10 Rekomendasi Router Wifi Terbaik Berkecepatan Penuh (2022)

10 Rekomendasi Router Wifi Terbaik Berkecepatan Penuh (2022)

Router saat ini adalah kebutuhan penting wajib untuk di kantor, sekolah, kafe, bahkan rumah. Hal ini dikarenakan dengan router kita bisa membuat jaringan WiFi sendiri dan perangkat elektronik yang membutuhkan koneksi internet dapat bisa menjalankan fungsinya secara optimal. Untuk kamu yang masih bingung memilih merk router, BP-Guide sudah menyiapkan 10 rekomendasi router wifi terbaik berkecepatan penuh, berikut tips memilihnya!

Mengenal Router Wifi

Router wifi merupakan sebuah perangkat yang menjalankan fungsi-fungsi router untuk menyediakan akses ke internet atau ke jaringan komputer personal. Fungsi router yang paling utama adalah untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet, sedangkan router WiFi berfungsi mengirimkan paket data atau internet dari modem ke perangkat melalui IP address sehingga perangkat tersebut bisa mengakses internet.

Fungsi lain dari router WiFi adalah mengubah sinyal dari modem menjadi sinyal radio WiFi dan menyalurkan akses internet ke seluruh ruangan. Namun, perlu diketahui ada perbedaan antara router dengan modem walaupun sama-sama menghubungkan internet pada perangkat. Modem menghubungkan internet dengan cara mengubah sinyall dari ISP menjadi sinyal digital dan hanya dapat dihubungkan ke satu perangkat, sedangkan router dapat mendistribusikan sinyal dari modem ke banyak perangkat.

Tips Memilih Router Wifi Terbaik

Deteksi Kecepatan Koneksi

Langkah awal untuk memilih router wifi adalah menentukan kecepatan yang dibutuhkan. Sebelum menentukan kecepatan, estimasikan penggunaan router, berapa banyak perangkat, dan lain sebagainya. Kecepatan WiFi pada router biasanya dapat mencapai 350 mb/sec sampai 1900 mb/sec.

Untuk mendapatkan kecepatan yang diinginkan bisa dikonsultasikan dengan penyedia layanan atau tempat penjualan router untuk memilih perangkat router dan kecepatannya yang tepat. Namun kecepatan yang diterima perangkat ini sebenarnya tidak akan diterima secara maksimal, karena pada saat transfer data dilakukan menggunakan protokol TCP/IP, maka hanya akan menerima setengah kecepatan yang telah disediakan.

Semakin jauh perangkat dengan router maka kecepatan yang diterima pengguna akan semakin lambat. Untuk itu disarankan meletakkan router WiFi pada tempat yang paling ideal agar semua perangkat dapat mendapatkan koneksi yang stabil.

Pilih Single, Dual, atau Tri-band?

Saat membeli router WiFi pasti familiar dengan istilah dual-band atau tri-band. Teknologi dual-band ini adalah teknologi dimana dua radio dalam menangkap sinyal. Untuk perbedaannya sendiri, router single-band akan menghubungkan koneksi internet dengan sinyal 2,4 GHz ke semua perangkat dan kecepatan WiFi dibatasi dengan kecepatan maksimum 600 Mbps.

Sedangkan dual-band dimana radio di dalam router dua kecepatan yaitu 2,4 GHz dan satunya kecepatan maksimum adalah 5,0 GHz. Kedua tipe kecepatan tersebut bisa membantu untuk mengakses internet lebih cepat seperti bermain game online, transfer data hingga streaming.

Tri-band sendiri adalah versi upgrade dari dual-band router yang menawarkan kecepatan internet 2,4 GHz dan 5,0 GHz, lalu masih ditambah lagi 5,0 GHz yang menawarkan efektifitas kecepatan internet ke banyak perangkat dibanding dual-band. Biasanya router tri-band ini digunakan pada skala bisnis dimana banyak orang berbeda yang mencoba terhubung ke internet.

Ketahui Jumlah Perangkat yang Dapat Terhubung

Saat penggunaan internet menjadi lemot padahal hanya dipakai hanya di beberapa perangkat saja, kemungkinan wifi sudah terbobol dengan adanya pengguna lain selain kita. Pastikan saat membeli router wifi juga bisa mengakses melihat siapa dan berapa jumlah perangkat yang terhubung.

Untuk melihat jumlah perangkat yang terhubung ke router bisa dilakukan melalui komputer atau smartphone. Cara untuk mengatur berapa perangkat yang bisa mengakses internet ini bergantung pada provider internet dan merk router. Kebanyakan akan diarahkan untuk memasukkan alamat IP Address lewat browser lalu masukan username dan password.

