9 Rekomendasi Semir untuk Ban Mobil Agar Terlihat Selalu Tampil Bersih dan Mengkilap (2021)

9 Rekomendasi Semir untuk Ban Mobil Agar Terlihat Selalu Tampil Bersih dan Mengkilap (2021)

Selain tidak sedap dipandang mata, ban mobil yang kotor juga membuat ban kurang awet. Kamu jangan hanya fokus pada kualitas mesin mobil, tapi juga perhatikan kebersihan bannya!

Tidak ada orang yang suka berpergian dengan mobil yang kotor

Bukan kebersihan badan saja yang penting untuk dijaga, kamu juga sebaiknya memastikan barang-barang di sekitarmu terbebas dari kotoran. Termasuk mobil yang kamu kendarai sehari-hari. Akan ada banyak kerugian kalau kamu membiarkan mobil menjadi kotor.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar mobilmu lebih terjaga kebersihannya. Penasaran langkah apa saja yang penting diperhatikan agar mobilmu tidak mudah kotor? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

Kamu harus melakukan hal berikut agar mobil selalu bersih tampil mengkilap

Parkir mobil selalu di tempat yang teduh

Terlihat sepele dan sederhana, tapi nyatanya memarkir mobil di tempat yang teduh berdampak besar pada kondisi mobil, lho. Dengan memarkir mobil di lokasi yang tidak langsung terkena sinar matahari, cat mobil tidak akan terlihat kusam. Berbeda dengan mobil yang sering terpapar sinar matahari langsung, cat mobilnya akan menjadi rusak.

Makanya, sebisa mungkin hindari meletakkan mobil di bawah paparan matahari, ya. Kalau bisa, carilah atap bangunan atau kanopi dan jangan memarkir mobil di bawah pohon. Soalnya, kotoran yang jatuh dari pohon terkadang sulit dibersihkan dan malah membuat mobilmu kelihatan kotor.

Jangan tutup mobil saat sedang basah

Bodi mobil mungkin saja basah setelah terkena hujan, cipratan air, atau basah karena dicuci. Dalam kondisi seperti itu, sebaiknya jangan buru-buru menutupi mobil dengan sarung penutup. Kalau dipaksakan, bisa-bisa air tersebut menjadi jamur yang menempel pada bodi mobil.

Agar mobil tetap bersih mengkilap, pastikan kamu membilas dan mengeringkan terlebih dahulu bodi mobil yang basah tersebut. Baru kemudian, kamu bisa menutupnya dengan sarung. Dengan begitu, tidak akan ada bercak air pada permukaan cat sehingga mobil terjaga kebersihannya.

Langsung cuci mobil setelah hujan

Banyak pengguna mobil yang belum mengerti pentingnya mencuci mobil setelah terkena hujan. Memang kenapa sih mobil harus langsung dicuci jika terkena hujan? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Setiap mobilmu diguyur air hujan, kamu harus segera membilasnya. Jika tidak, air bekas hujan akan mengering dan menimbulkan bercak-bercak pada cat mobil. Kandungan asam pada air hujan juga berbahaya jika membekas di badan mobil karena dapat mengakibatkan korosi, lho. Kamu nggak mau mobilmu mudah berkarat, kan?

Selain itu, besar kemungkinan jamur juga akan tumbuh pada mobilmu yang tidak segera dicuci pasca-terkena hujan. Minimal, tunggu dulu sampai mesin mobil menjadi dingin, lalu bilas mobil setelah terkena air hujan lalu keringkan dengan lap Kanebo.

Poleskan wax untuk cat permukaan mobil

Perawatan badan mobil turut menjadi poin penting yang harus diperhatikan demi menjaga kualitas kebersihan mobil. Salah satunya adalah menjaga kualitas cat mobil dengan waxing. Jenis perawatan ini bisa kamu pilih kalau kamu ingin menjaga lapisan clear coat dan memastikan warna cat mobil tetap mengkilap.

Dengan memoleskan lapisan tipis waxing berbahan sintesis, mobil menjadi tidak cepat kusam. Bahkan, waxing yang dilakukan secara tepat akan membantu menjaga warna asli cat mobil, lho. Yang penting, sebelum memoleskan wax pada permukaan mobil, sebaiknya kamu mencuci dan mengeringkan mobil terlebih dahulu agar wax teraplikasikan dengan sempurna.

