Lagi Ngetren, Ini 10 Rekomendasi Fashion Hijab Kemeja Kotak-kotak dan Padu Padan yang Paling Cocok untukmu (2020)

Lagi Ngetren, Ini 10 Rekomendasi Fashion Hijab Kemeja Kotak-kotak dan Padu Padan yang Paling Cocok untukmu (2020)

Untuk kamu yang berhijab, sudah tidak ada lagi istilahnya ketinggalan fashion terkini. Kemeja motif kotak-kotak kembali booming dan ngetren lagi nih di kalangan hijaber. Duh, jangan sampai ketinggalan rekomendasinya, ya. Yuk, langsung simak aja!

Pemakaian Kemeja Kotak-kotak bagi Hijaber Bisa Menghasilkan Gaya Preppy Look

Sumber gambar https://womantalk.com

Kemeja merupakan fashion item yang harus dimiliki oleh semua kalangan, pria maupun wanita, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebab, kemeja dapat digunakan ke berbagai jenis acara. Modelnya pun ada banyak sekali, mulai dari kemeja polos, batik, lurik, polkadot, hingga kotak-kotak.

Nah, kemeja motif kotak-kotak inilah yang sekarang sedang ngetren, terutama di kalangan para hijaber. Tampilannya yang simpel membuat kemeja kotak-kotak menciptakan gaya kasual yang cocok untuk kuliah sampai hangout.

Untuk membuat tampilan lebih menarik, ada berbagai cara untuk mengenakan kemeja kotak-kotak. Kamu tidak harus selalu bermain aman dengan menggunakan warna-warna netral. Kemeja kotak berwarna cerah akan memberikanmu penampilan yang tak kalah menarik, lho.

Dengan padu padan yang pas, kemeja kotak-kotak berwarna-warni ini akan menghasilkan preppy look, sebuah gaya yang terinspirasi dari penampilan para mahasiswa. Meski simpel, gaya kamu akan tetap terlihat chic.

Ternyata Tiap Pola Kotak-kotak Punya Nama Sendiri

Gingham

Sumber gambar https://www.hipwee.com/

Gingham merupakan istilah yang sering disebut untuk kain tenun ringan dengan motif kotak-kotak berwarna putih dan warna kuat lain. Kain ini sudah ada bahkan sejak abad ke-18. Motifnya yang sangat sederhana membuat kain ini cocok untuk dibuat menjadi berbagai jenis pakaian dari dress hingga celana, juga berbagai aksesoris dari sepatu hingga tas.

Hal yang menarik, sebelum akhirnya menjadi kain yang banyak dipakai pada kemeja, kain gingham ini awalnya adalah sebuah kain template yang digunakan untuk merancang busana. Kain ini biasanya digunakan untuk fitting sebelum akhirnya dibuat busana dengan bahan yang sebenarnya diinginkan.

Dalam bahasa Melayu, gingham sendiri artinya "bergaris". Namun, sejarah gingham lebih jauh daripada itu. Gingham merupakan kata serapan dari nama Guingamp, sebuah kota kecil di Perancis yang menciptakan kain motif tersebut. Tidak hanya Guingamp, masih di Perancis, kota kecil lain bernama Vichy juga mengklaim menciptakan kain motif ini.

Tartan

Sumber gambar https://www.idntimes.com

Kain tartan merupakan kain dengan motif tradisional Skotlandia. Motifnya memang identik dengan seragam atau penutup bawahan dari negara tersebut. Kain motif ini sudah ada sejak abad ke-16. Jika Indonesia punya Hari Batik Nasional, Skotlandia juga punya National Tartan Day yang diperingati setiap tanggal 6 April.

Awalnya, kain tartan –yang disebut juga kain plain– identik sebagai busana untuk pria. Namun kini, tartan sudah menjadi motif uniseks tanpa batasan gender, usia, lokasi, bahkan tren. Jika kamu masih sulit membayangkan seperti apa motif tartan, motifnya mirip seperti sarung dengan pilihan warna yang lebih beragam.

Madras

Sumber gambar https://beautynesia.id

Madras merupakan kain dengan motif garis vertikal dan horizontal yang malang melintang sebagai pembatas bentuk kotak-kotak. Dengan demikian, tercipta motif yang lebih bold dan punya banyak kombinasi warna. Motif ini sempat menjadi sangat populer di Indonesia beberapa waktu lalu karena digunakan oleh salah satu calon presiden waktu itu yang kini sudah menjadi presiden, yaitu Bapak Joko Widodo.

