Butuh Spons untuk Keseharian? Kami Punya 10 Rekomendasi Spons untuk Kamu (2020)

Butuh Spons untuk Keseharian? Kami Punya 10 Rekomendasi Spons untuk Kamu (2020)

Spons menjadi salah satu peralatan yang wajib kita miliki di rumah. Tanpa kita sadari, setiap hari kita memegang peralatan yang satu ini. Mulai dari saat bersih-bersih rumah, berdandan, hingga mandi. Ketahui aneka jenis spons yang ada sesuai fungsinya. Cek juga rekomendasi dari kami, ya!

Spons, Benda Kecil yang Memiliki Banyak Fungsi



Spons menjadi peralatan yang wajib ada di rumah. Spons memiliki banyak jenis karena fungsinya juga berbeda-beda. Ada spons yang khusus untuk bersih-bersih, ada juga spons yang khusus untuk membantu kita merias diri. Selain itu, ada juga jenis spons yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit tubuh.

Spons sendiri secara umum bisa menyerap cairan dengan cepat. Permukaannya yang berongga membuatnya cepat menyerap air. Bentuk dan warna spons beragam bergantung setiap jenisnya. Nah, yuk mengenal aneka jenis spons dari segi kegunaannya. Ini supaya kita tidak salah pilih spons untuk kebutuhan kita.

Mengenal Aneka Jenis Spons yang Ada Di Sekitar Kita

Spons Pencuci Barang

Pertama, kita akan mengenal spons pencuci barang. Spons memang kerap jadi pilihan paling tepat untuk membersihkan peralatan makan yang kotor. Spons pencuci mampu menyerap air dan membersihkan kotoran yang menempel dengan sempurna. Selain bisa digunakan membersihkan piring, spons pencuci juga bisa digunakan untuk membersihkan jendela, mobil, dan barang lainnya.

Nah, siapa sangka jika spons pencuci ini ternyata juga memiliki banyak jenis. Tiap jenisnya juga memiliki fungsi pembersihan yang berbeda juga, loh.

Ada spons selulosa yang kerap kita temui di pasar atau supermarket. Spons yang satu ini daya serapnya sangat baik. Dengan ukuran segenggaman tangan, kita jadi lebih mudah memakainya. Spons seperti ini banyak digunakan ibu rumah tangga karena lembut teksturnya. Lalu ada juga spons selulosa dengan permukaan abrasif. Yang satu ini jadi paduan sempurna sebagai pembersih. Spons semacam ini bisa menghilangkan kerak makanan pada berbagai peralatan masak.

Berikutnya, ada jenis spons kawat yang wajib kamu tahu. Jenis spons ini biasanya dipakai untuk membersihkan kerak makanan membandel. Spons kawat tidak akan meninggalkan goresan pada barang jadi aman untuk digunakan mencuci peralatan memasak.

Ada juga jenis spons laut yang wajib kamu tahu. Jenis yang satu ini ramah lingkungan karena asalnya dari makhluk hidup yang tumbuh di dasar laut. Spons laut memiliki tingkat kehalusan dan daya serap yang tinggi sehingga bisa membersihkan benda dengan permukaan luas.

Terakhir, ada jenis spons kering. Ini adalah spons yang terbuat dari campuran karet dan sedikit sabun. Spons semacam ini digunakan untuk membersihkan barang yang tidak ramah air. Contohnya adalah gorden lipat, wallpaper tembok, dan kap lampu.

Spons Makeup

Spons juga banyak digunakan untuk mengaplikasikan riasan agar lebih merata. Namun, tentu saja sponsnya ada banyak jenisnya. Setiap jenis spons makeup memiliki fungsinya sendiri. Kenali tiap jenisnya supaya tidak salah memakainya.

Pertama, ada spons bedak yang biasanya dihadirkan dalam kemasan bedak. Tekstur spons ini lembut dan halus karena bahan pembuatannya adalah dari serat kapas organik. Ada yang berbentuk lingkaran dan persegi panjang. Kamu bisa memilih bentuk yang sekiranya nyaman untuk kamu gunakan.

Kedua, ada jenis compact powder sponge. Ini adalah jenis spons yang banyak digunakan untuk mengaplikasikan bedak padat. Pori-porinya kecil dan spons juga memiliki selipan berbahan kain untuk menyelipkan jari sehingga mudah digunakan.

Ketiga ada jenis basic beauty blender. Ini adalah spons dengan bentuk mirip telur. Bagian ujungnya agak runcing sehingga bisa dengan mudah menjangkau area-area sempit pada wajah. Sisi lebarnya bisa dipakai meratakan foundation atau concealer.

