adalah kunci untuk membantu meringankan beban orang tua si bayi. Barang yang awet bisa digunakan lebih lama dan mengurangi pengeluaran.
  • Bertanya pada orang tua si bayi
    Kalau Anda ingin kado tidak sia-sia, pastikan saja apa yang dibutuhkan si bayi dengan bertanya pada orang tuanya. Cara ini efektif untuk menghindari membeli kado yang ternyata tak bermanfaat.
  • Kesukaan si bayi
    Selain sesuai kebutuhannya, Anda bisa memberi kado yang disukai si bayi. Apa kesukaannya? Tanyakan langsung pada ibu atau ayahnya.

Ide Kado untuk Bayi 6 Bulan

Baby Pushwalker

Belakangan ini, penggunaan baby walker sudah mulai ditinggalkan. Selain karena dianggap berbahaya buat si bayi, menurut penelitian-penelitian di luar negeri, baby walker juga terbukti menghambat tumbuh kembang si bayi sehingga di beberapa negara maju bahkan baby walker sudah dilarang. Nah, karena itu, kini hadir baby pushwalker untuk menggantikannya. Jadi, Anda bisa menggunakan baby pushwalker sebagai kado untuk bayi 6 bulan.

Desain struktur baby pushwalker memang ditujukan untuk bayi yang sudah bisa merangkak dan mulai belajar berdiri. Sebagai alat yang dirancang untuk merangsang si anak agar mampu berjalan, dalam menggunakan pushwalker, harus ada orang dewasa yang menemani. Berbeda dengan baby walker yang membuat orang tua terlena dan tak lagi mengawasi si bayi.

Saat menggunakan pushwalker, ibu atau ayah harus memandu sedikit demi sedikit agar si anak bisa berjalan sambil bertumpu pada pushwalker. Pastikan juga keamanan keadaan di sekeliling si bayi, termasuk rute berjalannya agar bersih dari halangan yang membuatnya jatuh.

Baby pushwalker recommended disediakan oleh Fischer Price, yaitu Musical Lion Walker. Pushwalker dengan hiasan kepala singa ini didominasi warna kuning cerah yang menghadirkan nuansa ceria buat si anak.

Tidak cuma itu saja, ada tambahan fitur mainan yang membuat si kecil bisa menghabiskan waktunya dengan pushwalker ini sepanjang hari. Cocok untuk anak umur 6 bulan hingga 3 tahun.

Harga Rp. 420.000-564.900

Jaket Bayi

Pakaian luar seperti jaket, sweater, atau cardigan akan melindungi anak dari angin dan cuaca dingin yang berlebihan. Apalagi yang dilengkapi hoodie, akan semakin baik untuk bayi.

Pakaian luar seperti ini juga cocok sebagai kado untuk bayi 6 bulan. Terlebih jika kedua orang tua si bayi sering bepergian dengan menggunakan motor, maka akan sangat tepat jika Anda memberikan sebuah jaket yang hangat dan awet.

Ketika memilih sebuah jaket untuk kado bayi, pilihlah jaket bayi yang bahan penyusun-nya berasal dari kain katun agar terasa lembut dan nyaman saat dipakai. Katun juga mudah menyerap keringat serta mudah dicuci. Sebaiknya Anda juga memilih jaket bayi yang mereknya sudah banyak dikenal orang dan teruji kualitasnya.

Jaket bayi dengan kualitas yang baik biasanya lebih awet daripada yang biasa. Tentunya jangan lupa memastikan ukurannya, apakah diperuntukkan untuk 6 bulan ke atas atau sebaliknya.

Harga Rp. 210.000-240.000

Musical Learning Table

Bayi berusia 6 bulan biasanya gemar mendengarkan beragam suara dan bunyi-bunyian. Tak salah jika Anda memilih Musical Learning Table sebagai kado yang bisa membantu si bayi mengembangkan indera pendengarannya dengan baik.

Saat ini, mainan Musical Learning Table sudah banyak di jual di toko bayi dan mall, dan jika Anda ingin varian model yang berbeda dan lebih banyak, Anda bisa mencoba mencari di online shop.

Hal yang perlu diingat saat membelikan Musical Learning Table ini adalah jangan membeli yang harganya terlalu murah. Terkadang, mainan dengan harga murah memiliki kualitas cat yang buruk, dan terbuat dari zat berbahaya.

