Mau Liburan Romantis di Italia? Jangan Lewatkan 10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Italia yang Bisa Dibawa Pulang ini!

Mau Liburan Romantis di Italia? Jangan Lewatkan 10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Italia yang Bisa Dibawa Pulang ini!

Negeri Italia tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin melakukan wisata romantis. Italia memiliki banyak destinasi wisata yang memiliki arsitektur yang indah, kaya sejarah, dan makanan yang lezat. Nah, pergi ke negeri pizza ini tentunya Anda mesti membawa oleh-oleh khas Italia. Berikut rekomendasi dan ulasannya untuk Anda.

Italia Kaya Akan Sejarah dan Memiliki Keindahan Landscape

Italia, tidak hanya terkenal dengan negara sepak bola, tetapi juga sebagai destinasi wisata yang sangat populer. Tidak hanya memiliki sejarah yang kaya, tetapi Italia juga memiliki landscape yang indah. Sehingga tidak mengherankan bila Italia menjadi tujuan favorit banyak wisatawan. Setiap tahunnya Italia dikunjungi oleh lebih dari 58 jutaan turis asing. Tak heran bila Italia merupakan salah satu tujuan wisata yang terindah di Eropa.

Tips Jalan-Jalan Selama di Italia

Awas Copet

Tidak hanya di Indonesia, di Italia juga rawan kecopetan. Maka dari itu, Anda juga perlu waspada saat berkunjung ke Italia. Lokasi-lokasi yang sering terjadi pencopetan antara lain di Milan dan Piazza del Duomo.

Agar lebih aman sebaiknya jangan lengah, terlalu mencolok atau membawa banyak barang. Kalau bisa, tas yang Anda bawa disembunyikan saja di dalam jaket. Lalu, barang-barang berharga jangan sampai diletakkan di satu tempat.

Jangan Menerima Tawaran Orang Asing Untuk Memfotokan Kita

Tidak hanya pencopet, di Italia juga banyak pemeras. Anda perlu berhati-hati saat berinteraksi dengan orang di sana, terutama jika yang Anda ajak interaksi adalah orang Italia asli. Usahakan jangan meminta tolong mengambil gambar atau menerima tawaran orang asing untuk mengambil gambar atau foto Anda.

Karena kesempatan ini sering dimanfaatkan orang jahat untuk memeras Anda. Setelah membantu Anda, dia akan meminta uang yang tidak sedikit. Jika Anda tidak bisa atau tidak mau memberikannya, dia akan membawa kabur uang Anda.

Satu Minggu Cukup Untuk Berjalan-Jalan

Berkeliling Italia, tidak membutuhkan waktu yang lama. Dalam waktu seminggu saja, Anda telah bisa mengunjungi berbagai kota di Italia. Sehingga Anda tidak perlu berlama-lama di Italia. Berbagai kota yang bisa Anda kunjungi dalam waktu seminggu adalah Milan, Como, Verona dan Venezia.

Empat kota tersebut telah mewakili, karena pergi ke empat kota besar itu sama saja dengan berkeliling Italia. Kenapa tidak memakan waktu yang lama? Karena jarak dari setiap kota tidaklah jauh, hanya memakan waktu 30 menit sampai satu jam saja.

Jangan Takut Kalau Tidak Bisa Berbahasa Italia

Meskipun terkenal dengan banyak penipu dan pencopet, tetapi Anda tidak perlu takut berkunjung ke Italia, karena juga banyak orang baik di Italia. Anda juga tidak perlu takut jika tidak bisa berbahasa Italia, karena penduduk di Italia juga banyak yang bisa berbahasa Inggris. Terlebih jika Anda mengunjungi kota Roma dan Milan, kedua kota ini mayoritas masyarakatnya bisa berbahasa Inggris.

Coba Makanan Lokal

Tidak hanya menawarkan keindahan untuk mata saja, Italia juga memiliki kekayaan kuliner yang wajib Anda cicipi. Selain pasta dan pizza, Italia masih memiliki banyak makanan tradisional yang memiliki rasa yang khas.

Anda akan sangat puas saat berwisata kuliner di Italia, karena tidak hanya makanan yang berat saja, Italia juga memiliki makanan ringan yang berbagai macam dan tentunya sangat enak dan lezat.

Berbagai Oleh Oleh Khas Italia

Porselen

Sumber gambar www.goseekexplore.com

Ketika berkunjung ke Italia, jangan sampai tidak membeli porselennya. Karena Italia juga terkenal dengan produk porselennya yang unik dan khas. Anda bisa menjadikan porselen dari Italia sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkan porselen Italia, Anda bisa membelinya di sekitar Piazza Navona.

Toko yang berlokasi di jantung kota Roma ini banyak menyuguhkan porselen dalam berbagai bentuk. Anda bisa membelinya mulai dari €5 atau dalam rupiah seharga Rp 77 ribuan.

Minyak Zaitun

Sumber gambar www.kaveyeats.com

Italia adalah negara yang terkenal dengan minyak zaitunnya. Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa minyak zaitun dari Italia adalah salah satu minyak zaitun terbaik di dunia. Minyak yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit kanker ini sangat banyak ditemukan di Italia saat musim gugur.

Anda bisa mendapatkan minyak zaitun di San Lorenzo Market di Florence dengan harga €7,5 per botolnya atau dalam rupiah menjadi sekitar Rp 110 ribuan.

Kartu Pos

Sumber gambar www.goseekexplore.com

Kartu pos adalah selembar kertas berbentuk persegi panjang yang berfungsi untuk menulis surat tanpa amplop. Meskipun terlihat tidak begitu penting, tetapi kartu pos di Italia sangatlah ikonik dan memiliki ciri khas.

