11 Rekomendasi Tempat Wisata Instagrammable di Sekitar Jakarta

11 Rekomendasi Tempat Wisata Instagrammable di Sekitar Jakarta

Rutinitas harian memang seringkali menjadi penyebab utama pikiran yang suntuk dan badan yang letih. Jangan sampai Anda membiarkannya karena hal ini justru dapat memicu stres dan beragam penyakit. Untuk meringankan beban tersebut, Anda bisa berlibur di beberapa tempat hiburan di sekitaran Jakarta berikut. Simak yuk ulasannya!

Berlibur Sangat Diperlukan Guna Melipur Diri Setelah Lelah Bekerja

Ritme kehidupan di Jakarta bergerak begitu cepat. Pekerjaan yang kita lakukan pun seakan tak mengenal kata berhenti. Tak heran bila tak sedikit orang yang merasa tertekan.

Oleh karena itu, memutuskan untuk berlibur adalah pelampiasan terbaik guna memulihkan rasa jenuh dan stres akan padatnya rutinitas. Tak harus ambil cuti untuk berlibur atau bahkan ke luar kota hingga luar negeri, banyak lho objek wisata di Jakarta yang bisa membuat jiwa dan pikiran Anda kembali tenang. Terlebih bila Anda pergi bersama keluarga ataupun sahabat.

Beberapa Aktivitas Menyenangkan yang Bisa Dilakukan Selama Liburan dalam Jangka Waktu Singkat

Nonton ke Bioskop

Mau pengisi waktu liburan yang ringan dan tak menguras ongkos? Ke bioskop saja! Di Jakarta ada banyak sekali pilihan bioskop keren yang bisa Anda kunjungi. Selain jaringan bioskop CGV, Cinemaxx, dan XXI, Anda juga bisa pergi menonton di bioskop bergaya vintage di Metropole, Cikini.

Bagi Anda yang suka film indie, ada Bioskop Mini Subtitles di Basement Dharmawangsa Square, Kebayoran Baru. Atau ingin menonton film blockbuster dalam ruangan privat? Anda bisa langsung mampir ke Bioskop Mini Indies DVD Movie di Jl. Tebet Raya, Jakarta Selatan.

Masak Bersama

Ingin pelepas penat yang lebih praktis? Cobalah ajak keluarga Anda untuk masak bersama. Tentukan menu favorit yang ingin Anda sekeluarga buat kemudian buat pembagian kerjanya. Janganlah ragu untuk saling memberi komentar dan saran. Aktivitas ini tentunya bakal memberi momen menyenangkan bagi Anda semua. Lebih dari itu, hubungan keluarga juga akan terjalin semakin erat. Segala beban pikiran pun akan hilang dengan sendirinya.

Kumpul Bersama Keluarga

Berkumpul dengan keluarga juga bisa jadi obat ampuh untuk mengobati pikiran yang sumpek dan fisik yang lelah. Anda bisa mengumpulkan keluarga besar, mengajak mereka bermain, hingga berbagi cerita. Hal ini pun dapat memberi suasana bahagia serta menjalin kembali pertalian keluarga yang mungkin telah longgar. Simpel namun efektif bukan?

Susun dan rencanakan acara kumpul-kumpul ini dengan sangat matang sehingga Anda dan tiap anggota keluarga menjadi ceria dan seketika lupa dengan beban pekerjaan sehari-hari.

Mengunjungi Tempat Wisata di Sekitar Jakarta

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Jakarta memiliki banyak objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi untuk mengembalikan semangat yang meredup. Jenisnya pun beragam, mulai dari wisata hijau di Hutan Kota Srengseng hingga wisata air di Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Ada pula wisata edukasi di Museum Fatahillah, Museum Tengah Kebun, atau Monas. Anda pastinya tidak akan kehabisan opsi saat hendak menghabiskan akhir pekan atau tanggal merah di Jakarta.

11 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta

Museum MACAN

Sumber gambar ngayap.com

Museum tak selalu identik dengan benda-benda bernilai historis. Coba saja berkunjung ke Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) yang berlokasi di AKR Tower Level MM, Jl. Perjuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di sini Anda akan disuguhi berbagai karya seni kontemporer terbaik.

Museum yang ternyata populer di kalangan anak muda ini menyajikan seni dari era 90-an hingga masa kini. Seniman yang terlibat berasal dari dalam hingga luar negeri. Salah satu koleksi yang paling digemari adalah "Infinity Mirrored Room" karya Yayoi Kusama, seniman asal Jepang. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yakni Rp 100.000 untuk dewasa, Rp 90.000 untuk mahasiswa atau pelajar, dan Rp 80.000 untuk anak-anak.

