10 Pilihan Jam Tangan Bergaya Klasik untuk Pria Elegan

10 Pilihan Jam Tangan Bergaya Klasik untuk Pria Elegan

Jam tangan yang klasik menjadi paduan yang pas untuk penampilan yang elegan. Jam jenis satu ini memperkuat karakter Anda, loh. Sebelum mencari jam tangan klasik yang paling pas untuk Anda, simak dulu ulasan dan rekomendasi berikut ini, yah.

Jam Tangan Klasik Bikin Tampilan Menjadi Elegan di Semua Acara

Jangan remehkan pernik fashion sekecil apa pun, karena bisa jadi itulah penyempurna penampilan Anda. Misalnya, jam tangan. Meski nampak sepele, jam tangan nyatanya bukan hanya menyediakan informasi waktu, tapi juga dapat menjadi bagian dari style fashion yang melengkapi penampilan dalam balutan bernuansa apapun, baik kasual maupun formal. Tak hanya itu, jam tangan juga dapat dijadikan penegasan fashion yang efektif.

Sekalipun desain jam tangan kian diperbarui, jam tangan klasik tetap tak lekang oleh waktu. Ya, pernak-pernik bernuansa klasik memang lebih menarik, karena memiliki aksen dan motif yang elegan, dan tidak hilang ditelan zaman. Bahkan, jam tangan klasik bukannya bikin Anda terlihat kuno, justru bakal terlihat berkelas!

Agar Jam Tangan Klasik Anda Tampak Awet, Perhatikan Tips Berikut

Mesin Jam

Nah, agar jam tangan klasik tetap tahan lama meski sering dipakai, Anda harus menjauhkannya dari benda-benda bermagnet, misalnya televisi, kulkas, mikrofon, dan benda bermagnet lainnya. Jika tidak, jam tangan Anda akan terancam rusak. Mesin jam juga terancam cacat jika terjatuh, karena benturannya dapat membuat mesin di dalamnya jadi kendur dan tidak berputar dengan baik.

Merawat mesin jam tangan klasik tidak sulit, Anda hanya perlu mencuci mesinnya dalam 2 tahun sekali. Rantai dan casing-nya memang perlu dibersihkan, tapi cukup beberapa kali saja.

Kaca Jam Tangan

Selain mesin, kaca pada jam tangan juga harus Anda perhatikan. Tentu kondisi terbaiknya adalah jika kaca jam tangan bersih dan mengkilap, bebas lecet atau kotor. Maka, jika akhirnya kaca itu tidak jernih lagi karena goresan atau kotoran, segeralah lakukan tindakan, caranya dengan membersihkan kaca jam tangan menggunakan pasta gigi.

Pertama, kaca dibersihkan lebih dulu memakai kain, lalu ambil cotton bud dan oles odol di ujungnya, dan gosokkan ke kaca jam. Jika sudah cukup, bersihkan kaca sehingga kembali kinclong. Tapi kalau goresannya sudah parah, sebaiknya Anda mengganti kaca itu supaya tak mengganggu saat menggunakan jam tangan.

Tali Jam Tangan

Usahakan bagian gelang atau tali pada jam tangan tidak rusak selama digunakan. Karena menempel di tangan dan berpotensi terkena keringat maupun kotoran, maka bersihkan gelang jam secara berkala agar tak terjadi iritasi pada kulit Anda.

Tapi, beda bahan berarti beda pula penanganannya. Jika tali jam tangan Anda terbuat dari karet, bersihkanlah memakai sabun dan sikatlah perlahan hingga dirasa cukup, lalu bersihkan.

Untuk gelang jam tangan bermaterial kanvas atau kain, oleskan sabun pada sikat gigi, gosok ke gelang jam. Lalu, keringkanlah memakai kertas dari koran supaya tak ada bau ampek dan diamkan sebentar di tempat yang terkena angin.

Beda lagi kalau jam tangan Anda dibuat dari stainless steel, karena Anda perlu menggunakan sikat gigi dan menggosok gelang jam tangan secara perlahan.

Terakhir, jam tangan dari bahan kulit sebaiknya dibersihkan memakai kain yang sudah dibasahi, gosok-gosokkan pada gelang jam tangan pelan-pelan, dan lap menggunakan kain bersih. Plus, bahan kulit perlu diolesi lotion sekali dalam seminggu supaya lebih tahan lama.

