10 Rekomendasi Keyboard Musik Terbaik untuk Pemula dan Profesional (2021)

10 Rekomendasi Keyboard Musik Terbaik untuk Pemula dan Profesional (2021)

Sebagian orang tidak hanya suka mendengarkan musik saja, tetapi juga memainkan alatnya dan menciptakan musik sendiri. Keyboard jadi salah satu alat musik paling populer yang banyak dipelajari. Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan rekomendasi keyboard terbaik untuk semua kalangan, mulai dari pemula hingga profesional.

Keyboard Termasuk Jenis Alat Musik yang Paling Banyak Dipelajari

Musik memang menjadi hiburan yang dinikmati oleh semua kalangan. Namun, sebagian dari penikmat musik tidak mau sekedar hanya jadi pendengar saja. Mereka yang serius mencintai musik biasanya akan mempelajari alat musiknya.

Gitar adalah jenis alat musik yang paling banyak dipelajari. Tetapi gitar bukan satu-satunya lho. Ada keyboard dengan banyak tuts putih da hitam yang cukup mudah dipelajari, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Cara bermain keyboard sendiri juga tidak jauh berbeda dengan piano. Baca terus artikel dari BP-Guide ini untuk mendapatkan tips belajar keyboard bagi Anda yang masih pemula dan rekomendasi produk keyboard apa saja yang pas buat Anda miliki.

Tips Mudah Belajar Keyboard

Asah Kemampuan Dengar

Sebagai seseorang yang mempelajari alat musik, Anda harus mengasah kemampuan dengar Anda agar lebih sensitif terhadap perbedaan bunyi nada. Misalnya saja seperti keyboard standar yang memiliki 88 jenis tuts berbeda dan suara masing-masing pun tidak sama.

Anda harus bisa mengenali perbedaan antara semua suara tersebut supaya bisa tahu jika Anda memainkan nada yang salah. Jadi sebelum Anda mempelajarinya lebih jauh, ada baiknya Anda utak atik dulu bunyi keyboard-nya.

Pahami Nada-nada Dasar Piano

Langkah awal untuk belajar keyboard adalah dengan mempelajari nada-nada dasarnya. Ada beberapa jenis nada dasar dalam keyboard yaitu nada datar di bagian sebelah kiri, nada tengah, nada tajam di tuts sebelah kanan, nada bas, dan nada tinggi.

Ada juga yang disebut dengan tuts natural yang terdiri dari nada C, D, E, F, G, A, dan B. Itu adalah nada dasar major kunci dimana C adalah do. Anda juga harus mengenali tuts accidental yang ada 5 pada setiap oktaf.

Atur Posisi Duduk

Yang tidak kalah penting adalah menemukan posisi duduk yang paling nyaman buat Anda. Setiap orang punya posisi nyaman yang berbeda. Ada yang nyaman memainkan keyboard sambil duduk dengan tegak, ada yang nyaman dengan posisi duduk membungkuk, ada juga yang lebih nyaman menjauhkan badan dengan keyboard.

Apapun itu, temukan dulu mana posisi yang nyaman buat Anda sehingga Anda merasa rileks saat memainkannya. Bermain keyboard atau piano bisa cukup melelahkan dan membuat badan cepat pegal jika posisinya tidak tepat.

Atur Posisi Tangan dan Lengan

Keyboard punya banyak tuts yang harus dimainkan. Oleh karena itu, tangan dan lengan punya peran yang sangat penting bagi Anda dalam memainkannya. Posisi jari-jari yang ideal adalah tidak terlalu rapat, tetapi juga tidak terlalu renggang. Selain itu, jari-jari juga tidak boleh terlalu lemas, tapi juga tidak boleh terlalu kaku.

Kemudian, posisi lengan juga harus ideal supaya tidak memberikan berat tambahan yang membuatmu semakin tidak nyaman. Posisi lengan harus serileks mungkin agar tidak memberikan penekanan lain saat bermain keyboard.

Belajar Baca Not Balok

Tidak semua pemain alat musik bisa membaca not balok. Namun demikian, kemampuan membaca not balok akan sangat membantu Anda dalam memahami susunan nada dari lagu yang dimainkan. Jadi, meskipun ini bukan merupakan kewajiban, tidak ada salahnya lho belajar membaca not balok.

