Memancing di Alam Liar Tak Jadi Masalah dengan 10 Rekomendasi Alat Pancing Casting Pilihan BP-Guide Ini!

Memancing di Alam Liar Tak Jadi Masalah dengan 10 Rekomendasi Alat Pancing Casting Pilihan BP-Guide Ini!

Memancing adalah aktivitas yang menyenangkan dan teknik casting jadi salah satu teknik favorit para pemancing. Yuk simak tips dan rekomendasi alat pancing casting layak coba dari BP-Guide berikut ini!

Casting Adalah Salah Satu Teknik dalam Memancing

Sumber gambar outdoorempire.com

Casting merupakan teknik memancing dengan cara melemparkan umpan tiruan atau artificial lure dan menariknya supaya bergerak dan menimbulkan gerakan yang menarik perhatian ikan lain untuk memakannya.

Teknik ini biasanya dilakukan di pinggiran laut, seperti dermaga, batuan, pantai, atau di atas kapal yang berhenti dan berjalan pelan. Namun saat ini casting juga kerap digunakan untuk memancing di sungai, kolam, atau muara sungai, dengan piranti yang berukuran lebih kecil dari yang dipakai saat di daerah laut.

Teknik memancing casting tentu saja memerlukan peralatan khusus. Joran yang digunakan memiliki sifat yang lentur dengan panjang 150-172 cm. Begitu juga reel yang dipakai biasa disebut bait casting dengan kelebihan spinning dan umpan yang digunakan merupakan umpan tiruan.

Tips Memancing dengan Teknik Casting

Pahami Spesifikasi Lure

Sumber gambar gearlobo.com



Dibandingkan dengan bentuk dan warna, spesifikasi lure yang sebenarnya bisa membantu keberhasilan casting yang dilakukan oleh pemancing. Sebaiknya perhatikan ukuran, berat, dan action lure, seperti floating, sinking, suspending, dan plongeant sebelum memilih lure.

Mengingat bahwa casting dipakai saat memancing target ikan predator, Anda perlu casting, seperti Stickbait, Minnow, Spoon, Spinner, Pencil, Froggie, Casper, dan masih banyak lainnya. Karena setiap lure memiliki gerakan yang berbeda, Anda juga perlu mempelajari teknik yang berbeda saat retrieving.

Pahami Tackle

Tackle yang seimbang akan mempengaruhi tingkat akurasi dan jarak yang optimal. Karena casting membutuhkan keaktifan atau semangat melempar, Anda memerlukan tackle yang ringan.

Penggunaan multifilament berdiameter lebih tipis dengan ukuran yang sama dengan jenis monofilament dan bersifat lebih ringan sangat dianjurkan untuk casting. Kapasitas line pada spool patut dilihat pada tulisan spool reel.

Reel sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu spinning reel menggunakan bell arm untuk menggulung benang sedangkan spool tidak ikut berputar, dan bait casting yang mengandalkan berat umpan untuk memutar spool.



Pahami Spot dan Target

Sumber gambar www.flyshop.co.nz

Sebelum melakukan casting, Anda harus menganalisis spot dan target. Hal ini meliputi kontur dasar perairan, kedalaman spot, rintangan, dan karakter predator air yang kemungkinan menyambar lure. Mengingat casting dalam memancing tidaklah mudah, akan ada trial dan error sehingga Anda harus sabar, tekun, dan teliti.

Daftar 10 Alat Pancing Casting yang Bisa Jadi Pilihan

Debao CS3000 Fishing Spinning Reel 8 Ball

Debao CS3000 Fishing Spinning Reel 8 Ball merupakan fishing reel berbahan alumunium dan gear yang berkualitas. Dapat menahan tarikan dari para predator di dalam air, reel ini dapat menampung tali pancing 0,18 mm sepanjang 240 m, 0,2 mm sepanjang 200 m, dan 0,25 mm sepanjang 140 m. Memiliki gear ratio 5.2 : 1, Anda bisa membelinya di Jakarta Notebook seharga Rp 62.200.

Kaizen Haruki 1000

Sumber gambar shopee.co.id

Kaizen Haruki Tipe Spinning 1000 merupakan reel spinning dari Kaizen yang dilengkapi dengan spool berbahan alumunium dengan desain yang elegan serta harga yang terjangkau bagi para pemancing pemula. Cocok dipakai untuk memancing ikan di kolam, empang, sungai, dan danau, Kaizen Haruki Tipe Spinning 1000 dapat digunakan untuk target ikan air tawar berukuran kecil hingga sedang.

Reel Kaizen Haruki Tipe Spinning 1000 memiliki rasio gear 5.1:1 dengan ukuran 1000-3000 dan 3 bearing. Line capacity dari reel tersebut (mm/m), yaitu 0.18/215, 0.20/12, dan 0.25/110. Anda bisa membeli reel ini secara online di Tokopedia Rp 135.000 dan Bukalapak Rp 139.500.

JOHNCOO Carbon Baitcasting Reel 13 + 1 BB

Sumber gambar www.amazon.com

Johncoo Carbon Baitcasting Reel 13+1 BB merupakan reel baitcasting berbahan karbon dengan berat 165 gr/6 oz. Memiliki 13 ball bearing stainless steel dan 1 roll bearing yang memanfaatkan 2 NMB bearing Jepang, reel ini membuat gulungan lebih halus, kuat, dan tahan lama. Dilengkapi dengan dual sistem rem, yaitu sentrifugal dan magnetic kombinasi, reel ini memiliki bentuk ergonomis EVA knob yang sangat nyaman saat dipegang.

Dengan gear ratio 6.3:1, JOHNCOO Carbon Bait Casting Reel 13+1 BB dilengkapi dengan CNC atau Computer Numerical Control Machined Alumunium Spool. Anda bisa membeli reel bait casting ini secara online di Ali Express seharga $46.42 atau setara dengan Rp 707.000.

