Tips Mulai Berjualan Makanan Ringan dan 10 Rekomendasi Jajanannya! (2021)

Tips Mulai Berjualan Makanan Ringan dan 10 Rekomendasi Jajanannya! (2021)

Usaha makanan ringan bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Anda bisa memulainya dengan mudah dan modal yang sedikit. Anda bisa ikuti juga tips dari kami untuk memulai usaha makanan ringan. Intip juga deretan pilihan makanan ringan untuk dijual kembali dari BP-Guide!

Berjualan di Rumah, Why Not!

Masa pandemi belum bisa dibilang sudah berlalu. Kita masih dalam peralihan dari masa pandemi ke new normal. Ini membuat kita masih harus sangat berhati-hati dalam beraktivitas. Bagi Anda yang sejak pandemi jadi kesulitan bekerja di luar rumah, tak ada salahnya jika kini Anda mulai membuka usaha kecil di rumah, contohnya saja berjualan di rumah.

Anda bisa mulai dengan bisnis kecil-kecilan. Tak usah bingung mencari tempat. Rumah bisa jadi tempat yang strategis untuk digunakan membuka usaha jualan. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memakai rumah sebagai tempat jualan.

Pertama, Anda bisa meminimalisasi biaya. Berjualan di rumah membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Anda juga bisa berhemat ongkos transportasi karena cukup di rumah dan tidak perlu pergi ke tempat jualan naik kendaraan. Selain itu, berjualan di rumah juga bisa membuat Anda tidak perlu membayar pajak untuk menyewa tempatnya dan juga menambah mahal harga jualan karena terkena pajak.

Berjualan dari rumah adalah peluang untuk bisa jadi lebih profesional. Sekecil apapun bisnisnya, jika Anda adalah pemiliknya, maka Anda bisa lebih mudah mengontrol dan mengendalikannya. Anda juga jadi lebih tahu bagaimana memegang beberapa jabatan sekaligus, mulai dari menjadi ahli strategi, bagian pemasaran, bagian pengembangan bisnis, dan lainnya.

Dengan berjualan di rumah maka waktunya jadi lebih fleksibel. Kita bisa bebas menentukan jam berapa buka dan tutupnya. Selain itu, kita juga bisa melakukan pekerjaan rumah sembari menunggu pembeli datang. Dengan begini, rumah terurus dengan baik dan usaha juga berjalan dengan lancar.

Berjualan di rumah juga membuat Anda jadi punya lebih banyak waktu untuk keluarga. Anda jadi bisa dekat dengan mereka setiap saat. Bahkan, jika ada anggota keluarga yang sakit, Anda juga bisa merawatnya di rumah sambil tetap berjualan. Jadi, segera mulai bisnis Anda, sekarang!

Makanan Ringan Bisa jadi Jualan Menjanjikan

Keadaan ekonomi kita belakangan ini memang jadi serba sulit. Namun, jangan putus asa, karena pasti selalu ada jalan untuk yang mau berusaha. Maka dari itu, jika Anda ada niat berjualan di rumah, Anda bisa memulai dari bisnis kecil seperti berjualan makanan ringan.

Jajanan berupa makanan ringan alias snack banyak disukai anak-anak hingga dewasa. Apalagi, masyarakat Indonesia tergolong paling suka ngemil. Ini merupakan peluang bisnis menjanjikan. Setiap orang butuh camilan, dan Anda bisa menyediakan camilan tersebut untuk mereka.

Anda bisa mulai membeli snack dalam ukuran kiloan. Selanjutnya, kemas sendiri dalam ukuran kecil lalu beri label dan pasarkan. Usaha semacam ini tidak butuh modal yang besar. Namun, jika ditekuni maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Cara memulai bisnis ini juga tidak begitu rumit. Anda hanya perlu sabar dan tekun untuk melakukannya.

Tips Memulai Usaha Makanan Ringan

Cari Supplier yang Tepat

Untuk memulai bisnis usaha makanan ringan tentu saja Anda butuh supplier makanan ringan yang tepat. Pastikan penjualnya terpercaya dan menjual barang yang berkualitas. Anda tentu tidak ingin pembeli Anda jadi keracunan makanan ringan yang Anda jual hanya karena produk dari supplier ternyata buruk kualitasnya. Jangan langsung beli banyak jika Anda belum melihat produknya secara langsung. Datangi dan coba cicipi makanan ringan yang hendak Anda beli untuk tahu kualitas, aroma, dan rasanya. Dengan begini, Anda lebih yakin apa yang akan Anda beli dan bisa lebih aman untuk menjualnya kembali.

