Ingin Hidup Sehat? Cobalah 11 Minuman Fermentasi yang Menyegarkan Ini!

Ingin Hidup Sehat? Cobalah 11 Minuman Fermentasi yang Menyegarkan Ini!

Minuman yang difermentasi sudah ada sejak zaman dahulu. Sekarang, minuman fermentasi kembali digandrungi masyarakat. Apa saja manfaat minuman fermentasi? Yuk, simak artikel ini!

Fermentasi Buah Sudah Dilakukan oleh Nenek Moyang Manusia

Sumber gambar media.safebee.com

Teknik pengolahan dengan meningkatkan jumlah bakteri dalam makanan dan minuman telah digunakan sejak zaman dahulu. Para leluhur, memanfaatkan teknik fermentasi ini untuk memperkaya rasa dan menambahkan nilai gizi, dan menciptakan jenis makanan baru.

Selain itu, fermentasi juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Teknik ini juga dipercaya memiliki banyan khasiat yang beragam. Mulai dari meningkatkan imun hingga mencegah terjadinya penyakit demensia. Hal ini disebabkan karena ketika seseorang yang mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi maka bakteri dalam usus akan semakin banyak dan kesehatan tubuh pun meningkat.

Manfaat Minuman Fermentasi Buah untuk Tubuh Anda

Menyehatkan Usus dan Sistem Pencernaan

Sumber gambar www.hdanatomy.com

Masalah pencernaan merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh banyak orang. Usus merupakan salah satu organ yang sering bermasalah karena bersentuhan langsung dengan racun dan kekurangan nutrisi, serta serat karena asupan makanan yang tidak seimbang. Beberapa penyakit yang sering menyerang, di antaranya maag kronis, asam lambung, dan infeksi yang menyebabkan penyakit tipus.

Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan system pencernaan tubuh ini adalah dengan menambah jumlah bakteri yang menguntungkan pada usus. Lactobacillus merupakan salah satu bakteri baik yang dapat mengubah gula dan karbohidrat, memelihara sayuran, dan memberi rasa tajam yang disenangi banyak orang.

Tak hanya itu, bakteri semacam ini juga diperlukan untuk melawan bakter-bakteru jahat. Untuk itu, Anda dapat juga mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi yang dapat menambah jumlah bakteri di usus.

Menambah Nafsu Makan

Produk fermentasi juga membangkitkan selera makan. Salah satunya adalah acar. Ketika memesan nasi goreng, acar merupakan pelengkap yang tak terpisahkan. Bahkan nasi goreng dianggap lebih enak jika dimakan bersamaan dengan acar. Sebenarnya, istilah lebih enak itu merupakan salah satu khasiat produk sayuran fermentasi untuk meningkatkan nafsu makan berkali-kali lipat.

Selain itu, makanan dan minuman fermentasi juga dapat menjadi makanan pembuka yang dapat membangkitkan selera makan Kimci merupakan makanan yang memiliki fungsi seperti itu. Makanan khas Korea ini, memiliki fungsi seperti salad yang disantap terlebih dahulu sebelum hidangan utama. Produk makanan dan minuman fermentasi juga mampu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.

Meredakan Stres

Beberapa jenis makanan juga dapat berfungsi untuk meredakan stres. Produk-produk makanan dan minuman fermentasi juga dapat memperbaiki kesehatan mental, menstabilkan mood, dan mengontrol perilaku.

Untuk urusan menstabilkan mood banyak orang yang mengonsumsi yogurt. Salah satu produk makanan fermentasi ini, bila dikonsumsi secara teratur mampu memengaruhi kontrol dan fungsi otak. Artinya, yogurt dapat mengatur kontrol motoric, daya interpretasi lingkungan, kesadaran diri, fungsi kognitif, dan pengalaman interpersonal sehingga orang yang mengonsumsi yogurt dapat terhindar dari stres.

