10 Rekomendasi Payung Lipat Terbaik yang Bisa Menemani Aktivitas Outdoor (2021)

10 Rekomendasi Payung Lipat Terbaik yang Bisa Menemani Aktivitas Outdoor (2021)

Saat musim hujan, payung adalah hal penting untuk dibawa. Jangan sampai kamu tidak bawa payung karena cuaca bisa berubah kapan saja. Payung tidak hanya berfungsi saat cuaca sedang hujan. Payung juga bisa kamu gunakan saat sinar matahari sedang terik dan saat kamu sedang beraktivitas di luar ruangan. Nah, simak deretan rekomendasi payung lipat menarik dari kami!

Musim Hujan Begini, Jangan Sampai Tak Membawa Payung

Musim hujan telah menyambut kita. Saatnya selalu bawa payung di dalam tas kemana saja kita pergi. Ini supaya kita selalu siap dan siaga saat hujan turun. Kita bisa tetap nyaman berjalan kaki saat hujan jika sudah sedia payung. Adanya payung bikin kita bisa tetap tepat waktu pergi kemana saja tanpa terhalang cuaca.

Bicara soal payung, alat yang satu ini sudah lama dikenal di dunia. Pada tahun 380 Sebelum Masehi, payung menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kaum wanita.

Awalnya memang payung digunakan sebagai pelindung dari hujan. Selanjutnya, di awal abad ke 19 payung dikenal dalam industri mode sebagai bagian dari fashion. Kala itu, payung hanya diperuntukkan bagi kalangan kelas atas Inggris dan hanya boleh dibuat dari bahan sutra. Untuk warna payung juga dibatasi, hanya biru dan hijau.

Di tahun 1960-an, payung lipat muncul dan mulai menjadi tren yang mendunia. Ini karena payungnya dinilai sangat praktis untuk dibawa. Selain itu, desain payung yang minimalis juga membuatnya jadi banyak diburu masyarakat untuk diandalkan kala musim hujan tiba.

Tips Memilih Payung Lipat yang Bagus

Perhatikan Kemudahan Dalam Membawanya

Payung lipat banyak dipilih karena kepraktisannya. Maka dari itu, jangan sampai memilih payung lipat yang sulit untuk dibawa. Kemudahan payung untuk dibawa bisa ditentukan dari berat dan panjang payungnya.

Payung memiliki beragam berat, ada yang beratnya 200 gram hingga 300 gram. Kamu bisa memilih payung dengan berat di bawah 300 gram. Ini supaya payungnya ringan dan mudah dibawa. Jika berat payung lebih dari 400 gram maka payung jadi lebih berat dibawa dan memberatkan untuk dimasukkan dalam tas.

Untuk panjang payung juga bisa menentukan kenyamanan membawanya. Kita memilih payung lipat karena bentuknya ringkas dan mini. Maka dari itu, pilih panjang payung yang di bawah 26 cm. Dengan begini kamu bisa mudah memasukkannya ke dalam tas.

Cek Rangka Gagang dan Kenyamanannya

Gagang payung juga merupakan bagian penting dari sebuah payung. Cek rangka gagang payung dan pastikan modelnya rangka balik atau tersusun ke atas. Periksa bagian susunan batangnya, makin ke atas makin kecil atau makin ke atas makin besar. Jika susunan angka gagang makin ke atas makin kecil artinya payung tersebut memiliki rangka biasa yang kurang kuat. Jika terkena angin, umumnya rangkanya patah.

Sementara jika susunan rangka gagang makin ke atas makin besar maka tandanya payung tersebut memiliki rangka kualitas menengah ke atas. Ini artinya payung sangat kuat. Bahkan jika terkena angin tidak akan mudah patah. Bentuk payung juga terbilang lebih cantik.

Gagang pegangan payung juga wajib dicek. Pilih yang nyaman digenggam dan tidak licin. Ini supaya payung tidak mudah terlepas dari pegangan. Hindari memilih gagang payung yang terlalu kecil agar tetap kuat jika tertiup angin.

Pilih Bahan Kainnya

Bahan kain payung juga wajib dicek kualitasnya. Usahakan untuk memilih bahan kain yang antiair agar daya resistansi payung bisa lebih kuat. Bahan antiair ini juga bisa kuat dari terjangan air hujan dan angin. Jika bahan kainnya hanya dilapisi dengan teflon maka kualitasnya bisa menurun. Air juga bisa meresap ke dalam permukaan jika hujan terlalu deras saat kainnya tidak kuat.

