10 Rekomendasi Alat Pancing Wajib Dimiliki oleh Kamu yang Pemula (2020)

10 Rekomendasi Alat Pancing Wajib Dimiliki oleh Kamu yang Pemula (2020)

Tidak bisa dipungkiri bahwa memancing memang melatih kesabaran. Kita harus sabar menunggu ikan datang dan sabar saat ikan tiba-tiba terlepas dari mata kail. Selain melatih kesabaran, ternyata ada banyak manfaat memancing. Nah, kamu yang ingin tahu manfaatnya, silakan cek ulasan kami! Selain itu, ada juga tips memilih peralatan memancing dan rekomendasi peralatan memancing untuk kamu.

Memancing Tak Hanya Melatih Kesabaran, namun juga Memberi Sederet Manfaat

Memancing merupakan aktivitas yang menjadi hobi banyak orang. Memancing memang terlihat sepele, kendati demikian hal ini cukup menyenangkan dilakukan. Banyaknya hasil tangkapan ikan mungkin memang tidak sebanyak biaya yang harus dikeluarkan untuk alat pancing, umpan, dan lain sebagainya. Kendati demikian, ada rasa kepuasan tersendiri jika berhasil memancing ikan.

Memancing bukan hanya bisa melatih kesabaran. Aktivitas yang satu ini juga bisa memberi sederet manfaat. Salah satunya adalah untuk meredakan stres. Ketika melempar kail, menunggu ikan mengambil umpan kita, dan juga menarik kail bisa jadi hal yang menyenangkan. Ada sensasi relaksasi saat menikmati pemandangan alam di sekitar tempat kita memancing, baik itu sungai, danau, hingga laut. Jika memancing dilakukan pagi hari maka kita juga bisa sekaligus menikmati hangatnya paparan sinar matahari pagi sehingga kita bisa mendapatkan vitamin D sekaligus.

Memancing juga bisa membuat kebugaran fisik kita terjaga. Untuk menuju tempat memancing, biasanya sedikit butuh tenaga ekstra. Kamu harus mendayung sampan dulu, bersepeda, mendaki bukit, atau berjalan kaki. Beragam aktivitas tersebut akan membuat jantung kita jadi lebih aktif dan kebugaran fisik lebih terjaga.

Memancing adalah aktivitas yang sekaligus mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi. Saat memancing kita harus konsentrasi agar tahu kapan sebaiknya melempar kail dan kapan kail disambar ikan. Selain itu, kamu juga butuh konsentrasi tinggi saat menata perlengkapan memancing.

Saat memancing, kamu juga bisa memperluas pergaulan. Kamu bisa ngobrol dengan teman di sebelahmu untuk bertukar pikiran dan informasi terkait hobi memancing dan lain sebagainya selama menunggu ikan menggigit kail. Bahkan terkadang dari hobi itu tercipta pertemanan bahkan hubungan kekeluargaan.

Aneka Peralatan Memancing yang Wajib Dimiliki Pemula

Joran

Joran merupakan peralatan memancing yang dibutuhkan untuk pemula. Dengan alat yang satu ini maka tangan bisa lebih aman dari gesekan senar saat menarik ikan. Alat ini digunakan sebagai dudukan reel dan sebagai tempat bertumpunya senar. Joran juga bisa mengarahkan tarikan ikan sehingga ikan tidak akan lolos.

Saat memilih joran, hindari bahan besi namun pilihlah yang berbahan reel. Pilih lapisan keramik agar tidak mudah berkarat dan agar tali tidak mudah putus saat menarik ikan. Perhatikan juga diameter joran agar lebih nyaman dipegang. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran ikan yang akan dipancing. Jika ikannya terlalu besar, maka sebaiknya memilih joran besar juga.

Reel Pancing

Reel pancing menjadi peralatan pancing selanjutnya yang bisa dipilih. Reel berfungsi untuk penggulung dan penampung senar. Alat yang satu ini terus mengalami inovasi dari segi bahan hingga bentuk. Peralatan pancing yang satu ini dibagi menjadi dua tipe. Jenis yang pertama adalah reel overhead sementara yang kedua adalah reel underhand. Contoh reel overhead adalah reel baitcasting dan reel trolling. Contoh dari reel underhand adalah reel spinning.

Kail

Kail adalah perlengkapan memancing selanjutnya yang wajib dimiliki pemancing. Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk menggaet mulut ikan yang sudah memakan umpan. Tanpa kail mustahil bisa mendapatkan ikan. Dengan adanya kail maka mulut ikan akan tersangkut pada kail sehingga ikan mudah ditarik ke atas. Kail sendiri hadir dalam banyak ukuran. Untuk ukurannya bisa kamu sesuaikan dengan ukuran ikan yang akan dipancing. Bahan kail sendiri sangat beragam dan setiap bahannya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Senar Pancing

Senar pancing juga pastinya dibutuhkan oleh para pemancing. Fungsi senar pancing adalah untuk menghubungkan kail dengan tangan para pemancingnya. Senar juga berfungsi untuk menggerakkan lure agar bisa menghasilan gerakan yang pas untuk mengangkat ikan. Adanya senar pada pancingan juga untuk menyamarkan umpan di dalam air. Senar pancing juga berfungsi untuk memberikan sensasi tarik ulur dengan ikan.