Simpan pada Kotak Jam

Ini nih satu kesalahan besar yang paling sering dilakukan para pemakai jam tangan, dan barangkali Anda salah satunya. Banyak orang berpikir bisa sebebasnya meletakkan jam tangan di almari atau meja, tanpa berpikir apa dampaknya pada jam tangan kesayangan Anda.

Padahal jam tangan tak boleh disimpan bersama barang lain karena suhu lembap dalam lemari akan berpengaruh pada jam tangan. Besar kemungkinan warna jam Anda tidak lagi sama karena terkena proses oksidasi.

Agar itu tidak terjadi, simpanlah jam tangan di kamar dalam suhu normal. Lebih bagus lagi jika Anda menyimpannya dalam kotak jam tangan. Lakukan langkah-langkah itu agar jam tangan Anda lebih tahan lama, sekaligus supaya Anda lebih mudah menemukan jam tangan saat membutuhkannya.

10 Rekomendasi Jam Tangan untuk Pria

Seiko Prospex Radio Sync: SSG005P1

Sumber gambar bukalapak.com

Seiko termasuk merek jam tangan klasik yang harus jadi pertimbangan, karena menjanjikan kualitas dan desain terbaik. Berawal dari ide Kintaro Hattori di Jepang yang mendirikan Seiko pada 1881. Seiko mewakili simbol penunjuk menit yang memiliki rancangan bagus sekaligus terus memperbarui diri.

Salah satunya, Seiko Prospex Radio Sync: SSG005P1. Tampilannya ciamik dengan balutan tali jam tangan berbahan kulit terbaik, yang nyaman dipakai sekaligus membuat penampilan Anda nampak berkelas. Bicara soal teknologi, jam tangan klasik ini didukung kekuatan tahan air hingga 100 meter di dalam air! Anda jadi bebas memakainya saat beraktivitas di mana pun.

Makin istimewa karena jam tangan berbentuk bulat ini dilengkapi chronograph, mesin Quartz, hardlex crystal, dan Radio Sync. Warna hitamnya menjadikan jam tangan Seiko tepat dipilih untuk melengkapi penampilan. Dapatkan jam tangan klasik Seiko Prospex Radio Sync: SSG005P1 ini di Bukalapak seharga Rp 5.904.000.

Brinzio Cerutti 1881

Sumber gambar zalora.co.id

Mungkin Anda pernah melihat nama Cerutti dalam bungkus parfum? Nah, Cerutti juga menghadirkan produk fashion lainnya, yakni celana jeans, baju olahraga, hingga jam tangan tentunya. Dikenal dengan rancangan mewahnya, merek Brinzio Cerutti yang digagas Nino Cerutti pada 1881 ini menjadi produk incaran para penyuka fashion.

Saat mencari mana jam tangan klasik terbaik, Anda pun sebaiknya tak melewatkan Brinzio Cerutti 1881 CRA150SU13BK dengan warna hitamnya yang membuat para pria makin menawan. Jam tangan klasik ini didukung dengan kekuatan tahan air sampai 5 ATM dan Date Function.

Desainnya pun menarik meski terkesan formal, yakni memiliki case berukuran 44x55 mm, dengan tali jam tangan warna hitam. Dapat garansi dua tahun, lho! Beli produk ini di Zalora seharga Rp 4.445.400.

LeCoultre Master Ultra Thin Date

Sumber gambar shopify.com

Jam tangan klasik satu ini tidak ribet dengan rancangan yang “wah”, juga tidak mengejar kemutakhiran mesin terbaru. Justru jam tangan LeCoultre Master Ultra Thin Date ini tampil sederhana, dengan desain simpel dibuat dari bahan rose gold dan besi. Menggunakan mesin Jaeger-LeCoulte Calibre 896, jam ini dilengkapi informasi tanggal yang mempermudah kebutuhan Anda.

Ukuran tebalnya mencapai 7,5 mm, dengan diameter 40 mm serta lebar tali 20 mm. Dapat digunakan pada kedalaman air 50 meter atau 165 kaki. Dapatkan hanya di jomashop.com seharga sekitar Rp 83 juta.

