10 Rekomendasi Sepatu Sandal Pria Ini akan Bikin Kamu Makin Keren (2020)

10 Rekomendasi Sepatu Sandal Pria Ini akan Bikin Kamu Makin Keren (2020)

Sepatu sandal bisa jadi alternatif gaya buat para pria yang ingin tampil santai namun tetap rapi. Perlu kamu tahu, model sepatu sandal pria ternyata cukup beraga, lho. Temukan rekomendasi sepatu sandal pria kekinian dari BP-Guide agar penampilanmu makin keren.

Lengkapi Gaya Semi Formal dan Kasualmu dengan Sepatu Sandal yang Keren

Sepatu sandal memang sangat jarang dilirik kaum pria karena dianggap kurang fleksibel. Berbeda dengan sepatu yang bisa digunakan di berbagai kesempatan, sepatu sandal lebih cocok dipadukan dengan gaya yang kasual. Padahal sepatu sandal juga punya banyak macam dan jenis yang bisa kamu padu padankan dengan tema outfit kamu, lho.

Misalnya buat kamu yang suka tampil basic, sepatu sandal bisa dipadukan dengan celana bermuda dan T-Shirt polos. Kamu juga bisa menambahkan layer dengan menggunakan outer seperti kardigan. Jika kamu memilih gaya ini, pastikan kaus yang kamu kenakan ukurannya pas di badan supaya lebih seimbang dengan cardigan yang longgar.

Kamu juga bisa memilih sepatu sandal sebagai padu padan gaya semi formal agar tidak terlalu kaku. Sepatu sandal yang terbuat dari bahan kulit akan mengurangi kesan kasual. Ini bisa jadi alternatif pilihan ketika cuaca sedang panas agar kaki tidak mudah gerah dan lembap karena memakai sepatu.

Jenis dan Model Sandal Favorit Pria yang Super Nyaman

Sandal Gunung

Meski namanya sandal gunung, namun sandal ini tidak dianjurkan untuk dipakai saat naik gunung. Menghadapi medan gunung yang lebih berat dan terjal, sebaiknya kamu memakai sepatu agar kaki bisa terlindung dengan sempurna.

Sandal gunung dirancang untuk kegiatan hiking dan trekking yang lebih ringan. Cocok digunakan di cuaca panas. Sol luar sandal gunung biasanya terbuat dari karet yang tebal, kuat, dan kokoh sehingga dapat menghadapi segala medan. Ciri khas dari sandal gunung adalah adanya tali pengikat di bagian belakang yang memastikan sandal tidak mudah lepas ketika dipakai.

Keunikan lainnya adalah bentuk sol bawah yang dibuat menyerupai kontur kaki, membuat pemakainya merasa lebih nyaman dan tidak mudah capek. Sandal ini juga bisa dipakai untuk kegiatan outdoor lainnya seperti rafting, paragliding, skydiving, dan masih banyak lagi.

Sandal Jepit

Sandal jepit mungkin menjadi alat kaki pertama yang dikenal oleh manusia. Di masa modern, sandal jepit mulai populer sejak kepulangan pasukan perang Amerika Serikat di Perang Dunia II yang membawa "zori", sandal jepit khas Jepang.

Model dan desain sandal jepit telah banyak mengalami perubahan hingga saat ini. Demikian pula dengan bahan pembuatnya yang semakin beragam jenisnya. Sandal jepit yang tidak terlalu kasual biasanya memiliki tambahan tali di bagian belakang. Selain itu, sandal jepit juga banyak digunakan dalam desain sandal gunung, dengan tali pengikat yang ditambahkan agar sandal tidak mudah terlepas meski pemakainya banyak bergerak.

Sepatu Sandal

Istilah sepatu sandal hanya ditemukan di Indonesia. Di luar negeri sana, alas kaki hanya dibedakan menjadi dua, yaitu sepatu dan sandal saja. Sebutan sepatu sandal digunakan untuk membedakan sandal biasa dengan sandal yang dilengkapi dengan tali pengaman dan menutupi sebagian besar permukaan kaki, mirip dengan sepatu.

Bahan pembuat sandal dan sepatu sandal juga berbeda. Sepatu sandal memberikan kesan lebih rapi dan formal kepada pemakainya.

Sandal Clog

Sandal yang satu ini disebut sebagai sandal clog karena desainnya yang mirip dengan sepatu tradisional Belanda. Oleh karena itu, sandal clog mengandung unsur kayu, baik itu sebagian maupun keseluruhan. Setiap daerah di Indonesia punya sebutan masing-masing untuk sandal unik ini.

