Multifungsi dan Wajib Punya, Ini Dia 10 Rekomendasi Spons Makeup Terbaik untukmu (2020)

Multifungsi dan Wajib Punya, Ini Dia 10 Rekomendasi Spons Makeup Terbaik untukmu (2020)

Beauty sponge atau spons makeup adalah perlengkapan yang wajib punya agar riasanmu sempurna. Yuk, kenali berbagai macam bentuk dan fungsi spons makeup! Oh iya, BP-Guide juga akan memberikan rekomendasi produk spons terbaik untukmu.

Spons Makeup, Perlengkapan Wajib Punya Bagi Kaum Hawa

Tampil dengan riasan sempurna adalah keharusan bagi setiap wanita agar penampilan semakin oke dan percaya diri. Selain membutuhkan produk-produk yang cocok dengan kulitmu, kamu juga wajib punya perlengkapan yang bisa membantumu mendapatkan riasan flawless. Spons makeup termasuk ke dalamnya.

Fungsi utama spons adalah membantu meratakan makeup supaya hasilnya tampak semakin natural. Misalnya ketika kamu mengaplikasikan foundation, kamu membutuhkan spons untuk bisa menjangkau sudut-sudut sempit yang biasanya tidak terjangkau oleh ujung jari atau kuas. Ada sedikit tips dari BP-Guide supaya foundation lebih tahan lama, yaitu dengan membasahi spons sebelum ditepuk-tepukkan ke wajah.

Spons makeup juga punya bentuk-bentuk yang unik dan tidak biasa. Bagian spons yang runcing dapat digunakan untuk meratakan concealer di bawah mata, sementara bagian yang bulat bisa digunakan untuk meratakan makeup ke seluruh wajah. Ukuran spons juga beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Jenis-jenis Spons Makeup yang Kamu Wajib Tahu

Beauty Blender

Sumber gambar https://www.amazon.com

Ini bisa disebut sebagai spons basic yang harus dimiliki. Seperti namanya, spons blending ini sangat serbaguna dan bisa digunakan hampir untuk semua foundation dan concealer.

Bentuknya biasanya mirip telur dengan ujung yang runcing. Sisi beauty blender yang lebar bisa digunakan untuk meratakan foundation, sedangkan sisi yang runcing dapat digunakan untuk menjangkau bagian-bagian sulit seperti area mata yang lebih detail.

Foundation Blender Sponge

Sumber gambar https://www.walmart.ca/

Bentuk dari foundation blender sebenarnya mirip dengan beauty blender, namun ada bagian pipih yang cukup besar. Bagian pipih pada spons dapat digunakan untuk meratakan foundation pada bagian wajah seperti area hidung dan sekitar mata.

Concealer Blender Sponge

Sumber gambar https://www.glamour.com

Concealer adalah komponen penting saat ber-makeup. Fungsi concealer adalah menutupi ketidaksempurnaan pada wajah seperti bekas jerawat, mata panda, hingga warna kulit tidak merata. Agar concealer bisa membaur dengan baik, kamu bisa menggunakan concealer blender untuk meratakannya.

Concealer blender punya bentuk yang sedikit unik, yaitu cekung di tengah supaya lebih mudah dipegang. Fungsi utama spons adalah membantu meratakan concealer pada area di bawah mata, juga pada area tertentu seperti pinggir hidung.

Compact Powder Sponge

Sumber gambar www.kleancolor.com

Riasan sempurna tidak bisa dilepaskan dari penggunaan bedak yang mengikat seluruh komponen makeup yang sudah digunakan tadi. Bedak two way cake yang terkenal tahan lama harus diaplikasikan menggunakan spons khusus berbentuk pipih yang bernama compact powder sponge.

Tidak seperti spons lainnya, spons untuk bedak two way cake sudah ada dalam kemasan ketika membelinya. Pori-pori spons sangat kecil sehingga menghasilkan tekstur lembut saat menyentuh kulit wajah. Ciri khas dari spons ini adalah adanya selipan jari yang terbuat dari kain agar kamu lebih mudah menggunakannya.

Wedges Sponge

Spons wedges punya bentuk sudut yang unik sehingga tidak banyak menyerap makeup. Kamu tidak perlu khawatir foundation atau concealer-mu akan banyak terserap oleh spons yang digunakan, ya.

Spons berbentuk segitiga ini membantu kamu mengaplikasikan makeup secara lebih mudah, termasuk ketika kamu harus menjangkau bagian-bagian yang sulit.

Cara Membersihkan Spons Makeup agar Tidak Menyebabkan Masalah Kulit

Bersihkan dengan Minyak Zaitun

Sebagai salah satu bahan alami yang paling populer untuk merawat kulit, tidak heran rasanya kalau minyak zaitun juga ampuh untuk membersihkan spons makeup.

Untuk membuang sisa-sisa makeup yang terserap ke dalam spons, siapkan 1 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan sabun cuci piring biasa.

Campurkan keduanya dalam satu wadah, lalu celupkan spons makeup ke dalamnya. Pijat-pijat lembut sampai semua sisa makeup keluar, lalu bilas dengan air mengalir.