Melancarkan Metabolisme

Sumber gambar s3.thingpic.com

Ketika Anda mengonsumsi sesuatu, maka tubuh akan mengubah makanan dan zat lain menjadi energi ataup produk metabolik lain. Proses ini disebut metabolisme yang memungkinkan tubuh untuk memperbaiki kerusakan, menyembuhkan, dan membersihkan racun dalam tubuh. Agar proses ini maksimal, maka aspek nutrisim hidrasi, dan aktivitas fisik harus seimbang. Jika tidak makan proses metabolisme tidak berjalan dengan baik.

Makanan dan minuman fermentasi merupakan salah satu varian yang dapat melancarkan proses metabolisme tubuh. Kimchi, makanan khas Korea, merupakan salah satu yang dapat membantu proses ini . Makanan fermentasi ini dilengkapi dengan bumbu sedikit pedas dan asam. Selain itu, unsur sayur-sayuran yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk membantu proses metabolisme

Membantu Penyerapan Gizi Lebih Cepat

Sumber gambar stupiddope.com

Sayur-sayuran merupakan makanan yang memiliki kemampuan untuk menyerap gizi ke dalam tubuh. Biasanya, orang-orang yang senang mengonsumsi sayur-sayuran, memiliki kemampuan menyerap gizi hingga dua kali lipat dibanding orang-orang yang tidak senang mengonsumsinya.

Selain jenis makanan, bakteri baik juga mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dri makanan. Makanya, produk-produk fermentasi yang mengandung banyak bakteri sangat baik bagi tubuh, terutama untuk menyerap makanan. Beberapa jenis makanan, seperti kacang, susu, dan sayuran sulit dicerna oleh tubuh sehingga komponen di dalamnya harus dipecah melalui fermentasi. Susu, misalnya, lebih mudah dicerna ketika melalui produk fermentasi yang menghasilkan yoghurt.

11 Rekomendasi Minuman Fermentasi Buah dan Cara Memfermentasi Buah-buahan Menjadi Minuman

Kombucha Buah Naga

Sumber gambar lemonilo.imgix.net

Ini adalah sejenis minuman teh yang difermentasi menggunakan kultur kombucha (SCOBY) sehingga mampu mengubah teh dan gula menjadi rasa asam. Minuman ini juga menghasilkan sensasi rasa soda alami yang dihasilkan dari proses fermentasi. Berasal dari China bagian Timur, kombucha buah naga dianggap sebagai hidangan yang lezat dan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Secara khusus kombucha merupakan minuman memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi seluruh organ tubuh sehingga dapat efektif melawan penyakit. Dengan demikian, setelah racun dibuang, maka tubuh mampu menyembuhkan dirinya sendiri dengan kualitas yang lebih baik.

Bila tertarik dengan Kombucha Buah Naga, maka Anda dapat membelinya di Lemonilo, seharga Rp 30.000 saja.

Tepache

Sumber gambar fthmb.tqn.com

Nanas merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini mengandung bromelanin yang berfungsi memecah protein untuk menjaga kesehatan usus. Selain itu nanas juga mengandung zat beta karoten yang berkhasiat untuk kesehatan mata. Sementara asam amino dalam buah ini juga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kalsium yang terdapat buah ini juga berkhasiat untuk memperkuat tulang dan jaringan ikat.

Selain dikonsumsi sebagai buah, nanas juga dapat diolah menjadi minuman fermentasi. Berasal dari Meksiko, tepache merupakan jenis minuman probiotik yang berasal dari proses fermentasi nanas, ragi, dan bakteri baik. Minuman ini cocok untuk diminum semua usia. Rasanya juga menyegarkan karena memiliki paduan rasa nanas, rempah, dan asam khas hasil fermentasi. Minuaman berasa manis ini juga mengandung soda.

Jika tertarik dengan Tepache Original Sidral De Pina, maka Anda dapat membelinya di Amazon seharga 21 Dollar atau Rp 281 ribuan.

