Yuk Budidaya Hewan Anti-Mainstream Ini untuk Datangkan Cuan ke Tabunganmu! (2019)

Yuk Budidaya Hewan Anti-Mainstream Ini untuk Datangkan Cuan ke Tabunganmu! (2019)

Jika suka memelihara hewan, bisa lho dijadikan ladang keuntungan. Nah, salah satu bisnis yang bisa kamu lakukan tersebut adalah budidaya hewan anti-mainstream.

Hobi Bisa Datangkan Cuan

Kalau selama ini hewan yang paling sering dipelihara adalah jenis anjing maupun jenis kucing. Atau lebih sedikit ekstrim seperti reptil, burung, bahkan sugar glider. Kamu bisa mencoba hewan anti-mainstream. Hewan-hewan ini adalah jenis yang biasanya tidak dipilih untuk dipelihara. Perawatannya pun disesuaikan dengan jenis hewan apa yang akan dipelihara. Jangan lupa pastikan kalau kamu memiliki lahan dan waktu untuk merawat hewan-hewan peliharaan ini ya.

Artis dengan Hewan Peliharaan Anti-Mainstream

Ada beberapa artis yang memang terkenal memiliki hewan peliharaan seperti Paris Hilton dengan anjing menggemaskannya, atau almarhum desainer Karl Lagerfeld dengan kucing yang imut. Nah, artis-artis di bawah ini pun ternyata memiliki hewan peliharaan yang anti-mainstream, lho.

Audrey Hepburn

Aktris yang melegenda sampai sekarang, Audrey Hepburn, ternyata juga mengadopsi hewan peliharaan anto-mainstream. Ini terjadi saat syuting Green Mansion di 1959. Saat itu pelatih hewan di film tersebut menyarankan untuk Hepburn membawa bayi rusa sehingga bisa belajar mengikutinya. Hepburn menyetujuinya dan langsung terikat. Pippin, nama rusa Hepburn suka memeluk dan menemaninya dalam perjalanan di Beverly Hills.

Nicolas Cage

Siapa yang belum mengenal Nicolas Cage? Aktor tampan ini ternyata juga suka memelihara hewan anti-mainstream. Sebelumnya ia memiliki kobra, sekarang ditambah dengan gurita. Namun hewan peliharaan unik ini pun harus berakhir dengan perpisahan Cage karena kondisinya yang memiliki masalah keuangan.

David Beckham

Mantan pemain bola dari klub Manchester United ini memang diidolakan banyak perempuan. Wajah tampan, permainan bagus, menjadi duet maut bagi para perempuan. Suami dari Victoria ini ternyata memiliki hewan peliharaan anti-mainstream sekaligus menggemaskan. Sang istri membelikan dua ekor babi mini untuk hadiah natal tahun 2009. Mereka pun menamainya David Furnish dan Elton John. Lucu, ya?

Reese Witherspoon

Siapa bilang kalau kedelai tak bisa dijadikan hewan peliharaan? Ini yang mungkin terbersit di pikiran aktris cantik Reese Witherspoon. Rasa jatuh cinta pada kedelai mini datang saat ia mengunjungi peternakan teman. Lalu ia mengadopsi dua keledai mini dan diberi nama Honky dan Tonky. Tak hanya itu, Reese juga ternyata memiliki babi, kambing serta anjing sebagai hewan peliharaan.

Jangan Takut Kalau Kamu Punya Lahan Sempit Ingin Budidaya Hewan

Salah satu hal yang bisa membuat orang, termasuk kamu, mengurungkan niat berbisnis hewan adalah keterbatasan lahan. Tak dipungkiri, untuk usaha ternak seperti kambing, sapi, ayam, atau bebek paling pas memang dijalankan di kampung atau desa. Namun tak berarti kalau kamu yang memiliki lahan sempit tak bisa usaha ternak ataupun budidaya hewan peliharaan anti-mainsteam. Sebut saja, burung, belut, ikan hias, sampai reptil pun bisa dilakukan di lahan sempit, lho. Untuk itu, kamu masih punya harapan untuk budidaya hewan peliharaan anti-mainstream.

