10 Rekomendasi Merek Speaker Terbaik Beserta Rekomendasinya untuk Memeriahkan Aneka Acara (2021)

10 Rekomendasi Merek Speaker Terbaik Beserta Rekomendasinya untuk Memeriahkan Aneka Acara (2021)

Speaker adalah benda yang banyak dibutuhkan para pencinta musik. Alunan musik favoritmu bisa terdengar lebih memuaskan jika kamu memakai speaker. Kamu perlu tahu dulu aneka jenis speaker agar tidak salah memilihnya. Cek aneka jenis speaker dan juga rekomendasi merek speaker terbaik dari kami agar tidak salah beli!

Mendengarkan Musik Makin Mantap dengan Speaker

Musik merupakan bagian dari keseharian kita. Mendengarkan musik bisa memberikan manfaat positif yang tidak main-main. Berkat musik, maka stres bisa reda, gangguan kecemasan berkurang, dan daya ingat jadi meningkat. Suasana hati jadi membaik dengan mendengarkan musik yang sesuai selera kita.

Dalam mendengarkan musik, ada banyak perangkat yang bisa kita gunakan. Ada yang lebih suka memakai headphone untuk mendengarkan musik dari smartphone, ada pula yang lebih suka mendengarkan musik dengan memakai speaker agar suaranya lebih jelas dan keras.

Speaker adalah peralatan elektronik yang fungsinya untuk menguatkan suara. Terbuat dari logam dengan membran, magnet, dan kumparan, speaker bisa mengeluarkan bunyi yang memuaskan telinga pendengarnya. Speaker tidak hanya bisa berdiri sendiri, namun ada juga yang disematkan pada komputer, mobil, TV, ruangan, dan lain sebagainya.

Speaker akan mengubah gelombang elektrik menjadi gelombang suara. Adanya speaker bikin kita jadi makin puas saat mendengarkan musik favorit. Jangkauan audio jadi lebih luas dan bisa didengarkan dalam jarak tertentu karena suaranya yang lantang. Speaker hadir dengan berbagai jenis dan tipe, yuk kenali berbagai variannya!

Kenali Beda Speaker Aktif dan Pasif

Kita mungkin sudah akrab dengan istilah speaker. Namun banyak dari kita yang tidak begitu paham bedanya speaker aktif dan speaker pasif. Banyak yang menggangap keduanya adalah jenis yang sama, padahal ada perbedaan yang cukup signifikan. Dari segi fungsi dan bentuk keduanya juga berbeda.

Speaker aktif merupakan sound system yang lengkap dengan amplifier di dalamnya. Speaker ini lebih sering ditemukan di sekitar kita. Umumnya speaker aktif terdiri dari power amplifier, woofer, sub-woofer, dan tweeter. Speaker ini sudah lengkap dengan pengaturan suara dari pabrik sehingga ada skala tetap dalam menentukan besar kecilnya suara yang dihasilkan.

Di sisi lain, speaker pasif merupakan speaker tanpa tambahan amplifier sehingga suara terasa kurang kuat. Untuk membuatnya semakin bagus, kamu perlu menambah amplifier agar suara makin kompleks. Contoh sistem speaker pasif adalah speaker home theater. Sinyal audio akan dikuatkan power amplifier pada beberapa box speaker sesuai dengan kebutuhan range. Dengan sistem speaker pasif, maka kita dapat menyesuaikan amplifier dengan daya outputnya. Kita juga bisa menambah atau mengurangi jumlah speaker sesuai dengan daya yang dimiliki oleh amplifier.

Speaker Bisa dibedakan Menjadi Beberapa Jenis

Berdasarkan Frekuensi

Speaker masih dibedakan menjadi beberapa jenis lagi. Dari segi frekuensi, kita bisa mengenal 5 jenis speaker. Jenis-jenisnya adalah subwoofer, woofer, tweeter, full range, dan mid range.

