Macam-Macam Jenis Freezer dan 10 Rekomendasi Deep Freezer untuk Jaga Kualitas Makanan

Macam-Macam Jenis Freezer dan 10 Rekomendasi Deep Freezer untuk Jaga Kualitas Makanan

Ada berbagai macam jenis freezer. Beberapa di antaranya akan diulas oleh BP-Guide di bawah ini. Tidak hanya ulasan tentang freezer, juga akan ada tips dan rekomendasi deep freezer yang tepat untuk Anda. Simak, ya.

Freezer Mampu Mengawetkan Bahan Pangan Agar Bertahan Lebih Lama

Sumber gambar www.tasteofhome.com

Freezer alias peti pendingin dibutuhkan dalam pengawetan bahan makanan. Cara yang satu ini dianggap sebagai cara yang paling efektif dan mudah digunakan di rumah sendiri. Freezer bisa berada di lemari es atau berupa freezer box khusus.

Dengan freezer, maka makanan atau bahan makanan bisa dijaga tetap berada di dalam titik beku. Membekukan makanan menjadikan mikroorganisme sangat bisa dikendalikan, namun tidak dibunuh. Jadinya, proses pembusukan bahan makanan menjadi lebih lama ketimbang disimpan di tempat biasa.

Bahan makanan seperti daging misalnya, tentunya membutuhkan tempat yang berada di titik beku agar tetap terjaga kualitasnya. Selain itu, freezer juga kerap digunakan untuk menjaga es krim dan es batu agar tidak mencair.

Berbagai Jenis Freezer yang Ada di Pasaran

Deep Freezer

Sumber gambar www.wsa.co.id

Deep freezer sering Anda temukan di hotel dan restoran. Biasanya, deep freezer digunakan untuk menyimpan jenis sayur dan buah, juga bisa untuk menjaga daging dan jenis bahan makanan lain yang perlu dibekukan agar tidak cepat basi atau busuk. Deep freezer memiliki suhu hingga -28 derajat Celcius yang menjadikan makanan tetap terjaga berada di titik beku.


Chest Freezer

Jenis freezer berikutnya adalah chest freezer alias peti pembeku. Ukurannya pun bermacam-macam mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar. Chest freezer sering ditemukan di minimarket dan pasar swalayan. Biasanya yang tersimpan juga merupakan bahan makanan, makanan siap saji, dan tentunya es krim.

Rata-rata chest freezer bisa mencapai suhu -26 derajat Celcius, namun ada juga yang lebih murah yang mampu mencapai suhu -15 derajat Celcius. Tentunya, akan sangat pas untuk menyimpan makanan beku. Kapasitasnya juga besar, jadi bisa menyimpan dalam jumlah banyak.

Curve Glass Freezer

Curve glass freezer bisa dikatakan sebagai chest freezer dengan sliding glass door di bagian atasnya. Suhunya juga sama, mulai dari 0 derajat Celcius sampai -25 derajat Celcius. Ada yang berukuran besar dengan daya tampung yang sangat besar, namun ada juga yang ukurannya lebih kecil.

Kelebihan dari curve glass freezer ini adalah mampu memperlihatkan isinya lewat pintu kaca transparan. Jadinya, sangat pas digunakan untuk menjajakan atau menjual makanan seperti es krim, frozen food, dan sebagainya. Karena itulah, curve glass freezer ini kerap digunakan di supermarket, minimarket, sampai warung.

Air Blast Freezer

Air blast freezer sering digunakan untuk menyimpan daging, ikan, dan sebagainya. Freezer biasanya memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencapai suhu yang rendah atau titik beku. Namun, air blast freezer satu ini mampu menjadikan suhu menjadi lebih rendah dengan waktu yang lebih cepat.

Sebab, hal itu ditujukan agar produk di dalamnya lebih cepat dibekukan untuk menghindari deteriorasi. Apalagi seperti daging, ikan dan sebagainya. Dengan makanan yang lebih cepat mendapatkan proses deteriorasi oleh mikroba, maka sangat penting diperlukan waktu yang cepat untuk tiba ke suhu yang rendah.

Tidak hanya itu, jenis air blast freezer juga mampu mencapai suhu yang sangat rendah, yakni -40 derajat Celcius. Dengan demikian, makanan yang dimasukkan ke dalam air blast freezer tidak butuh waktu lama, hanya 30 menit saja untuk sampai ke suhu rendah tersebut.

Belt Freezer

Belt freezer juga disebut dengan spiral frizer. Karena sistem kerja di dalamnya menjadikan bentuk udara dingin yang disemprotkan berbentuk spiral. Proses pembekuannya menggunakan udara dingin dari cairan nitrogen yang bekerja lebih cepat dan efektif.