Nih, Hewan-hewan Anti-Mainstream yang Bisa Jadi Pundi-pundi Uangmu

Sugar Glider

Hewan kecil yang memiliki nama latin Petaurus breviceps ini adalah hewan nocturnal yang berasal dari Papua dan Australia. Kamu bisa menemuinya di hutan yang ditumbuhi pohon eucalyptus. Sugar glider ini berukuran kecil dan berbentuk seperti tupai terbang. Alasan hewan lucu ini dinamakan sugar glider karena ia menyukai makanan manis dan bisa melayang dari satu titik ke titik lainnya. Kalau kamu tertarik untuk membudidayakannya bisa menyiapkan serangga, hewan kecil, serta getah manis sebagai makanan. Si kecil menggemaskan ini ternyata bisa hidup sampai 14 tahun, lho.

Babi Mini

Membudidaya babi mini untuk dijadikan hewan peliharaan nantinya kepada pemilik baru disarankan, lho. Apalagi ia bukan hewan yang memerlukan perawatan macam-macam. Ia bisa hidup di tempat apapun dan omnivora. Ukurannya yang kecil memang menggemaskan.

Burung Hantu

Beberapa menyukai burung hantu karena kesan misterius sungguh menarik hati. Burung hantu memiliki kemampuan untuk memutar kepala sampai 180 derajat. Ditambah lagi bulu yang halus, makin menarik perhatian. Ternyata, burung hanti termasuk jinak bila ia sudah dekat dengan majikannya. Ia tak akan pergi begitu saja walau dilepaskan. Menyenangkan, ya!

Axolotl

Nama Axolotl mungkin belum sefamiliar dengan babi mini atau keledai mini. Tapi hewan amfibi sejenis salamander ini bisa dijadikan hewan peliharaan unik yang bisa dimiliki. Ia mirip seperti ikan tapi memiliki insang di samping kepala. Insang samping kepala ini seperti tanduk, ditambah lagi adanya kaki. Makin unik, kan? Keunikan ini bisa mendatangkan pundi-pundi ke tabunganmu.

Rubah Fennec

Kalau kamu menyukai hewan dengan tampilan garang tapi masih takut untuk membudidayanya, bisa dicoba Rubah Fennec. Rubah Fennec memiliki ukuran terkecil dibandung sesama rubah. Sepintas mirip dengan anjing chihuahua modern. Untuk makanannya, Rubah Fennec diberikan tikus, tanaman, serangga, reptil kecil, serta buah. Nah, kalau kamu serung membiarkan Rubah Fennec ini bebas, ia akan hapal jalan pulang.

Keledai Mini

Keledai identik dengan stigma hewan bodoh. Padahal ia memiliki ingatan cukup kuat untuk memiliki kedekatan dengan pemilik. Kalau ingin memelihara keledai, ada baiknya pilih keledai mini. Apalagi jika ingin memberikan hewan peliharaan kepada anak-anak, keledai mini bisa dijadikan pilihan.

Kambing Pygmy

Bila ingin membudidaya Kambing Pygmy, sebaiknya pelihara sepasang. Ini karena kambing pygmy suka sekali berkumpul dengan sesamanya. Ditambah lagi, kambing pygmy bisa dijadikan pilihan tepat, selain keledai mini, untuk dipelihara anak-anak.

Sigung

Sekilas, sigung seperti hewan mamalia lain bernama musang. Namun ia identik dengan mengeluarkan bau busuk untuk mempertahankan diri. Kamu bisa lho membudidaya sigung untuk dijadikan hewan peliharaan. Namun untuk memeliharanya harus telaten karena ia tak tahan lapar, bahkan sampai stres karena kelaparan.

Namun, membuat kandangnya bisa dibuat sama seperti kandang kucing lalu diberikan alasa bersih. Pakannya pun berupa nasi merah, fillet ikan, ayam, kacang tanah, sayur, buah, keju, sereal. Pemberian makan bisa dilakukan 3 sampai 5 kali sehari, ya.

