Bermain Musik yang Indah dan Harmonis dengan 10 Rekomendasi Keyboard Korg (2020)

Bermain Musik yang Indah dan Harmonis dengan 10 Rekomendasi Keyboard Korg (2020)

Keyboard Korg sudah dikenal kalangan musisi khususnya pemain keyboard. Kualitas yang mumpuni serta kesempurnaan nada menjadikan keyboard satu ini selalu difavoritkan. Ingin bermain musik profesional? Ini rekomendasi keyboard Korg untuk Anda.

Korg Merupakan Perusahaan Multinasional yang Memproduksi Alat Musik Elektronik

Korg adalah perusahaan alat musik dan aksesoris elektronik yang berpusat di Tokyo, Jepang. Perusahaan multinasional yang telah memiliki jaringan di berbagai negara di seluruh dunia ini berdiri sejak tahun 1962. Saat pertama kali didirikan, perusahaan Korg memiliki nama Keio Electronic.

Awalnya perusahaan ini hanya didirikan oleh para pengusaha yang ingin memberikan inovasi untuk alat musik. Berkat ketekunan dan konsistensinya, perusahaan Korg mampu menjadi raja di kelasnya selama hampir 40 tahun. Bahkan, Korg telah menjadi bagian sejarah dalam teknologi musik dunia.

Fakta Menarik yang Harus Anda Ketahui tentang Korg

Berdiri pada tahun 1962 di Jepang oleh Tsutomu Katoh dan Tadashi Osanai

Sumber gambar www.matrixsynth.com

Tsutomu Katoh dan Tadashi Osanai adalah orang di balik layar berdirinya perusahaan Korg. Perusahaan yang berdiri di Jepang pada tahun 1962 ini awalnya mengusung nama Keio Gijutsu Kenkyujo Ltd, kemudian diganti menjadi Keio Electronic Laboratories. Penamaan perusahaan ini diambil dari jalur kereta yang berada di dekat pabriknya, yaitu jalur kereta Keio di Tokyo. Selain itu, kata Keio juga merupakan penggabungan huruf pertama dari Katoh dan Osanai.

Produk Pertama yang Dikeluarkan oleh Korg Adalah Donca Matic DA-20

Sumber gambar encyclotronic.com

Donca matic DA-20 adalah produksi pertama dari perusahaan Korg. Perangkat mekanis ini merupakan mesin irama yang mampu menghasilkan suara. Pemilihan nama Donca juga diambil dari bunyi suara yang dihasilkan mesin tersebut. Mesin irama yang dirilis pada tahun 1963 ini merupakan mesin rotary listrik yang merupakan terobosan baru pada zamannya. Berkat produk inilah, kejayaan dari perusahaan Korg dimulai dan produk Donca menjadi salah satu produk Korg yang melegenda.

Mini Korg Merupakan Produk Keyboard Synthesizer Pertama dari Korg

Sumber gambar www.amazon.com

Untuk produk keyboard synthesizer, produk pertama dari Korg adalah Mini Korg. Keyboard yang dirilis pada tahun 1973 ini merupakan produk pertama yang menampilkan logo dari perusahaan Korg. Sebenarnya, sebelum Mini Korg, perusahaan Korg telah memproduksi teknologi serupa yang diberi nama Prototipe I pada tahun 1968. Kemudian teknologi dari Prototipe I dikembangkan kembali pada tahun 1969 dengan nama Korgue. Dari dua prototipe sebelumnya ini teknologi dari Mini Korg dirancang.

Rekomendasi Keyboard Korg Bagi Mereka yang Selalu Ingin Tampil Profesional

Keyboard Korg PA-1000 61-Key Pro Arranger

Keyboard Korg PA-1000 61-Key Pro Arranger adalah keyboard yang memiliki kunci berjumlah 61 dan polyphony-nya memiliki 128 notes. Dilengkapi dengan fitur efek TC helicon voice precessor yang didukung 148 lagu atau efek suara dan 45 efek gitar. Keyboard ini memiliki speaker built in berukuran 2x 39" dan 2 x 098" tweeter. Untuk memudahkan Anda saat mengoperasikannya, keyboard ini di lengkapi dengan layar sentuh berwarna berukuran 7 inci.

