Stok ASIP Berlimpah? Ini 9 Rekomendasi Freezer Kecil yang Aman Digunakan untuk Menyimpan ASI Perah (2020)

Stok ASIP Berlimpah? Ini 9 Rekomendasi Freezer Kecil yang Aman Digunakan untuk Menyimpan ASI Perah (2020)

Sumber gambar iw.stresschildren.com

Ibu bekerja yang ingin memberikan ASI perah (ASIP) eksklusif kepada buah hatinya tentu harus menyediakan stok ASIP sebanyak mungkin. Oleh karena itu, banyak ibu-ibu yang menyediakan freezer khusus untuk menyimpan stok ASIP.

Sebagai Ibu Bekerja, ASI Perah Menjadi Salah Satu Hal Penting untuk Dipersiapkan

Sumber gambar iw.stresschildren.com

ASI (Air Susu Ibu) merupakan sumber makanan terbaik bagi bayi dan tidak ada yang dapat menggantikannya. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif (selama 6 bulan tanpa tambahan makanan/minuman/sufor) sistem kekebalan tubuhnya akan lebih kuat karena di dalam ASI ada kandungan antibodi.

Zat antibodi diketahui dapat mencegah alergi, asma, diare, obesitas, diabetes tipe II, Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS), dan radang selaput otak pada bayi. Tidak hanya itu saja, ASI eksklusif juga bagus untuk perkembangan otak, tulang, dan tubuh bayi. Karena alasan inilah banyak ibu-ibu yang galau setelah persalinan jika ASI tidak keluar atau jumlahnya sedikit.

Nah, bagi ibu yang tidak bekerja, tentu memberikan ASI eksklusif kepada anak tidaklah sulit karena bisa 'mengasihi' setiap saat. Berbeda dengan ibu bekerja yang harus kembali masuk kantor setelah masa cuti usai. Solusi untuk ibu bekerja agar tetap bisa memberikan ASI eksklusif adalah dengan menyediakan stok ASIP sebanyak-banyaknya.

Sebelum masuk kantor, minimal 100 stok ASI sudah tersedia agar kebutuhan ASI si kecil dapat terpenuhi dengan baik. Jika jumlah ASI yang diperah tidak terlalu banyak, tentu stok yang dibutuhkan lebih banyak lagi agar pemberian ASIP saat ibu bekerja tidak terputus dan harus diganti dengan susu formula. Oleh karena itu, agar produksi ASI melimpah, rajinlah pumping sedini mungkin dan iringi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan cara menyimpan ASIP dengan benar agar kualitasnya tidak berkurang. Asip bisa disimpan di freezer dan setiap wadah ASIP diberi label berisi tanggal ASIP diperah. Saat pumping di kantor dan menyimpan ASIP sementara di freezer kantor, jangan lupa untuk menambahkan nama anak pada label agar tidak tertukar.

Perhatikan Hal Ini ketika Menyimpan ASI Perah

Wadah yang Berkualitas

Sumber gambar iw.stresschildren.com

Memilih wadah tempat menyimpan ASIP yang berkualitas sangat penting demi menjaga kualitas ASI. Wadah penyimpan ASIP ada yang berbentuk kantong plastik dan botol. Kantong untuk menyimpan ASIP bisa digunakan untuk menyimpan ASIP dalam jangka waktu singkat. Sementara, jika ASIP untuk disimpan lama maka pilihlah botol ASIP yang tahan panas dan memiliki tutup yang rapat.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat penyimpan ASIP ke dalam wadah adalah dengan tidak mengisi penuh wadah agar ada ruang untuk ASIP memuai sehingga tidak bocor. Juga, pastikan pula wadah penyimpanan dan pompa ASI yang digunakan sudah steril agar ASIP tidak terkontaminasi virus dan bakteri.

Jangan Panaskan Ulang ASIP yang Sudah Pernah Dihangatkan

Sumber gambar www.reviewbox.com.br

ASIP yang telah dibekukan akan dipanaskan sebelum diberikan kepada bayi. ASIP yang telah dihangatkan sebaiknya segera dihabiskan dalam waktu 2 jam. Jika ASI tidak habis dan menjadi dingin, jangan memanaskan ulang ASIP karena dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang justru berisiko untuk kesehatan bayi. Selain itu, ASIP yang dipanaskan berulang-ulang rasanya akan berubah dan komponen nutrisi dalam ASIP pun rusak.

Beri Label

Sumber gambar parenting.orami.co.id

Cara menyimpan ASIP yang benar adalah dengan menempelkan label berisi tanggal ASI diperah pada wadah penyimpanan. Tujuannya adalah untuk mengetahui ASIP mana yang akan dihangatkan dan diberikan pada bayi lebih dulu.