Berikutnya ada concealer blender yang bentuknya mirip beauty blender. Bedanya adalah produk ini memiliki cekungan di bagian tengah agar kita lebih mudah memegangnya. Produk ini bisa meratakan concealer di bagian yang sulit dijangkau seperti di bawah mata atau di pinggir hidung. Kamu juga wajib tahu ada jenis foundation blender. Spons yang satu ini memiliki bagian pipih untuk meratakan foundation.

Lalu, ada juga yang namanya wedges sponge. Spons yang satu ini bentuknya bersudut dan modelnya segitiga. Produk ini bisa memudahkan saat kita mengaplikasikan concealer atau foundation di area yang sulit dijangkau. spons ini tidak menyerap makeup sehingga produk makeup lebih awet.

Ada juga jenis cellulose cleansing sponge. Jenis yang satu ini bisa membersihkan wajah karena memiliki poi-pori yang besar. Terbuat dari wood fiber berbahan natural, spons ini berdaya serap tinggi. Dengan tekstur yang halus, spons ini tidak menyebabkan iritasi.

Spons silikon jadi jenis spons selanjutnya yang wajib kamu tahu. Jenis spons ini mudah dibersihkan. Ini karena sponsnya tidak menyerap cairan dan akan bikin kita lebih mudah mengaplikasikan makeup.

Spons Mandi

Berikutnya, ada juga jenis spons mandi. Spons mandi juga banyak bentuk dan modelnya. Namun secara umum fungsinya sama yakni untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Kotoran pada kulit tubuh pun bisa terangkat sehinggat tubuh bisa lebih bersih maksimal.

Bentuknya beragam mulai dari yang bundar, silinder, hingga persegi panjang. Ada yang dilengkapi gagang dan ada juga yang tidak. Kamu tinggal pilih mana spons mandi yang sekiranya nyaman untuk kamu gunakan.

Ini Dia Aneka Spons untuk Berbagai Kebutuhan

SP011 SPON MULTIFUNGSI SPONS PENGGOSOK CUCI PIRING BENTUK BUAH BUAHAN

SP011 SPON MULTIFUNGSI SPONS PENGGOSOK CUCI PIRING BENTUK BUAH BUAHAN ini tentu menarik untuk dimiliki. Tentunya ini bisa bikin kamu rajin cuci piring dan bersih-bersih. Ada 4 motif pilihan yang bisa dipilih sesuai selera.

Spons ini begitu besar dan tebal sehingga tahan lama digunakan. Ketebalan spons mencapai 3,5 cm. Spons yang satu ini bisa menghemat sabun cuci karena bisa menghasilkan busa berlimpah. Permukaan spons bisa membantu menghilangkan kotoran membandel.

Harga Rp. 7.999-15.700

3M Scotch Brite Sabut Stainless Kawat Cuci Piring Ekonomis ID-T57N

3M Scotch Brite Sabut Stainless Kawat Cuci Piring Ekonomis ID-T57N adalah pilihan lainnya untuk kamu. Ini adalah spons cuci piring yang bagus kualitasnya. Spons kawat ini bisa mengangkat kerak membandel, namun tidak akan menggores peralatan masak jenis apa pun sehingga aman dan nyaman digunakan. Spons ini anti karat dan pastinya tidak mudah rusak.

Harga Rp. 3.500-11.000

Polytex Spon Serbaguna

Polytex Spon Serbaguna menjadi pilihan spons berikutnya. Spons yang satu ini cocok untuk mencuci piring dan bersih-bersih. Spons ini bahannya lembut dan daya serapnya tinggi. Ukuran spons ini adalah 16 x 9 x 3 cm. Kamu juga bisa memakainya untuk membersihkan aneka permukaan seperti meja dapur, wastafel, dan lainnya.

Harga Rp. 2.400-4.000

Miniso Adorable Makeup Blender

Miniso Adorable Makeup Blender meupakan spons khusus makeup. Produk yang satu ini unik karena bentuknya juga berbeda-beda dalam satu kemasan yaitu bentuk teardrop dan buah pir. Spons makeup ini hadir dengan permukaan yang lembut dan halus.

Spons ini tidak akan menyerap foundation atau BB Cream sehingga kamu bisa lebih hemat makeup. Kamu bisa menggunakannya dalam keadaan basah atau kering. Produk yang satu ini terbuat dari bahan hydrophilic polyurethane yang elastis.