Kain motif madras memiliki sejarah yang cukup panjang. Awalnya, kain ini berasal dari Madrasrapatnam, sebuah desa nelayan kecil di India. Pada tahun 1612, kapal dagang Belanda mendarat di kawasan ini khusus untuk pencarian pasokan bahan pakaian. Kemudian diikuti oleh kapal dagang Inggris, East India Company, dengan tujuan yang sama.

Singkat cerita, awak kapal dagang tersebut menemukan kain jenis long cloath dan morrees yang dibuat dari kapas biru. Setelah itu, kain ini mulai populer di Inggris. Pada tahun 1718, Gubernur Madras yang bernama Elihu Yale mengirimkan pakaian bermotif madras sebagai sumbangan untuk mahasiswa Collegiate School of Connecticur (sekarang Yale University). Sejak itulah, kain motif ini populer di Amerika hingga akhirnya mendunia.

Tattersall

Tattersall merupakan motif dengan pola kotak-kotak yang memiliki fitur spasi atau ruang yang tipis secara teratur. Garis vertikalnya diulang-ulang secara horizontal untuk membentuk kotak-kotak tersebut.

Biasanya, garis tersebut terdiri lebih dari satu warna dengan latar belakang berwarna terang. Dengan menggunakan kemeja bermotif tattersall, kamu akan mendapatkan penampilan yang kasual dengan sentuhan klasik yang cantik.

Ini yang Harus Diperhatikan saat Kamu Memilih Kemeja Kotak-kotak

Motif Kotak-kotaknya

Sumber gambar https://www.qupas.id/

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan saat memilih kemeja motif kotak-kotak adalah menentukan ukuran motif kotaknya. Jika kamu memiliki tubuh yang ramping, motif kotak yang besar akan membuat tubuhmu terlihat lebih berisi.

Sebaliknya, jika tubuhmu berisi, motif kotak-kotak berukuran kecil akan memberikan kesan tubuh yang lebih ramping. Motif kotak besar, apalagi dengan warna cerah, lebih cocok untuk dipakai saat menghadiri acara-acara santai karena memberikan look yang kasual.

Sedangkan motif kotak dengan garis halus akan memberikan kesan formal, sehingga lebih cocok dipakai saat bekerja ataupun menghadiri pesta.

Amati Ketebalan Garisnya

Sebenarnya, tidak ada yang salah jika kamu berani untuk bereksperimen dengan penampilanmu menggunakan kemeja kotak-kotak. Namun, tetap saja ada hal-hal yang harus kamu perhatikan karena garis pada kemeja kotak-kotak pun turut mempengaruhi penampilan kamu.

Garis tipis akan membuat ilusi bentuk tubuh yang lebih ramping, oleh karena itu garis ini cocok untuk kamu yang memiliki tubuh berisi. Sedangkan garis yang lebih tebal akan memberi kesan tubuh lebih berisi, sehingga tepat untuk kamu yang memiliki tubuh kurus.

Sesuaikan Warna Kemeja Sesuai Acara dan Kebutuhan

Paduan kemeja kotak-kotak yang kurang pas akan membuat kemeja justru terlihat seperti piyama. Parahnya lagi, jika kemejamu justru terlihat seperti taplak meja ataupun kain sarung. Oleh karena itu, pilihlah baik-baik warna dan motif kemeja.

Supaya aman, pilihlah kemeja dengan motif kotak-kotak berukuran kecil atau yang tidak terlalu mencolok. Agar lebih feminin, padukan kemeja kotak-kotak dengan rok lebar warna hitam dan permanis tampilanmu dengan flat shoes warna senada.

Model Kerah yang Cocok dengan Bentuk Wajah

Model kerah seringkali diabaikan ketika sedang memilih busana. Padahal, model kerah ini juga salah satu yang berperan besar dalam penampilan kita. Model kerah yang tepat akan menonjolkan bentuk wajah dan membuat tubuh kita terlihat lebih seimbang.

Ada dua model kerah yang sering kita temui, yakni model kerah lancip dan melebar. Model kerah lancip cocok untuk wajah bulat, sedangkan model kerah yang melebar cocok untuk kamu yang punya bentuk wajah panjang.

