Bau Kaki Mengganggu? Tuntaskan dengan 10 Rekomendasi Foot Spray Berikut (2021)

Bau Kaki Mengganggu? Tuntaskan dengan 10 Rekomendasi Foot Spray Berikut (2021)

Bau kaki bikin kamu jadi salah tingkah. Apalagi jika hendak melepas sepatu atau kaus kaki. Kamu tentu tidak ingin bau kaki menyebar ke seluruh ruangan dan mengganggu orang-orang di sekitarmu. Atasi segera dengan tips mengatasi bau kaki dari BP-Guide! Cek juga rekomendasi foot spray untuk hilangkan bau kaki!

Bau Kaki Mengganggu Penampilan, Kenali Penyebabnya Segera!

Kepercayaan diri seseorang bergantung dari banyak hal. Salah satunya adalah aroma tubuh. Jika aroma tubuh kita wangi, kita akan lebih percaya diri bertemu banyak orang. Mereka pun tidak akan risih berada di dekat kita.

Sayangnya, ada beberapa dari kita yang kurang beruntung soal aroma tubuh. Ada yang kakinya mudah berkeringat sehingga cepat bau. Ini jelas bikin mereka yang mengalaminya merasa kurang nyaman dan jadi tidak percaya diri. Bau kaki bikin orang di sekitar kita juga jadi kurang nyaman. Hal ini perlu segera diatasi. Agar tidak berlarut-larut, kamu wajib tahu penyebabnya dahulu. Mengetahui penyebabnya bikin kita lebih mudah untuk mengatasinya.

Bau kaki biasanya muncul karena ada bakteri dan keringat yang menumpuk pada kaki. Produksi keringat yang berlebih bikin kuman di kaki lebih cepat berkembang biak. Hal inilah yang kemudian menimbulkan bau kaki. Stres juga bisa menyebabkan produksi berkeringat berlebihan pada telapak tangan dan kaki.

Aroma tidak sedap pada kaki bisa timbul karena kita sering memakai sepatu dan kaus kaki tertutup sepanjang hari. Apalagi, jika kita jarang mengganti sepatu dan kaus kaki yang kita gunakan. Ini akan memperparah keadaan dan bikin kaki semakin bau.

Hal lain penyebab bau kaki adalah karena kebersihan kaki kurang terjaga. Bisa jadi ada jamur, kurap, atau kutu air. Atau bisa juga karena tidak sering cuci kaki, potong kuku, dan melakukan perawatan pada kaki.

Tips Mengatasi Bau Kaki

Rendam Kaki dengan Cairan Tertentu

Untuk mengatasi bau kaki, kita bisa melakukannya dengan cara merendam kaki dalam cairan tertentu. Ada banyak bahan yang bisa kamu gunakan sebagai rendaman kaki agar kaki tidak bau. Bahannya mudah didapat di sekitar kita juga, kok.

Pertama, kamu bisa gunakan air yang dicampur dengan garam. Rendam kaki pada air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Lakukan selama 15 menit. Rendaman air garam bisa merelaksasi tubuh dan juga bisa meredakan eksem.

Air rendaman lain yang bisa kamu gunakan adalah air lemon. Buah lemon bisa mengatasi kelebihan keringat dan bakteri penyebab bau kaki. Dalam lemon ada kandungan antibakteri yang bisa cepat menghilangkan bau kaki. Rendam kaki selama 15 menit untuk menghilangkan aroma kaki yang kurang sedap.

Kamu bisa juga memakai air dengan cuka untuk merendam kaki. Gunakan 2 sendok makan cuka untuk sebaskom air. Rendam kaki selama 15 menit. Namun, jika memakai rendaman yang satu ini, pastikan kaki kamu sedang tidak luka atau iritasi, ya.

Bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk merendam kaki adalah teh hitam. Bahan yang satu kaya akan asam tanat yang bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki. Teh hitam juga bisa mengurangi produksi keringat pada kaki. Seduh dua kantong teh hitam dengan dua liter air. Tunggu sampai airnya hangat lalu rendam kaki selama 30 menit.

Kamu boleh juga merendam kaki dengan kopi. Bahan yang satu ini bisa menghilangkan aroma tak sedap pada kaki. Cukup campur kopi secukupnya dengan air lalu rendam kaki selama 20 menit.

