Bawa Oleh-oleh Khas Korea Ini Agar Liburanmu Tetap Teringat! (2020)

Bawa Oleh-oleh Khas Korea Ini Agar Liburanmu Tetap Teringat! (2020)

Korea menjadi salah satu impian kunjungan bagi para pecinta K-pop atau Drama Korea. Tidak dipungkiri memang bahwa boomingnya Korea menjadi destinasi di negara tersebut makin populer. Anda yang berencana liburan ke Korea jangan lupa membawa oleh-oleh khasnya supaya bisa menjadi kenangan. Berikut oleh-oleh khas Korea yang wajib kamu tahu agar bisa mempersiapkannya.

Siapa yang Tidak Terpesona dengan Keindahan dan Keunikan Korea

Korea merupakan salah satu negara tertua di dunia yang mempunyai sejarah kerajaan panjang. Sekarang ini demam Korea sudah menjamur di seluruh dunia, mulai dari drama Korea, K-pop, fashion, skincare bahkan tempat wisatanya.

Setiap hari semakin banyak orang memiliki impian untuk liburan ke Korea Selatan bahkan penggemar K-pop garis keras juga tidak sedikit. Keindahan alam Korea pun sangat unik dan menawan bahkan bangunan bersejarah peninggalan masa lalu tidaklah sedikit.  



Selain Menikmati Keindahan Korea, Jangan Lupa Berbelanja, ya

Dilansir dari Korea Tourism Organization pada tahun 2018 setiap tahunnya Korea Selatan ramai didatangi turis, sekitar 15,34 juta orang berkunjung ke Korea Selatan. Selain drama dan musik K-pop, negara Korea Selatan juga terkenal dengan destinasi wisata dan belanja oleh-oleh.

Anda tak hanya dapat menemukan kosmetik dan pernak-pernik fashion saja, melainkan obat kesehatan, perhiasan, aksesori, sampai perlengkapan elektronik dengan harga miring.


5 Tempat Belanja Oleh-oleh di Seoul

Namdaemun Market

Namdaemun Market merupakan pasar tradisional terbesar di Korea Selatan yang telah buka sejak tahun 1964. Pasar ini menjual berbagai macam kebutuhan mulai dari makanan, pakaian, peralatan dapur, mainan, aksesori, karpet, bunga, ginseng, barang elektronik sampai barang-barang impor dengan harga terjangkau.

Selain itu, sangat cocok untuk Anda yang senang dan jago tawar-menawar barang. Setiap tokonya menjajakan barang dalam jumlah banyak sehingga bisa bebas memilih. Namdaemun Market baru dibuka menjelang tengah malam sekitar pukul 23.00-05.00, sedangkan tutup di hari minggu. Anda dapat menemukan pakaian dengan harga 10.000 - 20.000 won atau sekitar Rp 125.000 – 250.000.

Pasar tradisional Korea Selatan ini beralamat di 21 Namdaemunsijang 4-gil, Jung-gu, Seoul, South Korea. Untuk menempuhnya, Anda dapat naik subway jalur 4 menuju Hoehyeon Station (Exit 5).

Goto Mall

Goto Mall dikenal dengan nama Gangnam Terminal Underground Shopping Centre/pusat perbelanjaan bawah tanah terbesar di Seoul. Mall ini merupakan lorong sepanjang 880 meter yang terjajar ratusan toko dengan menjual berbagai produk trendi mulai dari baju, kosmetik sampai dekorasi rumah. Anda dapat menemukan berbagai barang dengan harga murah, seperti kaos seharga Rp 35.000.

Selain itu, terdapat berbagai macam tempat makan yang dapat Anda kunjungi ketika lapar menyapa. Goto Mall beralamat di 128-4 Banpo-dong, Seocho-gu, Seoul, South Korea dan buka sejak pukul 10.00-22.00. Anda dapat menemukan lokasinya karena berdekatan dengan Express Bus Terminal Station.

Hongdae Free Market

Hongdae Shopping Street menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung muda dan seniman baru. Kemegahan Hongdae Shopping Street ada berkat adanya Hongik University Seoul Campus. Kawasan ini sangat terkenal karena harganya yang terjangkau dan pertunjukan luar ruangan menarik.

