10 Rekomendasi Rak Panci Terbaik untuk Koleksi Panci Lebih Rapi (2021)

10 Rekomendasi Rak Panci Terbaik untuk Koleksi Panci Lebih Rapi (2021)

Siapa sih yang tidak ingin dapurnya tampak rapi? Dapur yang rapi bikin siapa saja jadi betah berlama-lama di sana. Memasak, makan, bikin camilan, dan lain sebagainya jadi bisa lebih nyaman. Yuk, intip tips bikin dapur tampak lebih rapi. Selain itu, ada juga rekomendasi rak panci yang bikin koleksi panci kamu lebih tertata rapi dan lebih awet karena tidak tergores satu sama lain. Cek rekomendasinya dari BP-Guide!

Dapur Tertata Rapi Bikin Kita Betah Beraktivitas

Dapur merupakan salah satu area yang paling sering kita datangi. Selain untuk makan, area ini juga menjadi area untuk memasak aneka hidangan lezat yang dihadirkan untuk sekeluarga. Sayangnya, area dapur kadang terlihat berantakan dan tidak beraturan. Salah satu sebabnya adalah karena terlalu banyak barang dan karena kita tidak menatanya dengan benar.

Dapur yang rapi dan bersih bikin kita jadi lebih betah beraktivitas. Selain itu ada juga banyak manfaat yang kamu dapatkan dari dapur yang tertata bersih. Salah satunya adalah kita bisa lebih hemat uang. Jika dapur tertata rapi, kita jadi tahu perlengkapan dapur apa saja yang kita miliki. Dengan begini, kita tidak perlu lagi membeli alat dapur yang sama. Seringkali, kita tidak bisa menemukan alat yang kita butuhkan saat dapur berantakan. Hasilnya, kita jadi sering alat dapur yang sama karena kesulitan mencarinya atau karena sudah lupa pernah memilikinya.

Manfaat lain dari dapur rapi adalah bisa menghemat waktu saat memasak. Karena dapur sudah rapi, kamu jadi mudah menemukan peralatan masak yang kamu inginkan. Kamu tak perlu lagi bingung mencarinya dimana karena penataan yang rapi bikin peralatan masak mudah terlihat.

Dapur yang rapi juga bikin kita jadi lebih mudah saat hendak membersihkannya. Tidak perlu membersihkan banyak peralatan dan juga tidak perlu membenahi terlalu banyak karena sedari awal sudah dirapikan sehingga kita hanya perlu membereskan yang baru saja kita pakai saja.

Tips Menata Dapur agar Lebih Rapi

Simpan Sesuai Jenisnya

Simpan peralatan dapurmu sesuai dengan jenisnya. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa lebih mudah menemukan peralatan dapur yang diinginkan. Selain itu, kesannya dapur juga bisa tertata lebih rapi dan lebih bersih. Kamu bisa meletakkan di satu rak khusus. Misalnya ada rak khusus panci, rak khusus sendok, garpu, dan pisau, rak piring, dan lain sebagainya.

Manfaatkan Area Dinding

Jika kamu memiliki dapur ukuran kecil, bukan masalah. Dapurmu tetap bisa terlihat rapi meski peralatan dapur kamu sangat banyak. Manfaatkan saja area dinding untuk menyimpan peralatan dapur. Kamu bisa pilih rak gantung atau wadah yang bisa dipasang di dinding. Dengan begini, beberapa peralatan dapur seperti panci, sendok, sutil, dan lainnya bisa kamu tata di area tersebut.

Sediakan Tempat Sampah

Agar dapur senantiasa rapi dan bersih, jangan lupa untuk meletakkan tempat sampah di dapur. Pilih tempat sampah yang ukurannya cukup besar sehingga bisa menampung banyak sampah di dapur. Selain itu, dengan ukuran keranjang sampah yang agak besar, kamu bisa menghemat plastik pelapis sebelum membuang sampah.

Untuk tempat sampah area dapur, pastikan memilih yang sudah dilengkapi tutup ya. Tempat sampah dengan tutup bisa bikin kamu lebih nyaman beraktivitas di dapur karena bau sampah tidak akan mengganggu dan juga tidak akan ada serangga yang mengotori dapur karena tertarik bau sampah.

Gunakan Rak Panci untuk Koleksi Panci

Salah satu benda dapur yang paling banyak menyita ruang adalah panci. Kita butuh aneka panci untuk memasak. Ukuran panci juga beragam, ada yang kecil, sedang, hingga besar. Jika tidak pandai menatanya, panci-panci koleksi kita bisa menghabiskan banyak tempat di dapur.

Nah, solusinya adalah kamu bisa gunakan rak panci. Ada banyak tipe rak panci. Kamu bisa pilih rak panci bawah wastafel jika ingin menghemat tempat. Panci semacam ini bisa kamu letakkan di bawah wastafel sehingga kamu tidak butuh space lainnya.

