10 Tips Menjadi Penulis Pemula dan 5 Rekomendasi Produk yang Bantu Kamu jadi Penulis Aktif

10 Tips Menjadi Penulis Pemula dan 5 Rekomendasi Produk yang Bantu Kamu jadi Penulis Aktif

Ada banyak profesi yang menjanjikan prospek yang bagus. Salah satunya adalah penulis. Menjadi penulis, tidak sekadar menulis begitu saja. Ada banyak tahapan yang perlu kamu lalui untuk menjadi penulis yang profesional. Nah, simak tips-tipsnya dari BP-Guide, ya! Jangan lupa cek juga rekomendasi produk yang bisa membantu kamu menjadi penulis handal.

Meski Tak Mudah, Menjadi Penulis Merupakan Profesi Menjanjikan

Menulis bisa dibilang sebagai salah satu bagian tak terpisahkan dari keseharian kita. Menulis tidak melulu harus di buku tulis. Kita bisa menulis di mana saja, seperti di sosial media, di blog, menulis untuk membuat buku, dan lain sebagainya. Untuk yang serius menekuni profesi penulis dan memantapkan diri menjadi penulis, maka harus bersiap dengan jalan yang tidak mudah.

Meski ada banyak yang harus dilalui jika menjadi seorang penulis, namun profesi penulis sangat menjanjikan. Ada banyak yang bisa kamu dapatkan saat menggeluti profesi sebagai penulis.

Pertama, kamu akan mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak. Ketika menjadi penulis, tentu saja kita harus punya banyak informasi sebelum menulisnya. Untuk mendapatkan informasi, kita akan dianjurkan untuk banyak membaca. Makin banyak yang kita baca, makin banyak juga pengetahuan yang kita dapatkan.

Kedua, menjadi penulis bisa bikin kamu memperluas lingkup pergaulanmu. Kamu bisa pergi ke berbagai tempat dan bertemu banyak orang dengan berbagai macam latar belakang. Saat buku kamu berhasil terbit, kamu bisa mendapatkan banyak kenalan baru, baik yang sama-sama berprofesi sebagai penulis maupun yang bukan.

Ketiga, tentu saja menjadi penulis bisa bikin kamu punya penghasilan sendiri. Meski awalnya sebagai hobi saja, namun jika kamu menekuninya dengan serius bahkan hingga menerbitkan buku, maka tentu kamu bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari hobi yang satu ini.

Tips Menjadi Penulis Pemula

Bulatkan Niat dan Tentukan Apa yang Ingin Ditulis

Untuk menjadi penulis pemula, kamu harus membulatkan niatmu terlebih dahulu. Kuatkan tekad dan ingat selalu niatmu jika kamu mulai merasa lelah dan ingin berhenti. Dengan niat yang kuat, profesi sebagai penulis bisa kamu jalani dengan lebih semangat.

Tentukan apa yang ingin kamu tulis di awal. Bentuk tulisan apa yang kamu ingin wujudkan, apakah berupa puisi, cerpen, novel, artikel, atau karya ilmiah, dan lain sebagainya. Selanjutnya, tentukan juga sifatnya fiksi atau non fiksi. Kamu juga bisa mulai memutuskan tulisan kamu akankah berdasar kisah nyata, bersifat komedi, misteri, atau rohani. Dengan menentukan dari awal apa yang ingin ditulis, tentu kamu jadi lebih fokus dengan tujuan kamu untuk jadi penulis.

Banyak Membaca

Perbanyaklah membaca jika kamu ingin jadi penulis yang handal. Seorang penulis harus punya banyak pengetahuan dan informasi sebelum menulis sesuatu supaya karyanya bisa dipertanggung jawabkan isinya. Dengan pengetahuan yang luas, tentunya, ide cerita dan kelancaran kamu dalam menulis jadi bisa lebih baik.

Kamu bisa membaca karya sastra penulis-penulis yang lebih dulu tenar. Ambil pelajaran dari mereka, mulai dari gaya bahasa, penuturan, dan lain sebagainya. Dalam sehari, usahakan kamu membaca buku yang sekiranya bisa membantu penulisan yang sedang kamu lakukan. Dengan begini kamu jadi tahu lebih banyak informasi yang sudah lama maupun yang masih hangat seputar topik yang sedang kamu tulis.

