10 Rekomendasi Lemari Es Panasonic untuk Menunjang Kerapian Dapur Anda (2021)

10 Rekomendasi Lemari Es Panasonic untuk Menunjang Kerapian Dapur Anda (2021)

Lemari es atau kulkas adalah alat elektronik paling fungsional yang perlu dimiliki oleh setiap rumah. Bagi Anda yang tengah mencari lemari es untuk menunjang kerapian dapur, berikut adalah rekomendasi lemari es Panasonic yang patut dilirik.

Lemari Es Berfungsi Menghemat Belanja Rumah Tangga

Bila berbicara mengenai peralatan elektronik rumah tangga, lemari es tentu menjadi salah satu item yang paling fungsional. Pada dasarnya, alat ini berguna untuk menyimpan makanan agar lebih tahan lama dan dapat dikonsumsi di kemudian hari. Tak hanya itu, alat ini rupanya juga berperan penting dalam menghemat belanja rumah tangga.

Dengan keberadaan lemari es, Anda tidak perlu lagi bolak-balik belanja untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya. Anda dapat berbelanja dalam jumlah besar, kemudian menyimpan bahan makanan di dalam lemari es. Tentu hal ini akan menghemat tenaga, waktu, dan juga materi daripada harus belanja berulang-ulang setiap hari.

Beragam Manfaat Memiliki Lemari Es di Rumah

Membuat Makanan Tidak Cepat Membusuk

Tak bisa dipungkiri, memiliki lemari es sendiri di rumah memang menawarkan banyak manfaat bagi penggunanya. Salah satu manfaat memiliki lemari es adalah mampu membuat makanan tidak cepat membusuk.

Perlu diketahui bahwa beberapa bahan makanan memerlukan perlakuan khusus agar tetap terjaga kesegarannya. Sayur, buah, daging, dan ikan dapat dipertahankan kesegarannya apabila disimpan dalam kulkas. Selain menjaganya agar tidak cepat busuk, penyimpanan ini juga bepengaruh pada kesegaran dan cita rasa makanan. Bahkan, penyimpanan yang tepat juga mampu mempertahankan nilai gizi pada makanan.

Membuat Es Batu

Salah satu manfaat lain dari lemari es yang paling esensial adalah mampu membuat es batu. Tentu ini sangat memudahkan Anda ketika hendak menyajikan minuman dingin untuk keluarga maupun kerabat yang berkunjung ke rumah. Lemari es dapat membuat es batu karena telah dilengkapi freezer pada kompartemennya.

Dengan adanya freezer, Anda bahkan bisa membuat olahan makanan, termasuk es krim. Beberapa lemari es juga telah dilengkapi dengan ice twist tray yang mampu menampung es batu lebih banyak. Anda juga bisa menyimpan berbagai frozen food sebagai stok makanan di rumah.

Tempat Menyimpan Kosmetik

Siapa bilang lemari es hanya bisa untuk menyimpan makanan? Pasalnya, alat elektronik ini juga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai kosmetik atau skin care. Menyimpan produk kecantikan di kulkas ternyata mampu melindunginya dari kerusakan kandungan.

Berbagai kandungan esensial dalam produk kecantikan dapat menguap atau mencair apabila disimpan di ruangan yang terpapar matahari dan memiliki kelembapan tinggi. Akibatnya, kandungan tersebut tidak bisa bekerja lagi secara maksimal. Menyimpan produk kecantikan dalam lemari es tidak hanya melindungi kandungannya dari kerusakan, namun juga mampu melindunginya dari kontak bakteri yang berkembang di suhu ruang.

Membuat Dapur Lebih Rapi

Keberadaan lemari es juga memberikan manfaat secara estetika. Selain desain lemari es itu sendiri, alat ini juga mampu membuat dapur lebih rapi. Berbagai bahan makanan yang biasanya tercecer di dapur bisa disimpan dengan rapi pada lemari es. Lemari es hadir dengan rak-rak penyimpanan yang memudahkan Anda dalam mengatur makanan.