Umumnya, di akhir pekan seniman dan pengrajin lokal menampilkan karyanya di Hongdae Free Market, dimana para mahasiswa berkumpul di Taman Anak Hongik. KT&G Sangsangmadang adalah pilihan tempat terbaik untuk berbelanja di Hongdae.

Anda dapat menemukan pernak-pernik lucu dan unik seperti totebag, lukisan, mainan anak, topi handmade dan lain-lain dengan harga murah. Hongdae Free Market berada di 19-3 Wausan-ro 21-gil, Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan (Hongdae Children’s Park). Biasanya hanya ada di bulan Maret-November setiap sabtu jam 13.00-18.00.

Untuk mencapai kawasan tersebut, Anda dapat naik di jalur 2 menuju Stasiun Hongdae (Hongik University Station), kemudian turun di Exit 9. Setelah itu lanjutkan dengan berbelok kanan di belokan pertama dan jalan luruslah sampai di pertigaan Hongik University. Kemudian belok kananlah lagi dan jalan terus sekitar 20 meter. Lokasi taman untuk Hongdae Free Market ada di sebelah kanan.

Gwangjang Vintage Market

Gwangjang Vintage Market merupakan tempat berbelanja produk-produk bergaya vintage berkualitas. Tempat ini pertama kali dibuka pada tahun 1905 menjual pakaian pernikahan tradisional hanbok dan makanan untuk pernikahan. Di lantai 2 Anda akan menemukan beragam produk vintage berkualitas dengan harga murah. Jangan lupa membawa uang cash yang banyak karena market ini hanya menerima pembayaran tunai.

Gwangjang Vintage Market beralamat di 88 Changgyeonggung-ro, Jongno 4(sa)-ga, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan (lantai 2 Gwangjang Market). Jalur untuk mencapai tempat tersebut bisa dengan naik subway jalur 1 menuju Jongono 5-ga Station (Exit 7&8). Market ini buka setiap Sabtu-Minggu di jam 10.00-19.00.


Myeongdong Shopping Street

Myeongdong Shopping Street merupakan tempat belanja favorit warga lokal dan wisatawan. Di kawasan ini Anda akan disambut deretan toko dalam gang yang menjual berbagai merk produk kosmetik, skincare, make up sampai barang fashion. Di setiap bloknya terdapat lebih dari 20 toko make up yang bisa dikunjungi dan membandingkan produknya.

Agar belanja dapat lebih leluasa, sebaiknya datanglah di pagi hari atau sore hari. Myeongdong Shopping Street beralamat di Myeongdong-gil, Jung-gu, Seoul dengan jam buka 10.00-22.00. Anda dapat naik subway menuju Myeongdong Station (Exits 5, 6, 7, atau 8) atau Euljiro 1 (ij-ga) Station (Exits 5 or 6).

Oleh-oleh Khas Korea Ini Jangan Sampai Lupa Anda Bawa Pulang, ya

Ginseng

Sumber gambar trip101.com

Tanaman yang satu ini cukup populer di Korea Selatan. Iklim Korea yang cukup ideal memungkinkan ginseng tumbuh dengan baik di daerah tersebut. Ginseng gingseng Korea memiliki tiga jenis, yaitu ginseng dalam bentuk alami atau susam, ginseng kering atau baeksam, dan ginseng kukus yang dikeringkan atau hongsam.

Umumnya, ramuan ini dikemas dalam berbagai bentuk, seperti permen, teh ginseng ataupun suplemen kesehatan. Meskipun Korea Selatan sangat terkenal dengan ginseng, namun Anda harus tetap berhati-hati memilih. Ginseng tidak semuanya mempunyai kualitas baik bahkan tidak menutup kemungkinan ada yang palsu.

Apabila Anda ingin membeli ginseng sebaiknya belilah di pusat ginseng Korea Selatan yang terletak di Chungha Building, Jahamun-ro, Jongro-gu, Kota Seoul. Selain itu, Anda dapat membeli ginseng di pasar Gyeongdong Yaknyeong Market dan Naemdaemun Market. Waktu terbaik membeli ginseng adalah ketika festival ginseng berlangsung. Anda dapat membeli ginseng mentah dengan harga KRW 20,000 - KRW 50,000 atau setara dengan Rp 200.000 - Rp 500.000 untuk per ¾ kilogram.