Harga Rp. 26.350.000-31.830.000

Keyboard Korg EK-50

Keyboard Korg EK-50 adalah keyboard yang dibekali dengan 61 tombol dengan ukuran 99,4 x 39,2 x 13,2 cm. Desainnya ringkas dan portabel. Untuk memudahkan pengoperasiannya, keyboard ini dilengkapi dengan layar LED dan tombol dengan lampu latar. Keyboard dari Korg ini dapat menghasilkan suara dengan performa yang luar biasa, karena didukung dengan 2 x 10 W bass reflex double cone. Didukung pula dengan 702 suara, 41 tendangan drum, dan 34 efek.

Harga Rp. 5.142.000-5.950.000

Keyboard Korg PA-900

Keyboard Korg PA-900 adalah keyboard yang memiliki 61 tuts. Dirancang untuk Anda yang baru menjadi pemula atau pemain profesional. Dilengkapi dengan layar sentuh 7 inci yang membantu Anda untuk melakukan kontrol atau mengedit suara. Keyboard Pa900 memiliki lebih dari 1.100 suara, mulai dari piano, alat musik tiup, bass, gitar, dan lebih dari 70 drum kit. Anda juga bisa mengintegrasikan vokal melalui dua input mikrofon 1/4 inci.

Harga Rp. 18.700.000-41.040.000

Keyboard Korg Kross 61 Workstation Controller Synthesizer

Keyboard Korg Kross 61 Workstation Controller Synthesizer adalah keyboard portabel yang memiliki kunci berjumlah 61. Keyboard ini dibekali dengan sistem EDS-i (Enhanced Definition Synthesis - integrated). Untuk mendukung kreativitas Anda, program pengguna yang dapat Anda manfaatkan adalah sekitar 1280 program, 58 dram kit, dan program preset berjumlah 265 buah.

Harga Rp. 8.000.000-10.750.000

Keyboard Synthesizer Korg PS60

Keyboard Synthesizer Korg PS60 adalah keyboard yang memberikan kontrol intuitif, kualitas suara, dan portabilitas yang mendukung kreativitas Anda. Keyboard dari Korg ini memiliki total 440 suara yang dihasilkan dari mesin suara EDS-i Korg. Berbagai suara masuk yang bisa Anda manfaatkan antara lain, piano, piano listrik, senar, organ, dan synth. Keyboard yang dapat berjalan sebagai plug-in dengan host DAW ini memiliki 61 tombol yang peka dan sensitif.

Harga Rp. 6.900.000-12.193.700

Portable Arranger Workstation Keyboard Korg PA300

Portable Arranger Workstation Keyboard Korg PA300 adalah keyboard yang memiliki 61 tombol yang memiliki fitur velocity sensitivity. Untuk tone generator-nya memiliki 128 suara dan 128 oscilator. Sedangkan untuk tipe master efeknya berjumlah 125 dengan 4 stereo digital multi-effect block systems. Untuk sounds/drum kitsnya terdiri lebih dari 950 buah.

Harga Rp. 9.100.000-13.000.000

Keyboard Korg PA4X 76 Keys

Keyboard Korg PA4X 76 Keys adalah keyboard yang memiliki dua model yang dapat Anda pilih, model pertama memiliki 61 kunci dan model kedua memiliki 76 kunci. Tuts-nya memiliki fitur velovity sensitivity dan aftertouch. Tampilannya yang dibalut aluminum cabinet memberikan kesan yang elegan. Dilengkapi pula dengan layar sentuh berukuran 7 inci yang dilengkapi dengan tilting system. Panel layout dan interfacenya membuat keyboard ini sangat mudah dioperasikan.

Harga Rp. 33.088.500-44.299.999

Keyboard Korg Kross 2 88 Key

Keyboard Korg Kross 2 88 Key adalah keyboard 88 kunci yang memiliki tipe sound engine EDS-i. Didukung dengan nada poliphony hingga 120 notes dan jumlah presets hingga 1075. Dibekali dengan memory berkapasitas 128 MB dengan expansion PCM memory. Tersedia pula slot SD dan SDHC card yang memungkinkan untuk dihubungkan dengan perangkat lain.

