10 Rekomendasi Motor Paling Irit, Apakah Motor Anda Salah Satunya?

10 Rekomendasi Motor Paling Irit, Apakah Motor Anda Salah Satunya?

Kebanyakan orang membeli motor untuk menghemat pengeluaran, dibanding dengan naik angkot atau ojek setiap hari. Tetapi, apakah motor Anda termasuk motor yang paling boros? Tentunya, membeli motor yang boros bukan berarti sedang ingin berhemat, yah. Untuk itu, simak ulasan BP-Guide di bawah ini yah, agar tidak terjebak membeli sepeda motor yang boros.

Apakah Ada Motor Paling Boros di Indonesia? Sebenarnya Semua Itu Tergantung dari Perilaku Berkendara

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) memang tidak dapat dihindari. Apalagi bila kendaraan Anda termasuk boros akan bahan bakar. Tentu Anda akan merasa sangat pusing bukan? Bahkan ingin mengganti dengan kendaraan yang lebih hemat BBM.

Akan tetapi, bila sikap Anda tetap sama, maka beratnya harga BBM akan tetap Anda rasakan. Sebenarnya untuk mengatasi beratnya harga BBM bukan dengan mencari kendaraan hemat bahan bakar, namun tergantung pada cara Anda memperlakukan kendaraan.

Apa yang Menyebabkan Motor Menjadi Boros Bensin?

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa penyebab kendaraan Anda menjadi boros bensin seperti berikut ini.

Cara Menggunakan Gas

Pemakaian gas secara tidak wajar akan membuat kendaraan menjadi boros bensin. Untuk itu, hindari terlalu sering memainkan gas dan memindahkan posisi gigi. Biasanya hal ini sering terjadi bila Anda melalui jalanan macet atau memacu kendaraan secara agresif. Sehingga percepatan kendaraan tidak stabil akibat menggunakan gas dan rem secara mendadak.

Untuk itu perhatikan kestabilan dari laju kendaraan Anda. Lakukan dengan beraturan dan tenang, karena menggunakan persneling untuk kondisi putaran dan kecepatan mesin yang pas akan membuat bensin yang digunakan lebih hemat.

Perawatan Rantai atau Vanbelt

Perawatan rantai atau vanbelt harus menjadi perhatian Anda bila memiliki kendaraan berupa sepeda motor. Jangan biarkan rantai motor Anda menjadi kendur. Rantai yang kendur akan membuat roda menunggu agar posisi rantai mengencang, ini membuat laju perputaran roda menjadi lembat dan tenaga mesin menjadi berkurang.

Dikarenakan butuh tenaga lebih besar untuk tetap melaju, maka bahan bakar yang digunakan pun menjadi lebih boros. Bila masalah tersebut terjadi, maka Anda dapat mengencangkan rantai dengan cara menarik posisi ban belakang dari lengan ayun. Kemudian rantai bagian bawah Anda dorong dengan pergerakan ke atas maksimal 2 cm. Ingatlah, jangan setel ketegangan rantai terlalu kendur ataupun terlalu kencang!

Muatan yang Dibawa

Tahukah Anda, bila membawa beban yang terlalu berat dapat membuat motor Anda cepat rusak dan bahan bakar menjadi boros. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengatasi hal tersebut.

  • Jangan membawa barang atau beban yang terlalu banyak. Hanya gunakan motor untuk membonceng orang saja. Cukup bonceng satu orang saja. Selain menghindari boros bensin juga untuk keselamatan dan mencegah rusaknya roda motor serta part peredam.
  • Secara rutin lakukanlah pengecekan pada shockbreaker, ban, serta komponen lain yang memiliki tugas menanggung beban motor.
  • Bila Anda suka mendandani motor, maka sebaiknya hindari penggunaan aksesori yang terlalu banyak dan berlebihan. Hal tersebut justru akan menambah beban pada motor.

Oli

Oli juga berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar pada kendaraan Anda. Gunakan pelumas berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan pelumas yang tepat dapat membuat gesekan pada mesin menjadi halus dan membuat suhu panas mesin menjadi berkurang. Konsumsi bahan bakar pun jadi lebih hemat.

