Ikan-ikan Hias Ini Akan Membawa Keberuntungan untuk Anda, Tertarik Memeliharanya? (2020)

Ikan-ikan Hias Ini Akan Membawa Keberuntungan untuk Anda, Tertarik Memeliharanya? (2020)

Bagi pecinta ikan hias, memelihara ikan hias merupakan suatu kesenangan tersendiri yang mahal harganya. Meskipun begitu, juga banyak orang yang memelihara ikan hias hanya untuk mempercantik rumah mereka. Namun tahukah Anda bahwa ternyata ikan hias dapat membawa keberuntungan bagi pemeliharanya?

Memelihara Ikan Hias dapat Menyerap Segala Energi Buruk Dalam Rumah

Ada ikan yang ditempatkan di akuarium, ada pula yang menempatkannya di kolam ikan. Semakin memiliki banyak penggemar, ikan hias kini juga banyak dijual dengan harga yang murah. Mulai dari ikan hias yang mainstream, seperti ikan Cupang, ikan Koi, hingga ikan yang memiliki harga fantastis seperti ikan Louhan atau Arwana.

Masyarakat zaman dahulu percaya bahwa memelihara ikan hias akan dapat menangkal sial, karena air tempat tinggal mereka yang merupakan elemen murni. Selain itu, fakta umum yang berkembang di masyarakat adalah bahwa memelihara ikan hias di akuarium akan membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi si pemilik rumah.

Fakta tersebut diungkap berdasarkan feng shui dan india vastu, yang mengatakan bahwa ikan hias di akuarium adalah pertanda baik untuk rumah. Hal ini karena menurut feng shui, segala jenis sumber air dianggap baik untuk menyerap segala energi buruk di dalam rumah, sehingga keberadaan akuarium berisi ikan hias dianggap dapat membawa kebaikan di dalam rumah. Selain itu, ikan hias dalam akuarium juga baik untuk meningkatkan konsentrasi kita dan menciptakan ketenangan batin yang dapat membuat suasana rumah menjadi tenang.

6 Ikan Hias Pembawa Hoki

Berikut merupakan beberapa ikan hias yang dapat membawa keberuntungan, jika Anda memeliharanya di rumah Anda :

Ikan Louhan

Ikan Louhan sempat menjadi trend di awal tahun 2000-an karena harganya yang fantastis, dan menjadi hobi yang menguntungkan bagi para pecinta ikan hias. Ikan pembawa keberuntungan yang satu ini datang dari perairan Malaysia dan Tiongkok, dan memiliki penggemar hampir di seluruh wilayah Asia termasuk Indonesia. Meskipun harganya mencapai jutaan rupiah, namun Ikan Louhan masih memiliki banyak penggemar hingga saa ini. Ikan Louhan dipercaya dapat memberikan energi positif pada lingkungan sekitar dan membawa cinta bagi pemiliknya. Berbagai macam warna yang cerah dan titik hitam besar pada badan Ikan Louhan dijadikan sebagai lambang kemakmuran dan kekayaan bagi pemiliknya. Selain itu, dalam feng shui, ikan Louhan yang diletakkan di akuarium yang berada di sisi tenggara atau timur, dipercaya dapat meningkatkan kebahagiaan serta kesejahteraan bagi keluarga. Menarik bukan?

Ikan Mas Koki

Sudah bukan menjadi rahasia umum, bahwa ikan mas koki merupakan simbol keberuntungan yang dipercaya dapat membawa hoki bagi pemiliknya. Ikan Mas Koki, atau dalam Bahasa latin disebut dengan Catassius Aratus ini sudah dipelihara sejak zaman Dinasti Sung di Tiongkok pada tahun 960 masehi. Sejak saat itu, ikan Mas Koki mulai diperjualbelikan, dan persebarannya sampai ke tanah air. Ikan Mas Koki dipercaya dapat memberi keseimbangan dalam berumah tangga dan bisa memperlancar hidup anak cucumu kelak. Bahkan dalam budaya China, memelihara 8 ikan Mas Koki dengan satu ikan hitam dipercaya akan dapat membuang sial. Bahkan ikan Mas Koki juga dapat dijadikan sebagai media terapi untuk beberapa penyakit, seperti Autisme, dimana ikan Mas Koki digunakan untuk menenangkan saraf motoriknya.