Harga Rp. 57.000-120.000

Molly Cosmetics Silisponge

Molly Cosmetics Silisponge tentu bisa jadi pilihan untuk spons makeup. Spons ini tidak menyerap cairan. Warnanya bening sehingga kita bisa melihat cairan yang ada di atasnya dengan jelas. Cukup teteskan foundation atau concealer di atasnya lalu segera sapukan dan tepuk-tepukkan pada wajah. Cara membersihkannya juga mudah. Cukup dilap atau dicuci dengan sabun.

Harga Rp. 100.000-195.000

Lolabeau Beauty Sponge

Lolabeau Beauty Sponge ini adalah produk yang bisa kamu andalkan selanjutnya. Spons ini lembut, empuk, dan bisa mengembang setelah dibasahi. Pori-porinya kecil sehingga tidak akan banyak menyerap produk kosmetik. Ini akan membuat kamu lebih cepat membaurkan makeup pada wajah. Kamu bisa pilih produk ini jika ingin menghasilkan penampilan wajah yang natural.

Harga Rp. 111.000-120.000

Tammia PKB soft powder puff-Diameter 9cm

Tammia PKB soft powder puff-Diameter 9cm merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Produk ini terbuat dari bahan soft microfiber. Spons yang satu ini bisa kamu gunakan untuk membubuhkan bedak dan alas bedak pada wajah. Dapatkan hasil riasan yang lebih flawless dengan bantuan spons yang satu ini. Produk ini akan membaurkan produk kosmetik hingga menghasilkan tampilan yang lembut natural. Kamu bisa memakainya dengan cara menepuk-nepukkan atau bisa juga membaurkan perlahan. Gunakan dalam kondisi kering sehingga bisa menghasilkan lapisan bedak yang tebal. Kamu bisa juga memakainya dalam kondisi basah untuk menghasilkan lapisan yang tipis.

Harga Rp. 26.900-86.000

OLife Konjac Body Sponge - Black Charcoal / KSWV02

OLife Konjac Body Sponge - Black Charcoal / KSWV02 menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Ini adalah spons mandi yang nyaman digunakan. Ukuran spons ini adalah 7,5 cm x 13 cm. Ada pilihan warna natural dan black charcoal yang bisa dipilih.

Produk ini mengandung charcoal di dalamnya. Fungsinya adalah untuk mengurangi biang keringat dan jerawat pada kulit. Spons ini juga akan mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit dari debu, kotoran, minyak, dan lain sebagainya.

Untuk memakainya, rendam spons dalam wadah air bersih sampai membesar dan bertekstur lembut. Usap pada tubuh dengan gerakan melingkar beberapa kali. Jangan lupa bilas air sampai bersih usai memakainya. Kamu bisa memakainya dengan tambahan sabun mandi cair. Tuangkan sabun di atasnya dan gosok pada kulit. Gantung spons sampai kering pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik usai digunakan.

Harga Rp. 78.000-117.000

Large Sponge Body Scrubbing Soft Massage Exfoliating Spa Shower Loofah Bath UNIO

Large Sponge Body Scrubbing Soft Massage Exfoliating Spa Shower Loofah Bath UNIO menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk spons mandi ini nyaman digunakan di kulit karena bahannya begitu lembut. Spons ini akan mengangkat kulit kusam dan mengurangi alergi kulit.

Spons dari bahan hydrophilic polyurethane cotton ini juga bisa mencegah penuaan dini pada kulit. Tidak akan ada residu sabun tertinggal di tubuh usai memakai spons ini. Produk ini mudah dibasahi dan mudah digunakan. Jangan lupa untuk mengeringkannya usai memakainya.

Harga Rp. 25.484-231.000

SPON MANDI PELANGI

SPON MANDI PELANGI menjadi rekomendasi terakhir kami. Spons mandi ini lembut dan halus di kulit. Busa sabun yang dihasilkan jadi lebih melimpah dan mandi terasa lebih istimewa. Spons ini hadir dengan warna yang menarik.

Harga Rp. 1.950-5.000
From our editorial team

Jangan Lupa Bersihkan Spons Secara Berkala

Spons memang sangat berguna dalam kehidupan kita. Namun, jangan hanya tahu cara memakainya saja. Kamu juga wajib tahu cara perawatannya. Spons yang dibiarkan tanpa dirawat bisa jadi sarang kuman, virus, dan bakteri. Kamu tentu tidak mau terjangkit penyakit hanya karena malas membersihkan spons yang kamu gunakan. Cari tahu cara membersihkan spons sesuai dengan jenisnya. Setelah dibersihkan, jangan lupa dikeringkan dan jangan dibiarkan lembap agar tidak berjamur.