Model senar pancing juga ada banyak variasinya. Pastikan kamu memilih senar yang bagus agar kamu bisa dengan mudah menggerakkan kail ketika sudah dimakan ikan. Kamu bisa membeli senar di toko alat pancing terdekat atau bisa juga membeli di toko online.

Pelampung

Pemancing juga akan sangat membutuhkan pelampung. Ini adalah peralatan yang tidak wajib ada di alat pancing, namun cocok untuk kamu yang pemula. Adanya pelampung pada alat pancing ini akan memudahkan kamu untuk tahu jika kamu mendapatkan ikan atau jika mata kailmu disentuh oleh ikan. Dengan adanya pelampung ini maka kamu jadi lebih sigap untuk menarik pancing dan ikan jadi bisa tertangkap dengan baik.

Ini Dia Perlengkapan Pancing yang Wajib Kamu Bawa Saat Memancing

100pcs Umpan Cacing Merah Buatan Bahan Plastik Halus Ukuran 4cm

100pcs Umpan Cacing Merah Buatan Bahan Plastik Halus Ukuran 4cm ini merupakan perlengkapan pancing yang bisa kamu bawa saat memancing. Ini adalah umpan berupa cacing merah plastik yang mirip aslinya. Umpan ini mudah digunakan. Cukup pasang di bagian ujung kail dan umpan akan tampak samar di air sehingga terlihat seolah seperti cacing air sesungguhnya.

Umpan plastik ini juga memiliki aroma yang bisa mengundang ikan untuk datang dan menggigit umpan. Produk ini cocok untuk aneka jenis ikan. Umpan terbuat dari bahan PVC dengan ukuran 4 cm.

Harga Rp. 13.270-163.000

Umpan Pancing Dalam Air Bahan Keras Dengan Kait

Umpan Pancing Dalam Air Bahan Keras Dengan Kait ini juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini cocok untuk memancing pada kedalaman 1 hingga 3 meter. Umpan yang satu ini memiliki mata 3D yang bisa membuat ikan tergoda untuk mendekat. Penampakannya seperti ikan asli dengan warna dan pola sirip yang mirip. Umpan ini cocok untuk ikan bass dan ikan karnivora. Produk ini terbuat dari bahan ABS kombinasi stainless steel. Ukuran umpan adalah 9,5 cm dengan berat 11 gram. Dalam setiap pembelian, warna umpan akan dikirim secara acak.

Harga Rp. 14.799-220.000

Proberos Premier Pro Series Benang Pancing Braided - 300M

Proberos Premier Pro Series Benang Pancing Braided - 300M juga merupakan perlengkapan memancing yang wajib kamu miliki. Perlengkapan yang satu ini terbuat dari bahan PE yang super kuat. Ini membuat kamu jadi bisa memancing ikan dengan ukuran besar. Benang pancing ini juga cocok untuk digunakan memancing di laut. Benangnya tidak mudah putus dan bisa tahan lama digunakan. Tali pancing ini memiliki varian ketebalan dengan panjang total 300 meter. Tali pancing hadir dengan motif anyaman sehingga bisa menarik ikan besar hingga ke daratan. Warna roll pancing akan dikirim acak tergantung persediaan yang ada.

Harga Rp. 42.299-108.000

YUMOSHI REELSKING EF3000 Reel Pancing Spinning 12 Ball Bearing

YUMOSHI REELSKING EF3000 Reel Pancing Spinning 12 Ball Bearing 0.20mm / 230 meter, 0.25mm / 150 meter ini adalah rekomendasi selanjutnya. Peralatan yang satu ini berbahan alumunium sehingga kokoh dan kuat. Gear-nya juga berkualitas sehingga bisa tahan lama digunakan dan bisa bikin ikan besar takluk. Fishing reel yang satu ini bisa menahan tarikan dari para predator dalam air. Reel ini hadir dengan gear ratio 5.5:1 dan juga memiliki 12 ball bearing sehingga putaran reel lebih cepat dan lancar. Produk ini bisa menampung tali pancing hingga 285 meter.