Seiko Automatic 24 Jewels : SRP761K2

Sumber gambar www.arlojikita.com

Popularitas Seiko memang sepadan dengan kualitas produk-produknya, termasuk jam tangan Seiko Automatic 24 Jewels SRP761K2 ini. Jam tangan klasik model terkini yang tampil ciamik dengan ketahanan air hingga 100 meter, pilihan tepat bagi Anda yang suka menyelam dan tetap bisa memakai jam tangan. Bahannya pun nyaman dipakai, dijamin tangan Anda bebas iritasi.

Bicara desain, sudah tak diragukan bahwa Seiko memang eksklusif, terbukti dari penggunaan sapphire crystal yang menegaskan kesan elegan. Jam tangan ini berbentuk bulat dan bertali kulit, dan didominasi warna putih. Ingin beli? Segera kunjungi Arloji Kita dan dapatkan jam tangan ini seharga Rp 4.072.200.

Alexandre Christie Classic : AC6376MC-01

Sumber gambar arlojikita.com

Bicara yang klasik-klasik, belum lengkap tanpa Alexandre Christie. Merek ini menghadirkan produk eksklusif bernuansa klasik yang tak pernah membosankan. Tak heran, nama Alexandre Christie melegenda dan tetap jadi incaran para penyuka fashion.

Anda dapat menikmati salah satunya dengan memakai jam tangan Alexandre Christie Classic AC6376MC-01. Jam tangan pria ini dirancang menggunakan tali berbahan kulit, badan jam berbahan stainless steel, berbentuk kotak, serta dihiasi kombinasi warna hitam dan silver.

Cocok dipakai saat menghadiri acara resmi maupun santai. Apalagi, jam tangan klasik ini tahan air sampai 50 meter dalamnya. Koleksi jam tangan ini dan dapatkan hanya di situs Jam-Alexandre Christie seharga Rp 1.212.000.

Seiko Automatic SARW027

Sumber gambar elevenia.co.id

Yap, jangan buru-buru meninggalkan laman ini, karena masih ada rekomendasi jam tangan klasik dari Seiko yang harus Anda pertimbangkan.

Salah satunya, jam tangan pria yang dibuat dari bahan kulit kualitas terbaik ini, dengan fitur tahan air sampai kedalaman 100 meter. Desainnya elegan, tapi tetap mempertimbangkan kenyamanan Anda dengan menghadirkan bahan yang tidak membuat luka pada kulit.

Jam tangan berbentuk bulat ini juga dilengkapi magnet resistant dan date display. Kaca jam menggunakan Sapphire crystal. Dominasi warna cokelatnya pasti bikin penampilan Anda lebih manly.

Untuk mendapatkan seluruh fasilitas itu, Anda perlu merogoh kocek hingga Rp 14.250.000 dan membelinya di Elevenia. Eitssss, tunggu dulu, Seiko Automatic SARW027 ini edisi khusus, lho. Tidak diproduksi dalam jumlah banyak, jadi jangan sampai ketinggalan mengoleksinya, ya!

Seagull High End Mechanical Tourbillon Alligator Strap Jam Tangan Pria

Sumber gambar blibli.com

Tianjin Seagull Watch Group sudah dikenal sebagai produsen jam ternama yang merancang jam menggunakan mesin mekanik dan mesin jam tangan otomatis.

Perusahaan yang lahir di Cina pada 1955 silam ini sempat berhenti membuat jam tangan mekanik setelah jam tangan Quartz lebih banyak diproduksi. Namun setelah itu, Seagull kembali merancang jam tangan mekanik dan makin besar namanya.

Dari sekian produk Seagull, Seagull High End Mechanical Tourbillon Alligator Strap ini didesain terbatas, lho. Jam tangan pria ini memiliki diameter 40 mm dan tebal 10 mm. Dengan dominasi warna hitam yang chic, jam tangan klasik ini dibuat dari material stainless steel dan tali dari kulit serta white dial.

Desain klasiknya sudah terasa berkat adanya angka Roman, 3 chrono eyes, di center dial-nya, serta silver setting crown yang dilengkapi mesin Quartz. Sama seperti jam tangan lainnya, jam tangan ini juga tahan air sampai kedalaman, 50 meter. Dapatkan hanya di Blibli seharga Rp 36.632.000.