Selain mempertimbangkan keamanannya, akan sangat baik pula jika Anda membeli mainan yang multifungsi agar selain bisa menstimulasi pendengaran, juga mampu melatih indera penglihatan dan motorik halusnya.

Mainan Musical Learning Table yang direkomendasikan adalah Ball 'n Shapes Musical Table dari WinFun. Mainan multifungsi ini terbuat dari bahan yang tidak berbahaya buat bayi dan berkualitas untuk memastikan keawetannya. Mainan ini cocok untuk bayi berusia tiga bulan ke atas dan tersedia dalam warna putih jingga biru.

Harga Rp. 535.000-545.000

Mainan Bayi Piano

Mainan bayi lainnya yang juga berhubungan dengan stimulasi indera pendengaran adalah mainan bayi piano. Melalui mainan ini, bayi akan diperkenalkan pada perspektif kehidupan baru berkat nada-nada yang timbul dari piano tersebut.

Variasi nada pada piano ini juga akan ditangkap oleh memori bayi sehingga ia bisa mengenal dunia lebih luas lagi. Meskipun bayi belum dapat memainkan piano ini, namun setiap saat tuts piano ditekan, ia akan tahu bahwa benda tersebut bisa berbunyi.

Orang tua bisa ikut bermain sambil bercerita dan memperkenalkan pada nada-nada tersebut. Walaupun pastinya si bayi belum mampu merespon dengan baik, namun dari situ ia akan belajar untuk mengenali nada piano sekaligus suara Anda.

Lagi-lagi Fischer Price jadi satu merek yang direkomendasikan agar si bayi bisa terstimulasi melalui suara. Lewat salah satu produk mainan piano bayinya yaitu Planet Kick & Play Piano. Didesain unik sebagai piano yang berbunyi jika diinjak-injak oleh bayi, tuts piano yang terbuat dari kain lembut ini sangat menyenangkan untuk si bayi.

Terdapat dua mode yang bisa dipilih yaitu mode single dan melody. Di mode single, nada akan berbunyi secara individual, sementara saat mode melody diaktifkan, musik akan bermain terus hingga satu buah lagu selesai dimainkan.

Harga Rp. 659.000-700.000

Baby Puzzle Ball

Sumber gambar www.tololearning.com

Bayi yang menginjak usia 6 bulan hingga 9 bulan sudah berkembang pesat dan mulai memperhatikan benda bergerak. Mereka menyukai segala sesuatu yang menggelinding, bergulir, dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Pula, mereka suka berinteraksi dengan benda-benda tersebut sebagai tanda kemampuannya mengeluarkan suara dan mengekspresikan sesuatu.

Saat seperti ini, baby puzzle ball bisa jadi kado untuk bayi 6 bulan yang tepat. Dengan mainan bola, bayi yang sudah merangkak akan mengejar-ngejar bola kemana ia suka. Ibu bayi juga bisa mengajarinya aktivitas berkeliling dengan menggelindingkan bola sesuai tempat yang di tuju. Nanti ketika bayi sudah semakin besar dan bisa menangkap bola, main lempar tangkap adalah hal yang menyenangkan!

Salah satu mainan yang direkomendasikan adalah Tolo Puzzle Ball yang berupa mainan rakit berbentuk bola. Selain bisa berfungsi penuh sebagai bola, Puzzle Ball ini juga bisa melatih anak untuk membongkar dan menyusun bola tersebut. Jadi, selain mendukung aktivitas si bayi, mainan bola ini juga merangsang perkembangan motorik halusnya.

Puzzle Ball dari Tolo ini juga didesain agar aman untuk anak, mulai dari bahan material pembuatnya yang bebas racun, hingga cat bebas bahan berbahaya saja yang digunakan. Anda bisa mendapatkan Tolo puzzle Ball di Orami seharga Rp. 202.900 saja.

Mainan Bayi Xylophone

Sama seperti mainan bayi piano, mainan bayi xylophone memiliki fungsi utama sebagai stimulan pendengaran si bayi. Dengan memukul xylophone, bayi akan tahu bahwa benda yang dipukulnya bisa mengeluarkan suara. Bahkan, bayi juga bisa belajar untuk mencari sumber suara di bagian mana ia sudah memukulnya.

