Bingung Mau Beli Barang Hantaran untuk Pria? Cek 10 Rekomendasi Ini agar Kamu Bisa Membeli dengan Tepat (2019)

Bingung Mau Beli Barang Hantaran untuk Pria? Cek 10 Rekomendasi Ini agar Kamu Bisa Membeli dengan Tepat (2019)

Sumber gambar id.carousell.com

Hantaran atau seserahan memang identik diberikan kepada wanita. Namun sekarang ini, pria pun diberikan barang hantaran, walau tak sebanyak wanita. Agar tak bingung memilih barang apa saja yang bisa diberikan, simak daftarnya berikut ini. Dijamin, kamu pun akan mantap membeli sesuatu untuk calon suami.

Ada Adat yang Mengharuskan Pemberian Hantaran untuk Pria

Sumber gambar Kompasiana

Sebelum menyelenggarakan pesta pernikahan biasanya ada banyak acara yang mendahuluinya. Salah satunya adalah momen seserahan yang dilakukan oleh kedua mempelai. Dalam acara ini biasanya pihak pria akan memberikan sederet hadiah untuk pihak wanita.

Momen ini tujuannya untuk menunjukkan bahwa mempelai pria memiliki rasa tanggung jawab serta kesanggupan untuk mencukupi kebutuhan hidup wanita yang akan menjadi istrinya. Nah, umumnya acara seserahan bukan hanya untuk wanita saja.

Ada beberapa adat yang juga mengharuskan pihak wanita memberikan seserahan alias barang hantaran pada pihak pria. Isi dari seserahan tidak mengikat dan bisa disepakati oleh kedua belah pihak. Selain kue dan makanan, isi seserahan juga beragam dari pakaian, aksesoris, hingga perlengkapan ibadah dan kosmetik.

Bagi para wanita yang masih bingung mengenai seserahan pada pihak pria, simak terus pembahasan BP-Guide. Kami akan membahas aneka persiapan barang hantaran untuk pihak lelaki dan kemudian memberikan rekomendasi untuk hantarannya, jadi simak terus ya.

Tips Memersiapkan Barang Hantaran untuk Pria

Cek Dana Lebih Dulu

Sumber gambar Shutterstock

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek besaran dana yang kamu miliki. Atur bujet jauh hari sebelum hari H supaya tidak terlalu banyak pengeluaran. Tetapkan bujet anggaran dengan cara merencanakan apa saja yang akan kamu beli.

Buatlah daftar barang yang akan kamu beli dan perkiraan harganya. Lalu kamu bisa mulai mempersiapkan uangnya. Jika belum mencukupi kamu bisa menabungnya dulu hingga barangnya terbeli sebelum hari seserahan tiba.

Ada baiknya juga kamu melakukan survey tempat pembelian. Ini supaya kamu bisa mendapat barang yang harganya tidak mencekik dan sesuai dengan bujet.

Belikan Barang yang akan Dipakai

Sumber gambar Shutterstock

Saat memilih aneka barang hantaran tentu tidak bisa asal kamu suka barangnya saja. Karena barang hantaran akan digunakan suami kamu kelak, maka sebaiknya kamu membelikan aneka barang yang biasa ia gunakan.

Sebagai calon istrinya tentu kamu mengenal calon suamimu dengan baik. Maka kamu bisa perhatikan barang apa yang paling ia gunakan dan berguna dalam pekerjaan dan kehidupannya.

Kamu bisa langsung memilih sendiri produk atau barang yang akan kamu berikan supaya lebih puas karena bisa memilih langsung dan tahu kualitasnya.

Cari Tahu Apa yang Disuka

Sumber gambar Shutterstock

Untuk barang hantaran, ada baiknya kamu berdiskusi dengan calon kamu. Kamu bisa bertanya padanya mengenai merek yang biasa ia gunakan supaya barang hantarannya sesuai dengan seleranya. Dengan begini, calon kamu tidak akan bingung mengenai produk dan barang yang akan ia berikan padamu.

Cara lainnya adalah kalian berdua bisa belanja bersama. Apa saja yang kalian sukai bisa langsung dipilih supaya tidak membingungkan. Kamu bisa juga mencari tahu hobinya supaya kamu bisa memberikan isi hantaran yang sesuai dengan hobi calon kamu.

