10 Rekomendasi Skincare Malam untuk Maksimalkan Perawatan Kulit di Malam Hari (2021)

10 Rekomendasi Skincare Malam untuk Maksimalkan Perawatan Kulit di Malam Hari (2021)

Setiap wanita membutuhkan yang namanya perawatan kulit. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, jangan lewatkan memakai skincare di malam hari. Rangkaian skincare malam berbeda dengan pagi hari. Jangan lupa cara pakaianya juga harus berurutan supaya hasilnya maksimal. Simak urutannya dan juga rekomendasi produk terbaiknya dari BP-Guide!

Malam hari jadi Saat Tepat untuk Maksimalkan Perawatan Kulit

Perawatan kulit tidak hanya dilakukan pada pagi hari saja. Untuk memaksimalkan hasil yang didapatkan dari perawatan kulit wajah, kamu wajib juga memakai skincare di malam hari sebelum tidur. Pemakaian skincare malam hari justru bagus untuk kulit karena saat kita tidur, skincare bisa bekerja lebih maksimal dalam memperbaiki kulit.

Beraktivitas sepanjang hari bikin kulit kita terpapar polusi, sinar UV, radikal bebas, dan lain sebagainya. Kulit jadi kusam dan mulai menampakkan aneka gejala masalah kulit seperti berminyak, kering, bruntusan, dan lainnya. Untuk itu, kita harus segera menanganinya agar tidak jadi masalah kulit yang lebih parah seperti komedo, jerawat, iritasi, dan lain sebagainya.

Malam hari adalah waktunya kulit untuk beregenerasi. Dengan bantuan skincare yang tepat maka kulit bisa terhidrasi maksimal dan bisa membantu perbaikan sel-sel kulit yang rusak.

Gunakan rangkaian skincare malam dengan tepat dan berurutan. Ini supaya hasilnya bisa lebih maksimal. Nah, simak urutannya di bawah ini, ya!

Simak Urutan Skincare Malam yang Wajib Kamu Pakai

Awali dengan Makeup Remover

Awali skincare malam kamu dengan memakai makeup remover. Ini akan sangat berguna jika kamu selalu memakai makeup atau baru pulang dari luar rumah yang mengharuskan kamu memakai makeup. Gunakan pembersih yang sesuai. Misalnya, untuk membersihkan makeup mata dan bibir harus memakai makeup remover khusus mata dan bibir. Ini agar lebih optimal bersihnya.

Kamu bisa memakai micellar water jika ingin praktis. Tinggal tuang pada kapas lalu usap merata pada wajah. Atau boleh juga memakai milk cleanser agar lebih bersih. Ratakan pada wajah lalu pijat-pijat sebentar dan bersihkan dengan kapas.

Pakai Facial Wash

Usai memakai makeup remover, kamu bisa gunakan face wash. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan, entah itu facial wash, facial foam, whip foam, atau gel cleanser. Mencuci wajah dengan sabun adalah tahapan yang penting. Selain untuk mengangkat kotoran, ini juga bisa mengangkat sisa makeup usai dibersihkan dengan makeup remover.

Pilih sabun wajah yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu, ya. Dengan menyesuaikan jenis kulit, maka pembersih wajah bisa lebih maksimal dalam mengangkat kotoran, debu, minyak, dan tanpa membuat kulit terlalu kering atau terlalu berminyak.

Gunakan Exfoliator

Dalam seminggu, kamu wajib memakai exfoliator setidaknya dua kali. Hindari memakai exfoliator setiap hari karena hal ini hanya bikin kulit wajah jadi lebih mudah iritasi karena terlalu kering. Gunakan sekali atau dua kali saja dalam satu minggu secara rutin.

Exfoliator berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan masalah seperti kulit kusam, komedo, dan jerawat. Untuk bentuk ekfoliatornya, kamu bisa memakai toner exfoliator atau exfoliator pad. Kamu bisa juga memakai facial scrub sebagai exfoliator untuk membersihkan wajahmu.