Perlu diketahui, ASIP hanya bertahan selama 5 hari di dalam lemari es, sedangkan di dalam freezer ASIP bisa disimpan hingga 6 bulan. Oleh karena itu, agar ASIP yang disimpan tidak kedaluwarsa dan kualitasnya tetap bagus, gunakanlah ASIP yang diperah lebih awal. ASIP yang tersimpan lama kandungan lemaknya akan berkurang dan kualitasnya pun menurun.

Samakan Suhu Saat Hendak Mencampur ASIP

Sumber gambar parenting.orami.co.id

Mencampurkan ASIP untuk diberikan kepada bayi boleh-boleh saja asal jarak waktu perah antara kedua ASIP tersebut maksimal 24 jam. Hanya saja, sebelum mencampurkan pastikan suhu keduanya sama.

Jika kamu ingin mencampurkan ASIP segar dan ASIP dingin yang disimpan dalam kulkas (bukan freezer), maka ASIP segar juga harus disimpan di dalam kulkas agar suhunya sama. Tujuannya adalah agar kualitas ASIP terjaga dan tidak rusak akibat perubahan suhu yang drastis. Setelah suhunya sama, barulah ASIP dihangatkan dan siap diberikan kepada bayi.

Cara Penyimpanan ASIP yang Benar

Di Kulkas Bagian Bawah

Sumber gambar www.lolwot.com

Menyimpan ASI perah juga harus dilakukan dengan benar agar kualitas ASI tetap terjaga hingga diberikan kepada bayi. ASIP yang akan diberikan kepada bayi dalam kurun waktu tidak lebih dari 72 jam sebaiknya disimpan pada kulkas bagian bawah. Jika lebih dari jangka waktu tersebut, sebaiknya ASIP disimpan dalam freezer.

Di Dalam Freezer

Sumber gambar review.bukalapak.com

ASI yang dibekukan terkadang bisa membuat hilangnya zat antibodi dan beberapa enzim pelindung. Walaupun demikian, kandungan nutrisi ASIP tetap lebih baik daripada susu formula. Menyimpan ASIP dalam freezer akan membuat ASI bisa bertahan selama 6 hingga 12 bulan.

Oleh karena itu, ASIP yang baru saja diperah harus segera disimpan ke dalam freezer. Namun, sebelum memasukkan ASIP ke dalam freezer simpan dulu ASIP dalam kulkas bagian bawah selama 2 jam agar tidak terjadi perubahan suhu yang drastis sehingga kualitas ASI pun tidak menurun.

Di Suhu Ruangan

Sumber gambar www.mpasi.org

Dalam suhu ruang, ASIP juga bisa bertahan selama 4 jam pada suhu 25˚C. Oleh karena itu, jika ASI yang baru saja diperah akan segera diberikan kepada bayi, kamu pun tidak perlu menyimpan ASIP ke dalam kulkas. Tapi, jika bayi tidak segera mengonsumsinya, segera simpan ASIP ke dalam freezer atau lemari pendingin.

Freezer Kecil Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Menyimpan ASIP

Aqua Freezer 1 Pintu AQFS4DS

Aqua Freezer 1 Pintu merupakan lemari pendingin berkualitas dari Aqua Japan, yakni produsen elektronik rumah tangga yang terus berinovasi untuk menghasilkan produk terbaik dengan teknologi terkini. Freezer 1 pintu ini hemat energi karena menggunakan full insulation yang dapat mempercepat proses pendinginan.

Bagian atas kulkas yang datar dapat digunakan untuk memajang vas bunga atau dijadikan meja pajangan. Pada voltase rendah pun freezer ini tetap bisa berjalan. Freezer 1 pintu ini pun dilengkapi dengan garansi selama 7 tahun untuk kompresor.

Harga Rp. 2.290.000-2.480.000

Sanken SK-S160

Freezer kecil untuk membekukan ASI yang bisa kamu jadikan pilihan agar ASIP tidak bercampur dengan makanan dan minuman lainnya adalah Sanken SK-S160. Freezer ini dibuat dengan teknologi dinding HD yang padat dan tebal.

Freezer Sanken lebih cepat dingin dan karet pintu yang digunakan pun berkualitas sehingga mampu menjaga suhu dan kesegaran ASIP. Freezer ini pun lebih hemat energi karena kompresornya bekerja lebih singkat. Freezer ini pun hadir dengan tampilan yang lebih cantik.

Harga Rp. 2.950.000-3.250.000

Modena MD 10W Chest Freezer

Modena MD 10W Chest Freezer ini bisa digunakan untuk menyimpan ASIP hingga 1 tahun. Suhu terendah freezer ini adalah -25˚C dengan kapasitas 100 liter dan daya 123 watt.

Freezer kecil dari Modena ini bentuknya seperti peti yang dilengkapi dengan Power Duo Cooling System sehingga dapat membekukan ASIP lebih cepat. Freezer ini pun ramah lingkungan karena kompresornya tidak menghasilkan gas CFC. Dalam waktu 24 jam, freezer ini mampu membekukan hingga kapasitas 6 kg.