Speaker subwoofer merupakan jenis yang bisa menghasilkan suara rendah dari frekuensi 20 Hz hingga 200 Hz. Adanya speaker ini membuat suara bass bisa lebih tebal. Ukuran subwoofer bisa dibilang lebih besar dari jenis speaker lain yakni kisaran 12 inci hingga 21 inci.

Woofer merupakan jenis speaker yang hampir sama dengan subwoofer yakni untuk menghasilkan suara rendah. Hanya saja jangkauannya dari 40 Hz hingga 1000 Hz. Ukuran woofer antara 4 inci hingga 12 inci.

Ada juga jenis speaker tweeter. Ini adalah jenis speaker kecil sebab ukurannya berkisar dari 0,5 inci hingga 4 inci. Jenis speaker ini mampu menghasilkan suara bass yang bagus. Selain itu, suara berfrekuensi tinggi dari jenis speaker tweeter juga lebih mantap. Jangkauan frekuensinya adalah 3500 Hz hingga 20 kHz.

Lalu, ada juga speaker mid range. Jenis speaker yang satu ini memiliki ukuran 4 inci hingga 6 inci. Frekuensi speaker ini adalah dari 500 Hz hingga 5000 Hz. Jenis speaker ini akan membuat suara jadi lebih jelas dan detail. Speaker yang satu ini kerap disatukan dengan speaker tweeter dan woofer.

Terakhir, ada jenis speaker full range. Jenis speaker ini memiliki jangkauan frekuensi 40 Hz hingga 2 kHz. Speaker ini mampu mengeluarkan suara rendah dan tinggi sekaligus. Sayangnya suaranya kurang maksimal untuk menghasilkan suara di frekuensi tertentu. Jenis speaker ini biasanya ditemui di berbagai acara musik di tempat terbuka yang luas.

Berdasarkan Tipe

Speaker juga bisa dibedakan berdasarkan tipenya. Ada speaker 2 way dan ada juga speaker 3 way. Setiap tipe memiliki perbedaan dan kelebihan.

Speaker 2 way merupakan jenis speaker yang hadir dengan 2 sistem frekuensi yaitu tinggi dan rendah. Speaker 2 way yang bisa digabungkan yaitu jenis speaker woofer dan tweeter.

Sementara itu, speaker 3 way merupakan tipe speaker dengan 3 jenis frekuensi. Dengan speaker ini maka suara yang dihasilkan lebih lengkap. Jangkauan frekuensi juga lebih luas mulai dari 20 Hz hingga 20 kHz. Untuk membuat speaker 3 way umumnya dibutuhkan gabungan mid range, tweeter, dan full range.

Tips Membeli Speaker yang Bagus

Saat akan membeli speaker, tentu kita tidak bisa asal saja agar tidak kecewa. Perhatikan beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan agar tidak salah beli speaker.

Salah satunya adalah mulai memilih dari desain box yang kokoh. Tampilan luar speaker juga bisa membuat kita menilai speaker tersebut tergolong bagus atau tidak. Casing yang kokoh dan kuat akan membuat bahan dalam speaker lebih awet dan speaker bisa berfungsi lebih baik.

Merek juga bisa jadi pertimbangan selanjutnya sebelum membeli speaker. Memang sih, merek bukan segalanya namun beberapa merek yang sudah kenamaan tentu bisa menjadi garansi mutu bagi konsumen. Dari segi harga bisa jadi lebih mahal, namun tentunya kamu tidak kecewa dengan kualitas yang didapat.

Spul merupakan sebuah nyawa dari speaker. Maka dari itu saat membelinya, perhatikan kualitas spul. Jika ingin speaker yang mengeluarkan suara bagus maka pilih spul yang kuat agar bisa menahan hentakan dari sinyal suara yang masuk ke dalamnya. Selain spul, cone juga bagian speaker yang wajib diperhatikan. Pilih cone yang lembut dan elastis. Ini berguna agar cone bisa merespons getaran frekuensi dengan lebih bagus.