Aplikasikan Toner

Setelah itu, gunakan toner untuk melengkapi rangkaian pembersihan wajahmu di malam hari. Pemakaian toner adalah untuk menghidrasi dan memanjakan kulit kamu. Selain toner, kamu boleh memakai essence. Fungsinya sama yakni untuk mempersiapkan kulit agar lebih siap menerima dan menyerap produk selanjutnya yang akan kamu gunakan. Pilih toner sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Pakai Masker Wajah

Lengkapi perawatan wajah di malam hari dengan memakai masker wajah. Kamu bisa gunakan masker wajah 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Pemakaian masker wajah bisa menutrisi kulit dan juga bisa mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, iritasi, dan lain sebagainya.

Di pasaran tersedia berbagai bentuk jenis masker. Ada yang masker berbentuk clay, gel, sheet, peel off, dan lain sebagainya. Pilih masker sesuai kebutuhan. Bahan masker bisa menentukan hasil yang ditawarkan masker. Jadi pilih bahannya dan sesuaikan dengan hasil yang kamu inginkan.

Gunakan Serum

Usai memakai masker, kamu bisa mulai mengaplikasikan serum wajah. Pemakaian serum bisa menutrisi kulit karena dalam serum terkandung vitamin, mineral, hingga antioksidan. Serum juga dibuat beragam dengan aneka bahan utama yang setiap bahannya bisa memberikan hasil tersendiri.

Serum bisa berbentuk gel ataupun losion. Kamu tinggal pilih mana yang nyaman untuk kamu. Pemakaian serum setiap malam bisa mencegah munculnya penuaan dini dan garis halus di wajah. Serum juga bisa melembapkan wajah dan menyamarkan ukuran pori-pori. Pemakaian serum juga bisa menyamarkan bintik gelap di wajah dan juga bekas jerawat pada wajah.

Aplikasikan Krim Mata

Beberapa orang memiliki masalah dengan kantung mata yang menghitam. Ada juga yang bermasalah dengan mulai munculnya garis halus di area mata. Agar hal ini tidak terjadi pada kamu, maka pastikan kamu selalu mengaplikasikan krim mata setiap malam, ya.

Krim mata memiliki tekstur ringan dan cepat diserap. Krim mata bisa dioles ke area sekitaran mata. Pilih krim mata yang sekiranya bisa mengatasi masalah yang kamu alami. Misalnya untuk mata panda, untuk ruam, untuk iritasi, atau untuk mencegah penuaan dini.

Aplikasikan Krim Malam

Terakhir adalah mengaplikasikan krim malam. Ini bisa jadi penutup skincare malam kamu. Pemakaiannya secara teratur akan bikin kulit kamu jadi lebih lembap dan lebih segar keesokan harinya saat bangun tidur. Kandungan krim malam biasanya akan berfungsi untuk menyamarkan kerutan, meregenerasi kulit, dan memudarkan noda hitam pada wajah.

Selain krim malam, kamu bisa juga memakai sleeping mask. Pemakaian sleeping mask biasa digunakan usai krim malam. Sleeping mask bisa mencerahkan wajah dan melembapkannya selama kamu tidur. Sayangnya, kamu tidak bisa memakainya setiap hari. Penggunaan sleeping mask setiap hari bisa mengurangi keefektifan formulanya.

Ini Loh Deretan Produk yang Bisa Kamu Gunakan untuk Skincare Malam

Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water

Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water merupakan produk yang bisa kamu andalkan untuk membersihkan wajah dalam rutinitas skincare malam. Micellar water ini akan mengangkat kotoran dan minyak pada wajah. Gunakan juga untuk bisa menghilangkan makeup waterproof.