Tips Memilih Keyboard yang Bagus

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Tujuan Pemakaian

Apa nih tujuan Anda dalam membeli keyboard? Ini juga harus dipikirkan dengan baik. Keyboard adalah alat musik yang tidak murah lho. Harganya saja mulai dari Rp 1 jutaan. Jadi, pastikan kamu mendapatkan keyboard yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu.

Misalnya apakah keyboard tersebut hanya dipakai di rumah saja untuk bersenang-senang, atau untuk kebutuhan profesional seperti bermain band.

Sesuaikan dengan Kemampuan

Alat musik keyboard punya kompleksitas yang berbeda. Agar Anda lebih mudah dalam mempelajarinya, sesuaikan tingkat kesulitan keyboard dengan kemampuan Anda. Ada keyboard yang jumlah tutsnya sedikit, yaitu hanya terdiri dari tuts-tuts dasar saja yang khusus untuk pemula.

Nah, kalau Anda sudah cukup mahir dalam memainkan alat musik ini, Anda boleh memilih keyboard yang punya banyak fitur dengan kompleksitas tinggi.

Perhatikan Media Penyimpanan

Ini dia yang sangat penting. Jika Anda suka berkreasi menciptakan musik sendiri, Anda harus memperhatikan tempat penyimpanan keyboard. Apakah keyboard bisa menyimpan not yang sudah kamu buat. Media penyimpanan pada keyboard kini semakin beragam, ada yang menggunakan flashdisk hingga memory card. Jangan lupa perhatikan juga kapasitas penyimpanannya.

Rekomendasi Keyboard Musik Terbaik dari Berbagai Merek

Casio Arranger CTK 2400

Produk pertama yang direkomendasikan kepada Anda adalah Casio Arranger CTK 2400 yang cocok untuk pemula. Keyboard ini terdiri dari 61 tuts yang bisa menghasilkan 400 suara dan 150 irama. Polifoni maksimal berjumlah 48 memberi batasan yang lebih besar, sehingga memperkecil kemungkinan not tidak berbunyi dan saat suara ditumpuk.

Ini adalajh keyboard bergaya piano yang mudah dimainkan serta memiliki tampilan yang mirip dengan piano akustik. Anda juga bisa menggunakan efek digital untuk menambah reverb, sehingga musik terdengar lebih luas dan dalam. Fitur menarik lainnya adalah Anda bisa merekam suara Anda sendiri untuk dimainkan di keyboard.

Harga Rp. 1.500.000-3.000.000

Samson Carbon 49

Buat Anda yang suka berkreasi dengan menciptakan musik sendiri, Samson Carbon 49 menyediakan konektivitas yang semakin memudahkan Anda nih. Keyboard ini memungkinkan semua orang untuk memainkan dan memproduksi musik dengan sangat mudah.

Ini adalah keyboard dengan 49 kunci yang sangat sensitif, didesain khusus untuk para profesional. Jangkauan pitch-nya sangat sempurna untuk digunakan dalam pertunjukan. Anda bisa menghubungkannya ke perangkat lain seperti Windows, Mac, dan iPad dengan mudah. Cocok untuk kebutuhan permainan keyboard di panggung atau di dalam studio musik.

Harga Rp. 1.500.000-3.000.000

Novation Launchkey Mini Mk2

Novation Launchkey Mini Mk2 adalah MIDI keyboard controller yang punya desain sangat ringkas dengan 25 kunci mini yang bisa dimainkan. Ukurannya yang sangat mini membuat keyboard ini mudah dibawa kemana saja dan bisa dimasukkan ke dalam tas. Anda bisa menciptakan lagu kapan saja dngan kontrol Ableton intuitif, mode Fixed Chord, dan banyak suara lain di dalamnya.

Meskipun namanya keyboard mini dan tutsnya juga relatif sedikit, namun fitur-fiturnya kurang cocok bagi pemula.

Harga Rp. 2.500.000-4.000.000

iRig Keys Midi Controller

Keyboard biasanya identik dengan modelnya yang besar dan berat, sehingga sangat merepotkan untuk dibawa. iRig Keys Midi Controller adalah keyboard dengan desain ultra slim yang sangat portabel dengan konektivitas lengkap. Anda bisa dengan mudah menghubungkan ke perangkat iPhone, iPad, iPod touch, Android, Mac, hingga Windows.