Secara keseluruhan, sandal ini disebut sebagai bakiak, sementara di daerah Sunda disebut dengan kelom. Keunikan sandal clog terletak pada sol bagian bawah yang biasanya terbuat dari kayu tebal.

Sandal Yukon

Melihat model sandal ini sekilas, kamu pasti akan langsung teringat pada Crocs. Model sandal Crocs yang terkenal itu memiliki nama tersendiri, yaitu Yukon. Diduga diberi nama demikian karena terinspirasi oleh alas kaki yang digunakan oleh suku Indian di Amerika Utara tepatnya di daerah bernama Yukon yang ada di Kanda.

Sandal jenis ini memang paling nyaman dipakai untuk berbagai kesempatan kasual. Berbeda dengan bentuk dan ukurannya yang cenderung besar, sandal ini sangat ringan ketika dipakai.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Sandal yang Tepat

Kualitas dan Kenyamanan Paling Utama

Ketika kamu beraktivitas, kaki menjadi bagian tubuh yang paling banyak bergerak. Itulah mengapa faktor kenyamanan kaki harus menjadi aspek utama yang dipertimbangkan saat kamu membeli sepatu sandal. Semakin tinggi kualitas yang ditawarkan, maka semakin nyaman pula sepatu sandal tersebut untuk kamu kenakan.

Sol merupakan bagian terpenting yang harus diperhatikan. Salah memilih sol bisa mengakibatkan kaki mudah capek, bahkan cedera. Saat kamu membeli sepatu sandal, cobalah untuk memakainya berjalan beberapa langkah saja. Namun jika kamu membelinya secara online, cari informasi tentang bahan pembuat sol supaya kamu bisa memperhitungkan tingkat kenyamanannya.

Pastikan Ukurannya Pas di Kaki

Alas kaki yang nyaman adalah yang ukurannya pas di kaki. Tidak kebesaran, tetapi juga tidak kekecilan. Terlebih lagi jika kamu akan mengenakan sepatu sandal untuk kegiatan outdoor. Pastikan ukurannya pas agar gerakmu juga tidak terganggu.

Namun yang harus kamu perhatikan adalah bahwa setiap merek memiliki ukuran tersendiri. Jadi belum tentu ukuran pada merek A sama dengan merek B. Sebaiknya ukur panjang telapak kakimu agar kamu bisa menentukan ukuran yang pas untuk sepatu sandal yang akan dibeli. Trik ini sangat berguna untuk kamu yang suka berbelanja online.

Gaya dan Fungsi Harus Jadi Pertimbangan

Tidak hanya saat memilih sepatu saja, kamu juga harus memutuskan kegunaan dari sepatu sandal yang akan kamu beli. Apakah kamu akan menggunakan sepatu sandal ini untuk hangout, pergi ke pantai, atau untuk hiking? Atau barangkali kamu ingin membeli sepatu sandal untuk menghadiri acara semi formal agar tidak terlihat kaku.

Berbeda fungsi tentu saja berbeda sandal yang kamu pilih. Misalnya jika kamu ingin membeli sandal untuk naik gunung, tentu kamu harus memilih yang talinya kuat, bahannya ringan, namun kokoh menghadapi medan yang sulit. Tetapi jika kamu ingin sekadar hangout saja, sepatu sandal berbahan kulit akan membuat kamu terlihat lebih rapi dan keren.

Rekomendasi Sepatu Sandal Pria Terbaru untuk Menunjang Gayamu

Dr. Kevin Mens Bustong Sandals

Produk pertama yang akan direkomendasikan datang dari brand ternama, Dr. Kevin. Dr. Kevin Mens Bustong Sandals adalah sepatu sandal model selop untuk pria yang hadir dalam desain simpel dan elegan. Dirancang untuk membuat pemakainya tetap nyaman dan penuh gaya.

Bagian upper terbuat dari bahan kulit sintetis berkualitas, sementara bagian sol terbuat dari bahan sole TPR yang ringan dan tidak licin. Jenis sepatu sandal ini adalah bustong, yaitu tertutup di bagian depan dan terbuka di bagian belakang. Cocok untuk menemani kamu menghadiri acara semi formal, membuat kamu terlihat rapi namun tidak kaku.

Sepatu sandal keren ini hadir dalam 2 pilihan warna yaitu hitam dan cokelat.