Jangan lupa pula untuk rutin melakukan pengecekan dan ganti oli. Oli bila habis akan membuat tarikan mesin menjadi berkurang dan berpengaruh pada pemakaian bensin. Oli diganti bila jarak tempuh telah mencapai sekitar 2.000-2.500 km. Bila usia oli terlalu lama akan membuat oli tersebut menjadi encer dan tidak maksimal menjalankan tugasnya sebagai pelumas mesin.

Inilah Deretan Motor Irit di Indonesia

Memiliki motor yang irit bensin tentu memiliki keuntungan tersendiri bagi perekonomian keluarga Anda. Agar tidak salah membeli motor yang biros, berikut adalah beberapa pilihan motor irit bensin yang BP -Guide hadirkan untuk Anda.

Yamaha Jupiter Z1

Sumber gambar warungasep.com

Ini dia motor bebek keluaran Yamaha yang hanya butuh 1 liter bensin saja agar dapat menempuh jarak hingga 69,88 km. Yamaha Jupiter Z1 menggunakan teknologi YMJET – Fi milik Yamaha dengan teknologi injeks, sehingga lebih irit bahan bakar hingga 20 ℅. Motor 115 cc ini bahkan memiliki desain yang futuristik dan aerodinamis.

Fairing-nya dilengkapi dengan lekukan air flow system yang terinspirasi dari Moto GP, sehingga motor ini pun lincah dan tanggung di jalanan. Anda bisa dapatkan Yamaha Jupiter Z1 FI CW Sepeda Motor di Blibli dengan harga Rp 17.100.000.

Honda Absolute Revo

Sumber gambar idntimes.com

Memiliki kapasitas 110 cc, Honda Absolute Revo dapat menempuh jarak 62,2 km hanya dengan 1 liter bensin saja. Motor bebek ini menggunakan teknologi injeksi PGM-FI sehingga menjadi favorit para karyawan di ibukota.

Pada saat dipasarkan, motor ini dijual dengan harga sekitar Rp 13.000.000 hingga Rp 15.500.000. Sayangnya motor keluaran PT Astra Honda Motor ini sudah tidak diproduksi lagi. Jadi, bila berminat Anda harus mencari bekasnya.

Honda Supra X 125 PGM - Fi

Sumber gambar otomercon.com

Honda Supra X 125 PGM-Fi menggunakan teknologi Programmable Fuel Injection. Hanya dengan 1 liter bensin saja, motor ini sudah dapat menempuh jarak hingga 62 km, walaupun memiliki kapasitas 125 CC. Tampilannya pun elegan dan modern, di mana pada roda belakang dan depan dilengkapi dengan disk brake. Terdapat pula LED serta lampu belakang yang tajam. Berminat? Pesan saja langsung di Blibli, dan dapatkan dengan harga Rp 18.800.000.

Honda Revo F1

Sumber gambar otomercon.com

Dengan karakter mesin yang memiliki torsi besar sejak putaran rendah, Honda Revo FI dapat menempuh jarak 57,3 km dengan 1 liter bensin. Ini karena dukungan teknologi dengan sistem bahan bakar injeksi PGM-FI serta internal mesin yang dibuat minim gesekan.

Motor berkapasitas mesin 110 cc ini pun ramah lingkungan, bahkan telah lulus standar emisi Euro 3. Dilengkapi pula dengan pendingin ruangan yang bisa Anda dapatkan di Blibli seharga Rp 15.520.000.

Yamaha Vega Force

Sumber gambar www.dealer-jakarta.co.id

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila Yamaha Vega Force menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Dikenal bandel dan bertenaga karena motor dengan mesin berkapasitas 110cc pada 7.000 rpm mampu untuk mengeluarkan tenaga hingga sebesar 6.41 kw, dengan torsi 9.53 nm pada 5.500 rpm.

Motor bebek ini juga dikenal irit karena mampu menempuh jarak hingga 55,6 km dengan 1 liter bensin. Ini karena dukungan teknologi injeksi pada mesinnya, sehingga menjadi motor paling irit di kelasnya. Bila berminat, Anda bisa mendapatkan di Blibli dan dibanderol dengan harga Rp 16.000.000.

