10 Rekomendasi Air Purifier Panasonic, Wajib Ada untuk Kesegaran Udara di Dalam Rumah! (2021)

10 Rekomendasi Air Purifier Panasonic, Wajib Ada untuk Kesegaran Udara di Dalam Rumah! (2021)

Sirkulasi udara yang kurang baik tentu berdampak negatif bagi kesehatan pernapasan Anda. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan air purifier agar udara di dalam ruangan lebih segar dan bersih. Tak perlu bingung mencari produknya, berikut adalah berbagai rekomendasi air purifier terbaik yang patut Anda lirik.

Air Purifier Memiliki Kemampuan Menjernihkan dan Membersihkan Udara dalam Ruangan

Para penggemar eletronik canggih pasti sudah tak asing dengan air purifier. Meski demikian, masih banyak yang menyamakan air purifier dengan air conditioner (AC). Air purifier sendiri adalah alat berteknologi yang berguna untuk membersihkan udara dalam ruangan.

Meski kini sudah banyak AC yang dilengkapi fungsi purifier, namun air purifier hadir dengan fungsi spesifik untuk menjernihkan udara di dalam ruangan. Dengan demikian udara menjadi lebih bersih dan sehat bagi para penggunanya. Alat ini banyak diminati terutama oleh masyarakat perkotaan, karena kemampuannya dalam membersihkan polutan dan juga alergen.

Manfaat Menggunakan Air Purifier dalam Rumah Kita

Redakan Gejala Asma

Berbicara mengenai air purifier, tentu rasanya kurang lengkap jika tidak membahas berbagai manfaat penggunaannya. Manfaat air purifier yang pertama adalah mampu meredakan gejala asma. Perlu diketahui bahwa rumah kerap kali menjadi salah satu pemicu asma karena berbagai polutan dan alergen yang ada di dalamnya.

Berbagai partikel kecil di udara yang berasal dari berbagai kegiatan dan lingkungan rumah mampu menimbulkan gejala yang buruk bagi pra pengidap asma. Penggunaan air purifier yang mampu menghilangkan kotoran mikroskopis tentunya sangat membantu para pengidap asma untuk meringankan gejalanya. Sebab, mayoritas air purifier dilengkapi dengan filter berteknologi HEPA yang mampu menghilangkan partikel-partikel kecil pada sirkulasi udara.

Hilangkan Bahan Kimia yang Berbahaya

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak rumah tangga menggunakan bahan kimia beracun dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya saja untuk membersihkan rumah, tanpa disadari banyak yang menggunakan produk berbahan kimia beracun seerti klorin, amonia, dan ftalat. Perlu diketahui bahwa paparan bahan kimia secara terus-menerus mampu menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi tubuh Anda.

Untuk menghindari berbagai masalah kesehatan yang diakibatkan oleh paparan bahan kimia di lingkungan rumah, penggunaan air purifier adalah salah satu solusinya. Air purifier dibekali dengan karbon aktif yang mampu membersihkan berbagai kontaminan kimiawi. Karbon tersebut mampu menjebak bahan kimia dan mendaur ulang udara segar kembali ke ruangan.

Hilangkan Bau Tak Sedap

Sirkulasi udara yang kurang baik kerap membuat bau yang dihasilkan saat beraktivitas menjadi terjebak di dalam ruangan. Akibatnya ruangan menjadi diselimuti oleh bau tak sedap yang tak kunjung hilang. Sering disepelekan, bau tak sedap dalam rumah mampu memicu sesak napas, mual, serta berpengaruh bagi fungsi kognitif.

Air purifier adalah solusi yang tepat untuk menghilangkan bau tak sedap dalam ruangan. Alat ini memiliki filter yang mampu menyaring berbagai aroma tak sedap. Filter HEPA dan juga karbon aktif yang digunakan juga efektif dalam menangkap gas yang dihasilkan oleh senyawa organik volatil.