Sistemnya cukup berbeda dengan jenis freezer lainnya. Sebab, ada belt yang saling bertautan, fleksibel, dan bertingkat-tingkat seperti spiral. Lalu, semprotan udara dingin menjadikannya lebih beku. Karena bergerak terus, maka lebih mudah untuk dibongkar dan dimuat.

Perbedaan Deep Freezer dan Chest Freezer

Bentuk

Deep freezer bentuknya memang mirip seperti lemari es atau kulkas pada umumnya. Bila chest freezer berbentuk melebar, maka deep freezer justru meninggi seperti layaknya kulkas. Ditambah lagi, pintunya juga dibuka dari depan. Tidak hanya itu, freezer ini juga memiliki ruang yang cukup besar dan tidak begitu banyak sekat.

Kapasitas

Deep freezer bisa dikatakan memiliki kapasitas yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan chest freezer. Bila deep freezer rata-rata berkapasitas sekitar 200 liter, maka chest freezer bahkan bisa mencapai 1200 liter. Jadi, penggunaan deep freezer tentunya mesti dibandingkan dengan kebutuhan Anda.

Apabila fungsi dan kapasitas yang diperlukan, tentunya chest freezer bisa digunakan. Jadi, sebelum membeli coba lihat dulu kapasitas dan ruang di dalam deep freezer yang akan Anda beli.

Pintu

Pintu deep freezer dibuka dari depan. Maka bisa dikatakan bahwa deep freezer sangat mirip dengan kulkas pada umumnya. Sedangkan chest freezer memiliki pintu yang harus dibuka ke atas. Jenisnya ada dua yaitu pintu yang transparan dan tidak transparan.

Penataan Isi

Deep freezer memiliki sekat-sekat, seperti kulkas pada umumnya jadinya tampak berbeda benar dengan chest freezer. Bila Anda mementingkan penataan isi, maka deep freezer bisa lebih baik ketimbang chest freezer. Hanya saja, karena sekat-sekat itulah kapasitas isinya menjadi lebih sedikit.

Beberapa Model Deep Freezer yang Bisa Didapatkan

Getra GF-307

Produk pertama yang direkomendasikan adalah Getra GF-307 yang memiliki desain yang cantik dan elegan. Freezer yang satu ini sangat baik untuk menyimpan makanan beku serta dilengkapi dengan rak dan laci untuk mempermudah menyimpan makanan.

Kelebihan lainnya adalah produk satu ini sangat pas untuk rumah tangga dan industri kecil. Anda tidak perlu melakukan pembersihan bunga es karena produk ini menggunakan sistem no-frost. Lampu interior di bagian dalam menjadikan produk ini semakin mudah difungsikan. Ada pula fitur vegetable Crisper yang membuat sayuran yang disimpan tetap segar.

Ditambah lagi dengan fitur pengendali kelembapan yang membuat produk ini semakin sempurna. Produk ini juga bebas CFC serta sangat hemat energi.

Harga Rp. 3.849.000-5.139.000

LG GN-IN304SL

Berikutnya ada LG GN-IN304SL yang merupakan freezer 6 rak dengan kompresor standar. Produk dengan dimensi 530x1300x600 mm yang satu ini adalah freezer dengan daya listrik sekitar 80 watt.

Kelebihan dari produk ini adalah pintunya terbuat dari bahan stainless yang tidak mudah rusak. Ditambah lagi dengan mechanical controller yang mudah dioperasikan. Dengan demikian, freezer ini akan sangat cocok untuk menyimpan cairan, frozen food, sampai es batu.

Produk ini memiliki kapasitas mencapai 171 liter. Dilengkapi dengan rak-rak yang mempermudah pengaturan isinya. Kompresornya juga memiliki garansi bila Anda membeli yang baru.

Harga Rp. 3.050.000-3.199.000

Aqua AQF-S6

Berikutnya ada Aqua AQF-S6 yang merupakan jenis upright freezer. Kapasitasnya cukup besar mencapai 167 liter penampungan. Tidak hanya itu, ada juga 6 rak yang memudahkan Anda menyimpan bahan makanan.

Produk ini bisa beroperasi dengan tegangan 220V. Ada temperatur control manual yang memudahkan Anda mengatur suhu yang diinginkan. Produk ini memiliki dimensi 54,5 x 63,5 x 119,5 cm.

Harga Rp. 2.750.000-3.105.000

SHARP FJM189NSS

Selanjutnya ada deep freezer dari Sharp yakni Sharp FJMN189NSS. Produk ini merupakan kulkas 1 pintu yang berkapasitas 150 liter. Dilengkapi dengan 8 buah rak jadinya memudahkan organisir barang di dalamnya.

Bodynya tebal dan tidak mudah rusak. Selain itu, dilengkapi pula dengan full insulation yang menjadikan suhunya tidak berubah alias tetap stabil. Ditambah lagi dengan berbagai fitur lainnya seperti cooling system dan defrost system.