Com Ruo

Sumber gambar upload.wikimedia.org

Tergolong minuman beralkohol, Com Ruo merupakan arak beras atau alcohol bijian yang dibuat dari rendaman ular. Minuman ini pertama kali dikenal di China pada zaman dinasti Chou Barat. Dari sana minuman ini kemudian menyebar ke berbagai wilayah, termasuk negara-negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Laos, dan Vietnam.

Minuman yang disebut whisky ular ini biasanya disimpan dalam stoples besar atau dikemas dalam botol-botol kecil. Bagi yang berminat, minuman ini dapat dicoba dengan gratis, asal kemudian dibeli. Namun tak semua berani mencoba minuman ini. Kemungkinan karena terdapat rendaman binatang-binantang yang dianggap berbahaya dan menjijikkan.

Bila tertarik untuk mencoba minuman unik ini, Anda dapat memesannya di situs snake-wine-cobra.com dengan harga 249 Dollar atau Rp 3,3 jutaan.

Nata de coco

Sumber gambar 3.imimg.com

Banyak dijumpai sebagai campuran minuman segar yang berasa manis, tak banyak yang menyangka jika nata de coco merupakan produk fermentasi. Berasal dari fermentasi air kelapa dan bakteri acetobacter xylinum, isitlah nata berasal dari Bahasa Spanyol yang berarti "terapung". Selain sebagai campuran minuman, makanan ini cocok pula dijadikan sebagai makanan penutup.

Nata de coco mengandung 98 % air, 0,2 % lemak, 0,012 % fosfor, vitamin B1, B2, B3, dan C. Makanan ini juga mengadung serat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah kanker. Makanan ini berwarna putih bening dan bertekstur kenyal.

Bila tertarik dengan nata de coco, Anda dapat membeli Wong Coco Sari Kelapa kemasan refill berukuran 850 gram yang dijual dengan harga Rp 30.500 di situs Blibli.

Arak

Sumber gambar www.ottolenghi.co.uk

Arak agak mirip proses pembuatannya dengan anggur. Namun, berbeda dengan anggur, bahannya berasal dari beras yang berubah menjadi gula. Proses pembuatanya lebih mirip dengan bir, namun tanpa penumbukan tetapi amimolitik.

Arak pada mulanya berasal dari Arab, tetapi kemudian menyebar ke Asia Tenggara dan Selatan melalui perdagangan. Minuman ini memiliki kandungan alkohol yang sangat tinggi, yaitu 18-25 % atau jauh lebih tinggi dari jenis minuman alkohol lainnya.

Bila tertarik dengan arak, maka Anda dapat membelinya di situs Tokopedia dengan harga Rp 275.000.

Soju

Sumber gambar geonbae.com

Berasal dari Korea, minuman ini berasal dari proses distilasi dengan bahan baku yang berasal dari beras. Biasanya minuman ini tidak berwarna alias bening. Tegolong minuman beralkohol dengan kadar 20-40 %, minuman ini memiliki rasa clean dan netral sehingga cocok menjadi teman camilan Korea.

Selain itu, soju juga merupakan minuman beralkohol paling laris di dunia. Selain dari beras, minuman ini juga dapat dibuat dari bahan dasar, seperti ubi, gandum, barley, dan tapioka. Produk soju yang beredar sekarang merupakan kombinasi antar beras dan bahan-bahan yang disebutkan tadi. Beberapa produk ini bahkan telah tersedia dalam rasa apel, lemon, dan peach yang dijadikan campuran minuman (punch).

Soju dapat dibeli dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 89.000 di Tokopedia.

Wine Salak

Sumber gambar cdn2.tstatic.net

Walapun bernama wine salak, tetapi minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Minuman yang berasal dari Desa Sibetan, Kabupaten Karangasem, Bali ini juga tidak menggunakan buah salak, tetapi anggur yang difermentasi.

Wine Salak memiliki khasiat yang tidak saja menghangatkan tubuh, tetapi juga mampu membunuh bakteri jahat yang sering menyebabkan penyakit diare dan mampu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Jika tertarik dengan wine salak (salacca wine), Anda dapat memesanya di Bukalapak dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp 100.000.

