Yuk Hias Seserahan Pakaian Dalammu Menjadi Bentuk yang Unik

Yuk Hias Seserahan Pakaian Dalammu Menjadi Bentuk yang Unik

Sumber gambar id.pinterest.com

Dalam pernikahan, seserahan bisa berisi berbagai macam barang. Yang paling kita perhatikan dalam seserahan adalah bentuknya yang unik-unik. Nah, untuk seserahan pakaian dalam, BP-Guide punya rekomendasinya untuk kamu nih!

Seserahan Kini Sudah Mengakar dalam Budaya dan Menjadi Bagian dari Prosesi Pernikahan

Sumber gambar id.pinterest.com

Dalam sebuah acara pernikahan ada tradisi bernama seserahan. Lebih dari sekadar tradisi, seserahan juga mengandung makna mendalam dan juga menjadi simbol bekal kepada kedua mempelai dalam mengarungi hidup berumah tangga. Seserahan adalah tanda ikatan hati di antara kedua keluarga yang akan dipersatukan dalam tali pernikahan.

Sudah mengakar dalam budaya, seserahan akan menjadi tanda bahwa mempelai pria telah cukup mapan dalam menjalani rumah tangga. Isian seserahan berbeda pada setiap daerah tergantung budayanya. Hantaran pernikahan ini biasanya berisi kebutuhan dasar wanita dan juga berbagai barang yang menyimbolkan keseriusan mempelai pria untuk mencintai dan setia pada calon mempelainya.

Beberapa Barang yang Memiliki Arti Ketika Prosesi Seserahan

Pakaian

Sumber gambar hitsbanget.com

Pada prosesi seserahan, salah satu barang yang diberikan pada mempelai wanita adalah satu set pakaian. Barang yang satu ini mengandung arti mendalam loh. Satu set pakaian artinya kedua calon pengantin harus bisa menyimpan rahasia rumah tangga mereka dengan baik. Untuk wanita biasanya isi pakaiannya berbahan lace untuk kebaya dan kain bermotif batik. Namun bisa juga memberikan pakaian yang biasanya dikenakan dalam keseharian, bisa pakaian kerja atau pakaian formal.

Makeup dan Skincare

Sumber gambar hitsbanget.com

Nah isian seserahan berikutnya adalah makeup dan skincare. Isian yang satu ini pasti sangat dinantikan pihak wanita, karena bisa digunakan untuk berhias diri nantinya di hadapan suami. Barang-barang skincare dan makeup memiliki arti tersendiri loh. Semua barang perawatan diri ini dimaksudkan agar mempelai wanita bisa menjaga tampilan wajah dan merawat kecantikan tubuhnya. Ini supaya wanita bisa selalu tampil menawan di hadapan suaminya dan bisa menyenangkan hati suaminya.

Peralatan Beribadah

Sumber gambar hitsbanget.com

Berikutnya ada peralatan ibadah yang menjadi isian hantaran pernikahan. Untuk pengantin muslim tentunya isiannya berupa seperangkat alat sholat hingga bisa juga dilengkapi kitab suci dan lainnya. Isian seserahan ini wajib diberikan karena maknanya sangat mendalam.

Seserahan yang satu ini merupakan simbol bahwa pernikahan yang akan dilangsungkan antara calon mempelai harus senantiasa berpegang teguh pada nilai agama. Diharapkan kedua mempelai akan selalu menegakkan tiang agama, yakni sholat. Seserahan ini akan jadi lambang pengingat calon mempelai pada Sang Pencipta.

Peralatan Mandi

Sumber gambar hitsbanget.com

Seserahan awalnya bukan hal yang wajib ada dalam pernikahan. Namun seiring berjalannya zaman, maka seserahan kini menjadi bagian dari suatu prosesi pernikahan. Saat pemberian seserahan bisa jadi kala pertunangan, bisa juga kala acara akad nikah dilangsungkan.

Isi seserahan berikutnya adalah peralatan mandi. Sebagai aktivitas harian, mandi butuh peralatan lengkap juga. Baik dari sabun, sikat gigi, handuk dan lain sebagainya. Peralatan mandi ini menjadi isian seserahan dengan maksud agar pasangan suami istri selalu menjaga kebersihan diri.

Pakaian Dalam

Sumber gambar www.youtube.com

Dalam seserahan ada juga isian berupa pakaian dalam wanita. Ada yang memilih untuk menyatukan hantaran ini dengan isian pakaian wanita. Namun ada juga yang mengemasnya secara terpisah. Nah, pakaian dalam juga bisa diberikan secara lengkap satu set.

Isiannya bisa terdiri dari bra, celana dalam hingga lingerie untuk tidur. Untuk isian yang satu ini biasanya calon pengantin wanita akan membeli sendiri pakaian dalam yang diinginkan, lalu diberikan kepada calon pengantin pria untuk disusun dalam kotak seserahan.