Harga Rp. 11.900.000-17.250.000

Keyboard KORG microKORG MK1

Keyboard KORG microKORG MK1 adalah keyboard yang dirancang dengan tampilan yang elegan dengan panel putih. Dilengkapi pula dengan fitur canggih, yaitu tangkapan suara. Fitur ini memungkinkan Anda untuk merekam suara dan memainkannya di keyboard. Keyboard dari Korg ini memiliki empat mode filter, tiga jenis efek modulasi, tiga jenis efek penundaan, dan 2-band EQ. Didukung pula dengan 192 preset yang memiliki berbagai suara dengan berbagai gaya musik.

Harga Rp. 5.375.000-10.449.900

Keyboard Korg PA 700

Keyboard Korg PA 700 adalah keyboard yang memiliki 61 kunci dengan tipe semi weighted dan velocity sensitive. Keyboard yang dibekali dengan memory 256MB PCM ini memiliki nada polyphony hingga 128 notes. Untuk sequencernya hingga 16 tract dengan SMF native format. Keyboard yang memiliki ukuran 5,2 x 40,55 x 14,89 inci ini menggunakan IEC AC cable untuk power supply-nya.

Harga Rp. 16.450.000-17.500.000

Tips Merawat Keyboard agar Selalu Awet Dalam Jangka Waktu yang Lama

Pakailah Stabilizer untuk Keamanan Keyboard

Tegangan listrik yang tidak stabil dapat membuat keyboard Anda menjadi cepat rusak. Jika tegangan listrik terlalu rendah, kinerja keyboard Anda tidak akan optimal. Sedangkan jika tegangan listrik terlalu tinggi, keyboard Anda akan mengalami korsleting. Untuk menghindari tegangan listrik yang tidak stabil, jangan hubungkan keyboard langsung ke sumber listrik. Anda bisa gunakan stabilizer agar tegangan listrik yang masuk ke keyboard Anda tetap stabil dan aman.

Simpanlah Keyboard Dalam Tempat yang Tertutup

Debu dan cairan adalah salah satu sumber masalah yang dapat menyebabkan keyboard rusak saat disimpan. Terlalu banyak debu yang menumpuk dapat mengganggu kinerja tuts keyboard Anda. Sedangkan tetesan air dapat menyebabkan terjadinya korsleting atau tuts yang error.

Maka dari itu, simpanlah keyboard Anda di tempat yang bersih. Agar keyboard Anda terhindar debu dan tetesan air, gunakanlah cover atau hard case keyboard saat menyimpannya. Anda juga bisa memanfaatkan peti kayu yang telah dirancang untuk keyboard.

Pastikan untuk Membersihkan Keyboard Secara Teratur

Daya tahan keyboard sangat ditentukan dari perawatannya. Semakin jarang Anda membersihkannya, maka semakin cepat pula keyboard menjadi rusak. Anda bisa memanfaatkan sabun cuci piring yang lembut untuk mengelap bagian luar keyboard Anda. Gunakan air hangat agar kotoran lebih mudah diangkat dan pilihlah kain yang lembut agar tidak membuat goresan. Membersihkan keyboard harus Anda lakukan secara rutin, minimal seminggu sekali. Tetapi jika ada kotoran yang menempel, segeralah bersihkan jangan biarkan kotoran tersebut mengering.

Tetap Mainkan Keyboard Secara Rutin

Jika keyboard jarang dimainkan, maka keyboard akan cepat rusak. Membiarkan keyboard tidak dimainkan dalam waktu yang lama dapat membuat bagian dalam dari tuts menjadi rusak. Selain itu, debu akan mengendap pada bagian dalam tuts piano dan membuat suara yang dihasilkan keyboard Anda menjadi menurun.

Mainkan Keyboard Secara Lembut dan Hati-hati

Menekan tuts adalah cara untuk menghasilkan bunyi dari keyboard. Namun, menekannya dengan terlalu kuat dapat menyebabkan knopnya rusak dan pecah. Semakin keras menenkan tuts juga menghambat gerakan jari Anda untuk berpindah ke tuts lainnya. Maka dari itu tekanlah dengan lembut saat bermain keyboard.

From our editorial team

Mainkan dan Jaga Keyboard Anda dengan Baik

Keyboard terbaik sekali pun bisa cepat rusak bila tidak dijaga dengan baik. Tips dari BP-Guide di atas tentunya bisa Anda terapkan agar keyboard Anda selalu siap digunakan manggung kapan saja. Bila Anda baru akan mencari keyboard yang tepat, maka rekomendasi produk dari BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan jitu.

Tag