Llama

Tak hanya kamping pygmy atau keledai mini, Llama juga bisa direkomendasikan untuk teman bermain anak. Ia seperti gabungan onta dan keledai. Selain itu, Llama termasuk hewan lemah lembut.

Kapibara

Selain kambing pygmy, Kapibara adalah hewan anti-mainstream yang bisa dijadikan pilihan untuk dibudidaya dengan pasangan atau temannya. Ia menyukai bersosialisasi. Kapibara termasuk hewan pengerat yang senang berenang.

Rubah Silver

Jika ingin anti-mainstream, sekalian saja budidaya Rubah Silver. Namun, harganya cukup mahal. Ini karena kamu harus membelinya langsung di Rusia. Di Rusia, Rubah Silver umum dijadikan peliharaan selayaknya memelihara seekor anjing, kok.

Kinkajou

Kinkajou atau Beruang Bunga tidak semenyeramkan seperti beruang pada umumnya. Malah ia menggemaskan! Kinkajou masuk ke dalam keluarha rakun yang atraktif, senang berinteraksi dengan pemilik, dan lumayan berisik. Nanti jangan lupa berikan tips untuk pemilik barunya bahwa kalau ingin rumah ramai, Kinkajou adalah pilihan tepat.

Galago (Bush Baby)

Berasal dari keluarga Lorisidae, primata ini termasuk hewan nokturnal, alias aktif di malam hari. Galago ini berasal dari hutan hujan Afrika. Ukurannya bisa sebesar tupai jika sudah besar. Nah, kalau membudidaya hewan ini, pastikan ia memiliki sarana untuk meloncat. Ini karena Galago peloncat andal yang mampu meloncat sampai 2 meter!

Landak Mini

Pernahkah terbersih di pikiran untuk memelihara landak mini? Well, itu tren yangs edang terjadi. Banyak orang yang mengambil landak mini sebagai hewan peliharan. Tentu hal ini bisa membuka rejeki kamu jika ingin membudidayakan mamalia dari keluarga Erinaceinae ini. Kamu mungkin pernah melihat landak hutan yang berukuran cukup besar dan durinya mengandung racun. Landak mini ini memiliki duri yang tidak mengandung racun dan aktif di malam hari. Jadi jangan heran saat kamu membudidayakannya, ia akan lebih aktif di malam hari dan memilih tempat gelap di siang hari. Makanan si landak mini ini pun cukup mudah. Selain serangga, kamu bisa memberi pakan kering seperti makanan kucing atau anjuing. Tapi jangan lupa dikombinasikan dengan serangga kecil, ya.

Chinchilla

Kalau kamu termasuk orang yang geli dengan tikus, mungkin akan bergidik melihat Chinchilla. Sekilas sepeti tikus atau bahkan juga marmut. Tapi ia cukup menggemaskan untuk dipelihara, kan. Chinchilla termasuk hewan rapuh yang perlu diperlakukan dengan hati-hati sangat memegangnya. Terlalu kencang, ia akan kesakitan. Namun jangan harap bisa mendengar suaranya. Hal ini karena Chinchilla hampir tidak mengeluarkan suara.

Bearded Dragon Lizard

Hewan yang memiliki tampang gahar layaknya makhluk di film The Hobbit ini ternyata mulai disukai sebagai hewan peliharaan. Sekilas memang mirip naga tapi ternyata ia adalah hewan reptil paling lembut, suka dibelai, dan dimandikan dengan shower. Lucu ya? Kamu bisa membuat rumah untuk Bearded Dragon Lizard ini terbuat dari akuarium kaca. Jangan khawatir ia akan berkeliaran di malam hari dan mengagetkan seisi rumah, pasalnya pola tidur reptil ini sama seperti manusia. Ia akan tidur di malam hari dan main di siang hari.

From our editorial team

Nggak rugi nyobain budidaya hewan unik lho!

Nggak ada ruginya lho kalau kamu mau nyobain budidaya hewan-hewan unik tersebut. Buruan deh cobain beli sepasang, diternak, lalu dijual!