Masukkan ke Dalam Microwave

Membersihkan spons makeup dengan memasukkannya ke dalam microwave sempat viral di dunia maya karena terbukti ampuh. Tetapi kamu harus berhati-hati, kalau tidak sponsmu justru akan meleleh di dalam microwave.

Untuk membersihkan spons makeup di dalam microwave, siapkan wadah yang aman untuk microwave terlebih dahulu. Kemudian isi dengan air sabun secukupnya, celupkan spons ke dalamnya. Panaskan di dalam microwave selama 1 menit saja.

Keluarkan wadah, tunggu sampai air sedikit dingin. Ambil spons lalu cuci dengan air mengalir dingin sambil dipijat-pijat lembut sampai makeup keluar bersama dengan air.

Jika kamu ingin menggunakan cara ini, pastikan suhu microwave cukup rendah supaya tidak merusak spons andalanmu.

Bersihkan dengan Sabun Pembersih Khusus

Sumber gambar www.sephora.co.id

Buat kamu yang menyediakan bujet khusus, gunakan sabun pembersih spons yang memang diformulasikan untuk membersihkan spons makeup. Bentuk sabun pembersih spons ini bermacam-macam, ada yang cair dan ada juga yang tidak cair.

Beberapa merek pembersih spons yang paling populer di kalangan wanita antara lain adalah Liquid Blendercleanser dan Blendercleanser Solid buatan Beautyblender, The Soap Corner, dan Brush Cleanser dari M.A.C.

Rekomendasi Spons Makeup Terbaik dan Multifungsi

LAMICA Beauty Sponge Petal

Produk pertama yang direkomendasikan untukmu adalah Lamica Beauty Sponge Petal. Dijamin kamu akan jatuh cinta pada pandangan pertama dengan beauty spons yang menggoda ini.

Tidak hanya tampilannya yang cantik, spons ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi pilihan untuk membantumu mendapatkan hasil akhir riasan yang flawless dan natural.

Teksturnya halus dan lembut. Tinggi produk adalah 6 cm dengan diameter 3,8 cm. Didesain khusus untuk meratakan makeup secara sempurna sehingga hasilnya akan lebih halus dan mulus. Sebelum menggunakan, basahi spons dengan air terlebih dahulu, lalu peras sampai airnya habis. Spons bisa bekerja maksimal jika digunakan dalam keadaan lembap. Tetapi kamu juga bisa menggunakannya dalam keadaan kering sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 80.000-150.000

Mad For Makeup Even Better Blender

Spons makeup dari Mad for Makeup ini adalah salah satu yang lagi banyak difavoritkan saat ini. Mad For Makeup Even Better Blender dibuat dengan keunikan tersendiri, khusus untuk memenuhi kebutuhanmu dalam ber-makeup. Produk ini 30% lebih lembut dan lebih mudah menyerap.

Kamu akan mendapatkan coverage yang lebih baik dan tekstur yang lebih lembut dan halus dibandingkan dengan blender lainnya. Dirancang oleh para profesional, beauty blender ini punya banyak fitur unggulan. Antara lain adalah bebas lateks, mudah menyerap, hypoallergenic, dan sangat lembut.

Keunikan lainnya adalah wadahnya yang bisa digunakan untuk tempat penyimpanan blender setelah digunakan, membuat produk ini sangat ramah lingkungan.

Harga Rp. 65.000-130.000

Lumecolors Beauty Blender Sponge

Lumecolors Beauty Blender Sponge adalah spons ultra soft dan bouncy yang berbeda dengan spons makeup pada umumnya. Beauty blender yang satu ini punya sifat hidrolifik alias dirancang khusus untuk bisa menyerap air dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya kamu basahi dulu spons sebelum menggunakannya. Dengan demikian, makeup-mu tidak akan banyak terserap oleh spons.

Tekstur spons juga sangat lembut, halus, dan empuk, sehingga riasan yang dihasilkan pun bisa sangat mulus. Bentuk spons mirip telur dengan sisi runcing untuk menjangkau bagian bawah mata yang sempit. Karena daya serapnya tidak banyak ketika dibasahi, spons ini membantu kamu menghemat foundation sebanyak 2 sampai 3 kali lipat.

Spons ini terdiri dari 4 bagian berbeda yaitu pointed tip untuk hidung, mulut, dan mata, curve side untuk area wajah yang melengkung seperti dagu dan hidung, round base untuk area dahi, pipi, dan leher, serta flat top untuk area wajah yang luas seperti dahi, dagu, dan leher.

Harga Rp. 80.000

Ecotools Total Perfecting Blender

Siapa yang tidak kenal dengan Ecotools? Salah satu merek alat makeup terkemuka ini dikenal memproduksi barang yang ramah lingkungan dengan kualitas tinggi. Ecotools Total Perfecting Blender termasuk yang wajib kamu miliki.

Berbeda dengan spons makeup kebanyakan, spons unik ini tidak punya ujung runcing melainkan pipih dan tipis. Dirancang khusus untuk membantu kamu mengaplikasikan foundation berbentuk cair dan krim.