Anda bisa mengatur bahan makanan sesuai dengan kompartemennya. Misalnya saja telur pada rak telur, aneka minuman pada rak botol, sayur dan buah pada kotak penyimpanan sayur, serta daging pada freezer. Tak hanya membuat dapur lebih rapi, pengaturan ini juga memudahkan Anda dalam mencari bahan yang dibutuhkan.

Rekomendasi Lemari Es Panasonic untuk Menyimpan Kebutuhan Dapur Anda

Panasonic NR-CY550QS1D

Rekomendasi lemari es yang pertama adalah Panasonic NR-CY550QS1D. Produk keluaran Panasonic ini hadir dengan dimensi 770 x 743 x 1.714 mm dan kapasitas 551 liter. Dilengkapi dengan Econavi membuatnya lebih hemat listrik.

Panasonic NR-CY550QS1D memiliki Prime Fresh+ yang membuat makanan tetap segar selama 7 hari. Teknologi ini akan membekukan permukaan makanan dengan lembut pada suhu -3˚C, sehingga dapat dipotong dengan mudah tanpa dicairkan. Keunggulan lain dari lemari es ini adalah penampilannya yang canggih dengan pintu Prancis dan desain full-flat.

Harga Rp. 16.417.000-17.999.000

Panasonic NR-CY550GK1D

Dalam memilih lemari es, salah satu bagian yang kerap dijadikan pertimbangan adalah kotak sayuran. Sebab, banyak lemari es yang belum mampu secara optimal mempertahankan kesegaran sayur di penyimpanan. Bagi Anda yang mendambakan terjaganya kesegaran sayur dalam lemari es, Panasonic NR-CY550GK1D adalah solusinya.

Lemari es keluaran Panasonic ini memiliki kotak fresh safe vegetable yang mampu mempertahankan kelembapan sayur dan buah, sehingga tetap segar dan nikmat. Dengan dimensi 770 x 743 x 1.714 mm dan kapasitas 551 liter membuat penyimpanan menjadi lebih leluasa. Dilengkapi prime fresh freezing, produk ini juga mampu membekukan daging dan ikan pada suhu sekitar -3˚C.

Harga Rp. 18.499.000-19.999.000

Panasonic NR-DZ600MB1D

Bunga es dalam freezer kerap menyulitkan pengguna lemari es dalam membersihkannya. Akibatnya, kompartemen freezer menjadi lebih sempit dan tidak mampu menampung lebih banyak makanan. Panasonic NR-DZ600MB1D adalah solusi bagi Anda yang menginginkan lemari es bebas bunga es.

Panasonic NR-DZ600MB1D dilengkapi dengan penghilangan bunga es otomatis, sehingga freezer tetap lega untuk penyimpanan. Produk ini hadir dengan dimensi 805 x 790 x 1.846 mm dan kapasitas mencapai 601 liter. Lemari es multidoor ini juga dilengkapi dengan Blue Ag yang mampu menghilangkan bakteri secara pasif dengan kombinasi filter Ag dan sinar biru LED.

Harga Rp. 21.999.000-24.999.500

Panasonic NR-F654GT-XD

Anda yang tengah mencari lemari es multidoor dengan kapasitas besar patut melirik Panasonic NR-F654GT-XD. Produk ini hadir dengan dimensi 750 x 745 x 1.828 mm dan kapasitas mencapai 684 liter. Kulkas enam pintu ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang menunjang kenyamanan penggunaan.

Lemari es keluaran Panasonic ini dilengkapi teknologi Econavi yang membuatnya lebih hemat energi. Produk ini juga disertai teknologi penghilang bunga es otomatis, sehingga kompartemen pembekuan tetap leluasa. Panasonic NR-F654GT-XD hadir dengan teknologi nano yang membuat bahan makanan tetap sehat dan terhindar dari bakteri.