Meminimalisir Penularan Penyakit

Bukan rahasia lagi bahwa banyak penyakit yang dapat menular melalui udara. Sebut saja flu yang bisa menular ke seluruh anggota keluarga. Penularan ini dimungkinkan karena setiap orang di rumah menghirup udara yang sama dengan orang yang terinveksi virus atau bakteri penyebab penyakit.

Untuk meminimalisir risiko penularan penyakit melalui udara, Anda bisa menggunakan air purifier. Alat ini dilengkapi dengan filter yang mampu menyaring bakteri dan virus penyebab penyakit. Dengan demikian, risiko penularan penyakit melalui udara dapat diminalisir.

Tidur Lebih Nyenyak

Sirkulasi udara yang bersih secara otomatis akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, penggunaan air purifier di dalam kamar tidur juga membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman. Peningkatan kualitas tidur ini dikarenakan berbagai polusi dan alergen di dalam kamar mampu disaring.

Bukan rahasia lagi bahwa kamar tidur adalah tempat yang paling sering Anda tempati untuk menghabiskan waktu. Dengan demikian, sirkulasi udara dalam kamar perlu dipastikan kebersihannya agar Anda terhindar dari berbagai penyakit dan alergi. Air purifier biasanya dilengkapi dengan filter HEPA yang bisa diandalkan untuk membersihkan udara dalam ruangan, sehingga udara lebih sehat dan tidur lebih nyenyak.

Rekomendasi Air Purifier untuk Menunjang Kesehatan Keluarga

Panasonic F-GPT01A

Panasonic F-GPT01A adalah salah satu produk air purifier keluaran Panasonic yang direkomendasikan. Produk ini dilengkapi dengan teknologi nanoe X dan nanone yang efektif membunuh virus, bakteri, dan jamur. Udara ruangan pun menjadi lebih bersih dan terbebas dari bau.

Air purifier ini berukuran kecil dengan dimensi 170 x 90 x 66 mm saja. Ukurannya yang praktis membuatnya tidak menghabiskan banyak ruang. Panasonic F-GPT01A juga mudah dioperasikan, sehingga mudah digunakan oleh siapa saja di mana saja.

Harga Rp. 1.739.000-2.000.000

Panasonic F-PXT50A

Bagi Anda yang tengah mencari air purifier dengan berbagai fitur canggih, Panasonic F-PXT50A bisa menjadi pilihan. Produk ini dibekali teknologi nanoe yang mampu menghambat penyebaran virus, bakteri, dan jamur. Air purifier ini juga dilengkapi dengan HEPA filter dan composite filter yang mampu menyingkirkan partikel hingga ukuran 0,3 ultra mikron.

Selain mengurangi bau pada ruangan, produk ini juga mampu menjaga kelembaban kulit. Panasonic F-PXT50A hadir dalam ukuran 550 x 340 x 208 mm dengan kapasitas ruangan 36 m2. Berbagai fitur yang melengkapinya, antara lain odor sensor, child lock, sleep mode, dan clean mode.

Harga Rp. 3.999.000-4.800.000

Panasonic F-PXM35

Rekomendasi air purifier berikutnya adalah Panasonic F-PXM35. Produk keluaran Panasonic ini berukuran kompak dan ringan, sehingga mudah dipindahkan. Desainnya yang ergonomis membuatnya semakin fleksibel untuk dibawa dari satu ruangan ke ruangan lain.

Produk ini menggunakan teknologi nanoe yang menghambat penyebaran virus dan bakteri. Panasonic F-PXM35 juga dilengkapi dengan direct front suction yang mampu menyerap polutan di seluruh ruangan. Sehingga, udara dalam ruangan menjadi bersih, sejuk, dan sehat.

Harga Rp. 3.975.000-3.999.000

Panasonic F-VXK70A

Panasonic F-VXK70A adalah air purifier berikutnya yang dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih. Produk ini disertai dengan composite air filter yang terdiri dari super allure-buster, green tea catechin, dan anti-bacteria enzyme. Dilengkapi dengan nanoe purification membuat air purifier ini mampu menangkap penyebab alergi, bakteri, dan virus.