Jangan lewatkan juga untuk memilih bahan kain yang dilengkapi lapisan anti UV. Dengan lapisan ini maka payung bisa lebih tahan terhadap panas matahari dan bikin kamu lebih nyaman saat berjalan di bawah terik matahari.

Cek Kekencangan Payung saat Dibuka

Saat memilih payung, kekencangan payung juga wajib dicek. Ini adalah hal yang akan berpengaruh saat payung dibuka. Jika bahan kain payung bisa kencang saat dibuka maka payung bisa dibilang berfungsi dengan baik. Bahan kain yang tidak kencang saat terbuka artinya ukurannya tidak pas. Ini umumnya terjadi karena ada kelebihan potongan yang tidak semestinya. Payung yang bahan kainnya tidak kencang bukan berarti lebih jelek. Kendati demikian dari sisi penampilan, payung yang bahan kainnya tidak kencang terlihat kurang cantik.

Tips Merawat Payung Lipat

Payung lipat harus mendapatkan perawatan yang tepat. Ini supaya payung tidak cepat rusak saat digunakan. Payung yang dibiarkan tanpa dirawat bisa cepat rusak, utamanya di bagian jarinya.

Cara pertama agar payung awet adalah usahakan untuk selalu membuka payung secara perlahan dengan cara sedikit digoyang saat dibuka. Hal ini supaya kain payung yang tadinya menempel menjadi sedikit merenggang. Kain payung yang lama tidak dipakai biasanya lembap dan panas sehingga menempel satu dengan lainnya. Ini bisa membuat rangka payung menjadi patah jika dipaksa.

Usai memakai payung, pastikan untuk selalu mengeringkannya. Jangan melipat payung saat basah karena bisa membuat gagang payung dan jari-jarinya berkarat. Selain itu hal ini juga bisa membuat jamur muncul pada bagian kain payung.

Lap payung sampai kering lalu tutup payung perlahan. Lipat dengan rapi agar jari-jari payung tidak mudah patah. Simpan payung pada tempat khusus payung, bisa di dalam tempat payung atau bisa juga digantung di tempat khusus agar payung tidak mudah berjamur.

Ini Dia Rekomendasi Payung Lipat yang Bagus untuk Menemani Keseharian Kamu

JOPE Umbrella

JOPE Umbrella merupakan payung wajib bawa ke mana saja karena bisa dilipat praktis untuk dibawa dengan mudah. Payung bisa menahan angin yang kuat sehingga kamu tidak perlu khawatir saat ada hujan angin.

Desainnya simpel dengan pilihan warna merah, kuning, biru, dan hitam. Payung ini memiliki diameter kurang lebih 100 cm dengan 8 jari. Panjang payung saat dibuka kurang lebih 58 cm. Alat yang satu ini kokoh dengan rangka besi yang tidak mudah berkarat. Payung sudah lengkap dengan sarung untuk penyimpanan agar lebih awet. Produk ini bisa melindungi dari panas matahari dan hujan. Bahan kain juga anti UV sehingga nyaman dipakai berjalan di bawah terik sinar matahari.

Harga Rp. 78.000-195.000

TABASA Payung Lipat 3 Ice Cream Pineapple

TABASA Payung Lipat 3 Ice Cream Pineapple keren untuk kamu yang ingin tampil kece meski saat hujan turun. Produk ini hadir dengan lapisan hitam yang membuatnya mampu menangkal sinar radiasi matahari penyebab kulit hitam dan kusam. Hujan juga bisa ditahan dengan maksimal sehingga kamu tidak mudah kebasahan.

Payung grade A ini saat dilipat ukurannya 25 cm dan jika dibuka ukurannya 98 cm. Gagangnya warna hitam dan sangat nyaman digenggam. Payung ini memiliki jari-jari sejumlah 8 buah.

Harga Rp. 66.000-143.000

Miniso Official Simple Stripe UV Protection Umbrella

Miniso Official Simple Stripe UV Protection Umbrella tentu wajib kamu miliki. Produk keren dari Miniso ini dijamin bagus kualitasnya. Kamu tidak hanya bisa memakainya saat hujan saja, namun juga saat panas. Ini karena bahan kainnya juga anti UV. Produk ini hadir dengan banyak pilihan warna keren. Bahan rangkanya merupakan kombinasi aluminium dan besi sehingga terkesan kokoh dan tahan lama.