Suzuki Satria F115 Young Star

Sumber gambar blibli.com

Ingin motor bebek yang performanya baik untuk ngebut-ngebutan di jalan? Suzuki Satria F115 Young Star bisa jadi pilihan. Dengan kapasitas 115 cc, motor dengan teknologi mesin SOHC ini memiliki sistem pembakaran full injection. Jadi tidak hanyabperforma mesinnya saja yang powerfull namun irit.

Bahkan hanya dengan 1 liter bensin saja mampu untuk mencapai jarak hingga 50 km. Didukung pula dengan sistem transmisi 4 percepatan yang memudahkan pengendara untuk melakukan manuver seperti mengendarai motor balap. Penasaran bukan? Motor ini dijual di Blibli dengan harga Rp 16.500.000.

Suzuki Shooter 115 FI

Sumber gambar bestcarmag.com

Suzuki Shooter 115 FI memiliki performa dengan kecepatan tinggi serta irit bahan bakar dan telah lulus uji coba yang dilakukan R&D Suzuki. Jarak hingga 49,7 km dapat ditempuh motor 113 cc ini hanya dengan 1 liter bensin. Ini karena adanya dukungan mesin 4 tak dengan teknologi low friction yang dipadukan dengan fuel injection.

Dilengkapi pula dengan pendingin udara serta teknologi LEAP (Light, Efficient, and Powerful). Harganya, hanya Rp 14.580.000 di Blibli.

Honda Blade 125 FI

Sumber gambar cermati.com

Honda Blade 125 FI dikenal karena desainnya yang sporty, sehingga Anda akan terlihat lebih gagah mengendarainya. Performanya pun sangat bertenaga, dikarenakan motor berkapasitas 125cc ini didukung oleh teknologi Fuel Injection dari mesin 4 tak SOHC.

Konsumsi bahan bakarnya tentu irit dan ramah lingkungan. Anda bisa mencapai jarak 49,6 km per liter. Bila berminat, Anda bisa dapatkan Honda New Blade 125 Fi R Sepeda Motor VIN 2018/ OTR JABODETABEK dengan harga Rp 17.300.000 di Blibli.

All New Honda BeaT eSP Sporty

Sumber gambar pojokseni.com

Selain memiliki bentuk yang simpel, All New Honda BeAT eSP Sporty juga dikenal irit bahan bakar. Didukung oleh sistem pembakaran Fuel Injection (PGM-FI) serta teknologi Enhanced Smart Power (eSP), membuat motor matic keluaran Honda ini mampu menempuh jarak 48 km per liter. Performanya tentu tidak perlu ditanyakan.

Pada putaran mesin 7.500 rpm, motor ini dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 8.68 ps dan torsi maksimum 9,01 N.m pada 6.500 rpm. Nyaman dikendarai untuk sehari-hari karena memiliki sistem braking Tromol yang membuat mesin menjadi lebih halus. Tertarik memilikinya? Anda bisa dapatkan seharga Rp 15.705.000 di Blibli.

Yamaha New Fino 125 Blue Core

Sumber gambar monkeymotoblog.com

Yamaha New Fino 125 Blue Core didukung oleh teknologi Blue Core serta eco indicator. Ini membuatnya tidak hanya memiliki ketahanan mesin, namun juga irit bahan bakar. Terdapat pula teknologi fuel injection serta sistem pendingin udara.

Tak heran bila motor berkapasitas 125 cc ini mampu menempuh jarak hingga 47,6 km per liter. Desainnya stylish, sehingga cocok untuk Anda yang suka dengan gaya retro. Bila berminat, Anda bisa dapatkan Yamaha New Fino 125 Blue Core Premium Sepeda Motor VIN 2018/ OTR Jabodetabek di Blibli dengan harga Rp 17.399.000.

From our editorial team

Motor Bisa Irit Maupun Boros, Sesuai Perlakuan Anda

Motor yang dirawat, diganti olinya, serta dirawat mesin, rantai, dan spare part lainnya tentu akan lebih irit ketimbang motor yang tak dirawat. Oleh karena itu, biasakan merawat motor dengan baik, yah. Nah, deretan motor yang diulas BP-Guide di atas juga bisa irit dan boros, sesuai perlakuan Anda terhadap motor Anda, loh.