Ciptakan Musik Indahmu dengan 10 Rekomendasi Keyboard Yamaha Ini! (2020)

Ciptakan Musik Indahmu dengan 10 Rekomendasi Keyboard Yamaha Ini! (2020)

Ada banyak alat musik yang bisa kita mainkan untuk mengisi waktu luang. Salah satunya adalah keyboard. Alat musik ini bersifat multifungsi karena bisa mengeluarkan beragam suara. Bahkan dengan alat ini kamu bisa menciptakan musik band yang komplit. Nah, mulai belajar bermain keyboard, yuk. Cek dulu rekomendasi produk keyboard Yamaha dari kami berikut ini!

Keyboard, Alat Musik yang Seru untuk Dipelajari

Alat musik adalah instrumen yang seru untuk dipelajari. Ada banyak jenis alat musik yang bisa kita coba pelajari. Setiap alat musik memiliki kelebihannya tersendiri. Dan jika kita mempelajarinya tentu saja banyak manfaat yang kita dapat. Salah satu alat musik yang banyak diminati untuk dipelajari adalah keyboard musik.

Dengan belajar memainkan keyboard musik, kita bisa perlahan mencoba melupakan stres yang melanda. Bermain dan mendengarkan keyboard selama beberapa menit mampu menurunkan tekanan darah kita dan membuat kita merasakan hal yang lebih positif. Mood kita jadi lebih membaik dan kita bisa beraktivitas lebih bersemangat.

Mempelajari keyboard musik juga bisa mempertajam konsentrasi dan juga koordinasi tangan kita. Bermain keyboard bisa membuat kita belajar mengkoordinasi mata dan tangan. Jika dilakukan secara rutin, maka tingkat konsentrasi kita bisa meningkat. Ini karena kita harus memakai kedua tangan untuk memencet tuts, memakai mata untuk membaca partitur, dan memakai kaki untuk menginjak pedal. Semua ini dilakukan bersamaan sehingga kita harus konsentrasi penuh agar tidak salah.

Saat bermain keyboard kita juga bisa memperkuat otot tangan. Kita juga bisa menjaga postur dan posisi yang benar pada saat bermain keyboard. Dengan begini, postur tubuh lebih baik dan jemari tangan lebih terlatih.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, tentunya masih ada sederet kelebihan lain dari bermain keyboard musik. Kamu tentu tidak ingin melewatkan mendapatkan manfaat tersebut. Maka dari itu, mulailah belajar main keyboard. Awali dengan membeli keyboard-nya dulu, ya.

Tips Memilih Keyboard Musik yang Bagus

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ketika memilih keyboard, tentu kamu wajib menyesuaikan dengan kebutuhan. Semisal saja untuk kamu yang baru belajar. Tidak perlu beli keyboard yang terlalu rumit dan terlalu banyak fitur. Pilih yang simpel dan sederhana. Yang penting keyboard-nya bisa melatih tangan kamu agar terbiasa dan kamu bisa mencoba beberapa kombinasi nada simpel. Jika sudah terbiasa baru kamu bisa membeli keyboard yang canggih.

Untuk kamu yang membutuhkan keyboard untuk mengaransemen musik, kamu bisa pilih keyboard yang memiliki aneka musik pengiring agar kamu lebih leluasa menciptakan musik sesuai idemu. Pastikan juga keyboard memiliki MDI sehingga kamu bisa mensinkronkan dengan media rekamnya.

Jika kamu membutuhkan keyboard untuk band, maka kamu bisa pilih keyboard dengan fitur lengkap. Dengan begini, kamu bisa mengakomodir berbagai macam jenis lagu. Pastikan juga keyboard-nya memiliki sound output yang bagus pada level low, mid, maupun high.