Harga Rp. 108.000-155.000

Lixada Box Kotak Perkakas Kail Pancing 12 Ruang

Lixada Box Kotak Perkakas Kail Pancing 12 Ruang juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini cocok untuk meletakkan aneka aksesori kebutuhan memancing. Sekat-sekatnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Di dalamnya ada 12 sekat yang bisa memisahkan pakan ikan, kail, dan lain sebagainya. Kotak yang satu ini terbuat dari bahan plastik waterproof berkualitas sehingga aman digunakan di area basah maupun dekat kolam ikan. Ukuran produk ini adalah 11,3 x 7,7 x 3,2 cm.

Harga Rp. 28.405-62.900

PELAMPUNG PANCING PREMIUM SUPERLITE

PELAMPUNG PANCING PREMIUM SUPERLITE juga bisa jadi pilihan untuk dibawa mancing. Produk yang satu ini hadir dengan bahan yang kuat. Finishing-nya juga rapi sehingga terkesan sangat menarik. Warnanya juga beragam sehingga sangat mencolok kesannya. Produk yang satu ini mudah dilihat jadi kita bisa tahu bahwa umpan sudah dimakan. Pemancing bisa menggunakannya pada siang ataupun malam hari. Bagian atasnya bisa dicopot dan juga diganti dengan glow stik. Berbahan kayu yang kuat, bentuknya mungil dan bisa tahan lama di dalam air.

Harga Rp. 5.950-40.000

Kabinwang Joran Pancing Gun Handle Carbon Fiber 2 Segments 2.4M - Blue

Kabinwang Joran Pancing Gun Handle Carbon Fiber 2 Segments 2.4M – Blue menjadi perlengkapan pancing selanjutnya. Produk yang satu ini berbahan carbon fiber yang kuat. Joran ini bisa menahan beban yang berat dan tidak akan mudah patah. Dengan alat ini, maka kamu bisa lebih mudah menangkap ikan-ikan besar di laut. Bagian tongkat pancingnya dilengkapi baitcasting yang kuat dan kokoh. Ini akan bikin kamu lebih mudah menangkap ikan. Beberapa layer-nya bisa disesuaikan ukuran panjangnya. Joran ini mudah dilepas jadi dua bagian sehingga mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 130.000-205.000

Kail Pancing Captain Akita Kitsuna (1030RB)

Kail Pancing Captain Akita Kitsuna (1030RB) ini adalah rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dalam warna biru yang menarik. Mata pancing ini tersedia dalam ukuran 2 hingga 15. Produk ini dibuat dengan teknologi dari Jepang yang antikorosi dan bebas bahan kimia. Mata pancing ini tajam dan bisa digunakan untuk penetrasi tajam pada ikan. Kail ini kuat dan bisa menahan ikan besar sekali pun.

Harga Rp. 3.000-6.000

Tas Pancing Shimano ZF-60

Tas merupakan perlengkapan pancing yang butuh dibawa. Dengan tas pancing maka seluruh kebutuhan saat memancing bisa dibawa dengan lebih praktis. Tas Pancing Shimano ZF-60 ini menjadi rekomendasi yang tidak bisa dilewatkan. Panjangnya 60 cm dan 80 cm dengan tinggi 21 cm. Tas pancing ini terbuat dari bahan D600 dengan model ransel. Ada 2 kompartemen dan 2 saku pada tas pancing ini sehingga kamu bisa menata bawaan dengan lebih leluasa.

Harga Rp. 83.000-95.000

Kursi Lipat Outdoor Camping Pancing Hijau Muda

Kursi Lipat Outdoor Camping Pancing Hijau Muda menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 85 x 50 x 85 cm. Tingginya sekitar 40 cm. Produk ini hadir dalam warna hijau cerah. Kursi ini bisa menahan beban hingga 100 kg. Kursi memancing ini praktis karena bisa dibawa kemana saja. Bagian sandaran tangannya ergonomis sehingga bikin kita lebih rileks saat duduk. Produk ini juga memiliki cup yang bisa jadi tempat gelas atau ponsel. Rangka kursi ini terbuat dari baja kokoh. Bahan kursinya memakai kain poliester sehingga aman dan nyaman untuk aktivitas luar ruangan.

Harga Rp. 142.000-241.000
From our editorial team

Tips Memilih Alat Pancing

Dalam memilih alat pancing, sebaiknya kamu sesuaikan dulu dengan lokasi kamu memancing. Alat pancing tentu akan berbeda untuk yang digunakan memancing di air tawar, danau, hingga tambak. Selanjutnya, saat memilih alat pancing, pilih juga sesuai dengan bujet yang kamu miliki. Bujet akan sangat mempengaruhi jenis alat pancing yang akan kamu miliki. Jika bujet terbatas dan kamu masih pemula, sah-sah saja jika memilih alat yang murah. Terakhir, saat membeli alat pancing, jangan lupa untuk survei tempat pembelian sebelum membeli. Dengan begini kamu jadi tahu harus membeli di mana dan berapa harganya.

Tag