Dojang

Sumber gambar livingnomads.com

Dojang merupakan stempel nama dengan huruf Hangeul Korea yang unik dan menarik. Umumnya bersegel ukir yang tahan lama dengan tampilan sampai 6 kata pilihan. Dojang terbuat dari kayu atau batu giok dan tersedia dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran. Stempel ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yang akan pengingatkan tentang Korea.

Dojang berspesialisasi buatan tangan dapat Anda buat di gedung Ssamziegil di toko bernama Callizone. Di sini Anda dapat memilih warna dan jenis hurufnya dalam bahasa Korea ataupun Inggris. Untuk membuatnya cukup 20 menit dan Anda dapat membelinya dengan harga 20.000 won atau setara dengan Rp 350.000.


Daechu-cha

Sumber gambar idntimes.com

Ritual upacara teh tidak hanya ada di negara Jepang, namun Korea juga memilikinya. Ritual tea ceremony di Korea telah ada sejak tahun 661 Masehi. Salah satunya ada Daechu-cha atau Teh Jejube mempunyai rasa manis dan kaya rasa apabila direbus dalam air dalam jangka waktu lama.

Teh ini mampu memperlambat proses penuaan dini dan menenangkan saraf sehingga sangat cocok untuk penderita stres dan sulit tidur. Selain itu, dapat juga digunakan untuk menyembuhkan batuk dan otot kram karena kaya akan zat besi, vitamin B, dan vitamin C. Anda dapat menemukannya di supermarket di Korea seperti Gmarket dengan harga 4600 won atau sekitar Rp 54.000.

Hanji

Sumber gambar https://nirvanacph.com

Hanji merupakan kertas Korea yang digunakan dalam perlengkapan sehari-hari untuk keperluan rumah tangga seperti buku, dinding, jendela, lantai hingga peti mati. Kertas Korea ini umumnya diartikan sebagai kertas kehidupan dan tidak bisa dianggap sepele.

Hanji berbeda dengan kertas biasa karena tidak terbuat dari sodium hidroksida melainkan dari kulit pohon mulberi. Di Korea terdapat tiga jenis pohon mulberi yang biasa digunakan untuk bahan kertas. Namun, hanya jenis pohon mulberi tertentu saja yang bisa digunakan seperti Mulberi Mayopjong dan Yoyojong.

Mulberi Mayopjong lebih cocok digunakan untuk kertas lantai karena bertekstur keras dan tipis dengan sedikit serat, sedangkan Yoyojong bagus untuk kertas kaligrafi karena tebal dan berserat panjang lembut. Hanji dapat Anda beli di Pusat Perbelanjaan Gyeongil Hanji, Seoul dengan harga mulai dari Rp 40.000.

Kimchi

Kimchi merupakan kudapan tradisional dari Korea Selatan yang bisa digunakan sebagai bahan baku ataupun side dish. Di zaman dulu, Kimchi diucapkan chim-chae yang berarti sayuran yang direndam. Kimchi mirip asinan sayur namun dengan cita rasa asam dan pedas yang dibuat dari sayur-sayuran dan difermentasi dengan cabai.

Proses pembuatannya dengan mencuci bersih sayur terlebih dulu dan digarami, lalu dicampur dengan bumbu seperti udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Umumnya kimchi dibuat dari sawi putih dan lobak yang dihidangkan di waktu makan sebagai banchan. Selain itu, kimchi juga digunakan sebagai bumbu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan lain-lain.

Anda dapat membelinya di supermarket di seluruh Korea dengan harga mulai dari 11,900 won untuk 2 kg atau sekitar Rp 140.000.