10 Barang Hantaran yang Bisa Diberikan kepada Calon Pengantin Pria

Parfum

Sumber gambar Blibli

Aktivitas padat menimbulkan keringat dan bau badan tidak sedap. Hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri kita. Untuk itu kita butuh wewangian supaya aroma tubuh tetap segar sepanjang hari. Kamu bisa hadiahkan parfum pada calon suami.

Louis Vuitton Sur La Route EDP Parfum Pria bisa menjadi pilihan isi hantaran. Parfum beraroma mewah ini terasa segar dengan aroma citrus yang akan menambah semangat bekerja. Cocok digunakan kala menghadiri acara spesial, parfum memiliki ketahanan aroma hingga 10 jam. Produk ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 5.089.000.

Sepatu

Sumber gambar Blibli

Jika calon suamimu merupakan pegawai kantoran, maka tidak ada salahnya kamu melengkapi penampilannya. Berikan ia sepasang sepatu pantofel yang bisa ia kenakan kala bekerja. Selain bisa menambah rasa percaya diri, sepatu juga bisa mengingatkannya padamu yang sudah membelikan sepatu ini.

Crocodile Sepatu Pantofel Pria ini hadir dalam varian warna hitam. Produk ini terbuat dari bahan kulit asli. Desain sepatunya formal dengan flat toe dan jahtan rapi. Sepatu ini memiliki outsole berbahan karet yang nyaman untuk segala permukaan. Ada ukuran 39 hingga 43 yang bisa kamu pilih. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 200.000.

Gadget

Sumber gambar Jd.id

Untuk isi hantaran, tidak melulu harus pakaian dan kue. Kamu bisa juga menyisipkan gadget. Ada banyak macam gadget yang bisa diberikan seperti handphone, laptop, kamera, hingga tablet. Salah satu yang bisa kamu berikan adalah produk di bawah ini.

Apple iPhone XR 64GB ini hadir dalam warna hitam. Produk yang satu ini memiliki inovasi layar Liquid Retina. Hadir dengan layar canggih membuat smartphone berlayar 6,1 inci ini begitu memukau. Memiliki resolusi 1792 x 828 dan 326 pixel per inci, layar smartphone bisa memberikan hasil gambar yang memanjakan mata.

Ada berbagai fitur menarik dalam smartphone ini. Misalnya saja teknologi Face ID yang memungkinkan kamu untuk membuka handphone log in ataupun membayar berbagai tagihan hanya dengan memperlihatkan wajah di layar.

Lalu ada juga fitur antidebu dan air sehingga smartphone-nya aman dibawa kemana saja. Produk ini memiliki kamera belakang 12MP dan kamera depan 7MP. Dapatkan di JD dengan harga Rp 12.200.000.

Kemeja dan Celana

Sumber gambar Blibli

Kemeja pasti dibutuhkan semua pria karena bisa digunakan dalam berbagai acara formal yang didatanginya. Kombinasikan dengan celana yang tepat supaya gayanya makin modis. Kamu bisa masukkan kemeja dan celana dalam daftar isian hantaran untuk calon suami kamu, sedangkan untuk produknya bisa intip di bawah ini.

The Executive Mix Cotton Kemeja Lengan Panjang Pria ini bisa menjadi pilihan. Produk ini hadir dalam warna abu-abu yang menawan. Terbuat dari bahan paduan poliester dan cotton membuat kemeja ini nyaman dipakai. Hadir dengan front button opening sehingga memudahkan pemakainya. Kemeja lengan panjang ini memiliki model kerah lancip. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 179.900.

The Executive Mix Polyester Chinos Celana Panjang Pria ini bisa jadi setelan yang tepat. Produk yang satu ini terbuat dari bahan kombinasi poliester, viscose, dan spandex. Celana slim fit ini memiliki detail saku samping dan belakang. Ada ukuran 28 hingga 39 yang bisa dipilih. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 339.900.

Dompet

Sumber gambar JD

Dompet adalah benda penting lainnya yang bisa kamu pilih sebagai isi hantaran. Mempelai pria bisa memakainya untuk menyimpan uang, kartu penting dan lainnya dalam dompet ini. Pilih yang modelnya trendi supaya sesuai dengan seleranya.

Jims Honey menghadirkan Exlusive Dompet Pria Import Eduardo Wallet Coffee yang keren banget dijadikan hadiah isi hantaran. Bahan produk ini begitu lembut dan juga elastis sehingga tidak mudah bengkok saat duduk.