Didesain dengan EcoFoam® Technology untuk hasil akhir yang lebih flawless dan memukau. Kamu bisa menggunakan spons ini dalam keadaan basah maupun kering. Setelah menggunakannya, simpan pada stand khusus untuk digunakan lagi nanti.

Harga Rp. 75.000-170.000

BeautyBlender The Original BeautyBlender

BeautyBlender The Original BeautyBlender bisa dibilang sebagai pionir dalam produk spons makeup. Bentuknya mirip telur dengan ujung yang sangat runcing, terbuat dari bahan-bahan berkualitas untuk memberikan kamu riasan terbaik. Aplikasi makeup menjadi lebih mudah dan cepat, namun hasilnya sempurna.

Dapat digunakan untuk produk-produk seperti foundation, bedak tabur, BB Cram, CC Cream, dan masih banyak lagi. Beauty Blender ini memiliki open cell structure yang dapat dipenuhi dengan air saat dibasahi. Dengan demikian, spons tidak akan menyerap banyak makeup saat kamu gunakan. Keunikan lain dari produk ini adalah ukurannya yang bisa membesar hingga dua kali lipat ketika dibasahi.

Harga Rp. 250.000-400.000

Real Techniques Miracle Complexion Sponge

Real Techniques Miracle Complexion Sponge adalah produk selanjutnya yang kami rekomendasikan untukmu. Disebut sebagai "versatile beauty tool", produk ini didesain dengan teknologi spons revolusioner agar bisa meratakan makeup dengan lebih sempurna. Hasil akhirnya pun menjadi halus, mulus, dan natural.

Jika kamu ingin mendapatkan riasan yang dewy, jangan lupa basahi spons dulu sebelum menggunakannya. Bentuk spons ini juga unik dengan dua ujung berbeda. Ujung bundar digunakan untuk area wajah yang lebih luas, sementara ujung lancip digunakan untuk menutup ketidaksempurnaan pada wajah. Spons bebas lateks ini sangat cocok untuk foundation cair.

Harga Rp. 50.000-300.000

Wardah Complexion Blender

Kalau ada merek lokal yang patut diperhitungkan dalam dunia makeup, Wardah termasuk di dalamnya. Wardah Complexion Blender adalah contouring spons yang terbuat dari bahan-bahan terbaik. Teksturnya yang chewy sangat mudah menyerap dan juga mudah dibersihkan.

Untuk hasil terbaik, basahi dulu spons sebelum digunakan. Setelah penggunaan, jangan lupa masukkan spons ke dalam boks khusus untuk menjaga kebersihannya. Agar kamu terhindar dari berbagai masalah kulit wajah yang tidak diinginkan, sebaiknya bersihkan spons sesering mungkin ya!

Harga Rp. 15.000-50.000

I Am Addicted Marble Sponge Blender

I Am Addicted Marble Sponge Blender hadir dalam tampilan unik, yaitu perpaduan warna bermotif marble yang cantik. Desainnya dirancang secara khusus agar mudah digunakan dan bentuknya mirip seperti pir dengan ujung runcing dan bundar.

Ujung runcing dapat digunakan untuk concealer di bawah mata, menutup bekas jerawat, serta ketidaksempurnaan lain pada wajah. Dilengkapi dengan wadah khusus untuk menjaga kebersihan spons setelah tidak digunakan.

Harga Rp. 45.000-120.000

Fanbo Perfect Bounce Beauty Blender

Berikutnya ada produk dari merek lokal yaitu Fanbo Perfect Bounce Beauty Blender. Spons ini dirancang khusus untuk menghasilkan riasan yang lebih mulus dan sempurna. Mudah digunakan, terbuat dari bahan berkualitas, dan terasa sangat lembut dan halus saat menyentuh kulit wajah.

Spons ini bisa memberikan hasil sempurna jika digunakan dalam keadaan basah. Namun setelah penggunaan, pastikan spons dicuci sampai bersih kembali lalu disimpan agar tidak terkena kotoran.

Harga Rp. 30.000-50.000

Shu Uemura Pentagon Sponge

Terakhir ada rekomendasi dari merek asal Jepang, Shu Uemura Pentagon Sponge. Spons ini diciptakan untuk aplikasi foundation serta meratakan moisturizer dan blush on pada pipi.

Bentuk pentagon yang sangat unik dengan sisi pipih membuat spons ini terasa sempurna untuk menciptakan kontur pada wajah.

Kamu bisa menggunakan produk ini dalam kondisi kering atau basah sesuai kebutuhan. Bahannya yang sangat lembut membuatnya terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit wajah.

Harga Rp. 150.000-300.000
From our editorial team

Simpan Beauty Spons di Tempat Khusus agar Tetap Bersih dan Awet

Menyimpan spons makeup tidak boleh sembarangan, lho. Jangan diletakkan di atas meja rias begitu saja karena rentan ditempeli kotoran yang akan menyebabkan masalah pada kulit wajah di kemudian hari. Produk spons makeup biasanya sudah disertai dengan tempat penyimpanan khusus, jadi pastikan kamu menggunakannya dengan baik ya! Jadi, dari rekomendasi BP-Guide di atas, mana nih yang jadi pilihanmu?