Sumpit

Sumber gambar tripzilla.id

Korea mulai mengenal sumpit sejak dibawa orang China ke Korea. Sumpit khas Korea atau jeotgarak umumnya terbuat dari logam dan cenderung licin bagi yang belum pernah menggunakannya. Sumpit ini sangat cocok digunakan oleh-oleh keluarga atau teman dekat untuk menikmati hidangan Korea atau makan ala Korea setiap hari atau pada acara tertentu.

Anda dapat membelinya di Myeongdong Underground Shopping Centre di Insadong dengan harga 10,000 KRW atau sekitar Rp 115.000. Untuk setiap 10 pasang sumpit seharga 1,000 KRW atau sekitar Rp 11.000 per pasang.

Set Bolpen

Sumber gambar tripzilla.com

Korea banyak memproduksi berbagai macam peralatan menulis unik seperti kotak pensil, pensil, pensil warna, kertas, stiker sampai berbagai macam pena. Selain itu, Anda dapat menemukan baterai eksternal, notebook, plushies, gantungan kunci, magnet kulkas, pernak-pernik khas Korea yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh. Anda dapat menemukan peralatan menulis ini di berbagai toko peralatan menulis di sektiar Korea dengan harga beragam.

Set bolpen Korea unik dan menarik juga dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Anda dapat membelinya di Myeongdong Underground Shopping Centre dengan harga mulai dari ₩ 10,000 untuk 4 pena atau setara dengan Rp 100.000.


Patung Zodiak

Sumber gambar tripzilla.com

Patung zodiak Sibijisin merupakan kedua belas binatang dewa penjaga, yaitu tikus, sapi, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba (Ram atau Kambing juga), dan lain-lain. Setiap hewan tersebut dianggap memiliki karakteristik khusus dan hadir dalam patung-patung kecil lucu yang bisa dimasukkan dalam saku untuk dibawa pulang.

Patung zodiak biasanya dibuat dengan warna emas yang indah dan sangat tepat dijadikan sebagai barang souvenir ataupun menyimpannya untuk diri sendiri. Anda dapat membelinya di Insadong dengan harga mulai dari ₩ 5,000 - 7,000 per satuannya atau setara dengan Rp 60.000 – Rp 80.000.

Jelly Korea

Sumber gambar tripzilla.com

Jelly memiliki rasa manis, kenyal, dan enak yang tidak hanya disukai anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Korea mempunyai jelly yang dapat digunakan sebagai oleh-oleh lucu untuk orang tersayang di rumah. Jelly Korea memiliki beragam varian yang dapat dipilih, seperti Lotte Yoghurt Jelly, Apple Yogurt Jelly, dan Strawberry Yogurt Jelly.

Anda dapat membelinya di Insadong ataupun di berbagai supermarket seperti Lotte Mart di Korea dengan harga 2000 won atau setara dengan Rp 23.000 per bungkus.



Permen Dragon’s Beard

Sumber gambar tripzilla.com

Permen Dragon’s Beard merupakan permen dengan bentuk lembaran tipis mirip rambut berwarna putih. Apabila dilihat sekilas hampir mirip dengan kepompong yang memiliki rasa manis gurih dan di dalamnya terdapat kejutan. Permen Dragon’s Beard alias Janggut Naga adalah permen tradisional berusia lebih dari 1000 tahun yang terbuat dari campuran madu dengan tepung beras.

Proses pembuatan Permen Dragon’s Beard sangat menarik karena mempertunjukkan cara yang unik dan menghibur. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya ketika mengisi permen dengan kacang atau buah kering sembari melantunkan lagu dan mengatakan "I love you" dan "Welcome to Korea".

Anda dapat membelinya di Insadong dengan harga ₩ 5,000 - 7,000 atau setara dengan Rp 60.000 - Rp 80.000 untuk setiap satuannya.

From our editorial team

Oleh-oleh Khas Negara Memberikan Kesan yang Melekat

Memilih oleh-oleh khas sangat disarankan bagi Anda yang liburan ke daerah tertentu. Selain menjadi kenang-kenangan, barang khas tersebut juga menjadi lambang atau barang-barang yang digunakan oleh masyarakat Korea. Seperti kebiasaan orang Korea dalam tradisi minum kopi dan membeli cangkir untuk minum kopi yang Khas Korea akan sangat berkesan.