Harga Rp. 51.090.000-53.376.700

Panasonic NR-DZ600GK1D

Rekomendasi lemari es Panasonic berikutnya adalah Panasonic NR-DZ600GK1D. Produk ini hadir dengan dimensi 805 x 790 x 1.846 mm dan kapasitas 601 liter. Dilengkapi teknologi Prime Fresh, lemari es ini akan menyimpan makanan pada suhu -3˚C yang dapat dimasak tanpa perlu mencairkannya.

Lemari es ini memiliki desain 4 pintu yang elegan dengan kaca full flat. Handle-nya hadir dengan lekuk yang anggun, sementara panel kacanya yang menyatu memberikan sentuhan yang sempurna. Produk ini juga disertai dengan Ag Clean yang menjaga udara bersih di seluruh bagian lemari es.

Harga Rp. 20.550.000-24.999.000

Panasonic NR-F503GT

Panasonic NR-F503GT adalah lemari es berikutnya yang masuk daftar rekomendasi. Produk ini hadir dengan dimensi 650 x 699 x 1.828 mm dan kapasitas 528 liter.

Seperti lemari es sebelumnya dalam daftar, produk ini juga dilengkapi teknologi Prime Fresh yang membuat makanan tetap sehat selama 7 hari. Teknologi tersebut mampu membekukan permukaan makanan pada suhu -3˚C, sehingga mudah dipotong tanpa perlu dicairkan. Selain membuat cita rasanya dapat bertahan lebih lama, nilai gizi makanan juga terjaga. Lemari es ini juga disertai dengan Blue Ag yang mampu menghilangkan bakteri secara pasif dengan kombinasi filter Ag dan sinar biru LED.

Harga Rp. 20.700.000-34.010.000

Panasonic NR-BB201Q-S/PK

Bagi Anda yang menginginkan lemari es praktis, Panasonic NR-BB201Q-S/PK bisa menjadi pilihan. Lemari es 2 pintu ini hadir dengan dimensi 525 x 583 x 1.385 mm dan kapasitas 196 liter. Produk ini cocok untuk Anda yang menyukai lemari es untuk rumah bergaya minimalis.

Lemari es keluaran Panasonic ini dilengkapi dengan teknologi Econavi yang memastikannya lebih hemat energi. Tak hanya itu, produk ini juga disertai Ag Clean Filter yang mampu membersihkan jamur dan bakteri. Dengan demikian, bau tak sedap dalam lemari es dapat dihindari.

Harga Rp. 3.800.800-4.854.800

Panasonic NR-BB331Q

Lemari es 2 pintu memang menjadi pilihan yang paling lazim, karena dinilai lebih praktis. Bagi Anda yang tengah mencari produk lemari es 2 pintu, Panasonic NR-BB331Q bisa menjadi pilihan. Produk keluaran Panasonic ini hadir dengan dimensi 595 x 618 x 1.738 mm dan kapasitas 324 liter.

Panasonic NR-BB331Q hadir dengan aneka fitur unggulan yang menunjang kebutuhan penggunanya. Teknologi Econavi yang menyertainya mampu mengoptimalkan kinerja pendinginan dan menghemat energi. Produk ini juga didesain dengan warna dan tampilan yang elegan untuk mendukung estetika dapur.

Harga Rp. 5.900.000-6.498.900

Panasonic NR-AF17AN-SS

Panasonic NR-AF17AN-SS adalah pilihan tepat bagi Anda yang tengah mencari lemari es 1 pintu. Produk keluaran Panasonic ini memiliki dimensi 525 x 509 x 1.101,5 mm dengan kapasitas 155 liter. Ukurannya yang ringkas sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah berdesain minimalis.

Lebih dari sekadar lemari es biasa, Panasonic NR-AF17AN-SS memadukan kecanggihan dan juga kualitas yang menawan. Produk ini dilengkapi dengan teknologi terkini yang mampu menghemat penggunaan daya listrik. Lemari es ini juga dibuat dengan teknologi canggih yang membuat makanan dan minuman lebih cepat dingin, sehingga terjaga kesegarannya.

