Rawat Kulit dengan 10 Rekomendasi Skincare Halal Berbahan Alami Ini 2021)

Rawat Kulit dengan 10 Rekomendasi Skincare Halal Berbahan Alami Ini 2021)

Merawat kulit adalah keharusan bagi wanita. Kini hadir skincare halal dari bahan alami dan dibuat sesuai dengan syariat Islam. Yuk, cek rekomendasi produknya dari BP-Guide berikut ini!

Skincare Halal Makin Diminati di Indonesia

Belakangan ini, kamu pasti sering menemukan label halal di berbagai produk skincare atau kosmetik yang dijual di pasaran bukan? Tren skincare halal memang berkembang pesat di Indonesia dan sangat diminati oleh kaum hawa.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, tidak heran kosmetik halal disambut dengan baik. Skincare halal mengusung berbagai mcam produk yang sesuai dengan syariat Islam. Misalnya tidak mengandung unsur haram seperti alkohol, babi, dan unsur lain dilarang dalam Islam.

Keunggulan Skincare Halal yang Kamu Perlu Tahu

Tidak Mengandung Najis

Skincare halal tidak mengandung najis. Itu artinya, kamu tetap bisa melakukan ibadah yang sah tanpa harus menghapus skincare yang menempel di kulitmu terlebih dahulu. Skincare halal menggunakan kandungan bahan yang ringan, sehingga tetap bisa ditembus oleh air wudhu.

Sesuai dengan Syariat Islam

Semua skincare halal yang beredar di Indonesia sudah dilengkapi dengan label Halal dari MUI. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi apakah produk tersebut sudah sesuai syariat Islam atau belum. Sertifikasi Halal dari MUI menggunakan standar internasional dan di dalamnya dipastikan tidak mengandung berbagai macam unsur yang dilarang oleh agama.

Aman Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui harus selektif dalam memilih rangkaian produk skincare yang mereka gunakan. Mengingat skincare halal memiliki kandungan yang ringan, otomatis ibu hamil dan menyusui boleh menggunakannya. Tanpa adanya kandungan yang tidak halal dan berbahaya, produk skincare halal tidak akan memicu masalah pada janin dan kandungan.

Menggunakan Bahan-Bahan Alami dan Aman

Bahan-bahan yang digunakan di dalam skincare halal adalah bahan alami yaitu vegan, organik, dan natural, yang sangat aman untuk kulit. Penelitian membuktikan bahwa bahan alami yang digunakan dalam skincare lebih ramah lingkungan dan cocok untuk semua jenis kulit. Bagi kamu yang punya kulit sensitif, tidak perlu khawatir karena kandungan di dalam skincare halal sangat ringan.

Tidak Melibatkan Uji pada Hewan

Salah satu keunggulan dari skincare halal adalah tidak adanya uji pada hewan. Seperti diketahui, banyak brand skincare dan kosmetik yang mengujikan produknya pada hewan. Hal inilah yang banyak menuai pro dan kontra dari pecinta skincare dan makeup. Skincare halal tidak mengujikan semua produk mereka pada hewan.

Tips Memilih Skincare Halal

Pastikan Ada Logo Halal MUI

Cara memastikan suatu skincare itu halal atau tidak adalah dengan melihat logo MUI pada kemasannya. Semua produk halal di Indonesia, baik itu skincare maupun makanan, dilengkapi dengan stempel halal MUI agar semua konsumen mereka percaya. Jadi ketika kamu akan membeli skincare Halal, cek dulu apakah ada logo MUI pada kemasannya.

Perhatikan Komposisi di Dalamnya

Selain melihat kemasan luar, kamu juga harus meneliti komposisi yang ada di dalamnya. Pastikan semua bahan yang digunakan memang bahan-bahan yang halal. Beberapa bahan yang dikatakan tidak halal antara lain adalah kolagen, gelatin, keratin, dan masih banyak lagi.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Kulit

Jangan asal beli skincare halal saja. Sama seperti skincare pada umumnya, kamu harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Sehingga kandungan yang ada di dalamnya bisa bekerja maksimal untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit yang kamu alami.

Rekomendasi Skincare Halal yang Aman dan Sesuai Syariat

Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water

Wardah adalah brand skincare lokal halal yang sudah sangat terkenal kualitasnya. Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water menjadi salah satu produk unggulan dengan formula khusus untuk semua jenis kulit. Produk ini memiliki kandungan ringan sekaligus efek menenangkan, sehingga sangat aman untuk kulit sensitif.

Micellar water ini diperkaya kandungan Bio Cleasing Active yang didapatkan dari minyak zaitun. Bebas dari kandungan minyak, menggunakan bahan dasar air yang terasa sangat ringan dan nyaman di kulit.

Harga Rp. 25.000-50.000

Zoya Cosmetics Sunscreen SPF 35 PA++

Sunscreen adalah lapisan terakhir dari rangkaian perawatan kulit di pagi atau siang hari sebelum kamu beraktivitas. Fungsi utama dari sunscreen tentu saja melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UVA dan UVB, serta mencegah berbagai macam kerusakan kulit.

Zoya Cosmetics Sunscreen SPF 35 PA++ adalah sunscreen dari brand skincare halal asal Indonesia. Sunscreen ini memiliki SPF 35 PA++ dengan water silicone, bebas lengket dan mudah meresap. Produk ini memberikan hasil akhir matte di kulit.