Harga Rp. 350.000-900.000

Arei Sandal Gunung Pria Palang Navajo

Suka hiking dan kegiatan outdoor lain yang menantang? Pastikan kamu memilih alas kaki yang mampu menunjang gerakan aktifmu di luar ruangan. Arei Sandal Gunung Pria Palang Navajo hadir untuk kamu dengan desain dan kualitas terbaik.

Sepatu sandal ini dilengkapi dengan tali pengaman yang memastikan kaki selalu terlindungi, terlepas dari aktivitas apa pun yang kamu jalankan. Meski diciptakan untuk menemanimu menjalani kegiatan outdoor, sandal ini juga bisa dipakai sehari-hari atau untuk traveling agar kamu semakin nyaman. Fitur yang ditawarkan produk ini adalah Grip System, yaitu sebuah sistem yang dikembangkan oleh Arei agar posisi kaki tetap stabil dan mengurangi slip pada sandal.

Tali sandal terbuat dari bahan webbing nylon, sementara footbed yang dirancang mengikuti bentuk kaki terbuat dari bahan EVA. Outsole sandang sendiri terbuat dari bahan rubber ringan dan tidak licin.

Harga Rp. 130.000-200.000

Nike Canyon Men's Sandal

Siapa yang tidak kenal dengan Nike, salah satu merek apparel terbesar di dunia? Semua produk buatan Nike sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Termasuk Nike Canyon Men's Sandal, sepatu sandal bergaya modern dan sporty yang diciptakan khusus untuk kaum pria.

Sandal ini hadir dalam desain khas Nike dengan sol luar super tebal, busa midsole yang mewah dan empuk, tiga strap pada bagian atas, dan sentuhan metalik premium yang memberikan kesan elegan. Apa pun aktivitas yang kamu jalani, kakimu tidak mudah lelah dengan sandal yang satu ini.

Bagian atas sandal dirancang secara tangguh namun tetap ringan, sedangkan adjustable strap pada sisi belakang sandal memastikan genggaman erat pada kaki sehingga kamu tetap merasa nyaman. Sandal keren ini tersedia dalam 4 pilihan warna yaitu Iron Grey, University Red, Black, dan Laser Orange.

Harga Rp. 600.000-1.500.000

Crocs Swiftwater Mesh Wave Men's Sandals

Bicara soal desain sepatu sandal yang ringan dan nyaman, Crocs jelas termasuk yang terdepan. Sepatu sandal Crocs didesain dengan penuh gaya, dari perpaduan bahan berkualitas untuk membuat pemakainya bebas beraktivitas.

Seperti Crocs Men's Swiftwater Mesh Wave ini. Sepatu sandal keren yang disebut ramah lingkungan ini hadir dengan abgian atas yang elastis. Sol luar berfungsi mengatur sirkulasi udara pada kaki agar tetap lancar, meningkatkan traksi, dan menjaga kaki tetap kering.

Cocok untuk digunakan dalam berbagai macam kegiatan outdoor. Baik itu di sungai, pantai, atau perbukitan. Dijamin kamu akan tetap terlihat stylish dengan sepatu sandal keren ini. Tersedia dalam pilihan warna Army Green dan Slate Grey yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu.

Harga Rp. 500.000-1.300.000

Eiger Ugimba Roll Strap Sandals

Eiger merupakan produsen perlengkapan outdoor ternama di Indonesia. Jika kamu sedang mencari sepatu sandal berkualitas dan nyaman, namun tetap mengedepankan gaya, Eiger Ugimba Roll Strap Sandals layak kamu pertimbangkan. Sandal yang tersedia dalam desain polos dan bermotif ini dirancang khusus untuk pria modern dengan gaya hidup aktif.

Sandal model palang ini sangat kuat baik untuk penggunaan sehari-hari maupun saat berkegiatan di alam bebas. Dibuat dengan bantalan kaki empuk yang memiliki fleksibilitas tinggi. Desainnya disesuaikan dengan anatomi telapak kaki sehingga melengkung di bagian tengah. Outsole didukung dengan X-Ground Control yang memberikan grip kuat di alam terbuka.

Sandal terbuat dari bahan poliester webbing, EVA midsole, dan rubber outsole berkualitas tinggi.

