Mau Liburan ke Banyuwangi? Ini Dia 9 Rekomendasi Oleh-oleh Khasnya! (2022)

Mau Liburan ke Banyuwangi? Ini Dia 9 Rekomendasi Oleh-oleh Khasnya! (2022)

Banyuwangi jadi salah satu destinasi wisata paling populer di Jawa Timur. Banyak juga lho oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasinya untuk Anda.

Liburan ke Banyuwangi? Jangan Lupa Beli Oleh-Olehnya!

Sumber gambar zonasultra.id

Banyuwangi dijuluki sebagai The Sunrise of Java. Daerah yang terletak di provinsi Jawa Timur ini memiliki kekayaan alam yang menakjubkan. Berwisata ke Banyuwangi kurang lengkap rasanya apabila tidak membawa oleh-oleh khas setempat. Beberapa makanan dari Banyuwangi memiliki cita rasa yang unik dan enak, sehingga cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Destinasi Wisata Banyuwangi yang Populer

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran memiliki julukan Afrika van Java. Di sini, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan layaknya savana Afrika hanya di Indonesia aja. Terkadang Anda mungkin akan bertemu dengan rusa-rusa lucu di sini. Taman Nasional Baluran bisa dicapai sekitar 1,5 jam dari pusat Banyuwangi dengan menggunakan mobil.

De Djawatan

Sumber gambar www.misteraladin.com

Hutan De Djawatan ini juga dikenal sebagai hutan The Lord of The Rings karena ketika ke sini, Anda bisa merasa seakan-akan berada di hutan Fangorn dalam cerita trilogi tersebut. Di dalamnya terdapat 50 pohon trembesi yang besar dan terlihat unik. Pohon-pohon yang rindang dapat menyejukkan mata dan pikiran.

Pantai Pulau Merah

Sumber gambar www.republika.co.id

Di Banyuwangi juga terdapat pantai. Ada pantai Pulau Merah atau Pulo Merah yang bisa Anda sambangi saat ke kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi. Namanya berasal dari pulau kecil yang terdapat bukit tinggi nan unik, dengan tanah berwarna merah. Anda bisa ke pulau ini dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut.

Teluk Hijau

Sumber gambar www.tripadvisor.com

Teluk Hijau atau Green Bay ini terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Teluk ini memiliki air berwarna hijau turquoise yang sangat indah. Di sekitaran teluk juga tumbuh pepohonan hijau yang menambah keindahan. Terkadang Anda bisa menjumpai monyet-monyet di sini, jadi pastikan simpan barang bawaan Anda dengan aman ya!

Dialoog Banyuwangi

Sumber gambar www.dialooghotels.com

Sebenarnya Dialoog Banyuwangi bukan merupakan tempat wisata, melainkan sebuah hotel di pinggir pantai. Namun, berkat keindahan lokasinya, hotel bergaya minimalis modern ini pun memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi populer di kalangan para wisatawan. Dengan fasilitas yang lengkap, Anda pun bisa melepas penat.

Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan di Banyuwangi

Pesan Penginapan Jauh-Jauh Hari

Jika Anda ingin liburan hemat budget, penting untuk menentukan tanggal liburan, lalu memesan penginapan jauh-jauh hari. Dengan booking penginapan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, Anda bisa merasa lebih tenang saat liburan. Anda bisa memilih kamar mana yang Anda inginkan, syukur-syukur mendapatkan promo atau harga yang lebih murah.

Datangi Tempat Wisata Gratis

Tips liburan hemat berikutnya adalah mengunjungi tempat wisata gratis. Di Banyuwangi, ada beberapa destinasi wisata yang tidak memungut biaya tiket masuk, seperti Taman Blambangan, Bukit Mondoleko, dan Pantai Waru Doyong. Ada juga beberapa destinasi yang berbayar seharga Rp 5000-Rp 15.000. Cukup murah, bukan?

Makan di Warung Lokal

Tips liburan hemat selanjutnya adalah makan di warung lokal tempat warga lokal makan sehari-hari. Makan di warung lokal tak kalah nikmatnya kok, Anda bisa mencicipi kuliner khas Banyuwangi nan otentik buatan warga lokal. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati kuliner seperti pecel rawon, sego cawuk, dan nasi tempong.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Wajib Anda Bawa Pulang

Kopi Osing

Banyuwangi termasuk salah satu daerah penghasil kopi. Ada Kopi Kemiren, Kopi Lanang, Kopi Pingit, atau Kopi Seblang. Dari beberapa nama kopi tersebut, Kopi Kemiren atau kopi Osing lah yang paling populer.

Kopi Kemiren ini diolah oleh suku Osing Kemiren dengan cara yang cukup unik, yaitu disangrai menggunakan wajan yang berbahan tanah liat, dan kemudian dibakar di atas tungku kayu. Sangat tradisional untuk menghasilkan cita rasa yang kaya.