Ini Dia Pilihan Merek Speaker Terbaik untuk Kamu

Harman Kardon - Onyx Studio 4

Harman Kardon merupakan merek speaker terbaik yang wajib kamu tahu. Merek ini banyak jadi pilihan orang Indonesia karena produk speakernya bisa menghasilkan suara yang luar biasa. Didirikan tahun 1953, perusahaan ini adalah milik Sidney Harman dan Bernard Kardon. Speaker buatan Harman Kardon memiliki tingkatan suara yang menggelegar tinggi sehingga begitu terkesan menggagumkan.

Kamu bisa mencoba Onyx Studio 4 sebagai salah satu jenis speaker keren dari Harman Kardon. Speaker keren ini hadir dengan desain datar agak melengkung. Ini membuatnya bisa dengan lebih mudah mengarahkan suara pada sudut yang lebih luas untuk membuat proyeksi suara yang makin mengagumkan.

Suara rendah yang kaya dan kuat berpadu dengan dentuman yang bagus sehingga memanjakan telinga. Kamu bisa memutar segala jenis musik denga speaker keren ini. Speaker portable ini hadir dengan daya tahan selama 8 jam. Ada mikrofon inbuilt dengan noise dan echo cancellation sehingga bisa menghasilkan suara jernih dan detail.

Produk juga memiliki fitur bluetooth cerdas sehingga bisa menghubungkan dua perangkat secara bersamaan. Uniknya lagi ada fitur Siri dan Google Voice yang bisa membantu kita mengontrol speaker dengan mudah.

Harga Rp. 1.950.000-2.350.000

Sony- MHC-V82D Active Speaker

Sony merupakan salah satu merek yang sudah lama dikenal kualitasnya. Produsen yang satu ini banyak mengeluarkan jenis speaker yang bermutu tinggi. Harga speaker yang mereka keluarkan pun beragam, mulai dari harga rendah hingga harga tinggi sehingga pembeli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Kelebihan speaker Sony adalah ada teknologi HiRes Audio yang bisa meningkatkan kualitas audionya.

Kamu yang penasaran dengan produk Sony bisa mencoba SONY MHC-V82D Active Speaker. Gunakan saat pesta atau kegiatan outdoor agar lebih meriah. Speaker ini mampu menghadirkan suara bass yang menggelegar. Vokal juga terdengar lebih detail dan memuaskan telinga. Kamu bisa memakainya untuk mendengarkan aneka jenis musik favoritmu.

Produk ini memiliki fitur 360 ° Party Light dan Speaker Light. Kamu tak hanya bisa menikmati musik yang berdentum namun juga lampu pesta yang bisa lebih menghidupkan suasana. Speaker juga bisa berfungsi sebagai ampli gitar, sehingga kamu bisa bernyanyi sambil bermain musik.

Keunikan lain dari produk ini adalah kamu bisa mengendalikan nada mikrofon, menaikkan volume, hingga mengganti flager dengan gelombang tangan vertikal atau horizontal. Adanya gesture control ini bikin kamu tak kerepotan mengoperasikan speaker keren ini.

Harga Rp. 8.299.000-15.487.000

Pioneer - DM40

Pioneer merupakan merek speaker asal Jepang. Merekd ini sudah tidak perlu diragukan kualitasnya. Pioneer didirikan tahun 1938 oleh Nozomu Matsumoto. Pioneer tidak hanya memproduksi speaker namun juga memproduksi radio. Hingga kini, Pioneer masih tetap terpercaya untuk hal speaker bermutu tinggi yang tahan lama digunakan.

Kamu bisa mencoba DM-40 sebagai produk speaker pilihan dari Pioneer. Speaker keren ini memiliki sistem refleks bass front-loaded. Adanya fitur tersebut membuat bass bisa terdengar lebih kaya dan ketat. Ada juga fitur Deco yang bisa membuat jangkauan audio lebih luas.

Desain speaker Pioneer ini keren sehingga cocok untuk memproduksi musik, DJ, dan lain sebagainya. Bagian tweeter speaker ini dilengkapi dengan diffuser CTO sehingga bisa menyalurkan frekuensi tinggi ke segala arah. Suara yang dihasilkan jadi lebih tajam dan detail. Ada juga crossover untuk memastikan respons yang seimbang pada frekuensi dan membuat suara yang keluar lebih merdu.