Sentul Paradise Park

Sumber gambar www.zesthotel.com

Jika ingin menikmati wisata air dengan pemandangan yang sejuk dan instagrammable, Anda bisa datang ke Sentul Paradise Park. Di sini terdapat air terjun tinggi dengan pemandangan yang asyik.

Tempat yang sebelumnya bernama Curug Bojong Koneng ini dikelola dan difasilitasi pihak Paradise Park sehingga menjadi destinasi wisata yang selalu ramai dipadati pengunjung. Tempat yang kini dinamai Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari tersebut menawarkan suasana yang asri dan sejuk bak daerah perbukitan.

Lokasi wisata ini terletak di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Tiket masuknya hanya sebesar Rp 25.000 per orang pada hari biasa dan Rp 30.000 pada akhir pekan.

Hutan Kota Srengseng

Sumber gambar www.myedisi.com

Memangnya masih bisa menikmati segarnya hutan di tengah ibu kota? Tentu saja bisa. Cobalah pergi ke Hutan Kota Srengseng Sawah di Jl. Haji Kelik, Srengseng, Jakarta Barat. Di sini Anda akan disambut rimbunnya hutan kota seluas 15 hektar dengan beragam tumbuhan yang mencapai 4.800 jenis serta sekitar 63 varietas.

Selain berolahraga sambil menikmati segar dan bersihnya udara hutan, Anda juga bisa mengajak anak bermain di area permainan anak. Bahkan, Anda juga bisa memancing di danau yang terdapat di tengah hutan. Tiket masuknya Rp 2.000 saja. Untuk biaya parkir kendaraan, cukup membayar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil.

Taman Wisata Alam Mangrove

Sumber gambar kota.tokopedia.com

Sejuknya udara pesisir dan rindangnya hutan bakau bisa Anda nikmati di Taman Wisata Alam Mangrove. Ada berbagai alternatif hiburan di sini, seperti Kawasan Ekowisata Mangrove Education, Suaka Margasatwa Muara Angke (khusus untuk penelitian), serta Taman Wisata Alam Angke Kapuk.

Jika Anda gemar memancing, cobalah mampir ke Ekowisata Mangrove Education Center. kalau Anda ingin berswafoto di tempat instagrammable, datanglah ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk yang punya fasilitas lengkap, mulai dari pondok kemah, tempat pengamatan burung, kantin lesehan, wisata air, hingga tempat bermain anak.

Lokasinya sendiri berada di Jl. Garden House, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Tiket masuknya sebesar Rp 25.000 dan belum termasuk biaya wahana di dalamnya.

Ciputra Artpreneur

Ciputra Artpreneur bisa menjadi alternatif liburan karena di dalamnya ada banyak spot yang instagrammable. Anda bakal disuguhkan dengan sajian seni kontemporer yang keren. Selain itu, Ciputra Artpreneur sering menyelenggarakan berbagai acara seni, mulai dari pertunjukan musikal ala Broadway, fashion show, pertunjukan teater, dan lain sebagainya.

Yang paling utama dari tempat ini adalah teater berskala besar yang berstandar internasional. Tak hanya itu, galeri seninya juga punya berbagai koleksi pribadi Dr. (HC) Ir. Ciputra.

Ciputra Artpreneur berada di Lotte Shopping Avenue, Ciputra World 1, Retail Podium, Jl. Prof. DR. Satrio No.Kav. 3-5, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan. Harga tiket masuknya sebesar Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk pelajar.

Scientia Square Park

Sumber gambar www.sakerapedia.com

Bingung cari tempat wisata yang cocok untuk keluarga dan anak? Cobalah pergi ke Scientia Square Park di Jl. Scientia Boulevard, Gading Serpong, Tangerang Selatan. Lokasi wisata seluas 1,2 hektar ini menggabungkan keindahan suasananya dengan berbagai wahana di dalamnya.

Ada lebih dari sembilan aktivitas menghibur yang bisa Anda lakukan di sini, seperti memanjat dinding, bersepeda di jalur khusus, memberi makan ikan koi, berenang serta bermain futsal, pingpong, dan skateboard. Jangan juga lewatkan lahan yang dipenuhi berbagai variasi kupu-kupu di The Metamorphosis of Butterfly Park. Tiket masuk taman hiburan ini sebesar Rp 25.000 pada hari biasa dan Rp 50.000 pada akhir pekan.

Bianglala J-Sky, AEON Mall Jakarta Garden City

Sumber gambar blog.gotomalls.com

Bila Anda ingin menikmati pemandangan kota Jakarta dari ketinggian, Anda bisa langsung berlibur ke AEON Mall Jakarta Garden City. Mal yang terletak di Cakung, Jakarta Timur ini menawarkan atraksi wisata khusus berupa Bianglala J-Sky. Bukan sembarang bianglala, J-Sky memiliki ketinggian mencapai 69 meter dan diameter 50 meter sehingga menjadikannya bianglala terbesar di Indonesia.