Ibu bayi juga bisa membantu dengan ikut bermain dan menyanyikan lagu sederhana sambil membunyikan xylophone. Jika dimainkan sendiri, bayi akan belajar mengembangkan syaraf motoriknya dengan cara memukul-mukul xylophone yang berbunyi tersebut.

Barney Piano Xylophone dari Happytoon bisa jadi pilihan. Xylophone dengan empat tuts warna-warni ini cocok untuk bayi berusia 6 bulan karena ukuran tuts-nya yang besar dan jumlahnya hanya sedikit, memudahkan si bayi untuk memencet bagian mana yang ia suka dan menghafalkannya.

Harga Rp. 89.525

Mainan Bayi Ring Donat

Mainan klasik yang satu ini sepertinya wajib deh dimiliki oleh semua orang tua yang baru memiliki bayi. Mainan bayi ring donat yang terbuat dari plastik ini begitu populer sebagai mainan edukasi yang mengajari anak untuk menyusun satu demi satu ring donat warna-warni ke tiang yang sudah disediakan.

Meski sederhana, mainan ini ternyata efektif untuk mengasah otak anak, mengembangkan motoriknya dalam memegang benda, dan melatih visual anak untuk membedakan warna benda.

Bahkan lebih lanjut, mainan ini juga melatih kecerdasan kinestetik si bayi, yaitu kemampuan untuk mengoordinasikan mata dan motorik tangan.

Selain itu, mainan ring donat juga mengajar anak untuk memahami susunan dan aturan. Ring donatnya ada yang berukuran besar hingga kecil, jadi si anak harus memasukkan berdasarkan urutannya dari yang paling besar ke yang paling kecil.

Produk mainan ring donat yang direkomendasikan salah satunya adalah Baby O Ring Donat Kembang. Terbuat dari plastik aman untuk anak, bentuk ringnya yang seperti bunga membuat anak makin penasaran untuk memainkannya.

Warna-warni ringnya juga terlihat cerah agar si anak terlatih membedakan warna mana yang akan disusunnya terlebih dahulu. Di ujung tiang, pengunci berbentuk ayam lucu bisa dijadikan mainan juga oleh si kecil. Mainan ini juga telah dibuat sesuai dengan standar nasional Indonesia sehingga tak perlu khawatir akan kualitasnya

Harga Rp. 20.193-22.743

Celengan ATM

Tak ada kata terlalu dini untuk menabung. Bahkan untuk bayi yang baru berumur 6 bulan yang sudah bisa duduk atau merangkak, mainan celengan ATM sangat menarik untuk dijelajahi.

Tak hanya untuk dilihat, disentuh, dan dipegang-pegang, jika si bayi mulai diajari memasukkan uang ke dalam celengan, ia akan terdidik untuk rajin menabung hingga dewasa.

Mainan celengan yang recommended adalah Celengan ATM Mini bermotif Mickey Mouse. Didesain sebagai mainan yang unik, menarik, dan mengandung aspek interaktif, si kecil akan merasa senang jika terus menabung di celengan ATM ini.

Celengan mini ini terbuat dari bahan berkualitas, dengan bentuk yang menarik dan warna-warni cerah, si kecil akan betah memainkan dalam waktu lama.

Harga Rp. 128.500-140.000

Babble Phone

Merangsang perkembangan bahasa dan kemampuan berbicara anak sangat penting dalam tumbuh kembang si bayi. Jika dilakukan sejak dini, bayi akan berkembang lebih pesat dan sempurna.

Nah, untuk mendukung tumbuh kembang ini, salah satu jenis mainan yang berperan besar adalah mainan yang mengeluarkan suara berupa kata-kata atau kalimat.

Meski si bayi belum memahami kata-kata dan struktur kalimat, namun ia akan belajar menangkap bahwa suara yang ia dengarkan adalah sebuah cara berkomunikasi.

Untuk bayi berumur 6 bulan, mainan yang masuk kategori ini dan menarik untuk si bayi adalah Babble Phone. Babble Phone adalah mainan berbentuk handphone yang jika tombol-tombolnya ditekan, maka mainan tersebut akan mengeluarkan suara dan bahkan musik.