Daripada Malu, Kamu Bisa Menghias Pakaian Dalam Kamu Menjadi Berbagai Bentuk Unik

Sumber gambar www.bukalapak.com

Seserahan mungkin bisa jadi terlihat begitu rumit untuk diberikan. Ini karena pihak lelaki harus belanja ini dan itu yang sesuai dengan apa yang biasa digunakan dan dikenakan mempelai wanita. Untuk mempermudahnya bisa juga pihak wanita yang memilih barangnya lalu pihak pria membayarnya dan menghiasnya untuk kemudian diberikan pada acara seserahan.

Khusus untuk pakaian dalam, pastinya malu dong kalau dikemas secara terang-terangan. Untuk itu, kamu bisa minta tolong pada seorang ahli penghias seserahan. Atau bisa juga kamu hias sendiri supaya bentuknya tidak menyerupai pakaian dalam dan tidak terlihat terlalu vulgar.

Yuk Hiasan Seserahanmu agar Terlihat Lebih Cantik

Ayam Jago

Sumber gambar www.hipwee.com

Supaya seserahan bisa berkesan artistik, kamu bisa membentuknya sebagai bentuk hewan. Salah satunya adalah bentuk ayam jago. Persiapkan beberapa stel pakaian dalam seperti bra berkawat dan berbusa. Selain itu persiapkan juga plastik, kertas atau karton sebagai bahan isiannya. Pelengkapnya, kamu perlu menyiapkan jarum pentul, kertas emas, tali pita dan gunting.

    Cara Membuat :

  • Untuk badan ayamnya, kamu perlu melipat dan menangkupkan cup bra menjadi satu lalu semat dengan jarum pentul.
  • Bagian paruh ayam bisa dibuat dengan menggulung kedua sisi celana dalam sedemikian rupa hingga membentuk paruh ayam.
  • Selanjutnya masukkan paruh ayam ke dalam badan ayam, lalu sematkan dengan jarum pentul.
  • Supaya lebih indah, buatlah paruh ayam dari kertas emas lalu tutupkan ke bagian ujung celana dalam yang telah dibentuk paruh.
  • Terakhir untuk ekor ayamnya, kamu bisa kreasikan dengan menggulung tali bra.
  • Ikatkan pita di bagian lebeh ayam jago supaya lebih menarik.

Ikan Koki

Sumber gambar www.hipwee.com

Pakaian dalam juga bisa dibentuk sebagai ikan koki loh. Mudah cara membuatnya, dan tentu saja tidak butuh waktu lama. Kamu akan butuh pakaian dalam dan juga mata boneka serta kertas flanel merah. Selain itu siapkan juga plastik atau kertas sebagai isian. Siapkan wadah bulat yang beralaskan kain dan kertas kado kilap untuk hiasan. Kamu juga harus menyiapkan lem, jarum pentul, dan tali pita.

    Cara Membuat :

  • Awali dengan membentuk celana dalam menjadi bulat sedikit lonjong.
  • Sisihkan bagian ekornya sedikit dan ikat dengan tali pita.
  • Beri isian supaya tidak kempes lalu semat degan jarum pentul.
  • Tempel mata boneka dan kertas flanel merah untuk bagian mata dan mulut ikan.
  • Sekarang kamu tinggal menatanya di atas wadah lalu hias bagian tangkainya dengan kertas kado kilap

Mawar

Sumber gambar www.hipwee.com

Hantaran pakaian dalam bisa juga loh kalau hanya berupa celana dalam. Persiapkan celana dalam polos dengan aneka ragam warna. Lalu siapkan juga bunga kertas, wadah yang dialasi kain serta tali pita. Untuk alatnya kamu butuh jarum pentul dan gunting.

    Cara Membuat :

  • Lipat celana dalam dua kali ke bagian atas dan bawah.
  • Lalu gulung celana dalam dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya hingga habis dan membentuk bunga mawar.
  • Ikat bagian bawahnya dengan tali pita, lalu tusukkan bagian tengah atasnya dengan jarum pentul.
  • Kamu bisa menata celana dalam yang sudah berbentuk mawar ke wadah yang sudah disiapkan lalu selipkan bunga kertas di sampingnya agar terlihat natural.

Kelinci

Sumber gambar www.hipwee.com

Untuk seserahan berupa kaos dan handuk bisa juga dibentuk dengan lucu loh. Kamu bisa membentuknya menjadi bentuk kelinci. Caranya mudah saja kok. Persiapkan dulu kaos dalam dan handuk. Kamu juga perlu menyiapkan isian berupa kertas atau plastik. Berikutnya siapkan mata boneka dan kertas flanel merah. Lalu siapkan wadah dan hiasan kertas kilap serta tali pita.