Micellar water yang satu ini tidak akan bikin kulit jadi terasa terlalu kesat dan tertarik. Kamu tidak perlu menggosoknya terlalu keras pada wajah. Cukup diamkan sebentar lalu usap untuk membersihkan wajah. Ada kemasan ukuran 50 ml, 125 ml, dan 400 ml.

Harga Rp. 12.000-50.000

Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm

Dear Me Beauty 30 Seconds Meltaway Cleansing Balm juga bisa jadi cleanser andalan kamu. Produk ini bisa membersihkan wajah hanya dalam 30 detik. Cleansing balm ini mudah dibaurkan pada wajah. Cocok juga untuk menghapus makeup yang tebal. Cukup aplikasikan di wajah, pijat sebentar lalu hapus dengan kapas.

Bahan utamanya adalah tocopheryl acetate yang merupakan bentuk vitamin E. Bahan tersebut mampu melembapkan wajah dengan maksimal. Produk yang tinggi antioksidan ini bisa bikin wajah kamu jadi lebih terlindungi dari radikal bebas.

Harga Rp. 94.900-179.000

The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Gel Wash

The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Gel Wash juga bisa jadi andalan kamu. Produk ini cocok untuk mencuci bersih wajahmu. Pembersih wajah dengan bahan utama seaweed ini ringan karena teksturnya gel. Produknya paraben free sehingga lebih aman untuk kulit. Cleansing gel ini juga bebas sabun sehingga tidak banyak busanya dan tidak menyebabkan iritasi kulit. Ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan kombinasi. Sabun muka ini bisa membersihkan area T zone dan mengurangi minyak di area T.

Harga Rp. 105.000-159.000

Neogen bio-peel gauze peeling

Neogen bio-peel gauze peeling merupakan produk yang unik. Kamu bisa memakainya sebagai exfoliator. Bentuknya pad sehingga lebih mudah diaplikasikan. Dikemas dalam jar, sehingga kamu tinggal ambil saja padnya lalu digunakan pada wajah. Gosok sisi timbulnya dulu pada wajah lalu usap sisi lembutnya pada wajah.

Ada 3 varian yang bisa kamu coba. Ada varian lemon dengan warna kuning yang bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit. Ada juga varian wine dengan warna ungu yang bisa mencegah tanda-tanda penuaan. Selain itu, ada juga varian green tea dengan warna hijau yang bisa mencerahkan dan menenangkan kulit yang breakout. Produk sudah BPOM jadi aman digunakan.

Harga Rp. 132.500-250.000

KLEVERU Sea Buckthorn Essence Toner

KLEVERU Sea Buckthorn Essence Toner wajib jadi pilihan kamu. Toner ini bisa menyegarkan wajah. Sebagai paduan dari toner dan essence kamu bisa mengandalkannya untuk menyehatkan kulit wajahmu. Dibuat dengan menyesuaikan pH alami kulit, produk ini tidak bikin iritasi.

Toner hadir dengan kandungan utama superfruit Sea Buckthorn. Bahan tersebut akan mencerahkan dan menghaluskan wajah. Selain itu, wajah jadi lebih lembap dan lebih siap menerima produk selanjutnya.

Harga Rp. 100.100-154.000

L’Oréal Pro-Youth Mask

L’Oréal Pro-Youth Mask cocok untuk kamu gunakan di malam hari. Masker dalam bentuk sheet ini praktis digunakan kapan saja. Kamu juga mudah membawanya kemana saja. bentuk sheet masknya mudah dipakai di wajah.

Masker memiliki kandungan volcanic spring water, Damask rose, dan witch hazel. Semua bahan itu bagus untuk mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan pada wajah. Produk memakai bahan advanced cellulose tissue mask sehingga lebih tebal dan nyaman.

Ada banyak varian yang bisa kamu pilih. Ada Pro-Youth Mask Brightening, Pro-Youth Mask Plumping, dan Pro-Youth Mask Lifting. Aneka produk tersebut bisa mencerahkan, mengencangkan, dan membuat tampak awet muda.