Tersedia ukuran 12 x 10 cm sehingga mudah dibawa atau diletakkan pada saku celana. Dompet ini memiliki 2 slot tempat uang kertas. Ada juga 3 slot kartu dan sebuah slot foto dalam dompet ini. Dapatkan di JD dengan harga Rp 110.000.

Ikat Pinggang

Sumber gambar JD

Pria juga membutuhkan ikat pinggang dalam keseharian. Fashion item yang satu ini bisa melengkapi penampilan formalnya. Fungsi ikat pinggang adalah untuk mengikat celana dan juga supaya tampilan keseluruhan jadi lebih fashionable.

Vojoyce menghadirkan High Quality Genuine Leather Men Belt Black1 125cm. Ikat pinggang pria ini bisa kamu pilih menjadi isi hantaran untuk pihak lelaki. Produk yang satu ini berbahan kulit asli dan berkualitas tinggi. Tahan lama digunakan, produk ini dilengkapi buckle metal di bagian ujungnya. Dapatkan di JD dengan harga Rp 389.000.

Jam Tangan

Sumber gambar Blibli

Jam tangan adalah jenis aksesori yang biasa dipakai para pria untuk melengkapi penampilannya. Jam tangan berfungsi untuk menunjukkan waktu. Di samping itu, fungsi lainnya adalah untuk melengkapi tampilan keseluruhan. Dengan model jam yang keren, maka penampilan juga jadi makin stylish.

Fossil FS4735 Jam Tangan Pria ini hadir dalam warna cokelat. Produk jam ini desainnya kasual dengan case berbahan stainless steel warna silver. Tali jamnya berwarna cokelat dan terbuat dari bahan kulit asli. Jam ini memiliki water resistant 50 m. Produk ini memakai mesin Japan Quartz movement. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 1.450.000.

Tas

Sumber gambar Tokopedia

Bukan hanya para wanita yang membutuhkan tas, para pria juga memerlukan tas. Kamu bisa berikan tas supaya ia bisa memakainya kala bekerja. Berikan yang modelnya kekinian agar penampilannya terkesan fashionable.

VORMOR Men Leather Bag ini adalah tas kulit pria yang keren. Produk ini adalah produk pre-order, sehingga untuk memprosesnya butuh waktu sekitar 30 hari. Tas handbag pria ini memiliki model kasual. Berbahan poliester, tasnya memiliki single handle.

Ada kantong untuk tempat smartphone dan juga sebuah kantong dengan resleting di bagian dalam tasnya. Dapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 399.999.

Handuk

Sumber gambar Tokopedia

Handuk adalah isi hantaran yang wajar diberikan kepada pihak lelaki. Handuk bisa memberikan manfaat nantinya jika sudah tinggal serumah. Produk ini bisa ia gunakan untuk mengeringkan tubuh dan lainnya. Kamu bisa pilih produk di bawah ini untuk isi hantaran.

Handuk Tebal Terry Palmer Signature ini keren untuk jadi hadiah. Handuk ini memiliki motif cantik dan elegan dengan bordir. Berukuran 70 x 140cm, produk ini bahannya begitu lembut dan tebal. Memiliki daya serap tinggi sehingga membuat tubuh cepat kering. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 115.000.

Sajadah dan Sarung

Sumber gambar Blibli

Bagi yang beragama Islam, isi hantaran yang wajib ada untuk lelaki adalah sajadah dan sarung. Ini bisa digunakan kala beribadah bersama nantinya jika sudah satu rumah. Kamu bisa lirik produk di bawah ini untuk kamu serahkan saat seserahan.

SYAHEERA Kashmir Ka'bah Sajadah ini hadir dalam warna abu-abu. Begitu empuk dan nyaman, sajadahnya berbahan import issik dan texco. Sajadah berukuran 109 cm x 68 cm ini memiliki detail motif etnik khas timur tengah dan bunga. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 250.000.

Songket Premium Sarung ini hadir dalam warna cokelat. Produk ini berbahan tetoron rayon yang didesain comfy. Bentuknya lembut dan fleksibel serta nyaman digunakan. Dengan ukuran 120 x 100cm, sarung ini bisa menjadikan ibadah lebih khusyuk. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 135.000.

From our editorial team

Hantaran untuk Pria

Pada dasarnya, isi hantaran untuk pria dan wanita sama saja. Hanya saja barang-barangnya lebih sederhana. Kamu bisa membeli isi hantaran sesuai dengan selera calon suami. Namun, sesuaikan juga dengan bujet yang sudah ditetapkan, ya.