Harga Rp. 98.000-134.000

LOKO Payung Lipat New Butterfly Anti UV

LOKO Payung Lipat New Butterfly Anti UV tentu menarik untuk dimiliki. Desain payung ini begitu cantik dengan motif kupu-kupu yang indah. Bagian rangka payung dari besi kokoh. Produk yang satu ini memiliki ukuran panjang 27 cm dengan ukuran diameter 98 cm. Gagang besinya juga kokoh dan nyaman digenggam. Kamu bisa mudah membawanya karena payung ini mudah dilipat.

Harga Rp. 68.000-177.000

WINPU Payung Lipat 4 Premium Series

WINPU Payung Lipat 4 Premium Series adalah payung yang terbuat dari bahan poliester. Produk yang satu ini hadir dalam pilihan warna pink, hitam, emas, silver, olive, dan navy. Dengan jari-jari 8 buah, lebar payung ini adalah 12 inci. Bahan rangka dari aluminium hitam yang kokoh. Diameter payungnya 100 cm. Panjang payung saat dilipat hanya 24 cm. Produk ini tidak mudah berkarat dan tahan lama digunakan.

Harga Rp. 50.000-135.000

Payung Lipat Tabasa Rainy Clouds 8512

Payung Lipat Tabasa Rainy Clouds 8512 tentu sayang untuk kamu lewatkan sebagai pilihan karena bisa digunakan saat hujan ataupun saat panas. Ada lapisan hitam sehingga bisa menangkal radiasi dari sinar matahari. Produk keren ini hadir denga kualitas grade A. Panjang payung saat dilipat adalah 25 cm sementara saat terbuka adalah 98 cm. Gagang payung berwarna hitam dan kokoh tahan lama. Jari-jari payungnya berjumlah 8. Produk ini desainnya keren dan terkesan elegan.

Harga Rp. 63.000-120.000

Payung Lipat TABASA RACOON Berkuping TL 106

Payung Lipat TABASA RACOON Berkuping TL 106 tersedia dalam warna pink, biru, gold, dan silver. Payung lipat lucu ini hadir dengan lapisan anti UV sehingga nyaman dipakai saat cuaca terik. Desainnya menggemaskan karena ada telinga di bagian atasnya. Payung keren ini dijamin bikin kamu makin percaya diri memakainya.

Harga Rp. 72.000-162.000

Minigood Payung Lipat Praktis

Minigood Payung Lipat Praktis adalah payung bermutu tinggi karena bahannya juga berkualitas. Desain pembungkusnya keren karena berbentuk kapsul. Kamu bisa memakainya untuk melindungi dari hujan dan juga terik matahari. Payung ini mudah dibersihkan dan juga mudah dikeringkan. Pembuatan payung memakai steel bone dengan kain fabric vinyl. Ukuran tinggi payung adalah 66 cm sementara ukuran diameternya 94 cm.

Harga Rp. 55.000-161.000

TABASA Payung Lipat Fashion Motif

TABASA Payung Lipat Fashion Motif Payung Lipat FASHION menjadi rekomendasi yang wajib kamu miliki. Motifnya begitu estetik dipandang. Produk ini hadir dalam berbagai varian motif. Rangkanya dari besi yang kokoh sehingga tahan lama digunakan. Produk ini memiliki diameter 90 cm.

Harga Rp. 72.000-122.000

Payung Lipat Mini Cantik Anti UV

Payung Lipat Mini Cantik Anti UV adalah rekomendasi yang hadir dengan warna yang ceria. Bagian kepala pegangan payungnya gepeng sehingga mudah dibawa saat dimasukkan dalam tas. Lebar payung adalah 92 cm saat dibuka. Bahan tulang payung ini kokoh. Produk ini memiliki lapisan anti UV sehingga nyaman dipakai saat panas. Dalam pembelian sudah ada sarung payung dan tali strap.

Harga Rp. 65.000-168.000
From our editorial team

Payung Lipat Praktis Dibawa Kemana Saja

Payung menjadi benda yang penting jika kita akan bepergian. Agar lebih praktis maka kamu bisa memakai payung lipat. Payung yang satu ini bisa dilipat menjadi kecil sehingga mudah dimasukkan dalam tas dan tidak akan memakan banyak tempat. Kamu pun tidak merasa terbebani saat membawanya.