Gunakan Sepatu dan Kaus Kaki yang Tepat

Kebersihan kaus kaki dan juga sepatu wajib dijaga agar kaki tidak mudah bau. Gantilah kaus kaki setiap hari, apalagi jika kamu memakainya di lingkungan yang panas atau kamu gunakan beraktivitas fisik yang berat. Pilih bahan kaus kaki yang cepat menyerap keringat dan sirkulasi udaranya bagus sehingga kaki tidak cepat bau.

Untuk sepatunya, pilih sepatu dengan ukuran yang pas dan tidak kekecilan. Sepatu dengan ukuran terlalu sesak bisa bikin kaki lebih cepat berkeringat. Jika sepatu kamu basah terkena hujan, cepat keringkan dan angin-anginkan. Ini akan bikin sepatu lebih awet dan juga terbebas dari jamur dan bakteri penyebab bau kaki.

Oleskan Minyak Esensial

Kamu bisa juga memakai minyak esensial untuk menghilangkan bau kaki. Minyak esensial yang cocok untuk kamu gunakan adalah yang memiliki aroma lavender, mint, hingga aroma menenangkan lainnya. Oleskan minyak esensial pada kaki lalu lakukan pijatan lembut selama beberapa menit. Ini bisa memberikan aroma segar pada kaki dan membunuh bakteri penyebab bau kaki tidak sedap.

Gunakan Produk Penghilang Bau Kaki

Tidak ada salahnya juga jika kamu memakai produk penghilang bau kaki. Ada banyak produk penghilang bau kaki, mulai dari bedak antijamur untuk kaki, disinfektan, sabun, deodoran, hingga foot spray. Dengan rutin memakainya, tentu bau kaki bisa hilang dan kamu bisa tampil lebih percaya diri saat bertemu dengan banyak orang.

Ini Loh Deretan Foot Spray yang Bisa Kamu Andalkan untuk Mengatasi Bau Kaki

Taman Sari Royal Heritage Foot Spray

Taman Sari Royal Heritage Foot Spray wajib kamu bawa dalam tas kamu. Foot spray yang satu ini membantu masalah bau kaki agar teratasi dengan cepat tanpa ribet. Kandungan bahannya terdiri dari tea tree oil, chamomile extract, dan castor oil. Berbagai bahan tersebut bisa membuat aroma kaki jadi lebih harum dalam sekejap.

Produk yang satu ini juga bisa membuat tubuh jadi rileks usai bekerja seharian. Ada sensasi hangat pada area kaki yang disemprotkan. Produk semprot ini juga bisa melindungi kulit kaki sensitif. Bukan hanya kaki jadi lebih harum namun juga bisa lebih halus dan lembut.

Harga Rp. 17.000-130.000

The Body Shop Peppermint Foot Spray

Ada juga The Body Shop Peppermint Foot Spray yang cocok untuk kamu pilih. Produk yang satu ini menghadirkan penyemprot kaki yang terbuat dari bahan alami. Produknya aman tanpa pengawet dan pewarna buatan. Memakai bahan daun mint segar, ada aroma peppermint yang bisa segera membasmi bau kaki yang tidak sedap. Foot spray ini juga bisa memberikan efek dingin pada kaki usai seharian beraktivitas. Rasanya jadi nyaman dan rileks.

Harga Rp. 120.000-439.000

Guardian Foot Spray

Kamu juga tidak boleh melewatkan Guardian Foot Spray sebagai pilihan utama. Produk yang satu ini bikin kulit kaki jadi lebih mulus dan tampak lebih awet muda bebas keriput. Ini karena produknya memakai teh hijau sebagai bahan utamanya. Teh hijau kaya akan antioksidan sehingga bikin kaki kenyal dan tetap kencang. Foot spray ini juga mengandung peppermint dan tea tree oil yang bisa membasmi bau tidak sedap pada kaki.