Setelah masuk pilih network ssid settings dan ubah isian maximum clients dari 32 ke angka yang anda inginkan lalu klik tombol submit. Misal saja mengisi dua perangkat, berarti hanya ada dua perangkat yang bisa terhubung ke jaringan wifi internet di waktu yang bersamaan.

Perhatikan Fitur lain

Perhatikan pula quality service pada router wifi yang dipilih untuk mengoptimalkan router. Quality of service ini akan mengoptimalkan router tidak hanya pada kecepatan saja tapi juga bisa mengakses hal-hal yang memiliki bandwith yang besar.

Adanya quality of service bisa mendapatkan aliran data dapat berjalan lebih cepat sehingga bisa melakukan streaming dengan lancar meskipun sedang melakukan pengunduhan berkas. Selain itu pastikan router yang dipilih memiliki satu atau lebih antena eksternal sehingga meskipun berada di ruangan lain atau terhalang dinding masih bisa mendapatkan akses wifi.

Antena pada router wifi ini berfungsi untuk menangkap sinyal internet yang ada kemudian antena ini akan memancarkan sinyal tersebut ke area-area yang dapat dijangkau. Adanya antena eksternal bisa membuat sinyal lebih stabil saat digunakan walaupun ada sekat yang menghalanginya.

Rekomendasi Router Wifi Terbaik yang Cepat dan Stabil

Tp-Link WR845N

Salah satu merk router wifi terbaik yang juga sudah populer adalah TP Link. Salah satu jenis router dari merk ini yang memiliki kecepatan hingga 300 Mbps berantena 5dBi yang berjumlah tiga buah adalah seri WR845N.

Fitur ini akan membantumu menonton video streaming tanpa ada gangguan. Produk ini memiliki ukuran 23x14x3.5 cm. Meskipun begitu, router ini memiliki area jangkuan hingga 10 meter dengan kecepatan 300 Mbps pada 2.4 GHz. Selain itu Tp-Link WR845N juga memiliki tombol WPS dengan enkripsi kemanan jaringan.

Harga Rp. 225.000-2.555.000

D-Link DIR 612

Memiliki model yang mirip dengan router TP Link, D-Link DIR 612 memiliki kecepatan hingga 300 Mbps. Meskipun beroperasi di wireless N, router dari D-Link ini juga dapat bekerja di jaringan wireless b/g.

Dari segi keamanan, kamu dapat mengaktifkan password untuk perlindungan koneksi serta menghadirkan firewall. Selain itu fitur keamanan juga didukung dengan adanya teknologi enkripsi WPA dan WPA2. Dua antena yang dimiliki oleh D-Link DIR 612 merupakan anten eksternal 5 dBi dengan pancaran sinyal yang lebih luas dan juga berkecepatan stabil.

Harga Rp. 155.000-185.000

Tenda AC6

Router berikutnya yang diklaim memiliki kekuatan amplifikasi yang baik dan mampu menembus lapisan tembok untuk kecepatan stabil bagi semua penggunanya adalah Tenda AC6. Hal ini dikarenakan router tersebut memiliki fitur beamforming yang akan mengarah langsung ke setiap device pengguna.

Selain itu didukung pula dengan 4 antena High Gain 5dBi yang memperluas dan menjaga kestabilan sinyal itu sendiri. Memiliki kecepatan terbaik hingga 1167 Mbps membuat router ini dapat membuat gamer merasakan pengalaman bermain minim lag. Tenda AC6 mendukung dual band 2.4 GHz dan 5 GHz.

Harga Rp. 420.000-526.000

Netgear R7800-Nighthawk X4S AC2600

Rekomendasi router wifi terbaik berikutnya adalah keluaran dari Netgear yang memiliki banyak fitur canggih serta kinerja yang bagus. Memakai prosesor berkecepatan 1,7 GHz yang bisa diandalkan, Netgear R7800-Nighthawk X4S AC2600 juga dilengkapi dengan fitur MU MIND dan Quad Stream Technology yang menampung banyak pengguna dengan kualitas sinyal yang cepat.

Koneksi yang super cepat ini tetap terhubung meskipun melayani banyak user sekaligus. Kekuatan sinyal didukung dengan adanya empat buah antena. Selain itu router ini juga menyediakan banyak port LAN dan WAN. Memiliki bahan berkualitas membuat router Netgear AC2600 ini memiliki visual desain yang kokoh.

Harga Rp. 3.950.000-5.799.000

Xiaomi Mi Router 4C

Salah satu router dengan harga terjangkau tapi memiliki 4 antena adalah Xiaomi Mi Router 4C. Dilengkapi dengan 4 antena, router produksi Tiongkok ini menghasilkan transmisi cepat dan stabil serta sinyal bertenaga.