Mulailah Menulis dan Buat Rutinitas

Jangan ragu dan mulailah menulis. Tulislah apa saja yang terlintas di kepalamu. Sebagai awalan sebelum menulis cerpen, buku, atau novel, kamu bisa menulis tulisan pendek seperti menulis status di sosial media, menulis di buku diary, menulis di buku notebook kecil, atau menulis di laptop kesayanganmu. Tulis saja apa yang ingin kamu ungkapkan. Ini bisa jadi awalan yang baik untuk membiasakan dirimu menulis.

Jika kamu sudah memulai, proses selanjutnya bisa lebih mudah. Ide akan mengalir dan kamu tinggal menatanya saja jadi sebuah karya yang bagus. Yang paling penting adalah jangan ragu untuk memulai.

Kamu juga bisa membuat rutinitas menulis. Cara yang satu ini bisa bikin kamu jadi terbiasa menulis apa saja. Mulailah dari yang kamu anggap mudah, misalnya menulis pengalaman, menulis tentang kehidupanmu, menulis tentang hal yang sedang tren belakangan, dan lain sebagainya. Makin banyak kamu menulis maka tulisanmu akan makin tajam. Rutinitas menulis juga akan membuat kamu jadi makin lepas dalam mengekspresikan pemikiran kamu.

Catat Idemu

Ide adalah sesuatu yang sangat kita butuhkan sebelum mulai menulis. Sayangnya, kadang saat kita berniat mencari ide, justru ide tak kunjung muncul. Namun, saat kita sedang iseng melakukan hal lain, ide biasanya muncul begitu saja. Untuk mensiasati hal semacam ini, kamu bisa membawa buku catatan kecil dan juga pulpen di sakumu.

Catat idemu kapanpun ide tersebut muncul. Jangan tunggu nanti karena bisa saja ide tersebut kamu lupakan atau menguap dari pikiranmu. Apapun ide tersebut, entah berupa kata kunci, puisi, bait lagu, dan sebagainya, bisa saja kamu catat dan tulis di buku catatanmu atau mungkin kamu juga bisa mencatatnya pada notes di smartphone-mu. Dengan begini, saat mulai menulis lagi, kamu bisa buka buku catatan dan melihat catatan idemu agar tidak kehabisan ide.

Nikmati Prosesnya dan Jangan Berhenti Belajar

Anak bayi baru lahir tentu tidak akan bisa langsung berlari. Ada proses yang dijalani, mulai dari tumbuh berkembang, merangkak, belajar berjalan, hingga akhirnya berlari. Begitu pula menjadi seorang penulis. Tidak mungkin prosesnya instan. Kamu akan menghadapi proses dan tahapan-tahapan yang bisa menempa kamu jadi seorang penulis yang handal. Nikmatilah proses tersebut dan jangan merasa terbebani. Jangan berpikir kamu wajib menulis karena beban dari niatmu. Berpikirlah bahwa kamu menikmati waktu menulismu, tunjukkan rasa kesenanganmu terhadap menulis, dan pastikan kamu bisa berekspresi lewat tulisanmu.

Jangan juga berhenti belajar dalam menulis. Ada banyak yang perlu kamu pelajari dalam menjadi seorang penulis. Kamu wajib belajar soal penggunaan tanda baca yang kadang dianggap sepele namun nyatanya sangat penting. Kamu juga harus belajar merangkai kata yang benar, memilih kata yang tepat, dan lain sebagainya. Dengan memperbanyak belajar menulis tentu tulisan yang kamu hasilkan jadi lebih berkualitas.

Cari Mentor Menulis

Kamu tidak bisa menjadi penulis sendirian saja. Kamu akan butuh orang lain untuk berbagi pengalaman menulis. Salah satu caranya adalah berkenalan dengan penulis-penulis yang sudah lebih senior untuk menimba ilmu. Dekati mereka lewat sosial media dan lain sebagainya. Amati postingan mereka dan cobalah berdialog dengan mereka. Tentunya mereka akan senang untuk berbagi pengetahuan dengan para penulis pemula.