Cek Ukuran dan Jumlah Tuts

Sebelum membeli keyboard, kamu juga wajib mengecek ukuran keyboard-nya. Biasanya ukuran keyboard juga tergantung dari jumlah tuts yang ada. Keyboard standar hadir dengan 88 tuts yang lengkap dari nada paling rendah hingga nada tinggi. Jenis keyboard dengan 88 tuts akan cocok untuk kamu yang sudah profesional.

Sementara jika kamu masih pemula, kamu bisa lirik keyboard dengan 61 tuts. Ukurannya tak terlalu besar dan memudahkan dibawa kemana saja. Karena masih pemula, kamu juga tidak akan terlalu sadar dengan nada-nada yang hilang dari keyboard tersebut. Jika nantinya kamu sudah mahir, kamu bisa mencoba berpindah ke keyboard dengan 76 tuts.

Beda lagi kalau kamu sudah tahu bagaimana memainkan keyboard dengan baik. Kamu bahkan bisa lirik keyboard dengan 49 tuts saja. Ukurannya kecil dan tentu lebih mudah untuk kamu pindahkan. Jumlah tuts sedikti ini tidak akan masalah karena kamu bisa memakai fitur yang ada untuk membuat musik lebih baik lagi.

Cari Referensi

Referensi sangat penting bagi kamu yang baru saja akan membeli keyboard musik. Daripada kamu buta sama sekali dan malah mendapatkan keyboard yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu, ada baiknya kamu mencari tahu dulu di internet tentang spesifikasi keyboard yang kamu inginkan. Kamu bisa juga bertanya pada mereka yang sudah ahli dalam bidangnya. Cek spesifikasi dan kelebihan setiap produk tersebut. Dengan begini kamu tidak akan menyesal usai membeli keyboard tersebut.

Sesuaikan dengan Bujet

Pikirkan juga masalah bujet sebelum membeli keyboard. Harga keyboard untuk pemula dan untuk yang profesional tentu saja beda. Untuk yang pemula, harga keyboard masih sangat terjangkau sehingga tidak perlu pikir panjang untuk membelinya. Namun untuk yang sudah profesional, tentu wajib menimbang-nimbang untuk membeli keyboard profesional dengan harga yang mahal.

Pertimbangkan betul persiapan bujet sebelum membeli produknya. Jika mungkin, menabung dulu lebih aman daripada langsung membeli tanpa persiapan. Ini hanya akan bikin uang bulanan kamu jadi tidak karuan. Beda halnya jika kamu sudah menabung dulu, uang bulanan kamu tidak terpotong dan kamu tetap bisa membeli keyboard dengan bujet tabungan yang sudah kamu sediakan.

Tips Belajar Keyboard untuk Pemula

Keyboard merupakan alat musik multifungsi. Kamu bisa memainkan musik genre apa saja dengan alat yang satu ini. Tidak heran jika banyak yang ingin mempelajari alat musik ini, ya. Untuk para pemula ada tips belajar keyboard yang wajib diperhatikan.

Pertama, tentu saja dorongan dari dalam diri sendiri harus besar dan kuat. Jika kamu orang yang cepat bosan, usahakan bagaimana caranya agar niat kamu belajar keyboard tidak cepat luntur. Meski sulit di awalnya, tentunya kamu tidak boleh mudah menyerah. Teguhkan hati untuk terus belajar. Ingat manfaat bermain keyboard agar kamu jadi lebih semangar belajarnya.

Kedua, untuk tahap awal kamu bisa memperhatikan posisi duduk yang benar. Pastikan badanmu tegak dan kamu membusungkan dada. Pastikan juga posisi tangan rata-rata air membentuk pola setengah lingkaran. Jangan lupa melakukan senam jari sebelum bermain keyboard. Ini supaya tangan lebih lincah dan supaya kita jadi makin rajin berlatih. Latih tangan untuk berpindah chord sehingga kita jadi makin semangat belajarnya.

Mulailah dengan belajar genre musik yang kamu suka. Dengan mempelajari musik yang kamu suka maka akan lebih cepat kamu mempelajarinya. Pelajari musik yang sering kamu dengarkan agar kamu lebih cepat menguasai lagu tersebut.