Harga Rp. 3.200.000-7.942.000

JBL- Link 300

JBL merupakan merek yang berdiri dalam naungan perusahaan yang sama dengan Harman Kardon. Hal yang membedakan keduanya hanyalah dalam proses memproduksinya. Karena dari satu perusahaan, maka jangan heran jika kualitasnya begitu mengagumkan. JBL memiliki speaker keren yang bisa menghasilkan suara yang halus, detail, dan memanjakan telinga.

Kamu bisa mencoba memiliki JBL Link 300. Speaker keren ini bisa dikoneksikan dengan WiFi dan Bluetooth. Produk ini akan menghadirkan suara yang mengisi ruang dengan sempurna. Desainnya begitu yang ringkas. Kamu bisa mudah mengontrolnya berkat adanya Google Assistant.

Kamu bisa memutar radio, podcast, hingga musik favorit dari Google Play Music, Spotify, Pandora, dan lainnya. Speaker ini bisa kompatibel dengan iOS dan Android. Ukuran speaker ini adalah 23,6 x 13,4 x 15,4 cm sehingga mudah dipindahkan.

Harga Rp. 1.797.000-5.900.000

Edifier - Speakers Edifier R1280DBs

Edifier menjadi merek speaker selanjutnya yang wajib kamu tahu. Merek asal Beijing, Cina ini telah dikenal hingga Amerika, Eropa, Asia Pasifik, dan Timur Tengah. Ini karena produk speakernya memang memiliki teknologi yang bisa bersaing di tingkat internasional. Edifier dikenal mampu menghadirkan subwoofer berukuran kecil yang lengkap dengan berbagai tombol kontrol untuk memudahkan pengoperasian. Desain speaker yang dihadirkan juga sangat mengagumkan sehingga terkesan mewah.

Edifier R1280T bisa kamu coba miliki. Speaker keren ini hadir dengan sensitivitas tinggi yakni 85 dB sehingga bisa menghasilkan suara yang jernih. Pilihan warnanya netral sehingga terkesan bersih dan elegan. Kamu bisa mudah mengoneksikannya ke perangkat Android, iPhone, PC, Mac, hingga tablet. Frekuensi yang dihasilkan berkisar antara 51 Hz hingga 20 kHz. Produk ini memiliki remote control yang membuat kamu bisa lebih mudah mengatur volume suara.

Harga Rp. 1.719.000-2.540.000

Bose - SoundTouch 10

Bose juga menjadi salah satu merek speaker kenamaan. Merek asal Amerika Serikat ini memang dikenal paling ahli membuat aneka peralatan audio. Didirikan oleh Dr. Amar G Bose pada tahun 1964, merek yang satu ini fokus untuk membuat speaker model home audio. Mereka tidak pernah berhenti berinovasi untuk menghasilkan produk speaker yang bermutu tinggi. Speaker andalan Bose adalah speaker untuk audio mobil. Tampilan desain speaker yang stylish membuat para pembeli jadi jatuh cinta. Produk speaker dari Bose juga selalu cocok untuk digunakan pada acara besar atau pesta sehingga jangkauan suaranya sangat luas. Terlebih lagi, ada juga speaker Bose yang dilengkapi dengan konektivitas nirkabel sehingga membuatnya terkesan lebih simpel.

Bose SoundTouch ini ukurannya kecil sehingga mudah dipindahkan dan bisa diletakkan di mana saja. Speaker ini cocok untuk memutar aneka musik favorit kamu. Kamu cukup tekan satu dari 6 preset pada speaker atau remote untuk memulai menikmati suara yang dihasilkan.