Sopi Flores

Sumber gambar cdns.klimg.com

Flores tidak saja dikenal karena keinahan alamnya, tetapi juga karena minuman lokalnya yang khas. Salah satunya adalah sopi flores. Berasal dari bahass Belanda, "zoopje" yang berarti "alkohol cair", sopi minuman ini sudah terkenal di berbagai daerah di Indonesia Timur, seperti NTT, Ambon, dan Papua. Daerah penghasil sopi tebaik terdapat di Aimere, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Minuman ini berasal dari pohon lontar yang disuling menggunakan gentong yang disambungkan dengan pipa. Biasanya sopi flores dikemas dalam plastik. Minuman ini banyak ditemukan dalam berbagai acara adat masyarakat Kei yang sudah menjadi tradisi. Di dalam minuman ini terdapat kandungan alkohol, seperti etanol yang dapat membuat orang mabuk dan dapat menyebabkan kecanduan.

Bila tetarik dengan minuman yang satu ini Anda bisa mendapatkannya langsung di Flores dengan kisaran harga Rp 10.000 - Rp 50.000 saja tergantung pada kualitas yang terkandung di dalamnya.

Lacto-Fermented Orange Juice

Sumber gambar www.beetsandbones.com

Jus buah ternyata dapat diolah menjadi minuman fermentasi. Salah satu varian yang populer adalah Lacto-Fermented Orange Juice. Sesuai namanya, minuman ini beasal dari buah jeruk yang dipadukan dengan cita rasa Seville Orange. Minuman ini mengandung bakteri baik, vitamin, dan enzim.

Minuman ini jug mengandung jeruk nipis, jahe, dan bahan alami lainnya. Tersedia dalam rasa Fentimas Mandarin dan Seville Orange, produk ini dikemas dalam ukuran 275 ml sehingga sangat cocok untuk dbawa dalam berbagai kesempatan.

Jika tertarik dengan minuman ini, Anda dapat membelinya dengan harga 1, 19 Euro atau Rp 22.147 saja di Ocado.

Strawberry Limeade

Siapa bilang minuman berenergi memiliki rasa yang tidak enak?. Kalau tidak percaya sebaiknya Anda mencoba Strawberry Limeade. Berasal dari buah stroberi yang segar, minuman ini megandung kafein dan vitamin B.

Walaupun tergolong minuman energi, Strawberry Limeade sangat cocok diminum pada musim panas atau sore hari untuk menghalau panas. Minuman ini memiliki rasa sedikit manis dan mengandung campuran buah selain stroberi.

Jik tertarik degan minuman ini, Anda sapat membelinya di Amazon dengan harga 22 Dollar atau Rp 290 ribuan.

Hard Apple Cider

Sumber gambar cdn.pastemagazine.com

Memiliki karakter rasa orignal dan old school, Hard Apple Cider merupakan minuman yang terbuat dari apel. Buah ini termasuk salah satu yang pertama dalam sejarah Amerika. Salah satu variannya adalah cider yang memiliki tekstur crispy, juicy, dan refreshing.

Memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas, Hard Apple Cider merupakan salah satu minuman yang populer sejak dahulu kala. Minuman ini bahkan pernah dgumakan di beberapa daerah di Amerika untuk menggantikan fungs air putih yang seringkali tidak tersedia terutama pada musi panas.

Bila berminat dengan produk Woodchuck Aber Hard Cider Anda dapat membelinya dalam kisaran harga 1,2 - 59, 99 Dollar atau sekitar Rp 16 ribuan hingga Rp 800 ribuan di Drizly.

From our editorial team

Minuman Fermentasi yang Segar dan Menyehatkan

Minuman fermentasi ternyata juga memiliki banyak manfaat. Sehat dan segar, minuman fermentasi ini cocok di minum pada saat apapun. Selain itu, variannya juga luar biasa banyak. Tertarik mencicipi?