Tak hanya membuat udara menjadi bersih, produk keluaran Panasonic ini juga berguna bagi kesehatan dan kesegaran kulit. Air purifier ini dibekali dengan berbagai fitur, seperti auto mode, sleep mode, spot air mode, sensor dirt/odor/humidity, light sensor, clear sign, seamless drive, hingga child lock. Panasonic F-VXK70A memiliki indikator kelembapan dengan digital indication.

Harga Rp. 7.821.000-7.899.900

Panasonic F-VXH50A

Air purifier berikutnya yang masuk dalam daftar adalah Panasonic F-VXH50A. Seperti produk keluaran Panasonic lainnya, air purifier ini juga menggunakan nanoe technology air purifier. Teknologi anti virus dan bakteri berguna untuk menghilangkan bau dan menjaga kulit tetap lembap.

Produk ini dilengkapi sensor kelembaban dan sensor ECONAVI yang memastikan pemakaian listrik lebih hemat hingga 60%. Panasonic F-VXH50A memiliki 3D circulation airflow dengan direct front suction yang berguna menyerap polutan secara menyeluruh dalam ruangan. Berbagai fitur yang melengkapinya, antara lain auto mode, sleep mode, spot air mode, dan berbagai sensor.

Harga Rp. 6.999.000-10.205.000

Panasonic F-VXF35A

Panasonic F-VXF35A dalah air purifier berikutnya yang bisa Anda pilih untuk menjaga kebersihan udara dalam rumah. Produk ini dirancang dengan menggunakan teknologi nanoe untuk anti virus dan bakteri. Teknologi ini juga mampu menghambat pertumbuhan jamur dan penyebaran alergen.

Humidifying air purifier ini tak hanya membuat udara menjadi bersih, namun juga lebih sehat dan segar. Direct front suction yang dimilikinya mampu menyerap polutan di seluruh ruangan. Panasonic F-VXF35A juga lebih hemat energi karena telah dilengkapi dengan ECONAVI.

Harga Rp. 2.499.000-5.319.000

Panasonic F-PXM55A

Rekomendasi air purifier Panasonic berikutnya adalah Panasonic F-PXM55A. Produk ini menggunakan tekologi nanoe anti virus dan anti bakteri yang membuat udara dalam ruangan menjadi lebih bersih. Teknologi ini juga mampu menghilangkan bau serta menjaga kelembapan kulit.

Dilengkapi dengan ECONAVI, Panasonic F-PXM55A lebih efisien energi. Air purifier ini mampu menyerap polutan di seluruh ruangan karena memiliki Direct Front Suction. Produk ini juga menggunakan HEPA Composite dan Deodorizing Filter yang mampu bertahan hingga 10 tahun.

Harga Rp. 4.000.000-5.495.000

Panasonic F-PXF35A

Bagi yang menginginkan udara bersih dan sehat di dalam ruangan, air purifier dari Panasonic memang mampu menjadi solusinya. Salah satu produknya yang direkomendasikan adalah Panasonic F-PXF35A. Tak hanya menyediakan udara bersih dan sehat, air purifier ini juga mampu menjaga kesegaran kulit Anda.

Produk ini menggunakan composite air filter yang mampu menangkap penyebab alergi, virus, serta bakteri. Panasonic F-PXF35A juga dilengkapi teknologi nanoe purification yang dapat menghilangkan bau sedap di dalam ruangan. Air purifier memiliki jangkauan area hingga 26 m2, sehingga mampu mebersihkan udara rumah secara menyeluruh.

Harga Rp. 2.750.000-2.850.000

Panasonic F-PXJ30A

Air purifier Panasonic berikutnya yang masuk dalam daftar adalah Panasonic F-PXJ30A. Produk ini merupakan air purifier canggih yang mampu membersihkan udara sekaligus menjaga kesehatan dan kesegaran kulit penggunanya. Memiliki jangkauan area hingga 20 m2 membuatnya cocok digunakan untuk membersihkan berbagai ruangan di rumah.