Pilih Jenis Makanan Ringannya

Makanan ringan ada banyak sekali jenisnya. Anda wajib menentukan dulu jenis makanan ringan yang ingin Anda jual. Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Ini adalah supaya Anda jadi lebih tahu jajanan mana yang paling disukai konsumen sehingga jualan Anda akan lebih laris. Cek jajanan apa saja yang paling banyak dicari di warung, toko atau swalayan besar. Selanjutnya, Anda bisa mulai membeli makanan ringan yang banyak peminatnya tersebut untuk dijual di rumah Anda.

Tentukan Harga

Jangan lupa untuk menentukan harga. Hindari mematok harga yang jauh dari standar. Untuk awalan, Anda bisa mulai berani bersaing soal harga dengan para penjual lainnya. Anda bisa menjual makanan ringan kemasan dengan harga sedikit di bawah harga pesaing. Misalnya, pesaing menjualnya dengan harga Rp 6.000 maka Anda bisa mulai menjualnya dengan harga Rp 5.000 namun tentu sudah dihitung dengan laba yang akan didapat, ya.

Cara ini bisa menarik minat para pembeli ketika Anda baru membuka usaha. Nantinya, jika sudah ramai, Anda bisa mulai mengikuti harga pasar atau menaikkan sedikit harganya. Dengan begini, makanan ringan yang Anda jual tentu laris.

Kemasan dan Label

Kemasan sangat penting saat kita berniat untuk berjualan makanan ringan. Kemasan bisa menentukan tampilan makanan ringan tersebut menarik atau tidak. Untuk makanan ringan, pastinya kemasannya dari plastik, namun ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar kualitas makanan ringan yang kita jual tetap terjaga.

Pertama, pastikan makanan ringannya mampu untuk melindungi isi makanan. Kemasan makanan ringan wajib rapat dan higienis agar isinya tidak kotor, berjamur, atau mudah apek. Kedua, pastikan kemasannya bisa menarik minat pembeli. Untuk yang satu ini Anda bisa memberikan label yang menarik.

Buatlah label Anda sendiri. Perkenalkan produk yang Anda jual. Beri nama produk yang menarik, selanjutnya berilah sedikit gambaran seperti apa makanan tersebut dari segi rasa, komposisi bahan dan lainnya. Hal ini akan membuat pembeli jadi lebih yakin untuk membeli produk yang Anda jual.

Beri Promo

Siapa sih yang tak suka promosi? Setiap orang tentu senang jika ada promo. Saat Anda baru membuka toko, Anda bisa melakukan promosi dengan menjual beli satu gratis satu atau menjual dengan harga diskon khusus untuk satu hari tersebut. Ini tentu akan sangat menarik para pelanggan. Jika mereka sudah tahu toko Anda maka tentunya besok-besok mereka akan kembali membeli di sana. Apalagi jika memang kualitas dan rasa makanan ringan yang Anda jual cocok dengan selera mereka.

Ini Dia Deretan Makanan Ringan yang Bisa Anda Jual Lagi

Tictic Rasa Bawang Kiloan

Tictic Rasa Bawang Kiloan merupakan makanan ringan yang banyak disukai. Produk yang satu ini rasanya cenderung gurih dengan aroma dan rasa bawang yang kuat. Camilan ini banyak disukai anak-anak hingga dewasa. Ini merupakan produk asli Tictic dan bukan barang KW. Makanan ringan dijamin renyah dan bikin nagih. Ini cocok untuk dikemas ulang dan dijual kembali. Pengiriman sudah termasuk bubble wrap dan kardus.

Harga Rp. 18.000-25.000

WALENS SOES snack kiloan original

Sus kering merupakan camilan yang enak untuk berbagai suasana. Camilan yang satu ini bisa juga untuk Anda jual sebagai bisnis awalan Anda. WALENS SOES snack kiloan original bisa jadi pilihan. Bukan sekadar sus kering biasa, di dalamnya ada isian selai cokelat yang nikmat. Ada juga varian isian blueberry. Untuk membelinya, Anda bisa pilih kemasan 100 gram hingga 500 gram. Snack kiloan ini juga dijual untuk para reseller dan akan langsung mendapat potongan harga untuk reseller.

Harga Rp. 9.500-42.000

Snack Kiloan Pangsit Cumi Abon merk KJ

Camilan pangsit memang enak untuk dikonsumsi saat santai. Bukan hanya enak dimakan langsung. Camilan ini juga enak untuk dimakan bersama makanan lain seperti bakso, mi, soto, dan lain sebagainya. Snack Kiloan Pangsit Cumi Abon merk KJ bisa jadi pilihan jualan Anda. Pangsit cumi ini rasanya empuk dengan abon yang bentuknya mirip cumi.

Saat pembelian sebaiknya Anda menambahkan bubblewrap agar barang tidak rusak. Sebelum dikemas, snack akan dicek lebih dulu kualitasnya jadi bisa dipastikan bagus.