10 Rekomendasi Kemeja Kotak-kotak untuk Hijaber

Atasan O-Neck Lengan Panjang Model Longgar Casual Motif Kotak untuk Wanita

Atasan bermotif kotak-kotak adalah fashion item yang mudah dipadukan dengan bawahan jenis apa pun, termasuk atasan kotak-kotak yang satu ini. Kamu bisa memadukannya dengan celana jeans hingga rok.

Dengan bahan poliester, membuat kamu nyaman mengenakannya seharian. Sehingga kemeja ini cocok untuk dipakai belanja, bersantai, hingga liburan. Desain kerahnya berbentuk bulat dan jenis lengannya merupakan lengan panjang.

Tak ada salahnya jika kamu gunakan sendiri ataupun sebagai outer dengan dalaman kaus polos. Ada tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih, yaitu kuning, merah, atau hitam.

Harga Rp. 85.490-166.100

Atasan Monalisa Kotak Sabiyan

Nah, kemeja kotak-kotak yang satu ini akan memberikan penampilan yang sedikit berbeda di tampilan kasualmu. Tidak seperti kemeja kotak-kotak pada umumnya, kemeja monokrom ini sangat cocok dijadikan outer dengan dalaman warna polos.

Terbuat dari kain wolfis premium membuat kemeja yang satu ini terasa lembut dan adem saat digunakan. Tidak hanya untuk kamu yang berhijab, kamu yang non-hijab pun cocok untuk menggunakan busana yang satu ini. Kemeja ini akan memberikan penampilan yang simpel, super nyaman, namun tetap anggun.

Harga Rp. 29.500-65.000

Baju Atasan Kemeja Kotak Transparan Wanita Korea Import

Model kemeja yang satu ini sering disebut sebagai model kemeja Korea. Tampilannya memang agak transparan, sehingga biasanya kemeja ini digunakan sebagai outer.

Terbuat dari bahan cotton yang adem dan terasa halus di kulit, tidak mudah menimbulkan alergi. Kemeja ini terdiri dari dua pilihan warna, yaitu pink dan hijau.

Kamu bisa memadukannya dengan dalaman dan sneakers berwarna netral, seperti hitam atau putih. Untuk ukurannya sendiri, kemeja ini menawarkan 3 jenis ukuran yaitu Small, Medium, dan Large.

Harga Rp. 117.000-170.000

Kemeja Lengan Panjang Casual Model Longgar Motif Kotak-Kotak

Karena warnanya netral, yaitu hitam, kemeja ini sangat praktis untuk dipadukan dengan fashion item lainnya.

Untuk tampilan yang lebih kasual, padukan dengan celana jeans atau celana chino. Sedangkan untuk tampilan yang lebih formal, kamu bisa memadukannya dengan rok dan gunakan untuk pergi ke kantor.

Apalagi bahannya terbuat dari poliester yang memang nyaman digunakan seharian. Kemeja ini memiliki model lengan panjang, namun lengan tersebut bisa dilipat untuk memberikan tampilan yang berbeda. Kamu bisa tampil dengan tema 90’s saat mengenakan kemeja model ini. Ukuran yang tersedia adalah M, L, XL, dan XXL.

Harga Rp. 108.000-187.000

Atasan Wanita Kotak Kotak Jihan YourFashion

Kemeja motif gingham dikenal sebagai motif khas super panas karena warna-warnanya yang cerah dan berani. Kemeja ini akan memberikan tampilan yang lebih ceria pada penampilan kamu secara keseluruhan.

Oleh karena itu, jika memakai kemeja ini, kuncinya ada di kepercayaan dirimu! Semakin ceria suasana hatimu, maka semakin bagus kemeja ini untuk kamu kenakan.

Kemeja dengan satu ukuran fit to XL ini sangat cocok dipadukan dengan bawahan berwarna putih. Simpel dan sama sekali nggak ribet, namun memberikan tampilan yang chic dan sangat manis. Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu merah, hijau, abu-abu, dan cokelat susu.

Harga Rp. 82.080-108.720

Sumber Fashion Baju Atasan Wanita Blazer Bercys Kotak-kotak

Jenis kemeja yang satu ini berbahan katun dengan kualitas yang sangat bagus. Cocok digunakan untuk tampilan formal maupun kasual, tinggal bagaimana kamu memadukan dengan fashion item lainnya.

Kemeja ini tidak hanya memberikanmu tampilan yang stylish dan tidak berlebihan, namun juga nuansa klasik yang kental. Apalagi jika kamu kenakan sebagai outer. Ukuran yang tersedia hanya satu yaitu all size fit to L. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba jenis kemeja yang satu ini.

