Waspadai Bahaya 10 Hewan Paling Beracun di Dunia Ini! (2020)

Waspadai Bahaya 10 Hewan Paling Beracun di Dunia Ini! (2020)

Beragam fauna di dunia tak terhitung banyaknya. Di antaranya, ada lho yang berbahaya karena mengandung racun. Memang bukan ditujukan untuk manusia, namun kita perlu waspada jika bertemu mereka!

Hewan-hewan yang Harus Anda Waspadai Bahayanya

Manusia hidup di dunia berdampingan dengan berbagai hewan dan tumbuh-tumbuhan. Hewan yang berada di bumi pun diketahui jenisnya sangat beragam. Seluruh keragaman hewan tersebut kemudian dikelompokkan berdasarkan karakteristiktinya. Salah satu hasil pengelompokkan hewan biasanya menghasilkan informasi, manakah hewan yang dapat menguntungkan manusia dan mana yang tidak.

Hewan yang tidak menguntungkan manusia beberapa diantaranya disebabkan oleh hewan tersebut yang mungkin membahayakan. Baik akibat sifatnya yang ganas atau karena kandungan racun pada diri hewan tersebut, bagi manusia hewan-hewan ini harus diwaspadai.

Walau sudah dipahami bahwa banyak hewan yang berbahaya bagi manusia, terkadang kita sendiri pun masih tidak begitu jelas mana saja hewan-hewan tersebut. Terkadang yang kita kenal hanya hewan yang ganas seperti Singa atau Macan. Padahal ada juga hewan beracun yang tidak kalah berbahaya untuk manusia. Pernahkah Anda memikirkan mengenai hal ini sebelumnya?

Apa Saja Bahaya Racun Hewan untuk Tubuh Manusia?

Bukan hanya hewan ganas yang perlu Anda waspadai, hewan beracun pun sama pentingnya untuk Anda hindari. Bahkan racun dari hewan-hewan ini bisa menimbulkan bahaya yang lebih besar dari hanya sekedar diterkam oleh hewan buas di satu bagian tubuh saja.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan pentingnya mengenal apa saja hewan paling beracun di dunia. Namun sebelum mengenal hewan-hewan tersebut, cobalah Anda simak apa saja yang bisa terjadi pada tubuh manusia setelah terkena racun hewan-hewan berbahaya ini. Berikut penjelasan menariknya!

Menyebabkan Sesak Napas

Bahaya yang pertama dan paling sering terjadi pada manusia yang terkena racun hewan adalah gangguan pernafasan. Hal ini disebabkan oleh racun yang masuk ke darah menghentikan pengedaran oksigen dalam darah. Jadi tubuh manusia tersebut pun akan kesulitan untuk melakukan pertukaran udara melalui paru-paru. Akhirnya, kondisi inilah yang kemudian menyebabkan kematian.

Mengalami Gagal Jantung

Ada juga beberapa racun pada hewan yang berfungsi langsung untuk menggagalkan fungsi jantung. Racun-racun seperti ini bekerja dengan menyebar ke seluruh tubuh melalui darah. Akhirnya di seluruh bagian tubuh, racun ini menghambat kerja jantung. Akhirnya, orang yang terkena racun pun akan mengalami gagal jantung.

Menyebabkan Kelumpuhan Tubuh

Sumber gambar www.honestdocs.id

Berbeda lagi dengan racun hewan yang jika masuk ke dalam tubuh manusia akan langsung menyerang fungsi otot. Akibatnya, tubuh orang yang terkena racun hewan akan sulit bergerak. Tubuhnya dingin dan tidak bisa digerakkan sama sekali, layaknya terbius. Kondisi seperti ini yang menjadi alasan mengapa penting Anda siap menghadapi hewan beracun tersebut.

Mengalami Kejang-kejang

Jika racun hewan pada tubuh manusia telah semakin jauh penyebarannya, maka akan menimbulkan efek kejang-kejang. Kejang-kejang ini terjadi karena reaksi racun dalam darah. Tidak jarang, pasien juga akan mengalami mual dan muntah. Namun jangan sampai salah mengiranya sebagai penyakit biasa. Penanganannya harus cepat jika ingin selamat.

Terjadi Kematian

Bahaya yang terakhir jika Anda terkena racun dari hewan adalah kematian. Pastinya kematian memang menjadi akhir dari seluruh perjuangan Anda jika terkena racun. Khususnya untuk korban-korban yang penanganannya terlambat. Akibatnya racun pun telah menyebar semakin luas dan tubuh tidak dapat lagi menetralisir racun yang telah masuk.

10 Hewan Paling Beracun di Dunia untuk Anda Waspadai

Sebelumnya Anda sudah mengetahui betapa besar bahaya dari racun hewan bukan? Oleh sebab itu, Anda tidak boleh lengah dalam mewaspadai keberadaan hewan hewan beracun ini.