Panasonic F-PXJ30A dilengkapi dengan teknologi nanoe yang mampu menghasilkan udara bersih dan bebas virus, bakteri, alergen, maupun bau. Air purifier ini menggunakan teknolgi direct front suction yang membantu menyerap polutan secara efektif. Dilengkapi mega catcher memungkinkan air purifier ini membawa polutan dalam jumlah besar kembali ke pembersih udara.

Harga Rp. 1.750.000-2.179.000

Panasonic F-GMG01A

Panasonic F-GMG01A adalah produk air purifier Panasonic terakhir yang masuk dalam daftar. Produk ini adalah air purifier yang digunakan untuk membersihkan udara di dalam mobil. Sama seperti produk keluaran Panasonic lainnya, produk ini juga dilengkapi teknologi canggih yang mampu menghasilkan udara bersih dan sejuk.

Ion nanoe yang dimiliki mampu membunuh virus, bakteri, serta alergen sehingga udara menjadi lebih sehat. Desainnya yang compact membuat air purifier ini mudah diletakkan pada cup holder mobil. Dengan 2 speed airflow membuat produk ini mampu menghembuskan udara ke depan dan ke atas, sehingga sirkulasi udara lebih maksimal.

Harga Rp. 99.900-1.624.000

Tips Merawat Air Purifier Agar Selalu Awet Digunakan Setiap Hari

Rutin Mengecek dan Membersihkan

Sebagai salah satu barang elektronik yang dibanderol dengan harga cukup mahal, tentu Anda perlu merawat air purifier sebaik mungkin agar selalu awet digunakan. Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya adalah dengan rutin mengecek dan membersihkan air purifier. Pastikan untuk selalu mengecek filter secara rutin, misalnya saja seminggu sekali.

Penggunaan air purifier setiap harinya tentu membuat kotoran dan debu menjadi semakin menumpuk di dalam filter. Pengecekan ini berguna bagi Anda untuk mengetahui kondisi filter agar bisa segera membersihkannya apabila kotoran telah menumpuk. Dengan demikian, udara yang dihasilkan alat ini akan tetap sejuk, bersih, dan sehat.

Jangan Lupa Mengganti Filternya

Pengecekan filter juga berguna bagi Anda untuk mengetahui apakah filter air purifier perlu diganti atau tidak. Apabila filter masih berfungsi dengan baik, sebaiknya lakukan saja pembersihan filter secara rutin. Anda bisa membersihkannya dengan kuas atau kain lap basah secara langsung.

Setelah dibersihkan, pastikan untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum dipasang kembali. Namun, apabila filter dirasa sudah tidak bisa berfungsi dengan baik, sebaiknya ganti dengan filter yang baru. Penggantian filter air purifier bisa dilakukan minimal 6 bulan sekali untuk mendukung kinerja yang normal.

Membersihkan Tangki Air

Selain filter, bagian lain yang perlu diperhatikan kebersihannya adalah tangki air. Tips ini berlaku bagi Anda yang menggunakan humidifying air purifier. Bersihkan tangki dan juga ganti airnya minimal setiap seminggu sekali.

Anda bisa membersihkan tangki dengan menyikat dan membilasnya menggunakan air hangat. Kemudian pasang kembali tangki yang telah terisi air bersih ke humidifying air purifier. Penggunaan air bersih berguna untuk menjaga tangki tidak cepat kotor dan memastikan udara yang dihasilkan tetap bersih dan sehat.

From our editorial team

Interval Pengecekan Air Purifier

Dari daftar rekomendasi di atas, kira-kira produk manakah yang tertari Anda miliki? Sebelum membeli air purifier, pastikan Anda juga memahami cara perawatannya. Salah satunya dengan memperhitungkan interval pengecekan. Semakin sering air purifier digunakan, tentunya interval pengecekannya juga semakin singkat. Misalnya saja bagi Anda yang menggunakan air purifier selama 24 jam setiap hari, maka sebaiknya cek filter air purifier secara rutin 3 hari hingga seminggu sekali.