Wahana ini terpasang di puncak AEON Mall dengan konstruksi tahan gempa dan petir. Ada 32 gondola di dalamnya yang mampu menampung total 192 orang. Bianglala ini dapat dinaiki segala usia, bahkan untuk penyandang disabilitas sekalipun. Harga tiketnya Rp 50.000 per orang. Untuk bayi dan anak dengan tinggi di bawah 90 cm gratis. Ada pula tiket couple sebesar Rp 150.000 dan VIP sebesar Rp 360.000.

Hauwke’s Auto Gallery

Sumber gambar backpackerjakarta.com

Bagi penggemar otomotif, Hauwke’s Auto Gallery bisa menjadi tempat berlibur yang menyenangkan. Di galeri ini Anda akan menyaksikan berbagai mobil lawas keren dari era 1930-an sampai 1950-an yang jumlahnya mencapai 50 koleksi. Empat di antaranya merupakan koleksi mobil presiden Indonesia.

Anda pun bisa melihat sambil berswafoto dengan koleksi mobil Hartawan Setjodiningrat (Hauwke) terlebih dengan berbagai dekorasi unik nan instagrammable di galeri otomotif yang berada di Puri Mutiara VI No. 18/B, Cipete, Jakarta Selatan ini.

Tempat ini bahkan tak jarang digunakan untuk foto pranikah dan juga pembuatan film. Anda bisa masuk secara cuma-cuma alias gratis. Sedangkan sewa tempat untuk foto pranikah dan syuting dipungut biaya sekitar Rp 4.500.000 hingga Rp 9.000.000.

Taman Situ Lembang

Sumber gambar travelbos.id

Alternatif liburan asyik, gratis, dan instagrammable bisa juga Anda temui di Taman Situ Lembang. Seperti namanya, objek wisata ini berpusat di sebuah danau alam yang dikelilingi rimbun pohon serta fasilitas bagi para pengunjung.

Danau ini awalnya merupakan waduk tersier untuk menampung limpahan sumber air dari daerah di sekitarnya. Waduk ini pun kemudian mengalami perombakan menjadi taman publik pada 2002. Anda dapat bersantai di taman seluas 11 hektar ini di Jl. Lembang Terusan, Menteng, Jakarta Pusat.

Kalijodo Park

Sumber gambar www.pemburuombak.com

Kalijodo Park punya sejumlah hiburan dengan berbagai fasilitas gratis untuk anak-anak hingga dewasa. Tempat seluas 1,4 hektar ini pun rutin didatangi penyuka skateboard, sepatu roda, dan BMX karena berbagai arena yang dibuat untuk mengakomodasi hobi mereka.

Tak ayal bila tempat yang semula merupakan tempat prostitusi tersebut kian ramai didatangi banyak pengunjung. Tempat yang kini menjadi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan ruang terbuka hijau ini berlokasi di Jl. Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Masjid Nurul Iman

Sumber gambar www.republika.co.id

Satu lagi tempat yang asyik dikunjungi dengan pemandangan menawan terdapat di Masjid Nurul Iman, Blok M. Yang membuat Masjid ini menarik adalah rancangan gedungnya yang menyerupai Masjidil Haram di Mekah serta miniatur Ka’bah lengkap dengan Hajar Aswad di pelatarannya.

Di halamannya juga ada kolam indah dan pepohonan hijau ala Timur Tengah. Selain memiliki desain yang indah, masjid ini pun dilengkapi fasilitas yang mumpuni. Lokasinya yang berada di lantai tertinggi pusat perbelanjaan Blok M Square semakin memberikan nuansa sejuk bagi masjid yang dibangun dari dana para pedagang yang berjualan di bawahnya tersebut.

From our editorial team

Bebaskan Letihnya Diri lewat Wisata di Ibu Kota

Rutinitas pekerjaan memang kerap membuat pikiran dan badan kita cepat letih. Meski begitu, waktu libur dapat digunakan untuk mengatasi penat sehingga kita dapat memulai aktivitas harian dengan tenang kembali. Untuk menyiasati saat berlibur yang tidak lama, Anda yang tinggal di Jakarta tidak perlu mencari tempat wisata yang jauh. Banyak destinasi di ibu kota, seperti halnya rekomendasi di atas, yang menawarkan beragam atraksi serta suasana yang dijamin membuat Anda senang serta keranjingan untuk mengabadikannya dalam foto.

Tag