Ikan Longfin Koi

Ikan pembawa keberuntungan lainnya adalah ikan Longfin Koi (Butterfly Koi atau Dragon Carp), yang dipercaya dapat memberikan pemiliknya kesuksesan, kekayaan dan ambisi yang tinggi, ikan Longfin Koi juga menjadi melambangkan kesuksesan karir dan pencapaian yang tinggi, karena ikan ini dipercaya sebagai perenang ulung legendaris yang bisa berenang melawan arus. Sementara menurut feng shui, memelihara sembilan ikan Longfin Koi di akuarium dipercaya dapat menyerap energi negatif pada lingkungan dan dapat menyebarkan energi positif di rumah Anda. Untuk pelajar atau yang sedang bekerja, ikan Longfin Koi juga dipercaya dapat membawa keberuntungan dan memberikan peningkatan karir jika diletakkan di sebelah utara.

Ikan Arwana

Tidak jarang kita berkunjung ke rumah yang memiliki akuarium berisikan ikan Arwana di dalamnya. Ikan Arwana dilambangkan sebagai keberuntungan dan dianggap memiliki kekuatan besar dalam feng shui. Arwana juga melambangkan kesehatan, kemakmuran, kegembiraan serta kekuasaan dan harta. Sehingga akan dapat membawa banyak pengaruh positif bagi di pemilik ikan Arwana tersebut. Ikan Arwana juga dipercaya dapat mengusir kesialan dan makhluk jahat, sehingga Anda akan terhindarkan dari berbagai macam hal buruk. Namun meletakkan ikan Arwana juga tidak boleh sembarangan. Menurut feng shui, tempat terbaik untuk meletakkan ikan Arwana adalah di sebelah utara, timur, atau tenggara rumah.

Ikan Dewa

Ikan Dewa atau Godfish merupakan ikan yang dipercaya sebagai ikan kramat dan ikan yang tidak boleh dimakan meskipun telah mati. Ikan Dewa harus dikubur selayaknya manusia apabila telah mati, jika nekat dimakan, maka akan mengakibatkan orang yang mengonsumsinya meninggal dunia. Di Indonesia, ikan Dewa dapat ditemukan di Gunung Cimere, Jawa Barat. Di mana orang sekitar biasa menyebutnya dengan kancra bodas. Ikan ini memiliki 4 spesies di Indonesia, yang juga tersebar di Kalimantan dan Sumatera. Memelihara ikan Dewa dipercaya dapat menyangkal santet dan guna-guna , karena ikan ini dapat menjadi perisai bagi pemiliknya. Maka dari itu ikan hias yang satu ini juga merupakan salah satu ikan yang dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Ikan Palmas

Ikan Palmas atau juga biasa disebut dengan ikan Naga, merupakan ikan predator yang sangat eksotis karena mirip dengan makhluk jaman purba. Ikan ini banyak dikoleksi selain karena bentuknya yang unik, ternyata ikan ini juga dianggap dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Ikan Palmas ini, memiliki kemampuan bertahan hidup di luar air selama beberapa waktu serta memiliki keahlian untuk berjalan dengan siripnya yang kemudian membuat ikan ini lebih istimewa dibandingkan dengan ikan yang lain. Namun, tidak semua jenis ikan Palmas akan dapat membawa keberuntungan, melainkan hanya ikan Palmas yang berjenis albino dan bermata merah. Ikan Palmas ini juga harus dipelihara sebanyak 9 ekor, agar keberuntungan dan berkelimpahan rejeki selalu menyertai keluarga Anda.

Beberapa ikan hias diatas merupakan ikan yang dapat membawa keberuntungan untuk keluarga Anda jika dipelihara dan diletakkan di akuarium rumah Anda. Jika Anda ingin memelihara ikan-ikan tersebut, pastikan Anda telah mengetahui dengan baik bagaimana cara perawatan ikan tersebut dan apa saja makanan yang bisa dikonsumsi oleh ikan tersebut. Hal ini dikarenakan cara perawatan dan makanan setiap ikan akan berbeda-beda tergantung jenis ikannya. Sebaiknya Anda juga rajin membersihkan akuarium, agar ikan-ikan tersebut dapat hidup lebih lama dan nyaman. Anda juga bisa meletakkan ikan hias di kolam ikan rumah Anda, tetap sesuaikan dengan desain dan estetika rumah Anda, ya.

From our editorial team

Pelihara Ikan Hias Banyak Bawa Hoki

Dua keuntungan sekaligus bisa didapat saat memelihara ikan hias. Selain indah, hoki pun Anda dapatkan. Jadi, kenapa tunggu lama untuk pelihara ikan hias? Buruan cari rekomendasinnya di BP-Guide ya!