Harga Rp. 180.000-350.000

Crocs Men's Yukon Vista Clog

Untuk kamu yang mencari sepatu sandal nyaman, Crocs Men's Yukon Vista Clog layak dilirik nih. Sepatu sandal ini terbuat dari bahan kulit terbaik pada bagian atas, dilengkapi tali di bagian tumit yang terliat kokoh dan kuat. Menggunakan sistem kancingan kait dan loop yang berputar ke depan, bisa kamu sesuaikan dengan kenyamananmu.

Sol sepatu sandal dan alas kaki Croslite dirancang untuk menghadapi elemen luar sambil memberikan kenyamanan di bagian dalam. Ketika berjalan di atas permukaan yang kasar pun, kaki tidak akan terasa sakit. Sepatu sandal ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu hitam dan cokelat.

Harga Rp. 650.000-1.300.000

Adidas Cyprex Ultra Sandal II

Rekomendasi produk berikutnya adalah Adidas Cyprex Ultra Sandal II. Sepatu sandal dengan desain maskulin ini cocok untuk kegiatan air, cepat kering, dan tetap terasa ringan. Aktivitasmu di luar ruangan akan semakin mengasyikkan dengan sandal yang satu ini.

Tali pengikatnya memiliki kancingan gesper yang bisa disesuaikan. Sol bagian atas memiliki pijakan lembut yang terinspirasi dari pendaki gunung agar mereka tetap nyaman saat menadki. Outsole TRAXION dapat menangani permukaan kasar dengan mudah.

Tali pengancing terbuat dari bahan sintetis yang cepat kering untuk mempertahankan performa yang tetap prima dalam kondisi basah. Gesper terbuat dari bahan plastik yang ringan. Alas kaki dibuat berkontur dari bahan EVA yang menjamin kenyamanan.

Harga Rp. 850.000-1.600.000

CARVIL CRONOS GM Sandal Gunung Pria

Produk dari merek lokal memiliki kualitas yang tidak kalah juga, lho. CARVIL CRONOS GM Sandal Gunung Pria menjadi salah satu produk yang bisa kamu lirik, nih. Desainnya yang sporty dan kasual pas banget buat kamu cowok maskulin yang suka dengan kegiatan menantang. Tentu saja, sepatu sandal ini didesain dengan kenyamanan optimal.

Bahannya yang kuat dan ringan membuatnya cocok untuk dipakai sehari-hari. Pilihan warnanya juga disesuaikan dengan selera kaum pria. Meski namanya sandal gunung, kamu masih tetap bisa bergaya saat menjalani aktivitas keseharianmu dengan sandal ini, kok.

Harga Rp. 95.000-190.000

Eiger Prowess 1.0 Sandals

Eiger Prowess 1.0 Sandals merupakan sepatu sandal outdoor serbaguna dengan tampilan tangguh dan otentik untuk kamu pakai sehari-hari. Buat kamu yang suka bertualang di alam bebas, sepatu sandal ini dapat memberikan perlindungan yang sempurna untuk kakimu. Bobotnya ringan sehingga tidak akan mengganggu gerakmu.

Midsole terbuat dari bahan EVA, dilengkapi pelindung jari kaki dari bahan karet yang memberikan kenyamanan sekaligus proteksi. Bantalan footbed dirancang mengikuti bentuk kaki agar kaki tidak mudah capek. Bagian upper pada sandal terbuat dari bahan webbing, sementara bagian lining terbuat dari bahan neoprene.

Harga Rp. 450.000-700.000

Porto - Sepatu Sandal Selop Karet Santai Pria 869M

Terakhir ada rekomendasi produk bernama Porto - Sepatu Sandal Selop Karet Santai Pria 869M yang harganya lebih terjangkau. Sandal ini hadir dalam desain yang sangat santai untuk menemani aktivitas kasualmu. Terbuat dari bahan karet yang ringan dan anti air.

Namun, sepatu sandal ini kurang cocok jika digunakan untuk kegiatan yang ekstrem dan menantang. Tersedia dalam berbagai macam pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan gayamu.

Harga Rp. 25.000-130.000
From our editorial team

Pilih Sepatu Sandal Warna Netral agar Padu Padan Semakin Mudah

Banyak pria yang ragu mengenakan sepatu sandal karena takut gaya mereka menjadi "nanggung" antara formal atau kasual. Padahal hanya dengan memilih warna yang tepat gayamu akan menjadi makin sempurna. Saat kamu membeli sepatu sandal, pilih yang warnanya netral supaya lebih mudah dipadukan dengan pakaian apa saja yang kamu kenakan. Coba deh cek lagi rekomendasi BP-Guide di atas!