Kamu bisa juga mulai aktif mengikuti kegiatan kepenulisan. Jika kamu masih pelajar, ada banyak kok media atau klub yang menampung para pelajar yang ingin jadi penulis. Sementara, jika kamu sudah bukan pelajar, kamu bisa juga mengikuti klub menulis yang banyak tersedia di sosial media. Klub biasanya berisi kumpulan orang-orang yang ingin menjadi penulis, belajar menulis bersama, dan menciptakan karya bersama.

Minta Feedback

Menulis akan sangat percuma jika tidak ada yang membaca karyamu. Kamu butuh tahu apakah tulisanmu sudah pas dan mudah dimengerti. Kamu juga butuh tahu apakah tulisan kamu sudah enak dibaca atau belum. Maka dari itu, cobalah untuk mendapatkan feedback dari teman, senior, atau mereka yang sudah ahli dalam bidang tulis menulis.

Mintalah saran dan pendapat dari mereka. Dengarkan dan pahami saran dan pendapat mereka. Kamu juga bisa meminta kritikan dari mereka. Kritikan tentu untuk membangun tulisan kamu jadi lebih baik lagi. Sebisa mungkin carilah mereka yang lebih berpengalaman atau seseorang yang sering membaca. Dengan begini, feedback yang kamu dapatkan juga lebih meyakinkan.

Lakukan Revisi

Jangan ragu melakukan revisi pada karya yang sudah kamu tulis. Semisal kamu baru saja mendapat feedback, tidak ada salahnya merevisi karyamu supaya lebih baik lagi. Jangan lupa untuk membaca ulang tulisan yang sudah kamu buat.

Merevisi mungkin merupakan hal yang sangat menyita waktu. Meski demikian, hal ini sangat berguna untuk membuat tulisan kamu jadi lebih baik dan lebih sempurna. Dengan rutin membaca ulang, kamu bisa sadar mana yang harus diperbaiki, baik dari ejaan yang salah, pilihan kata yang kurang tepat, kalimat yang ambigu, dan lain sebagainya.

Temukan Wadah untuk Tulisanmu

Pastikan kamu menyimpan semua hasil tulisan kamu. Dengan begini, kamu bisa melihat kembali apa saja yang pernah kamu tulis. Kamu juga bisa melihat apa saja yang sudah kamu dapatkan. Ini akan bisa menyemangati kamu untuk bisa menulis dengan lebih baik lagi ke depannya.

Temukan wadah yang pas untuk tulisanmu. Kamu bisa meletakkannya di komputer, laptop, flashdisk atau blog. Dengan begini, kamu bisa melihat kembali daftar karya yang pernah kamu buat.

Coba Kirim ke Media

Tujuan akhir kita belajar menulis tentu saja supaya tulisan kita dikenal banyak orang. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengirim hasil tulisan kamu ke media, seperti majalah, koran, majalah elektronik, penerbit, dan lain sebagainya. Saat tulisan kamu berhasil dimuat, tentu saja kamu akan merasa sangat bangga. Ini akan jadi pengalaman yang luar biasa untukmu. Apalagi biasanya akan ada honor yang kamu terima jika tulisan kamu dimuat. Kamu bisa juga mengikuti lomba menulis. Ini bisa jadi penyemangatmu dalam menulis dan menjajal seberapa tinggi kemampuan menulismu.

Ini Loh Beberapa Item yang Kamu Butuhkan untuk Mulai jadi Penulis

HP 14-BS001TU

HP 14-BS001TU adalah laptop yang terjangkau dan bisa kamu andalkan. Produk ini akan membantu kamu menulis karyamu. Tidak hanya itu, ini juga bisa menjadi sarana hiburanmu. Dengan prosesor Intel N3060,dapur pacu dibantu oleh RAM 4GB serta hard disk 500 GB.

Produk memiliki layar 14 inci dengan LED panel. Resolusi layarnya adalah 1366 x 768 piksel. Produk yang satu ini mudah dibawa kemana saja sehingga kamu bisa menulis dimana saja dan kapan saja kamu inginkan.