Harga Rp. 10.000-40.500

Nacific Phyto Niacin Whitening Essence

Nacific Phyto Niacin Whitening Essence adalah produk dari Korea Selatan yang bisa kamu andalkan. Essence ini mampu mencerahkan kulit wajah dan meratakan warna kulit dengan baik. Produknya juga kaya antioksidan sehingga bisa menghalau radikal bebas dengan baik.

Essence memiliki kandungan ekstrak daun murbei dan lemon yang kaya manfaat dan bisa menutrisi kulit wajah dengan baik. Teksturnya cair dan ringan sehingga mudah dibaurkan dan mudah meresap. Tidak ada noda hitam di wajah dan pembentukan melamin juga bisa dicegah.

Harga Rp. 98.000-234.000

Joylab Eye on Diet

Joylab Eye on Diet wajib kamu gunakan setiap malam. Krim mata ini akan membantu menutrisi kulit di area sekitar mata. Area ini lebih sensitif dari area lain maka perlu skincare khusus untuk merawatnya. Bagi kamu yang memiliki keluhan berupa mata panda dan garis halus, kamu bisa gunakan produk ini untuk mengatasinya.

Di dalamnya ada kandungan parafin yang bisa mengontrol pH. Ada juga kandungan cetearyl yang bisa menyamarkan lingkaran hitam dan kantung mata. Krim mata juga bisa hadir dengan cetyl yang akan bikin kulit jadi lebih sehat. Krim juga memiliki kandungan cetearet 20 yang bisa bant bersihkan kulit.

Produk aman untuk kulit sensitif, anak-anak, bahkan untuk ibu hamil dan menyusui. Dikemas dalam ukuran 20 gram, produk mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 44.000-128.000

Whitelab Brightening Night Cream

Whitelab Brightening Night Cream bisa kamu andalkan untuk krim malam. Hadir dengan kandungan niacinamide yang tinggi, produk ini akan mencerahkan kulit selama kamu tidur nyenyak di malam hari.Krim malam ini juga bisa melembapkan kulit selama kamu tidur. Selain itu, ini juga bisa mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Ada juga kandungan kolagen yang bisa meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Harga Rp. 58.000-67.000

Wardah C-Defense Sleeping Mask

Wardah C-Defense Sleeping Mask merupakan produk yang kaya akan kandungan vitamin C. Ini bisa bikin kulit lebih cerah dan juga sehat. Dengan ascorbic acid dan 2-O-ethyl ascorbic acid, sleeping mask bisa bekerja maksimal semalaman untuk bikin kulit wajah jadi lebih merata.

Kandungan vitamin C yang tinggi tidak akan mengiritasi kulit. Sebab, ada juga kandungan lain seperti glycerin, trehalose, allantoin, dan kandungan pelembab lainnya yang baik untuk kulit. Menariknya, produk juga bisa membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini karena ada kandungan anti aging di dalamnya.

Tekstur produknya ringan dan cepat diserap kulit. Sleeping mask ini nyaman dipakai tidur dan tidak bikin wajah jadi lengket.

Harga Rp. 34.000-46.000
From our editorial team

Cukupi Waktu Tidur

Memakai skincare di waktu malam memang penting untuk bikin wajah jadi lebih sehat. Namun, ada yang tidak kalah penting yakni mencukupi waktu tidur. Istirahat yang cukup di malam hari akan membantu menjaga kesehatan kulit kamu. Paling tidak tidurlah 7 hingga 8 jam setiap malam. Percuma memakai skincare jika kamu tidak bisa tidur dalam waktu yang cukup. Kulit akan tetap kusam, kering, atau bahkan terlalu berminyak. Selain itu, hormon yang bisa meregenerasi sel kulit mati juga jadi kurang bekerja. Maka dari itu, usahakan tidur nyenyak di malam hari dalam waktu yang cukup, ya.