Langkah utama dalam mewaspadai hewan paling beracun di dunia adalah dengan mengetahui apa saja hewan-hewan tersebut. Namun sudahkah Anda mengetahui apa saja hewan beracun yang perlu Anda waspadai?

Jika belum, berikut inilah 10 hewan paling beracun di dunia yang jangan sampai Anda lengah menghadapinya!

Gurita Blue Ringed

Hewan pertama yang memiliki racun sangat berbisa adalah gurita dengan cincin biru di tubuhnya. Gurita ini memiliki bisa yang dapat melumpuhkan mangsanya, seperti udang dan kepiting. Namun gigitannya sama sekali tidak menyakitkan. Oleh sebab itu, Anda harus waspada ketika menyelam di daerah laut Australia atau Jepang.

Ikan Batu

Pernahkah Anda mendengar mengenai Stonefish? Ikan batu ini ada di laut dan biasa salah dikira sebagai batu karang. Jadi pastikanlah untuk berhat-hati dalam membedakan ikan batu dan batu karang yang sebenarnya.

Jika Anda tidak hati-hati, maka sengatan dari ikan batu ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada bagian tubuh yang diserang, amputasi, hingga meninggal dunia. Ikan batu banyak ditemukan di perairan Samudera Pasifik dan Hindia.

Ikan Buntal

Sebenarnya, ikan buntal adalah hewan paling beracun yang kedua paling berbahaya di dunia. Satu ekor ikan ini jika dimakan bisa membunuh hingga 30 orang dewasa. Racun yang berada di tubuhnya adalah Tetrodoxin yang sangat mematikan. Jadi jangan sembarangan memakan ikan yang satu ini ya. Walaupun di Korea dan Jepang banyak dijual dengan pilihan tertentu.

Kalajengking Omdurman

Hewan berikutnya adalah kalajengking yang banyak ditemukan di Afrika dan Timur Tengah. Kalajengking ini beracun sengatannya. Namun memang jarang hingga menyebabkan kematian. Efek sengatan kalajengking ini biasa adalah mual, muntah, kejang, hingga demam tinggi. Jadi waspadailah keberadaannya.

Katak Panah Beracun

Pernahkah Anda mendengar katak yang warnanya sangat terang? Katak ini di kulitnya mengandung racun. Hanya dengan memegangnya saja, Anda bisa mati. Itulah sebabnya, katak ini dahulu sering dioleskan di ujung panah para tentara saat berperang. Anda bisa menemukan keberadaannya di sekitar Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Laba-laba Brazillian Wandering

Siapa yang tidak takut melihat laba-laba? Hewan yang satu ini pun ternyata ada jenisnya yang beracun. Laba-laba ini sesuai namanya banyak ditemukan di Brazil. Sedikit saja racunnya masuk ke tubuh Anda, maka Anda bisa mengalami radang otot. Namun saat ini sudah ada penawar racun dari laba-laba ini. Walau begitu, tetaplah berhati-hati.

Siput Marbled Cone

Sumber gambar https://en.wikipedia.org

Hati-hatilah dengan siput yang satu ini. Satu tetes saja racun dari tubuhnya bisa membunuh hingga 20 orang. Efek racun yang ditimbulkan adalah gagal jantung dan sesak nafas. Hingga saat ini belum ada penawar dari racun ini. Namun Anda bisa tenang, asalkan tidak mengganggunya siput ini tidak akan menyengat Anda dengan racun.

Ubuk-ubur Kotak

Sumber gambar idntimes.com

Anda yang sering menikmati snorkeling di laut Indonesia Timur atau Australia, berhati-hatilah dengan ubur-ubur kotak ini. Sengatannya bisa menyebabkan Anda mengalami serangan jantung dan meninggal dunia langsung saat tersengat. Hingga saat ini sudah banyak korban dari hewan laut yang satu ini.

Ular Inland Taipan

Ular yang satu ini diketahui sangat berbisa. Hanya saja, korbannya jarang sekali manusia karena ular ini menghindar dari keberadaan manusia. Banyak ditemukan di Australia Timur, racun ular ini diketahui bisa membunuh dalam waktu 50 menit setelah gigitan. Jadi perhatikanlah keberadaannya dan jangan mengusiknya agar tidak diserang.

Ular King Cobra

Terakhir, siapa yang tidak mengenal ular cobra? Ular yang terkenal di seluruh dunia sebagai ular paling beracun ini bisa mematikan manusia hanya dalam waktu 15 menit. Saat ini habitat hewan ini banyak ditemukan di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Jadi berhati-hatilah dan waspada terhadap keberadaannya.

From our editorial team

Hati-hati dengan Hewan Beracun di Sekitar Kita

Banyak hewan beracun yang kadang keberadaannya tidak kita sadari. Yuk, mulai saat ini, perhatikan baik-baik keadaan di sekitar kita, ya!

Tag