Harga Rp. 18.000

Kerupuk Gurilem Snack Kiloan

Kerupuk Gurilem Snack Kiloan ini tak kalah enak rasanya. Produk yang satu ini bisa jadi ide untuk jualan. Makanan ringan ini dijamin fresh karena produk terjual setiap hari sehingga tidak ada produk stok lama. Kerupuk dijual dalam harga grosir sehingga dipastikan murah.

Kerupuk dengan merek Si Denok ini merupakan camilan khas Cililin Bandung Barat. Produk ini berbahan tepung tapioka. Kerupuk digoreng dengan pasir pantai sehingga rendah kalori. Bumbunya adalah bumbu racikan tradisional sehingga membuat kerupuk memiliki cita rasa yang khas. Produk sudah memiliki izin PIRT dan halal MUI sehingga aman dikonsumsi.

Harga Rp. 5.000-10.000

Snack Stik Kentang Potato Yola Yola

Snack Stik Kentang Potato Yola Yola ini adalah rekomendasi kami selanjutnya. Snack kentang pasti banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Camilan yang satu ini bisa dikonsumsi kala menonton TV atau berkumpul keluarga. Anda tinggal mengemasnya lagi secara menarik untuk dijual kembali.

Makanan yang satu ini terbuat dari kentang asli pilihan. Bumbunya juga nendang dan dipastikan bikin kita jadi nagih banget dengan rasanya. Produk yang dibuat oleh PT Sari Murni Jaya ini dijamin aman dikonsumsi karena sudah BPOM.

Harga Rp. 3.650-5.700

Piatos Snack Kentang Kiloan 250gram

Piatos Snack Kentang Kiloan 250gram juga tak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Snack keripik kentang ini dijual dalam kemasan yang sudah rapi. Anda tinggal menjualnya kembali saja. Keripik kentang rasa sapi panggang ini asli merek Piatos dan bukan KW atau barang reject. Pembelian sudah termasuk bubble wrap dan juga kardus sehingga produk aman hingga tangan konsumen.

Harga Rp. 25.000-32.000

SNACK KILOAN KOKO KRUNCH SIMBA 250 GRAM

SNACK KILOAN KOKO KRUNCH SIMBA 250 GRAM merupakan produk yang bisa jadi pilihan untuk jualan. Anak-anak tentu sangat menyukai camilan yang satu ini. Bentuknya mini dengan rasa cokelat yang enak dan pekat. Camilan ini bisa dikonsumsi langsung atau bisa juga dijadikan sereal.

Dikemas dalam plastik bening tebal sehingga rasa, aroma, dan kualitas dijamin aman. Produknya halal, murah, dan enak. Harga bersaing dan tanggal kedaluwarsa dijamin masih lama. Produk akan dicek sebelum dikirimkan sehingga terjamin kualitasnya.

Harga Rp. 7.500-14.000

LANTING BAWANG ASIN MERK MASWI 400 gram

LANTING BAWANG ASIN MERK MASWI 400 gram adalah produk enak untuk dijual kembali. Dikemas dalam packing rapi, produknya dijamin aman hingga tangan konsumen. Makanan ringan ini higienis dan produksinya dipastikan selalu baru. Produk ini cocok untuk teman ngopi atau nonton televisi. Rasanya gurih nikmat dan dijamin bikin nagih. Anda bisa membelinya secara grosir atau eceran.

Harga Rp. 15.000

Sabena Snack Stik

Sabena Snack Stik adalah rekomendasi yang tidak bisa terlewatkan lainnya. Produk yang satu ini terbuat dari jagung yang diolah dengan campuran bumbu lainnya. Makanan ringan dijamin enak dan juga higienis. Ini bisa jadi camilan santai sekeluarga. Ada banyak varian rasa seperti, balado, keju, jagung bakar, cocopandan, capucino, hingga kari ayam.

Harga Rp. 9.750-11.000

Barcelona Twister Roll 250 gram

Barcelona Twister Roll 250 gram adalah rekomendasi terakhir kami. Snack kiloan ini memiliki pilihan rasa yang enak. Ada rasa cokelat, stroberi, dan panda. Anda bisa pilih yang disuka. Produk dikirim dan dipastikan dalam kondisi baik dan layak. Proses ekspedisi juga dijamin aman karena memakai bubble wrap.

Harga Rp. 16.000-30.000
From our editorial team

Pasarkan Lewat Media Sosial

Sekarang ini peran media sosial begitu besar dalam hidup kita. Ada banyak informasi yang bisa mudah kita dapatkan dengan media sosial. Kita juga bisa berbagi kabar, situasi, dan kondisi dengan cepat melalui sosial media. Nah, manfaatkan media sosial untuk memasarkan barang dagangan Anda. Dengan cara ini, bukan hanya saudara dan tetangga saja yang tahu soal jualan Anda namun juga masyarakat luas. Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen di luar sana.