Keyboard ini juga memiliki 37 tuts mini yang sensitif dengan nada 3 oktaf penuh. Anda bisa dengan mudah membawanya kemana saja Anda pergi dengan memasukkannya ke dalam tas.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

Yamaha Portable PSR F51

Keyboard yang paling cocok untuk pemula adalah keyboard yang tifak memiliki banyak fitur sehingga orang yang belum berpengalaman memainkan alat musik tidak kesulitan memahaminya. Selain itu, harganya biasanya lebih murah dari keyboard yang dilengkapi banyak fitur.

Sama seperti Yamaha Portable PSR F51, keyboard yang dirancang khusus untuk pemula. Keyboard ini dibekali fitur-fitur dasar dan sederhana yang mudah dipahami para pemula. Tidak hanya itu, keyboard ini juga memiliki panel intuitif yang memungkinkan Anda untuk membuat sampel suara buatan sendiri.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Techno T-5000

Techno T-5000 adalah keyboard yang dirancang khusus untuk pembelajaran, cocok bagi pemula dan anak-anak. Dilengkapi tuts mini yang mudah digunakan dan dipahami mereka yang belum pernah memainkan alat musik sebelumnya.

Keyboard berwarna hitam ini terdiri dari 49 tuts dengan layar LED, mikrofon, fitur-fitur dasar seperti replay, record, vibrato, sustain, dna masih banyak lagi. Anda juga bisa mendengarkan banyak demonstrasi lagu dan suara drum full set.

Harga Rp. 300.000-500.000

Yamaha PSR E253

Yamaha PSR E253 merupakan salah satu alat favorit yang disukai banyak pemain musik. Ini adalah keyboard portable yang dilengkapi dengan 61 kunci nada, 573 efek suara instrumental, 100 gaya musik, dan 32 nada polifoni.

Keyboard yang terbuat dari bahan plastik ini juga bisa digunakan oleh para pemula yang baru belajar. Ada juga nine step lesson function yang semakin memudahkan Anda dalam membuat dan memainkan berbagai macam aransemen musik.

Harga Rp. 2.000.000-3.200.000

Roland E-A7

Berikutnya ada Roland E-A7, keyboard arranger serbaguna yang didesain khusus untuk para profesional yang membutuhkan authentic backing styles atau musik pengiring asli dari berbagai negara. Anda bisa mengimpor data WAV untuk membuat instrumen sendiri atau sampel dari keyboard.

Ada lebih dari 1500 nada dan suara pada keyboard ini. Fitur alat musik ini bisa dibilang cukup lengkap, sehingga harganya pun juga tidak bisa dibilang murah.

Harga Rp. 15.000.000-23.000.000

Korg Krome 61

Korg Krome 61 Keyboard menjadi produk selanjutnya yang direkomendasikan kepada Anda. Ini adalah keyboard premium yang terbuat panel alumunium berkualitas tinggi, dilengkapi layar TouchView yang memudahkan Anda untuk mengontrol dan mengaksesnya. Keyboard ini juga memiliki fitur semi-weighted yang membuatnya terasa natural dan lebih responsif.

Ini adalah keyboatrd yang cocok untuk berbagai macam aliran musik dan bisa mengeluarkan suara seimbang. Anda bisa menciptakan nuansa dan dinamika musik yang sangat baik dengan keyboard yang satu ini.

Harga Rp. 9.000.000-11.000.000

Samson Graphite M25 Midi

Samson Graphite M25 Midi menjadi produk keyboard terakhir yang direkomendasikan kepada Anda. Banyaknya tuts pada sebuah keyboard bisa membuat Anda yang baru saja mulai belajar memainkan alat musik ini. Anda bisa memulainya dari keyboard yang hanya memiliki 25 tuts ini.

Ke-25 tuts keyboard sangat cepat dan sensitif, dilengkapi bantalan pemicu dengan aftertouch, serta permukaan berfitur lengkap dan fungsi yang bisa diprogram khusus untuk pemutaran dan penyesuaikan lanjutan. Konektivitas keyboard ini juga cukup mudah dengan daya bus iPad dan USB dengan sistem plug and play.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000
From our editorial team

Jadi, Mana Keyboard yang Paling Pas Buat Anda Nih?

Berbagai rekomendasi keyboard dari BP-Guide di atas bisa digunakan oleh siapa saja, mulai dari amatir hingga profesional. Ketika Anda ingin membeli keyboard, yang paling penting adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Jangan hanya karena ingin memiliki fitur-fitur yang lengkap, Anda yang masih pemula membeli keyboard untuk profesional yang sangat kompleks dan sulit untuk dimainkan ya! Selamat berkarya!

Tag