Daniel Wellington Classic Warwick

Sumber gambar zalora.co.id

Nama Daniel Wellington jelas tak asing lagi bagi para kolektor jam tangan. Yap, brand besutan Fillip Tysander ini dibuat dengan mengedepankan kesan manly, kasual, sekaligus low-profile dalam satu kesempatan. Meski begitu, jam ini bisa digunakan oleh perempuan maupun laki-laki.

Jam tangan Daniel Wellington dikenal memiliki strap model NATO dan bahan kulit. Meski NATO cenderung terkesan kasual, pada bagian badan jamnya Daniel Wellington tetap menorehkan desain minimalis nan eksklusif. Sehingga, jam tangan ini dapat mempertahankan kesan klasik meski tetap mengikuti tren masa kini.

Anda perlu mencobanya dengan membeli Daniel Wellington Classic Warwick. Jam tangan berbentuk bulat ini dilengkapi silvertone ring, adjustable buckle fastening, strap berbahan nylon, dan case berbahan stainless steel. Warna yang digunakan merupakan perpaduan rose gold dengan navy.

Menggunakan mesin Quartz Japan Citizen Movement, jam tangan klasik ini tahan air sampai kedalaman 3 ATM. Dapatkan hanya di sunarloji.com seharga Rp 1.722.500.

Seiko Kinetic World Time : SUN070P1

Sumber gambar blibli.com

Baru dengar nama ini? Seiko Kinetic merupakan mesin movement yang dirancang Seiko. Beda dari jam tangan lain, kinetic movement membuat jam tangan ini mendapatkan daya dari gerak tangan Anda saat memakainya. Dari gerak itulah jam tangan Seiko Kinetic World Time SUN070P1 mendapatkan tenaga untuk hidup. Ini membuat Anda tidak repot mengganti baterai jam seperti jam berjenis Quartz.

Bicara tampilan, Seiko Kinetic cenderung berkarakter kuat. Cocok dipakai oleh pria gentle seperti Anda. Agar tak bingung memakai yang mana, Anda sebaiknya memilih Seiko Kinetic World Time Leather Strap Jam Tangan Pria – white Brown SUN070P1. Jam tangan analog ini dibuat dari bahan stainless steel dan tali dari kulit serta white dial. Tercantum index numeral serta date display pada jam tangan bermesin Japan Quartz Movement ini.

Anda pun lebih bebas beraktivitas karena jam tangan ini tetap bisa digunakan sampai 100 meter di bawah air. Bentuk fisiknya dibuat dari stainless steel dan screw see-trough pada bagian belakang jam. Dalam diameter 43 mm dan ketebalan 12 mm, jam tangan bertali kulit ini juga menggunakan kaca berjenis hardlex crystal. Sudah lengkap dengan informasi tanggal dan jam dunia. Dapatkan hanya di situs Jam Tangan seharga Rp 2.855.000.

Victorinox Swiss Army Chrono Classic Chronograph Leather Jam Tangan Pria 241616

Sumber gambar blibli.com

Jam tangan klasik yang harus Anda koleksi juga adalah Victorinox Swiss Army Chrono Classic. Dengan teknologi chronograph dan Swiss Quartz Movement, jam tangan pria ini juga dilengkapi kaca berbahan safir yang tahan pantulan, tali berbahan kulit, serta tubuh jam dari bahan stainless steel. Meski terkesan mewah, Anda tetap bisa menggunakannya di dalam air hingga 100 meter kedalaman.

Ada aneka fitur spesial lainnya seperti informasi tanggal dan skala tachymeter. Dapatkan jam tangan Victorinox Swiss Army Chrono Classic Chronohraph Leather Jam Tangan Pria 241616 ini di situs Original Jam Tangan seharga Rp 7.868.700.

From our editorial team

Jam Tangan Klasik, Jadikan Tampilan Anda Semakin Elegan

Jam tangan yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan jitu bagi Anda. Jadinya, jam tangan tersebut sangat pas dijadikan bahan pertimbangan untuk menjadikan gaya Anda semakin elegan. Tidak hanya itu, beberapa jenis jam di atas juga bisa digunakan dalam berbagai kesempatan, loh.