Harga Rp. 1.750.000-1.949.000

Panasonic NR-AF191S

Lemari es Panasonic terakhir yang masuk dalam daftar adalah Panasonic NR-AF191S. Produk ini hadir dengan dimensi 53 x 51 x 120 cm dan kapasitas 165 liter. Lemari es 1 pintu ini hadir dengan perpaduan kemewahan dan kecanggihan teknologi yang menunjang kebutuhan penggunanya.

Selain desainnya yang menarik, ukuran lemari es yang ringkas sangat cocok untuk Anda pencinta produk minimalis. Panasonic NR-AF191S dilengkapi dengan teknologi terkini yang mendukung penggunaan daya listrik dengan hemat. Kesegaran makanan dan minuman juga terjaga dengan teknologi cepat dingin yang menyertainya.

Harga Rp. 1.950.000-2.195.000

Cara Merawat Lemari Es agar Awet Dalam Jangka Waktu yang Lama

Tutup Pintu Lemari Es dengan Rapat jika Sudah Digunakan

Agar dapat digunakan dalam waktu yang lama, Anda tentu perlu merawat lemari es dengan baik. Salah satu cara terbaik untuk merawatnya adalah dengan menutup lemari es rapat-rapat setelah digunakan. Menutup pintu lemari es secara rapat juga dapat menghemat listrik.

Perlu diketahui bahwa menutup lemari es dengan rapat akan menjaga kualitas makanan di dalamnya dengan baik. Pintu lemari es yang kurang rapat mampu menjadi celah bagi kotoran untuk masuk ke dalamnya. Sehingga, makanan di dalamnya menjadi tercemar.

Rutin Membersikan Freezer dari Bunga Es

Bunga es pada dinding freezer memang cukup sulit untuk dibersihkan. Apalagi ketika es telah mengeras dan menempel dengan kuat pada dinding freezer. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk membersihkan kompartemen freezer secara rutin.

Hindari menggunakan pisau atau alat lain untuk mengikis bunga es dan noda pada freezer. Sebaiknya gunakan saja sikat gigi yang lembut untuk membersihkannya. Mengikis bunga es dengan benda tajam justru dapat merusak bagian pelapis dinding freezer dan menyebabkannya menjadi bocor.

Jangan Letakkan Lemari Es Dekat dengan Sumber Panas

Cara merawat lemari es berikutnya adalah dengan menjauhkannya dari sumber panas. Anda yang meletakkan kulkas di dapur sebaiknya menjauhkannya dari kompor, oven, atau microwave yang menghasilkan panas. Perbedaan suhu signifikan antara kulkas yang dingin dan juga peralatan lain yang panas akan menyebabkan lemari es menjadi cepat rusak.

Perbedaan suhu ini membuat lemari es harus bekerja lebih keras dalam mempertahankan suhu dinginnya. Sehingga, energi listrik yang dikonsumsi juga semakin boros. Sebaiknya, letakkan kulkas di ruang makan atau sudut dapur lain yang jauh dari kompor atau benda lain yang menghasilkan panas.

Tidak Memberi Beban Berlebihan pada Muatan Lemari Es

Meski mampu menampung banyak bahan makanan, jangan memberi beban yang berlebihan pada kompartemen lemari es. Pahami bahwa setiap lemari es memiliki kapasitasnya masing-masing. Jadi, hindari mengisi lemari es melebihi kapasitasnya.

Simpan makanan secukupnya dalam lemari es. Penyimpanan dengan beban berlebihan justru akan membuat wadah menjadi retak bahkan pecah. Lemari es yang terlalu penuh juga menghambat sirkulasi udara di dalamnya, sehingga pendingin tidak bisa bekerja secara optimal.

From our editorial team

Jangan Terlalu Sering Membuka Lemari Es Saat Listrik Padam

Pemadaman listrik memang menjadi salah satu momen yang cukup mengkhawatirkan, apalagi ketika Anda memiliki banyak makanan di penyimpanan lemari es. Bila aliran listrik padam, pastikan untuk tidak terlalu sering membuka lemari es. Apabila aliran listrik meyala kembali, sebaiknya biarkan dahulu 5 menit, baru nyalakan lemari es.