Harga Rp. 2.559.000-3.557.000

LG GN-IN304SL Freezer ASI

Kamu yang membutuhkan freezer kecil untuk menyimpan ASIP bisa pertimbangkan untuk memilih LG GN-IN304SL Freezer Asi. Freezer 1 pintu berkapasitas 171 liter ini dirancang dengan smart storage yang mana terdapat 6 rak, 1 laci, dan rak pada bagian pintu. Teknologi bio shield yang disematkan pada karet pintu membuat kualitas ASIP lebih terjaga dan mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri.

Rak tempered glass pada kulkas dapat menahan beban hingga 150kg. Tak lupa pula desain kulkas yang ergonomis dan mewah dengan handle saku yang nyaman. Pada freezer ini pun juga disematkan teknologi direct shelf cooling yang dapat memberikan pendinginan lebih baik pada seluruh bagian freezer.

Harga Rp. 3.099.000-3.200.000

RSA Freezer Box CF100

RSA Freezer Box CF100 ini juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan ASIP. Freezer kecil ini hadir dengan bukaan pintu ke atas (lift up). Pada freezer juga dilengkapi dengan termometer dan lampu LED pada bagian interior.

Suhu terendah freezer berkapasitas 100 liter ini adalah -15˚C dan memakan daya sebesar 100 watt. Freezer ini umum digunakan untuk menyimpan frozeen food dan ice cream. RSA Freezer ini juga memiliki jaminan garansi selama 3 tahun untuk kompresor dan 1 tahun untuk spareparts.

Harga Rp. 2.000.000-2.120.000

Changhong CBD-105

Changhong CBD-105 merupakan produsen elektronik asal Tiongkok yang berpusat di Mianyang, Sichuan dan sudah berdiri sejak 1958. Changhong dikatakan sebagai produsen televisi terbesar kedua di negeri asalnya.

Changhong pun memiliki produk freezer kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan ASIP, yakni Changhong CBD-105. Freezer ini berdimensi 57 x 56 x 85 cm dengan kapasitas 100 liter. Konsumsi daya listrik freezer ini 100 watt dengan garansi kompresor selama 5 tahun dan spareparts 3 tahun.

Harga Rp. 1.860.000-1.975.000

Aqua AQF-S4(S) Upright Freezer

Freezer kecil lainnya yang dapat menyimpan ASIP dengan baik adalah Aqua AQF-S4(S) Upright Freezer. Freezer jenis Upright ini dapat menyimpan ASI selama 6 bulan dengan suhu dingin terendah -20˚C yang berkapasitas 121 liter.

Bodi freezer terbuat dari bahan berkualitas yang tahan karat dan bagian atasnya bisa dijadikan meja karena memiliki desain yang elegan. Freezer ini juga 100% bebas CFC sehingga ramah lingkungan. Produk ini juga dilengkapi dengan garansi kompresor lebih dari 7 tahun. Agar ASIP yang disimpan kualitasnya terjaga, hindari untuk terlalu sering membuka tutup pintu kulkas.

Harga Rp. 2.391.000-2.525.000

Frigigate CFR 100

Frigigate CFR 100 dapat membuat ASIP tetap awet dan segar hingga diberikan kepada bayi. Frigigate merupakan produk Indonesia yang didukung dengan teknologi Jepang sehingga kualitasnya pun terjamin. Freezer kecil ini hadir dengan desain yang ergonomis dan konsumsi daya listriknya pun hanya 85 watt. Mini freezer ini pun dapat membekukan ASIP dengan cepat.

Harga Rp. 1.875.000-3.888.000

SHARP FJM189NSS Upright Freezer

SHARP FJM189NSS Upright Freezer merupakan freezer kecil jenis upright yang dibuat dengan teknologi direct cooling system dan full Insulation. Freezer ini dilengkapi pula dengan washable gasket dan 6 rack berkapasitas 158 liter.

Freezer ini memiliki toleransi terhadap tegangan listrik yang tidak stabil hingga 115 Volt. SHARP sendiri merupakan produsen elektronik asal Jepang yang berpusat di Osak. SHARP didirikan oleh Tokuji Hayakawa pada 15 Oktober 1912.

Harga Rp. 3.125.000-3.195.900
From our editorial team

ASIP Memang Sebaiknya Disimpan dalam Freezer Khusus

Menyimpan ASIP dalam freezer merupakan satu-satunya cara agar buah hati tetap bisa mendapatkan ASI eksklusif meski sang ibu pergi bekerja. Namun, sebaiknya ASIP disimpan dalam freezer khusus sehingga tidak bercampur dengan makanan dan minuman lainnya untuk menghindari kontaminasi virus dan bakteri.