Bahkan, syarat pernah ke Italia adalah memiliki kartu pos Italia. Anda bisa mendapatkan kartu pos ini di Parco Sempione atau Piazza del Duomo yang berlokasi di Milan. Harga kartu pos mulai dari €0.5 atau setara dengan Rp 7000.

Keju Italia

Sumber gambar www.gpsmycity.com

Italia adalah negara yang memiliki tradisi yang panjang dalam pembuatan keju. Hal inilah yang membuat keju dari Italia sangatlah terkenal. Di Italia, banyak sekali makanan yang terbuat dari keju. Anda akan menemukan keju di atas pasta, saus dari keju, atau keju sebagai makanan penutup.

Jika Anda ingin membeli keju di Italia, Anda bisa ke Trastevere di kota Roma. Keju di toko ini memiliki harga yang bervariasi mulai dari € 10 atau setara dengan Rp 150 ribuan hingga € 20 atau setara dengan Rp 300 ribuan per kg.

Olahan Jamur Truffle (Keju, Saus, Pasta, Mentega)

Jamur truffle adalah jenis jamur langkah di dunia. Namun, di Italia banyak sekali makanan yang menjadikan jamur langkah ini sebagai bahan dasarnya. Sehingga jamur truffle telah menjadi ciri khas dari makanan Italia. Anda bisa mencicipi olahan jamur truffle di berbagai tempat di Italia.

Setiap supermarket di Italia, selalu menjual olahan makanan dari jamur truffle. Untuk pasta, harganya sekitar €3 atau setara dengan Rp 40 ribuan. Tetapi jika Anda ingin mencicipi jamur truffle di dalam jar, Anda bisa membelinya seharga €7 atau setara dengan Rp 100 ribuan.

Sarung Tangan Kulit

Sumber gambar www.gpsmycity.com

Kerajinan kulit adalah salah satu produk yang sangat terkenal di Italia. Banyak sekali produk olahan kulit yang dijual di berbagai pasar di berbagai kota di Italia. Salah satu produk olahan kulit yang sangat populer dari Italia adalah sarung tangan kulit.

Sarung tangan Italia terbuat dari kulit domba, kulit anak sapi nubuck dan dilapisi kasmir, sutra, kelinci, dan wol domba. Anda bisa membeli produk olahan kulit ini di toko Madova yang terletak di Via De Guicciardini di Florence. Harga yang ditawarkan untuk sarung tangan kulit mulai dari 35 euro atau setara dengan Rp 500 ribuan.

Beras Arborio

Sumber gambar food.detik.com

Beras Arborio adalah jenis beras yang sangat populer di Italia. Beras ini memiliki ciri khas butiran yang lebih pendek dari beras biasanya. Nama dari beras jenis ini diambil dari nama kota Arborio tempat asal beras ini ditemukan.

Beras yang memiliki butiran yang mungil ini tidak mudah hancur atau lembek, tetapi tetap lembut dan kenyal. Anda bisa membeli beras Arborio ini di semua supermarket di Italia. Harga dari beras Italia ini mulai dari €1.85 atau setara dengan Rp 28 ribuan untuk 500 gram.

Italian Polenta

Sumber gambar www.idntimes.com

Tidak hanya nasi, sumber karbohidrat yang dikonsumsi masyarakat Italia juga dari jagung. Salah satu olahan jagung yang paling terkenal adalah Italian Polenta. Makanan yang memiliki bentuk seperti bubur ini terbuat dari tepung jagung.

Biasanya makanan ini dihidangkan dengan saus daging dan jamur serta keju, sayuran dan kacang-kacangan. Anda bisa mendapatkan Italian Polenta ini di berbagai supermarket di Italia dengan harga mulai dari €0.85 atau setara dengan Rp 13 ribuan untuk ukuran 500 gram.

Murano Glass

Sumber gambar veneziaautentica.com

Murano Glass adalah perhiasan buatan tangan yang sangat terkenal di Italia. Tidak hanya perhiasan saja, tetapi gelas Murano juga diolah menjadi patung, sehingga cocok untuk memperindah interior rumah Anda.

Sangat banyak yang menjual perhiasan Murano Glass di Italia, sehingga Anda juga perlu berhati-hati, karena banyak juga yang menjual barang palsu. Harga yang ditawarkan dari perhiasan ini bervariasi, mulai dari 30 euro atau setara dengan Rp 400 ribuan.

Sun-Dried Tomatoes

Sumber gambar www.shelovesbiscotti.com

Sun-Dried Tomatoes adalah tomat kering dari Italia yang sangat populer. Tomat yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan ini terlebih dahulu dikeringkan di bawah sinar matahari. Biasanya Sun-Dried Tomatoes dijual di dalam botol kaca dan direndam dalam minyak olive.

Jika Anda penasaran dengan rasanya, Anda bisa mendapatkan Sun-Dried Tomatoes di berbagai supermarket di Italia. Sun-Dried Tomatoes dijual dengan harga mulai dari €1.99 atau setara dengan Rp 30 ribuan untuk ukuran botol 190 gram.

From our editorial team

Perhitungkan Oleh-oleh Sesuai Budget

Tentunya, beberapa produk yang diulas dan direkomendasikan BP-Guide di atas dapat memberikan gambaran bagi Anda, apa saja yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh sepulang dari Italia. Sudah siap traveling ke negeri yang juga terkenal dengan sepak bola ini? Jangan lupa, oleh-oleh yang dibeli juga diperhitungkan sesuai budget yang Anda miliki, yah.