Kekuatan sinyal 5dBi dengan fitur penguatan tersebut mampu memperluas jangkauan area. Kamu juga dapat menghubungkan 64 perangkat sekaligus menggunakan Wifi dengan kecepatan penuh hingga 300 Mbps.

Untuk kamu yang tidak terlalu tech-savvy, kamu dapat melakukan konfigurasi dengan mudah menggunakan aplikasi yang dapat diunduh melalui playstore. Melalui aplikasi tersebut kamu dapat melakukan akses terhadap pengaturan, seperti misalnya device priority ataupun pembatasan bandwidth.

Harga Rp. 187.000-293.000

Totolink N300RT Wireless Router

Salah satu router wifi terbaik yang didesain untuk jaringan dengan cakupan jarak yang jauh adalah Totolink N300RT Wireless Router. Kekuatan koneksi internet juga didukung dengan repeater dan WDS yang membuat koneksi tetap stabil meskipun menempuh jarak jauh.

Transfer data router Totolink ini berkecepatan hingga 300 Mbps sehingga tidak perlu waktu yang lama untuk mengunduh file apapun, bahkan film. Dilengkapi dengan teknologi peningkat troughput bernama MIMO, kamu tidak akan merasakan pengalaman internet lamban.

Harga Rp. 190.000-320.000

Asus RT-AC59U V2

Router lain yang juga menggunakan antena 5dBi dengan teknologi MIMO adalah Asus RT-AC59U V2. Router yang dapat digunakan untuk bangunan dua lantai tersebut dapat diatur dengan menggunakan aplikasi Asus yang dapat diakses dari manapun.

Menawarkan kecepatan hingga 600 Mbps dan 867 Mbps, router Asus ini menawarkan konfigurasi 2.4 Ghz 4x4 serta 5Ghz 2x2. Selain itu kamu dapat menggunakan kabel LAN untuk dihubungkan dengan 4 laptop maupun PC. Selain MIMO, teknologi lain yang ditawarkan adalah AiMesh dan 1 port USB 2.0.

Harga Rp. 756.000-984.000

Huawei HG532D

Rekomendasi berikutnya adalah Huawei HG532D yang menggunakan jenis koneksi 802.11n dan sudah kompatibel dengan beberapa perangkat modern. Router ini memiliki empat port LAN yang maksimal dapat menghubungkan dengan 5 perangkat kabel.

Router berkecepatan maksimal 300 Mbps ini memiliki sistem keamanan kontrol orang tua untuk melindungi anak dari situs yang dilarang. Huawei HG532D memiliki ventilasi di bagian bawah agar mesin tidak overheat dan dapat bekerja secara maksimal.

Harga Rp. 187.000-256.000

Linksys Mesh Wifi Router AC2200 MU-MIMO

Untuk para gamers, Linksys Mesh Wifi Router AC2200 MU-MIMO merupakan salah satu router yang direkomendasikan karena memiliki fitur Gaming Device Prioritization yang memberikan koneksi prioritas bagi pengguna yang sedang bermain game online.

Kecepatan yang ditawarkan pun anti lag dan sangat cepat. Bahkan klaimnya adalah mencapai 2.2 Gbps. Router ini memiliki performa dua kali lipat lebih tinggi bila dibandingkan dengan router Dual Band pada umumnya. Router tri-band ini memiliki standar komunikasi 11ax wifi5.

Harga Rp. 2.031.000-3.250.000

PROLink Wireless AC1200

Router PROLink Wireless AC1200 adalah salah satu router wifi terbaik yang mampu memprioritaskan perangkat terhubung ke jaringan 5 Ghz. Kemampuan ini merupakan fitur band steering yang jarang digunakan pada router lain.

Selain itu, router Prolink ini juga memiliki kecepatan signal yang cepat hingga 1200 Mbps, stabil, dan berbandwith tinggi. Router dual band ini memiliki standar komunikasi 11 ac wifi 5 dengan jumlah aliran 4x4.

Harga Rp. 750.000-1.200.000
From our editorial team

Jangan Lupakan Sistem Keamanan Router

Jaringan wireless ini sangat rentan terhadap serangan malware dan keamanan. Biasanya router jenis lama masih menggunakan sistem keamanan Wired Equivalent Privacy (WEP), sistem keamanan lama ini masih tidak menjamin keamanan sistem jaringan internet. Karena sistem keamanan WEP masih rentan akan pembobolan. Maka pastikan router yang dipilih sudah menggunakan sistem standar keamanan yang dijadikan standar router pasaran yaitu WPA2. Mengecek keamanan router wifi bertujuan untuk menjaga lalu lintas internet lebih nyaman dan aman ketika digunakan.