    Cara Membuat :

  • Isilah bagian dalam kaos dan handuk dengan plastic supaya tidak kempis.
  • Bentuk bulat mirip kepala kelinci.
  • Selanjutnya sisakan bagian ujungnya untuk dijadikan telinga dan ikat dengan tali pita.
  • Tempel mata boneka dan kertas flanel sebagai mata dan mulutnya.
  • Sekarang kamu bisa menatanya di atas wadah yang sudah dihias dengan kertas kilap.

Bunga

Sumber gambar www.hipwee.com

Kombinasikan setelan pakaian dalam dengan lingerie. Nantinya kamu bisa membentuknya menjadi hiasan bunga. Caranya mudah, kamu tinggal siapkan setelan pakaian dalam dan lingerienya. Selanjutnya siapkan tali pita, wadahyang diberi alas, bunga kertas dan juga plastik sebagai isian.

    Cara Membuat :

  • Bentuk dulu lingerie menjadi bunga.
  • Isi bagian tengah supaya bunga tampak bulat.
  • Untuk bunga lainnya isi bagian celana dalam lalu ikat memakai pita.
  • Tatalah bra, celana dalam bunga dan lingerie pada wadah lalu hias memakai bunga kertas yang sudah kamu siapkan.

Angry Bird

Sumber gambar www.hipwee.com

Kalau bosan dengan gaya yang sudah mainstream, kamu juga bisa membentuk pakaian dalam menjadi gaya yang anti mainstream untuk seserahan. Salah satunya kamu bisa membentuknya menjadi bentuk angry bird. Siapkan dulu kain flanel yang telah dibentuk mata dan paruh, beberapa setel pakaian dalam, dan jarum pentul. Persiapkan juga wadah dan sarang buatan untuk hiasan.

    Cara Membuat :

  • Awali dengan menangkupkan bra lalu sematkan dengan jarum pentul.
  • Tempel bagian ujung dengan paruh kain flannel.
  • Tempel matanya juga lalu tata di atas wadah.
  • Terakhir, hias dengan sarang buatan agar lebih menarik.

Kepiting

Sumber gambar www.hipwee.com

Bentuk unik lain yang bisa dikreasikan untuk pakaian dalam adalah kepiting dan ikan sotong. Siapkan beberapa setel pakaian dalam dan juga wadah beralaskan kain. Kamu juga perlu menyiapkan jarum pentul, tali pita dan mata boneka.

    Cara Membuat :

  • Tangkupkan dulu bra supaya cup sama-sama menghadap ke arah yang sama.
  • Gulung tali bra hingga membentuk kaki kepiting, sematkan dengan jarum pentul.
  • Buat ikan sotong dengan cara menggulung celana dalam lalu ikat bagian bawahnya dengan tali pita.
  • Kembangkan sisanya supaya bisa membentuk tentakel sotong.
  • Pasang mata boneka di kepalanya lalu tata pada wadah.

Kupu-kupu

Sumber gambar www.hipwee.com

Hewan selanjutnya yang sering dijadikan bentuk penyamaran dari seserahan pakaian dalam adalah kupu-kupu. Bentuknya yang cantik bikin banyak orang membuatnya sebagai kreasi yang unik. Nah siapkan dulu pakaian dalamnya beserta wadah beralas kain. Lalu siapkan juga kertas emas untuk hiasan dan tali pita serta jarum pentul.

    Cara Membuat :

  • Awali dengan menggulung celana dalam lalu ikat dengan tali pita.
  • Tatalah bra dengan cup menghadap ke atas.
  • Tumpuk gulungan celana dalam di bagian tengahnya lalu sematkan dengan jarum pentul.
  • Hias memakai kertas emas agar lebih terlihat bagian mata dan corak sayapnya.

Kerang

Sumber gambar www.hipwee.com

Terakhir, kamu bisa juga membentuk pakaian dalam isian seserahan menjadi bentuk kerang. Siapkan dulu pakaian dalam beberapa setel dan juga wadah yang sudah dihias. Kamu juga akan memerlukan mata boneka dan lem.

    Cara Membuat :

  • Tata dulu bra dalam posisi tertangkup dengan bagian cupnya di samping.
  • Langkah berikutnya kamu perlu mengisi bagian kerang yang terbuka dengan kertas krep berwarna sesuai warna bra.
  • Nah untuk celana dalamnya, kamu tinggal menggulungnya lalu bentuk sebagai ikan kecil.
  • Jangan lupa beri mata boneka pada ikannya ya.
From our editorial team

Makin Unik Bentuk Seserahan, Makin Menarik dan Mengundang Penasaran

Dalam pernikahan, pemberian seserahan memang tidak wajib dilakukan. Kendati demikian, seserahan sudah menjadi suatu tradisi, sehingga akan terasa ada yang kurang jika tidak disertakan. Isian seserahan begitu beragam dan dihadirkan dalam bentuk yang unik. Semakin unik bentuk seserahan maka semakin mengundang rasa penasaran yang melihat. Nah, cek rekomendasi bentuk seserahan dari kami di atas ya!