Produk satu ini memikili daya 220 hingga 240 volt dengan konsumsi 250 watt. Produk ini memiliki dimensi 53,5x57x121,5 cm dengan total berat mencapai 37 kg.

Harga Rp. 2.998.000-6.192.000

GEA GF-20

Produk berikutnya adalah GEA GF-20, yang juga merupakan freezer andalan dari GEA. Dilengkapi dengan fan cooling yang tidak menimbulkan suara bising. Jadinya, tetap menjaga kenyamanan di rumah Anda.

Dengan adanya fitur no frost system, Anda tidak perlu repot-repot berurusan dengan bunga es. Produk ini juga memiliki green technology sehingga sangat ramah lingkungan. Ada 7 rak pada produk ini yang memudahkan Anda untuk mengatur penyimpanan makanan. Volumenya cukup besar mencapai 145 liter dengan kapasitas pembekuan mencapai 43 kg per hari.

Harga Rp. 3.399.000-7.775.000

Crown Horeca D-1000

Crown Horeca D-1000 menjadi salah satu produk freezer yang direkomendasikan berikutnya. Bodinya terbuat dari bahan stainless steel yang tahan lama serta kuat.

Produk ini memiliki dimensi 1220x760x1950 mm yang pas ditempatkan di mana saja. Kapasitasnya besar mencapai 1050 liter. Jadinya, sangat pas untuk keperluan komersial seperti rumah makan dan industri menengah ke atas. Produk ini memiliki 4 pintu dan 6 rak dengan berat total 120 kg.

Suhu yang dimilikinya mencapai -18 derajat celcius dan lebih rendah. Karena itu, sangat baik untuk menyimpan daging, seafood, dan sebagainya. Anda akan sangat dimudahkan dengan produk satu ini.

Harga Rp. 25.289.880-26.033.700

Sanken SK-S160

Produk berikutnya adalah Sanken SK-160 yang merupakan salah satu produk andalan dari Sanken. Teknologi dinding HD yang disematkannya membuat dinding freezer lebih tebal, padat, dan memastikan suhu dingin tidak keluar. Ditambah lagi dengan karet pintu yang sangat baik, menjadikan produk menjadi lebih cepat dingin. Jadinya, kualitas makanan tetap terjaga dengan baik.

Produk yang memiliki kapasitas hingga 162 liter ini dilengkapi dengan sistem defrost manual. Produk ini bisa beroperasi dengan daya 220 V. Dilengkapi juga dengan kunci dan rak untuk mempermudah menyimpan bahan makanan.

Harga Rp. 2.869.000-3.082.000

Starcool Eutectic Deep Freezer Type PS 12

Produk yang direkomendasikan berikutnya adalah Starcool Eutectic Deep Freezer tipe PS 12 yang terbuat dari bahan baja antikarat. Produk satu ini memiliki kompresor KK dan refriferan R404 dengan berat 270 kg. Ukurannya adalah 1800 x 750 x2050 mm. Rak yang tersedia berjumlah 20 buah.

Kapasitasnya cukup besar mencapai 525 liter dengan daya 1428 watt. Suhunya antara -30 derajat Celcius bahkan bisa mencapai -42 derajat Celcius yang bisa menjadikan makanan dibekukan dengan sempurna. Produk satu ini memiliki sistem pendingin yang statis.

Harga Rp. 54.664.000-65.000.000

Panasonic NR-AS17AH-SS

Produk selanjutnya adalah Panasonic NR-AS17AH-SS. Produk satu ini adalah freezer berdimensi 520x455x1213 mm. Hadir dengan warna abu-abu dan membutuhkan daya sekitar 130 watt untuk beroperasi.

Kelebihan lain dari produk seberat 44 kg ini adalah ketahanannya yang sangat awet. Dilengkapi dengan teknologi double rotation compresor sehingga suhu dingin tetap stabil, meski listrik tidak stabil. Teknologi tersebut juga menjadikan produk ini jauh lebih hemat daya dan juga efisien.

Bahkan, bila dibandingkan dengan produk kompetitor, freezer satu ini hanya menghabiskan setengah dari daya yang biasa digunakan produk setipe untuk penggunaan satu hari.

Harga Rp. 3.025.000-7.218.600
From our editorial team

Pilih Jenis Freezer Sesuai Kebutuhan

Bila Anda ternyata membutuhkan jenis freezer tertentu, maka pilih sesuai kebutuhan Anda. Nah, apabila yang Anda butuhkan adalah deep freezer, maka rekomendasi dari BP-Guide di atas bisa Anda pertimbangkan. Selain itu, produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya merupakan produk berkualitas yang menjadikan bahan makanan Anda tetap terjaga mutunya.