Dengan speaker keren ini kamu bisa lebih mudah mendengarkan musik dari Pandora, iHeartRadio, Spotify, dan lain sebagainya. Kamu bisa mudah mengontrol musik dari ponsel atau tablet. Ukuran produk ini adalah 8,3 x 5,5 x 3,4 inci. Pembelian sudah lengkap dengan remote control, power cable, USB cable, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 3.150.000-6.600.000

Bowers & Wilkins - 683 S2

Bowers & Wilkins juga menjadi salah satu merek speaker ternama yang wajib kamu tahu. Merek yang satu ini berdiri tahun 1966 lalu. Pendirinya adalah John Bowers yang mendirikan perusahaan ini di Inggris. Perusahaan menghadirkan aneka jenis speaker yang memenuhi berbagai kebutuhan.

Salah satu produk yang bisa kamu lirik adalah Bowers & Wilkins 683 S2. Produk yang satu ini hadir dengan desain ramping dengan bahan aluminium. Ini membuatnya tampak kokoh meski bahannya ringan. Kamu bisa mudah memindahkannya kemana saja diinginkan. Produk yang satu ini mampu menghasilkan suara yang natural dan indah. Bass terasa menggelegar dan treble juga sempurna sehingga memanjakan telinga. Produk yang satu ini tergolng sebagai speaker 3 way. Dengan sensitivitas 89 dB, produk ini memiliki tingkat impedansi 8 ohm.

Harga Rp. 21.500.000-22.300.000

Paradigm - PW 300

Paradigm adalah produsen speaker terbaik selanjutnya yang bisa kamu lirik. Produsen yang satu ini memproduksi pengeras suara high-end premium. Umumnya speaker Paradigm digunakan untuk kebutuhan home theatre dan musik di luar ruangan. Mereka mematenkan inovasi yang diciptakan dan memakai bahan eksklusif untuk produknya sehingga speakernya selalu banyak jadi idaman.

Paradigm PW 300 bisa kamu lirik sebagai pilihan. Speaker keren ini dilengkapi dengan Bluetooth dan terdiri dari tweeter dan woofer. Speaker ini bisa mengalirkan audio tanpa kabel sehingga kesannya lebih simpel. Suara yang dihasilkan lebih kompleks dan jernih.

Harga Rp. 3.527.000-6.750.000

KEF - Q350

KEF juga tidak bisa diremehkan sebagai salah satu merek speaker yang bagus. Perusahaan ini didirikan tahun 1961 silam oleh Raymon Cooke. KEF terus memproduksi speaker dengan inovasi tinggi ke berbagai negara. Hingga kini, KEF tetap menjadi salah satu merek penghasil speaker terbaik.

KEF Q350 ini merupakan speaker keren yang bisa kamu andalkan. Desainnya keren sehingga bikin ruangan tempatnya diletakkan jadi tampak modern. Produk ini memiliki sensitivitas 87 dB dengan jangkauan frekuensi 46 Hz hingga 28 kHz.

Harga Rp. 8.200.000-13.250.000

Klipsch - R-41PM Powered Speakers

Klipsch menjadi merek produsen speaker lain yang juga sangat ternama. Merek yang satu ini berasal dari Amerika Serikat dan telah berdiri sejak tahun 1946. Mereka menghasilkan speaker untuk home audio, car audio, PC audio, dan lain sebagainya.

Salah satu produknya adalah Klipsch R-41PM. Speaker keren ini berbahan aluminium yang kokoh namun ringan. Ukuran produknya adalah 9,7 x 5,8 x 7,5 inci. Frekuensi respons pada produk ini adalah 76 Hz hingga 21 kHz. Sensitivitasnya cukup tinggi yakni 105,5 dB. Suara yang dihasilkan jernih dan cukup memukau.

Harga Rp. 6.999.000-10.078.000
From our editorial team

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat membeli speaker, usahakan membeli sesuai dengan kebutuhan. Apakah kamu membutuhkannya untuk dipakai di dalam atau di luar ruangan. Jika untuk di luar ruangan, pastikan kamu memilih jenis speaker full range sehingga bisa mengeluarkan aneka nada dengan detail. Speaker full range mampu menghasilkan nada rendah dan tinggi yang bagus. Untuk di dalam ruangan, kamu bisa memilih woofer. Dengan speaker woofer maka kamu bisa mendengar nada rendah lebih jelas dalam ruangan.