Cara hemat tempat lainnya adalah dengan memakai rak panci model gantung. Ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki area dapur yang luas. Kamu tinggal pasang saja di tembok sehingga lebih mudah terjangkau. Rak panci semacam ini juga lebih terjangkau harganya.

Pastikan kamu juga memilih bahan rak panci dengan baik. Jika ingin yang tahan lama, anti karat, dan kokoh, kamu boleh pilih bahan stainless steel. Nah, jika ingin yang murah, kamu bisa pilih bahan plastik. Rak plastik juga lebih ringan jadi mudah dipindahkan. Untuk kamu yang ingin kesan estetik dan tradisional bisa pilih rak bahan kayu.

Ini Loh Pilihan Rak Panci yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Olla Hom - Rak Dapur Rak Lantai Panci Kokoh dan Kuat Multifungsi Bertingkat 3

Olla Hom - Rak Dapur Rak Lantai Panci Kokoh dan Kuat Multifungsi Bertingkat 3 adalah rekomendasi pertama kami. Rak terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh, tahan karat, dan bisa tahan lama digunakan. Rak bisa menahan beban hingga 240 kg. Ada garansi 10 tahun untuk produk ini.

Desainnya bisa memudahkan kamu untuk mengambil barang dan lainnya. Raknya bertingkat sehingga bisa muat lebih banyak. Ada varian 3 susun dan 4 susun.

Harga Rp. 599.000-1.311.900

Angola Rak Dapur E15/E26

Angola Rak Dapur E15/E26 adalah rak susun yang bisa kamu gunakan untuk menata perlengkapan dapur. Letakkan saja panci, wajan, teflon, dan lainnya di sana. Dapur kamu jadi bisa lebih tampak rapi, hemat ruang, dan kamu juga bisa lebih mudah mencari perlengkapan dapur yang kamu butuhkan.

Rak terbuat dari bahan stainless yang tebal. Kapasitas raknya juga besar dengan jarak antar tingkat yang lebar sehingga bisa muat peralatan dapur dengan ukuran besar sekalipun. Rak hadir dengan penyambung plastik yang bahannya tebal dan tidak mudah pecah. Ada ukuran 2 tingkat yakni 42 x 35 x 50 cm. Ada juga ukuran 4 tingkat 43 x 36 x 94 cm.

Harga Rp. 48.000-133.000

Megam Rak HRK103

Megam Rak HRK103 adalah rak susun yang bisa kamu gunakan untuk aneka barang dapur. Cocok untuk panci, wajan, teflon, microwave, dan lainnya. Desainnya simpel namun tampak elegan dan mewah. Ini cocok untuk rumah modern atau minimalis.

Terbuat dari bahan tebal dan kokoh, produknya antikarat jadi tahan lama digunakan. Rak mudah dirakit dan tinggi rak juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Desainnya multi layer jadi bisa muat banyak. Ada banyak pilihan warna yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 49.900-164.900

Angola Rak Panci Bawah Wastafel E14

Angola Rak Panci Bawah Wastafel E14 merupakan rak panci serbaguna. Kamu bisa meletakkanya di bawah wastafel atau bisa juga di area dapur mana saja. Produk ini bisa dipakai menyimpan panci, bumbu dapur, wajan, teflon, dan lainnya.

Rak hadir dengan lubang di area tengah sehingga bisa memudahkan selang wastafel masuk. Ini tentu akan hemat tempat jika diletakkan di bawah wastafel. Rak terbuat dari bahan plastik PP yang dikombinasikan dengan stainless steel. Desain raknya modern dan bergaya eksklusif sehingga bisa membuat rumah tertata rapi dan tampak lebih indah.

Harga Rp. 73.000-123.000

ALOBON rak peralatan dapur serbaguna

ALOBON rak peralatan dapur serbaguna merupakan rak yang bisa kamu gunakan untuk meletakkan aneka peralatan dapur. Gunakan untuk tempat panci, teflon, rice cooker, dan lain sebagainya. Terbuat dari bahan stainless steel anti karat, produknya tahan lama digunakan. Koleksi panci kamu jadi lebih tertata rapi. Suasana dapur juga jadi lebih menyenangkan.

Ada ukuran 2 susun dengan tinggi 40 cm dan diameter 38 cm. Ada pula yang ukuran 4 susun dengan tinggi 80 cm dan diameter 38 cm. Lalu ada juga ukuran 5 susun dengan tinggi 105 cm dan diameter 38 cm.

Harga Rp. 105.000-285.000

Freemir Rak Panci Wajan Multifungsi

Freemir Rak Panci Wajan Multifungsi bisa kamu letakkan di ruang tamu, ruang belajar, kamar mandi, hingga dapur. Kamu bisa memakainya untuk aneka barang mulai dari buku, pajangan, koleksi tas, hingga koleksi panci. Produk ini bahannya tebal dan kokoh. Bahannya juga halus dan bebas karat sehingga tahan lama digunakan.