Harga Rp. 40.000-70.000

Mineral Botanica Volcanic Ash Face Mask

Dalam merawat kulit, masker sangat penting. Masker wajah mengandung segudang nutrisi untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan kulit wajahmu. Dari brand skincare halal lokal ada Mineral Botanica Volcanic Ash Face Mask.

Fungsi utama dari produk ini adalah menghilangkan bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar. Kandungan bahan aktif di dalamnya adalah Jeju Volcanic Ash dari Korea yang dapat mengecilkan pori dan mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kandungan mineralnya juga dapat menutrisi kulit dengan sangat baik.

Harga Rp. 45.000-70.000

Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

Merawat kulit harus dimulai sejak usia remaja. Menggunakan moisturizer atau pelembab secara rutin tidak boleh terlewat, agar kulit tetap halus dan sehat.

Emina Bright Stuff Moisturizing Cream adalah pilihan tepat bagi remaja yang masih belajar menggunakan skincare. Pelembab ini mengandung ekstrak Summer Plum dan Vitamin E yang bekerja sangat baik dalam mencerahkan wajah, menghilangkan kulit yang kusam, dan menyamarkan noda jerawat. UVA dan UVB protection di dalamnya memastikan kulit terlindung dari dampak buruk sinar matahari.

Harga Rp. 20.000-30.000

Safi Dermasafe Hydrate & Soothe Day Moisturizer

Jika Indonesia punya Wardah, maka Safi adalah brand skincare dan kosmetik halal dari negara tetangga, Malaysia. Produk yang ditawarkan oleh Safi terbilang lengkap untuk mengatasi berbagai macam permasalah kulit wajah.

Safi Dermasafe Hydrate & Soothe Day Moisturizer termasuk salah satunya. Ini adalah pelembab yang diformulasikan dengan Chamomile dan Licorice sebagai bahan aktifnya, bekerja melembabkan dan menenangkan kulit. Pelembab ini hadir dalam tekstur gel yang ringan dan sangat mudah meresap. Kandungan Hyaluronic Acid di dalamnya memastikan kelembaban di dalam kulit terkunci lebih lama.

Harga Rp. 100.000-150.000

Good Virtues Co. Acne Control Facial Wash

Good Virtues Co. Acne Control Facial Wash adalah sabun wajah dari brand asal Malaysia. Produk ini minyak Habatus Sauda sebagai kandungan bahan aktif alaminya. Kemasannya juga sangat cantik dengan tema floral yang feminin.

Manfaat utama dari sabun wajah ini adalah mengurangi produksi sebum berlebih, sehingga wajah tidak berminyak. Cocok untuk kamu yang punya masalah jerawat membandel di kulit.

Harga Rp. 75.000-130.000

Mineral Botanica Hydra Face Mist

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia memang sangat rawan menyebabkan kulit kering. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa Mineral Botanica Hydra Face Mist kemana saja saat beraktivitas. Face mist ini bekerja menyegarkan kulit, mencegah kulit dari dehidrasi atau kekeringan yang berlebih. Produk ini juga cocok untuk kulit sensitif yang mengalami peradangan dan kemerahan.

Harga Rp. 20.000-35.000

Nameera So Pure & Radiant Hydrating Gel Cleanser

Mencuci wajah adalah tahapan yang sangat penting dalam rangkaian perawatan kulit. Pilih produk yang memiliki kandungan yang bisa menyelesaikan berbagai macam permasalahan kulit wajahmu.

Seperti Nameera So Pure & Radiant Hydrating Gel Cleanser, sabun wajah dengan tekstur gel lembut dan bisa bekerja secara maksimal. Keunggulan dari produk ini adalah membersihkan minyak dari kotoran hingga ke lapisan kulit terdalam, membuat kulit terasa lebih lembab dan lembut.

Harga Rp. 15.000-30.000

Wardah C-defense Serum

Dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi, serum memang dikenal ampuh dalam merawat kulit wajah. Wardah C-defense Serum adalah serum dari brand lokal halal yang wajib kamu coba. Kandungan bahan aktif di dalam serum adalah Hi-Grade Vitamin C yang mampu meresap hingga ke lapisan kulit yang paling dalam.

Selain itu, ada juga Biosaccharide dan Aloe Vera yang bekerja mencerahkan, melembabkan, dan melindungi kulit dari radikal bebas.

Harga Rp. 50.000-70.000

Safi White Expert Skin Refiner

Setelah mencuci wajah dengan sabun, gunakan toner untuk mengembalikan kelembaban kulit yang hilang akibat terkikis oleh air. Safi White Expert Skin Refiner adalah toner yang mampu menghidrasi kulit dengan sangat baik, membuatnya terasa tetap lembab dan kenyal. Gunakan toner ini setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan essence atau serum.

Harga Rp. 35.000-55.000
From our editorial team

Untuk Mendapatkan Hasil Terbaik, Rawat Secara Rutin

Deretan rekomendasi skincare halal dari BP-Guide di atas memiliki komposisi khusus untuk berbagai macam permasalahan kulit kamu. Tapi jangan lupa, hal terpenting dalam perawatan kulit adalah ketelatenan. Kamu harus menggunakan rangkaian skincare secara rutin dan sesuai aturan, agar kulitmu semakin sehat dan terawat.