10 Rekomendasi Keyboard Yamaha yang Bisa jadi Pilihan

Keyboard Yamaha PSR S770 / S 770 / S-770

Keyboard Yamaha PSR S770 menjadi rekomendasi pertama dari kami. Produk yang satu ini fleksibel digunakan untuk berbagai kebutuhan. Keyboard ini hadir dengan 830 suara yang bisa dikreasikan. Dilengkapi pula dengan 36 Drum/SFX kits dan 480 suara XG. Ada juga Live Controllers untuk membantu kamu menciptakan suara yang lebih enak didengar. Kamu bisa juga memakai fitur New Arpeggio untuk mengakses simpanan musikmu. Alat ini juga bisa mengiringi kamu bernyanyi karena sudah dilengkapi dengan lubang untuk mikrofon.

Harga Rp. 9.500.000-12.500.000

Keyboard Yamaha PSR-SX700

Keyboard Yamaha PSR-SX700 menjadi rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini adalah generasi baru dalam suara, desain, dan pengalaman memakai keyboard. Hadir dengan 986 suara termasuk 131 Super Articulation voice dan 24 Organ Flute. Ada juga 41 Drum/SFX kit 400 Style, termasuk 353 Pro Style dan juga 34 Session Style. Keyboard musik yang satu ini sudah diberi memori 400MB yang bisa diperluas hingga 1GB dengan tambahan memori internal.

Saat memakai produk ini kamu akan dimanjakan dengan kontrol yang intuitif dan cepat dengan layar sentuh berwarna. Kamu bisa juga memasukan mikrofon dan gitar untuk digunakan saat bernyanyi atau berkolaborasi. Dengan keyboard ini kamu juga bisa merekam audio dalam hasil WAV atau MP3.

Harga Rp. 6.500.000-14.450.000

Keyboard Yamaha PSR-E373

Keyboard Yamaha PSR-E373 juga bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Keyboard musik yang satu ini hadir dengan 61 tuts sehingga cocok untuk kamu yang masih pemula. Keyboard ini juga bisa digunakan mereka yang profesional karena hadir dengan berbagai fitur yang mengagumkan.

Alat ini memiliki 622 suara yang berkualitas tinggi. Keyboard ini juga peka sentuhan dengan polifoni 48 not. Ada Efek DSP baru dan 11 Super Articulation Lite Voice dan ada juga 205 musik pengiring yang tersedia. Produk ini hadir dengan buku lagu yang bisa diunduh dengan mudah. Ada juga fitur USB to host untuk memungkinkan MIDI dua arah dan transfer audio digital.

Harga Rp. 3.060.000-3.350.000

Keyboard Yamaha PSR-E273

Keyboard Yamaha PSR-E273 bisa jadi pilihan kamu lainnya. Prdouk ini hadir dengan pembelajaran praktis nan canggih. Ini membuat kamu jadi makin semangat belajar keyboard musik ini. Fiturnya lengkap untuk membuat kamu makin cepat mempelajarinya. Produk ini juga tidak membosankan untuk dimainkan.

Ada model kuis yang bikin kepekaan kamu akan not musik jadi lebih akurat. Ada juga mode pelajaran yang bukan hanya merdu didengar namun juga bisa digabungkan dengan fungsi pelajaran musik. Kamu bisa juga merekam audio yang sudah kamu ciptakan dengan mudah. Produk ini dilengkapi dengan 401 suara berkualitas dan 143 musik pengiring. Ada juga kumpulan lagu yang bisa diunduh dengan mudah. Desainnya ringkas dan portabel sehingga mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 2.150.000-4.380.000

Keyboard Yamaha MODX

Keyboard Yamaha MODX menjadi rekomendasi dari kami selanjutnya. Keyboard musik yang satu ini bisa mengeluarkan suara yang kompleks. Ini cocok untuk kamu yang sudah profesional dalam membuat musik. Desainnya portabel jadi mudah dibawa kemana saja. Produk ini memiliki mesin FM-X 8 operator yang mudah dioperasikan. Dilengkapi juga dengan program dan kontrol canggih dengan ratusan suara polifoni yang menakjubkan.