Harga Rp. 30.000-100.000

Sale Pisang

Barangkali Anda sudah sangat familiar dengan Sale Pisang. Penganan ini pun banyak terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Namun, Sale Pisang khas Banyuwangi ini punya perbedaan dengan Sale Pisang dari daerah lain.

Bahkan katanya, Sale Pisang Banyuwangi merupakan Sale Pisang paling enak, lho. Sale Pisang dari Banyuwangi ini memadukan rasa manis dan gurih, sehingga rasanya sangat kaya. Sale Pisang ini juga dibuat dengan proses pengeringan yang lama, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan lezat.

Harga Rp. 10.000-25.000

Ladrang Sabrang

Masih bingung memilih oleh-oleh khas Banyuwangi? Ada ladrang sabrang yang tahan lama. Ladrang Sabrang merupakan penganan yang dibuat dari ubi ungu yang diolah sehingga berbentuk stik. Rasanya manis dengan tekstur yang renyah. Ditambah lagi, ubi ungu memiliki beragam nutrisi seperti serat, beta karoten, dan vitamin yang menyehatkan.

Harga Rp. 20.000-30.000

Pia Glenmore

Banyuwangi juga memiliki kue pia yang khas, namanya Pia Glenmore. Pia Glenmore ini memiliki berbagai varian rasa seperti rasa kacang hijau, pisang keju, nanas, durian, dan sebagainya. Tidak seperti pia kebanyakan yang berbentuk bulat, Pia Glenmore sengaja dibentuk lonjong gemuk. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam.

Harga Rp. 30.000-100.000

Kue Bagiak

Oleh-oleh khas Banyuwangi selanjutnya adalah bagiak, yaitu kue tradisional yang dibuat dari tepung sagu dan disajikan dengan berbagai rasa. Beberapa varian rasa bagiak yang tersedia adalah durian, vanilla, nangka, mocca, pandan, keju, kacang, serta jahe. Bagiak memiliki tekstur yang lembut dan mudah lumer di mulut. Cemilan ini juga tahan lama hingga 3 bulan.

Harga Rp. 10.000-20.000

Kelemben

Kelemben atau disebut juga Bolu Kuwok merupakan kue khas Banyuwangi yang berbahan dasar dari tepung terigu, gula, dan telur. Lalu dicetak dengan cetakan berbentuk cangkang kura-kura yang unik. Kue bolu kering tradisional ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, dengan aroma yang wangi.

Harga Rp. 10.000-30.000

Batik Gajah Oling

Di samping cemilan, oleh-oleh Banyuwangi berikutnya adalah batik. Banyuwangi memiliki banyak jenis motif batik, namun yang paling terkenal dan yang paling banyak dicari adalah Batik Gajah Oling. Motif Gajah Oling merupakan salah satu motif batik tertua di Banyuwangi.

Gajah Oling berasal dari dua nama hewan yaitu Gajah berarti besar (maha besar) dan Oling berarti eling (ingat). Batik Gajah Oling mengandung filosofi yaitu mengajak manusia untuk selalu ingat terhadap yang Maha Besar.

Harga Rp. 100.000-200.000

Dodol Salak

Di Banyuwangi, ada dodol khas yang dibuat dari bahan dasar buah salak. Tekstur dodol yang kenyal dan lembut berpadu dengan rasa salak membuatnya menjadi istimewa. Uniknya lagi, dodol ini dibungkus dengan daun lontar kering sehingga menambah aroma yang khas pada cemilan manis dari Banyuwangi ini.

Harga Rp. 10.000-25.000

Untir Untir

Oleh-oleh khas Banyuwangi selanjutnya adalah untir-untir. Dinamakan juga kue tambang karena bentuknya seperti tali tambang. Makanan ini merupakan jenis donat goreng, tapi tentu dengan bentuk yang berbeda. Teksturnya renyah dengan rasa yang manis dan gurih. Untir-untir termasuk cemilan yang mengenyangkan.

Harga Rp. 20.000-70.000
From our editorial team

Oleh-oleh Banyuwangi Bisa Dibeli Secara Online

Saat berkunjung ke Banyuwangi jangan bingung lagi mencari oleh-oleh. Pilihan oleh-oleh di atas bisa menjadi pilihan menarik. Saat ini juga sudah banyak oleh-oleh yang bisa dibeli secara online. Tentunya hal ini agar memudahkan banyak orang menikmati makanan tersebut tanpa harus datang ke Banyuwangi. Tapi, sayang sekali bila tidak mengunjungi Banyuwangi, karena destinasi wisata juga menarik untuk tujuan traveling.

Tag