Harga Rp. 17.000-71.000

Scholl Fresh Step Anti-Perspirant Foot Spray

Scholl Fresh Step Anti-Perspirant Foot Spray sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini akan bikin kaki bebas keringat dan bau bahkan sampai 24 jam lamanya. Kaki kamu jadi senantiasa kering dan nyaman seharian meski kamu memakai kaus kaki dan sepatu. Foot spray ini hadir dengan aroma citrus. Wanginya ringan dan segar. Produk ini dikemas dalam botol spray ukuran 96 ml sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Harga Rp. 153.000-215.000

Martha Tilaar Dewi Sri Spa Footherapy

Martha Tilaar Dewi Sri Spa Footherapy hadir dengan minyak esensial yang bagus untuk kesehatan kaki. Bahan-bahan utamanya adalah peppermint oil, tea tree oil, rice bran oil, dan lavender oil. Aneka bahan minyak esensial tersebut membuat produk ini sangat ramah untuk kulit. Kaki kamu bisa bebas bau seharian. Selain itu, produk ini bersifat antibakteri juga sehingga bisa membunuh kuman dan bakteri pada kaki dengan ampuh.

Harga Rp. 150.000-159.000

Titania Foot Deodorant Spray

Kamu bisa juga memakai deodoran untuk menghilangkan bau kaki. Ada Titania Foot Deodorant Spray yang bisa jadi andalan kamu. Produk ini merupakan produk dari Jerman dengan kualitas yang bagus. Tidak hanya membuat kaki bebas bau, namun juga bisa membuat kaki lebih sehat. Dikemas dalam botol spray ukuran 200 ml, produk ini mudah dibawa ke mana saja. Kamu cukup mengocok foot spray ini sebelum memakainya. Semprotkan dengan jarak 15 cm dari kaki. Hasilnya kaki terasa segar dan aroma kaki tidak sedap langsung hilang.

Harga Rp. 93.000-165.000

Fleet Tropical Foot Spray

Fleet Tropical Foot Spray hadir dengan wangi buah segar yang bikin semangat. Kamu yang tadinya ogah-ogahan beraktivitas pasti langsung senang dan mendapat mood yang baik usai mencium aroma foot spray yang satu ini. Ada bahan tea tree oil di dalamnya yang bisa membuat kaki bebas iritasi dan juga bakteri.

Harga Rp. 52.000-90.000

Bio Herbal Foot Spray

Bio Herbal Foot Spray sayang untuk kamu lewatkan. Produk yang satu ini bebas bahan kimia sehingga aman untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Kaki akan tetap kering dan bebas lembap sehingga bisa bebas bau kaki. Kamu juga bisa jadi lebih percaya diri. Produk ini hadir dalam botol spray isi 60 ml.

Harga Rp. 24.000-45.000

Bali Alus Fresh Foot Spray Cool And Refreshing

Bali Alus Fresh Foot Spray Cool And Refreshing merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Foot spray yang satu ini kaya akan berbagai bahan alami seperti ekstrak daun sirih, ekstrak chamomile, dan gliserin. Ekstrak sirihnya bisa menghilangkan jamur dan bakteri pada kaki penyebab bau. Selain itu, bahan gliserin bikin kaki jadi lebih lembut dan halus. Bahan chamomile extract bikin bau kaki enyah sehingga kaki lebih segar. Produk ini dikemas dalam botol ukuran 100 ml.

Harga Rp. 44.000

Innisfree Perfect Fresh Foot Spray

Innisfree Perfect Fresh Foot Spray adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini hadir dengan bahan ekstrak tumbuhan seperti centella asiatica, fig fruit, citrus, camelia leaf, dan pepperment leaf. Berbagai bahan alami tersebut efektif untuk merawat kaki. Hasilnya, kaki bebas bau, lebih segar, dan tidak lembap. Kamu bisa lebih percaya diri beraktivitas tanpa takut bau kaki.

Harga Rp. 146.000-174.000
From our editorial team

Rutinlah Membersihkan Kaki

Bau kaki berasal dari kaki yang kurang bersih. Kamu harus rutin menjaga kebersihan kaki agar kaki bebas bau. Gunakan sabun dan scrub untuk mencuci kaki satu atau dua kali sehari, utamanya setelah kamu pulang dari bepergian. Keringkan kaki dengan sempurna, khususnya pada area sela-sela jari kaki. Gunting kuku hingga pendek dan bersihkan kotoran kuku secara teratur. Jangan lupa untuk membersihkan kulit mati yang keras dengan foot file. Dengan menjaga kesehatan dan kebersihan kaki, maka kamu bisa terbebas dari bau kaki.

Tag