Palight Fishing Reels Wheels

Sumber gambar www.bukalapak.com

Palight Fishing Reels Wheels merupakan reel dengan poros utama bertubuh langsing dengan merek baru dan berkualitas. Memiliki pegangan dengan kekuatan tinggi berbahan ABC plastik dan handle kop, lapisan reel ini sangat halus dengan sistem rotor yang seimbang.

Bagian luarnya mudah diganti dengan satu ball bearing berintensitas tinggi dan multi-ball bearings construction yang dapat beroperasi dengan lambat. Reel tersebut dapat menampung line berkapasitas 0.3-0.35 mm wire about 40-50 nanowires.

Reel Palight Fishing Reels Wheels dengan gear speed ratio 5.1:1 dapat dibeli secara online di Bukalapak seharga Rp 164.300 atau di Tokopedia Rp 117.300.

Maguro Extreme BC

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bagi para pecinta wild fishing, Maguro Extreme BC adalah salah satu joran yang direkomendasikan untuk strike di air tawar. Dengan model bait casting MEBC-180, joran ini memiliki panjang sambung tengah 180 cm. Menggunakan ring guide Fuji, Joran Bait Casting Maguro Extreme BC dapat menampung line 8-16 lbs dan lure 4-18 gram.

Maguro Extreme BC memiliki gear ratio 6.3:1 bobot 220 gram dan bearing 10+1 BB. Menggunakan stainless Steel Ball Bearings on the spool shaft buatan Jepang, joran ini memiliki desain yang modern dan sangat atraktif. Dengan frame graphite yang sangat kuat, spool aluminium pada produk ini. Anda bisa membeli joran tersebut di Tokopedia seharga Rp 580.000 atau di Lazada Rp 533.000.

Daiwa Rz Size 2000

Sumber gambar www.tokopedia.com

Daiwa Rz Size 2000 merupakan spinning reel pancing yang dirancang dengan gear dan twist buster serta sistem advanced locomotive level wind. Memiliki drag knop dengan klik serta infinite anti reverse, reel pancing ini bisa dipakai untuk drag maksimal hingga 2 kg. Daiwa Rz Size 2000 memiliki gear ratio 5.3 : 1 dengan line capacity (mm/m) 0.25/125, 0.28/100, dan 0.30/85.

Dibekali dengan alumunium spool, spinning reel pancing ini memiliki 3+1 ball bearing dan alumunium handle. Produk berbobot 255 gram ini cocok dipakai untuk memancing di kolam, sungai, muara, bahkan tepian laut. Anda bisa membeli Daiwa Rz Size 2000 secara online di Tokopedia seharga Rp 560.000.

9000 Series 12 + 1 Ball Bearings Full Metal

Sumber gambar www.aliexpress.com

9000 Series 12+1 Ball Bearings memiliki spool yang terbuat dari logam dan bisa dilipat dan ditukar pada bagian kanan dan kirinya. Dilapisi dengan bahan bersistem osilasi, reel ini memiliki ball bearings 12+1 ball bearing dengan ratio gear 4.11:1. Memiliki bobot 745 gram, Anda bisa membelinya secara online di Lazada seharga Rp 550.000.

Lixada 11BB AF103

Sumber gambar www.aliexpress.com

Baitcasting Fishing Reel Lixada 11BB AF103 merupakan reel bait casting dengan gear ratio 6.3:1. Produk ini memberikan kontrol dengan sistem rem magnetik dengan line bersistem osilasi. Dibekali dengan bantalan bola 10 x 1, line capacity yang dimiliki oleh reel bait casting ini adalah 12 mm/110 yd dan 14 mm/90 yd.

Tersedia dalam warna hitam, bait casting reel ini punya pegangan ergonomis dengan lubang-lubang bor dan berat total 203 gram/7.2 oz. Anda bisa membelinya di Bukalapak seharga Rp 315.000.

Kaizen Hato 2000

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kaizen Hato 2000 adalah reel pancing yang pas bagi para pemula. Sangat mumpuni saat dipakai untuk memancing ikan kolam dan air tawar, Kaizen Hato 2000 memiliki ukuran spool 2000 dengan 4 ball bearing dan gear ratio 5.1:1. Terbuat dari bahan grafit dengan intensitas tinggi dan drive gear yang super kuat, Kaizen Hato 2000 dilengkapi dengan rotor yang diseimbangkan dengan komputerisasi.

Dibekali pula dengan spool roller anti-twist berkawat bail wire yang tebal dan handle pemutar alumunium yang dibuat oleh mesin. Kaizen Hato 2000 dapat dibeli di Bukalapak seharga Rp 150.000.

Maguro Spyder 101SH

Sumber gambar www.bukalapak.com

Cocok dipakai untuk memancing ikan tipe predator, Maguro Spyder 101SH merupakan reel bait casting dengan gear ratio 6.2:1. Produk ini dibekali 5 Stainless Steel Bearings+1 one-way clutch bearing. Spool dan pegangannya terbuat dari alumunium. Reel Bait casting Maguro Spyder 101SH bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 645.000 dan Lazada seharga Rp 670.000.

From our editorial team

Pilih Alat Pancing Casting dengan Spek yang Tepat!

Jika Anda suka memancing khususnya memancing di alam liar seperti pinggiran sungai atau danau, Anda bisa menggunakan teknik casting dalam memancing. Untuk mendapatkan hasil pancingan atau pengalaman memancing yang memuaskan Anda tentu harus menggunakan alat pancing yang tepat. Sebelum membeli, pastikan alat apa yang Anda butuhkan dan ketahui spesifikasinya secara mendetail.