Desainnya kokoh jadi tidak mudah berubah bentuk. Produk akan dikirim dalam kondisi belum terakit. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena produk sangat mudah dirakit sendiri. Kamu bisa juga memakainya secara terpisah karena ketinggian partisi mudah disesuaikan.

Rak ini didesain multi layer sehingga bisa menyimpan lebih banyak. Bagian kakinya stabil dengan rangka yang tidak akan mudah tergelincir. Ukuran produk keseluruhan adalah 35.5 x 42 x 105 cm.

Harga Rp. 89.000-237.000

Dejavu Rak HRK105

Dejavu Rak HRK105 adalah rak multifungsi. Kamu bisa memakainya di kamar mandi atau dapur. Ada banyak varian tingkat yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Raknya bisa diputar 360 derajat sehingga lebih memudahkan kamu mengambil dan memasang produk yang kamu inginkan. Rak juga mudah untuk dipindahkan karena ada rodanya. Namun, tidak perlu takut karena rodanya bisa dikunci agar tidak tergelincir.

Terbuat dari bahan berkualitas, raknya bisa menahan beban yang berat. Produk ini bisa kamu gunakan untuk tempat panci, alat masak, ember, wajan, dan juga magic jar. Gunakan untuk menyimpan banyak barang karena spacenya luas.

Untuk rak yang 3 tingkat ukurannya 42 cm x 34 m x 72 cm. Rak yang 4 tingkat ukurannya 42 cm x 34 m x 91 cm. Dan rak 5 tingkat ukurannya 42 cm x 34 m x 112 cm.

Harga Rp. 85.000-255.000

Rak gantungan panci 80 cm

Rak gantungan panci 80 cm ini simpel dan sederhana. Kamu tinggal pasang saja di dinding di atas kompor atau di area dapur yang kamu inginkan. Dengan bentuk gantungan, tidak akan banyak space dapur yang terpakai. Terbuat dari bahan stainless steel, produk ini tahan lama digunakan dan tidak mudah berkarat. Ada 8 gantungan reel hooks S yang tersedia. Produk sudah dilengkapi dengan pisher dan scrub sehingga tinggal pasang saja.

Harga Rp. 112.000-152.000

ES Rak Segitiga Rak Peralatan Rumah Rak Serbaguna 6 Susun

ES Rak Segitiga Rak Peralatan Rumah Rak Serbaguna 6 Susun merupakan rak panci yang berkualitas tinggi. Kamu tidak perlu ragu membeli produk yang satu ini karena dijamin akan tahan lama digunakan. Koleksi panci kamu juga jadi lebih terawat dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

Kamu bisa memilih yang ukurannya 5 susun yakni 98 cm x 38 cm x 21 cm atau yang ukurannya 6 susun 119 cm x 38 cm x 21 cm. Tempatkan produk ini di sudut ruangan atau di area dapur yang kamu inginkan. Koleksi panci dan peralatan dapur jadi lebih rapi dan lebih mudah ditemukan dengan memakai produk yang satu ini.

Harga Rp. 119.000-560.000

AGB - AHW2105 Pantree Rak Panci Susun

AGB - AHW2105 Pantree Rak Panci Susun ini merupakan rekomendasi terakhir kami. Rak ini unik dan menarik karena desainnya memungkinkan kamu untuk lebih hemat tempat dalam menata koleksi pancimu. Panci juga lebih rapi dan lebih terlindungi sehingga tidak mudah bergesekan atau tergores dengan panci lainnya.

Lebar tatakan bawah rak pancinya adalah 30 x 30 x 30cm. Lebar tatakan tengah rak panci adalah 25 x 25 x 25cm. Lalu, lebar tatakan atasnya adalah 22 x 22 x 22cm. Ukuran tinggi raknya adalah 48 cm dengan diameter tatakan 15 cm. Produk terbuat dari plastik ABS sehingga tahan lama dan awet digunakan.

Harga Rp. 35.939-85.000
From our editorial team

Perhatikan Ukuran dan Jumlah Rak

Saat memilih rak panci, kamu wajib pertimbangkan ukuran raknya dan jumlah tingkatnya. Ukuran rak harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Jangan sampai ukuran rak terlalu besar dan memberi kesan sempit pada ruangan kamu. Jumlah tingkatnya juga wajib kamu pertimbangkan. Makin banyak jumlah tingkat rak maka makin banyak barang yang bisa kamu simpan di sana. Pertimbangkan juga tinggi tiap tingkat rak sebelum membeli. Hal ini supaya kamu bisa memastikan panci bisa masuk dengan mudah.