Harga Rp. 52.600-75.000

Monocrome Shirt - Noni Hijab / Sale on Hijab / Kemeja Kotak

Rekomendasi kemeja selanjutnya memiliki empat pilihan warna, yaitu putih, hitam, navy, dan mocca. Dengan pilihan warna-warna netral, kemeja ini mudah dipadukan dengan fashion item apa pun.

Uniknya, model kemeja yang satu ini cocok untuk ibu menyusui karena memang dirancang agar busui friendly. Bahannya terbuat dari kain wolfis tebal dengan satu ukuran fit to L. Terasa adem sekali saat dipakai.

Kamu bisa memadukan kemeja ini dengan outfit warna netral lainnya atau beranikan diri untuk mengeksplor penampilan dengan memadukannya bersama hijab atau sneakers berwarna cerah ataupun pastel.

Harga Rp. 46.100-82.900

Baju Atasan Kemeja Kotak Wanita Blouse Korea Import AB635536

Kemeja yang satu ini cocok untuk kamu dengan postur tubuh super ramping. Sebab, motif kotak-kotaknya memiliki ukuran yang super besar, sehingga akan sangat membantumu terlihat lebih berisi.

Motif seperti ini dikenal juga dengan nama checkered pattern karena warnanya hitam dan putih dan ukuran kotaknya yang sangat besar, persis seperti papan catur. Checkered pattern sudah ada sejak abad ke-18 di Inggris.

Motif ini pertama kali diproduksi di Manchester dan disukai oleh banyak orang. Hingga saat ini motifnya juga masih digemari untuk memberikan penampilan yang simpel namun tetap modis.

Kamu bisa memadukan kemeja yang satu ini dengan boyfriend jeans ataupun skinny jeans. Jangan lupa juga gunakan sling bag agar penampilanmu lebih cantik. Jika kamu ingin memiliki kemeja yang satu ini, pilihlah dari 3 ukuran yang tersedia yaitu yaitu medium, large, dan xtra large. Materialnya menggunakan katun yang terasa nyaman di kulit.

Harga Rp. 173.000-243.000

IELGY Kemeja Kotak-kotak Wanita Retro

Kemeja kotak-kotak yang satu ini cocok untuk kamu yang hobi bereksperimen dalam berbusana. Bahan poliesternya yang halus membuat kemeja ini terasa nyaman dipakai. Kemeja ini memiliki panjang 97cm, lingkar dada 114 cm, dan panjang lengan 52 cm.

Selain itu, dengan padu pada yang tepat, seperti dipadukan dengan rok panjang, kamu akan mendapatkan kesan retro dari kemeja yang satu ini. Atau, jika kamu ingin tampilan yang lebih kasual, kamu bisa memadukannya dengan kaos berwarna hitam dan celana skinny jeans berwarna senada.

Selain sneakers, kamu juga bisa memadukannya dengan sepatu hak tinggi dan lengkapi dengan hijab warna senada. Sangat menarik, bukan?

Harga Rp. 150.280-500.000

Kemeja Kotak Wanita A46

Kemeja berbahan katun ini cocok untuk kamu gunakan di aktivitas outdoor. Mengapa demikian? Sebab, pilihan warnanya yang cerah yaitu merah, biru, kuning, dan hijau. Kemeja ini memiliki lebar dada 92 cm dan panjang 62 cm. Di bagian kiri depan kemeja terdapat sebuah saku.

Jika menggunakan kemeja berwarna cerah seperti yang satu ini, pastikan untuk mengenakan tampilan rambut atau hijab yang sederhana dengan riasan wajah yang netral agar penampilan kamu tidak terkesan berlebihan.

Padukan dengan aksesori berwarna netral agar lebih mempercantik penampilan kamu. Wah, kamu sudah siap nih untuk nongkrong cantik di kedai kopi favoritmu!

Harga Rp. 29.900
From our editorial team

Jangan Asal Memadukan Kemeja Kotak-kotak

Sekalipun kemeja kotak-kotak ini sangat cocok untuk dipadukan dengan outfit apa pun, namun pemilihan motif kotak-kotak yang tepat dengan bentuk badanmu adalah hal yang paling penting. Jangan sampai memberikan kesan kurang enak dilihat saat mengenakan kemeja kotak-kotak ini. Yuk, langsung miliki berbagai rekomendasi kemeja kotak-kotak dari BP-Guide ini!