Dengan demikian bayi akan aktif menggunakan jari-jemarinya dan belajar mengembangkan motorik halusnya. Di sisi lain, ia juga akan belajar untuk memahami hukum sebab-akibat saat setiap kali ia menekan tombol, akan ada suara yang keluar.

Ada Silly Face Cell Phone dari Winfun. Produk yang satu ini adalah produk impor dengan kualitas tinggi yang ditujukan untuk bayi yang berusia beberapa bulan hingga satu tahun.

Wajah boneka lucu seperti badut yang jadi desain bentuk babble phone ini menarik hati anak-anak untuk segera menyentuh dan menekan-nekan tombolnya.

Harga Rp. 116.500

Bubble Gun

Berada di fase yang suka benda bergerak membuat bayi umur 6 bulan sangat tertarik dengan bubbles. Oleh sebab itu, bubble gun cocok jadi kado untuk bayi 6 bulan. Tak harus melulu memberikan si kecil mainan modern yang bekerja karena baterai, bubble gun menghadirkan citarasa permainan tradisional yang tak kalah dari permainan modern dalam hal membuat si anak tersenyum gembira.

Bubble gun juga membantu anak untuk mengoordinasikan gerakan tangan dan mata untuk mengikuti kemana arah terbang gelembung. Beberapa bulan ke depan jika si bayi sudah mulai besar dan bisa meniup, ia akan belajar untuk mengejar sembari meniup gelembung-gelembung tersebut demi kesenangannya. Mainan sederhana ini juga terbukti mampu merangsang tumbuh kembang bayi.

Jika Anda ingin memberikan kado bubble gun yang bebas ribet, coba saja Frog Bubble Machine yang diproduksi oleh ELC. Cukup mencelupkan mulut gun berbentuk kodok ini ke dalam cairan gelembung yang disediakan, si anak tinggal memencet pelatuk agar ratusan gelembung beterbangan di depannya. Kelebihan Frog Bubble Machine ini adalah desainnya yang mudah dan aman untuk anak di bawah 3 tahun.

Harga Rp. 87.000-104.000

Pesan Apa yang Disampaikan saat Memberikan Kado untuk Bayi 6 Bulan

Kado yang tepat dan disertai pembungkus yang menarik berarti Anda sudah siap untuk memberikan kado untuk bayi 6 bulan. Hanya satu yang belum, yaitu mempersiapkan ucapan yang terbaik untuk si bayi dan orang tuanya.

Berikut beberapa ucapan yang direkomendasikan jika Anda belum sempat memikirkan ucapan selamat buat si bayi:

  • Selamat atas kehadiran putra/putri Anda, semoga semakin bertambah kebahagiaan dan rahmat-Nya pada Anda sekeluarga.
  • Congratulations ya buat kehadiran Anak ... di tengah keluargamu. Semoga ia tumbuh jadi seseorang yang cantik/ganteng seperti kalian!
  • Kami ucapkan selamat buat kehadiran si kecil yang manis ini. Semoga segala anugerah dan berkat dari Allah SWT melingkupi si kecil beserta keluarga.

Terakhir, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat sebelum menjenguk. Pertama, carilah waktu yang pas agar tidak mengganggu istirahat si bayi dan orang tuanya. Bila perlu, tanyakan dahulu kapan Anda bisa berkunjung. Kedua, pastikan diri Anda sehat dan tidak sakit yang menular, apalagi flu. Ketiga, jangan lupa memberikan komentar atau kata-kata yang positif dan menyemangati si ibu dan bayinya serta keluarga. Hindari pernyataan yang menyudutkan dan menghakimi. Terakhir, sebaiknya Anda tidak mengambil foto diam-diam atau tanpa izin dari orang tuanya.

From our editorial team

Meski Terlambat, Kado dan Ucapan Doa Anda Tetap jadi Rasa Syukur

Memberi kado saat bayi berusia 6 bulan tetap berkesan buat si bayi dan keluarganya. Tak perlu ragu untuk memilih salah satu ide kado untuk bayi 6 bulan di atas. Biarkan kado yang Anda berikan secara tulus tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat buat tumbuh kembang si bayi, yang akan membuat orang tuanya makin bahagia.

Tag