Harga Rp. 2.900.000-4.225.000

Canon PIXMA MG2570S

Canon PIXMA MG2570S bisa kamu gunakan untuk mencetak karya tulismu. Produk ini hadir dengan aneka fitur menarik. Salah satunya adalah fitur My Image Garden yang bikin kamu mudah mengedit foto dan dokumen sebelum dicetak atau setelah discan. Kamu juga bisa memakai fitur kreatif untuk mencetak foto dalam bentuk kalender, kartu, atau kolase.

Mesin yang satu ini bisa mencetak, memfoto kopi, dan juga menscan dengan mudah. Jenis tintanya dye pigment sehingga bisa sangat memuaskan warnanya. Kamu juga bisa mencetak lewat USB yang ditancapkan pada produk ini. Produk juga bisa mencetak dengan perantara WiFi.

Harga Rp. 653.000-735.000

Realme Buds Air Neo

Realme Buds Air Neo cocok juga kamu miliki jika kamu ingin jadi penulis. Produk ini akan membantu kamu berkonsentrasi saat menulis. Penulis biasanya butuh lingkungan yang membuatnya merasa nyaman. Jika kamu bisa merasa nyaman dengan bantuan musik, kamu bisa memakai TWS yang satu ini untuk kamu pakai selama menulis.

Suara yang dikeluarkan cukup jernih dan kencang. Ada fitur kontrol sentuh yang praktis dan cukup sensitif. Produk ini juga memiliki daya tahan baterai yang awet yakni hingga 17 jam. Bobotnya ringan sehingga nyaman dikenakan dalam waktu lama. Pairingnya mudah, cukup buka tutupnya dan produk akan segera mencari sumber bluetooth terdekat yang sudah di-pairing.

Harga Rp. 350.000-599.000

Buku Diary Klip + Gratis Pulpen Isi warna warni Lucu

Buku Diary Klip + Gratis Pulpen Isi warna warni Lucu wajib kamu miliki. Produk yang satu ini bisa kamu bawa kemana saja dengan mudah. Bisa dimasukkan kantong baju atau bisa juga dimasukkan ke dalam tas. Kamu bisa memakainya untuk mencatat ide yang muncul di kepalamu kapan saja.

Buku diary klip ini memakai soft cover dengan sampul mika tebal. Isiannya bergaris warna warni dan bergambar lucu sehingga membuat kita semangat memakainya untuk menulis. Sudah ada pulpen di dalamnya sehingga makin praktis untuk menulis kapanpun kamu butuhkan.

Harga Rp. 15.000

Buku Langkah Awal Menjadi Penulis Fiksi

Buku Langkah Awal Menjadi Penulis Fiksi wajib kamu baca. Jika kamu ingin menjadi penulis fiksi yang sukses, tidak ada salahnya mencari ilmu dengan banyak membaca buku yang bisa membimbing kamu menjadi penulis handal. Buku ini bisa jadi panutan kamu.

Ditulis oleh Gari Rakai Sambu dan diterbitkan oleh Media Pressindo, buku ini bisa mengajarkan kamu cara mudah untuk menulis fiksi. Kamu akan diajak melalui tahapan-tahapan mulai dari mencari ide cerita, merancang alur, membuat karakter, memilih sudut pandang, hingga menulis dan memasukkan naskah yang kamu buat ke media.

Dengan bahasa yang ringan, dijamin kamu jadi lebih mudah memahaminya. Ada banyak juga latihan simpel yang bisa kamu praktekkan secara mudah. Buku juga dilengkapi tips dan trik yang mempermudah proses belajarmu.

Harga Rp. 19.500-25.000
From our editorial team

Jangan Mudah Putus Asa

Menjadi penulis tidak semudah kelihatannya. Ada banyak orang yang ingin menjadi penulis namun banyak yang gagal karena kekurangan tekad dan niat. Hanya ada segelintir otang yang tetap berjuang dan tidak putus asa yang berhasil menjadi penulis. Banyak yang mengatakan bahwa modal utama menjadi penulis adalah bakat. Pada kenyataannya, bakat hanya menyumbang 10% saja. Sisanya adalah ditentukan dari niat, kemauan kuat, tidak takut mencoba, dan tidak putus asa untuk mencoba yang terbaik. Jadi, teruslah mencoba dan jangan pernah lelah meski jatuh berulang kali.

Tag