Harga Rp. 17.450.000-25.482.000

Keyboard Yamaha YC61

Keyboard Yamaha YC61 ini adalah produk yang didesain khusus untuk para pemain keyboard panggung. Produk ini hadir dengan kontrol realtime yang luas. Terdapat 9 drawbar yang dilengkapi footage dan ratcheting yang mumpuni. Cahaya LED dalam produk ini bisa disesuaikan sehingga kamu bisa melihat perbedaan antara konfigurasi atas dan bawah lebih mudah.

Harga Rp. 14.364.000-29.135.000

Keyboard Yamaha PSR-SX900

Keyboard Yamaha PSR-SX900 menjadi rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini adalah alat musik yang bikin kamu bisa mengekspresikan musikmu dengan lebih baik. Dengan alat ini kamu bisa meningkatkan performa dalam bermusik. Alat ini sudah lengkap dengan 1337 suara dan 252 musik pengiring. Ada juga 24 organ flute dan 56 Drum/SFX kit yang bisa digunakan. Dalam produk juga terdapat 463 Pro Style, 46 Session Style, 10 DJ Style, dan 6 Freeplay Style yang bisa kamu gunakan. Memori dalam produk ini sebesar 1GB dan memori internalnya 4 GB.

Harga Rp. 8.700.000-19.000.000

Keyboard Yamaha PSR-SX600

Keyboard Yamaha PSR-SX600 adalah produk yang sayang untuk dilewatkan. Alat musik yang satu ini membuat kamu bisa memainkan berbagai genre musik. Fitur SmartChord membuat kamu bisa memakai latar musik profesional dengan menggunakan satu jari. Kamu bisa memakai alat ini untuk bermain musik dan bernyanyi bersamaan karena ada lubang untuk mic juga. Produk ini hadir dengan sistem speaker internal yang memuaskan.

Harga Rp. 8.670.000-8.999.000

Keyboard Yamaha PSR-EW410

Keyboard Yamaha PSR-EW410 juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini hadir dengan 76 tuts yang bisa membuat kamu lebih ekspresif dalam membuat musik. Ada musik sampel dan pengiring yang bisa kamu gunakan. Fitur lainnya adalah Live Control knobs, Quick Sampling, Groove Creator, USB Audio Recorder, dan juga subwoofer. Alat musik ini memiliki 48 nada polifoni dan 758 suara.

Harga Rp. 4.000.000-6.600.000

Keyboard Yamaha PSR-EW300

Keyboard Yamaha PSR-EW300 adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini hadir dengan 76 tuts. Keyboard-nya cukup sensitif sehingga kamu tidak perlu bersusah payah memainkannya. PAlat musik yang satu ini hadir dengan 48 nada polifoni dan 574 suara berkualitas tinggi. Ada juga 150 jenis tipe arpegio dan 165 musik pengiring yang tersedia.

Harga Rp. 4.000.000-8.281.000
From our editorial team

Keyboard Jadi Pilihan untuk Mereka yang Ingin Mengawali Belajar Piano

Alat musik piano banyak diminati untuk dipelajari. Harga piano yang terbilang mahal membuat banyak orang akhirnya lebih memilih keyboard sebagai awalan untuk belajar piano. Jika sudah mahir bermain keyboard, maka untuk belajar piano tentu tidak susah. Jika ingin memakai keyboard sebagai awalan belajar piano, maka alangkah baiknya memilih keyboard dengan tuts yang modelnya mirip piano, yakni sedikit berat saat ditekan. Ini akan membuat kamu makin terbiasa untuk menekan tuts yang berat sehingga saat bermain piano jadi lebih lancar.

Tag