Poleskan semir agar ban mobil terlihat kinclong

Percaya atau nggak, mobilmu bisa jadi cerminan kepribadianmu. Kalau mobilmu bersih dan kinclong, itu mencerminkan dirimu yang bersih dan disiplin. Kalau mobilmu nggak terawatt, itu berarti kemungkinannya kamu jorok dan pemalas.

Nah, salah satu printilan mobil yang kudu diperhatikan kebersihannya adalah ban mobil. Bagian satu itu penting untuk memastikan mobilmu dapat berjalan dengan baik. Makanya, merawat dan menjaga agar ban mobil tetap bersih dan nyaman digunakan menjadi poin yang nggak boleh terlewatkan.

Nggak sulit kok, kamu cukup memolesnya dengan semir ban mobil berkualitas terbaik. Semir ban mobil bertugas menjaga ban dari terpaan sinar Ultra Violet (UV). Selain itu, semir ban mobil yang tepat juga akan mempertahankan warna karet pada dinding ban agar tidak cepat kusam.

Yang perlu kamu ketahui, semir ban punya beragam jenis berbeda-beda. Yuk, simak daftar di bawah ini dan cari mana jenis semir yang pas untuk ban mobilmu. Dengan mengenali jenis semir ban mobil yang sesuai, kamu dapat memberikan perawatan terbaik demi memastikan ban mengkilap dan bersih.

Jenis semir yang bisa kamu gunakan untuk ban mobil agar terlihat kinclong

Cairan silikon

Kebersihan ban akan membantu meningkatkan nilai performa mobilmu. Salah satu jenis semir yang paling mudah didapatkan dan memiliki harga terjangkau adalah semir banmobil berbentuk cairan silicon. Semir ban mobil ini aslinya adalah bahan dasar semir ban mobil yang dibuat di pabrik.

Semir ban mobil berupa cairan silicon bekerja lebih optimal untuk mengkilapkan ban mobil. Di sisi lain, semir ban jenis ini kurang tepat digunakan untuk membersihkan ban mobil. Nggak perlu khawatir repot karena cairan silicon dapat diaplikasikan dengan mudah.

Cukup cuci bersih noda yang ada di ban mobil mengguakan air, dan tambahkan sabun colek jika ada noda membandel. Setelah itu, gosok ban sampai bersih dan biarkan hingga kering. Jika sudah, baru oleskan semir ban mobil menggunakan kuas atau perangkat lain yang nyaman kamu pakai.

Semir spray (foam)

Semir ban mobil jenis spray ini dikenal menjadi pilihan banyak orang. Hal ini karena kamu dapat mendapatkan hasil yang cukup sempurna dengan langkah yang super praktis. Kandungan foam di dalamnya juga terbukti efektif mampu merawat ban mobil.

Semir ban mobil berbahan foam umumnya mengandung busa dengan zat aerosol. Nah, zat inilah yang bekerja membersihkan sekaligus membuat ban mobil terlihat mengkilap. Jadi, kamu bakal dapat dua manfaat dalam sekali usap!

Penggunaan semir ban mobil model spray atau foam juga sangat gamang. Kamu cukup menyemprotkan foam ke ban mobil, dan busa akan segera bekerja menyapu kotoran dari ban. Setelah itu, kamu tinggal membilas ban menggunakan air dan membersihkan permukaannya menggunakap lap.

Semir wax

Kalau ingin mendapatkan kualitas semir ban mobil terbaik, ada baiknya kamu mencoba semir wax. Soalnya, semir model ini mampu memberikan perawatan lebih maksimal dan membantu mempertahankan elastisitas ban mobilmu. Seperti apa sih semir wax ini?

Semir ban mobil model wax ini termasuk jenis semir ban yang bukan silicon sehingga tidak terlalu fokus untuk mengkilapkan ban. Di sisi lain, semir wax cocok dipilih buat kamu yang ingin menggunakan produk ramah lingkungan. Nggak hanya itu, semir wax juga cenderung mampu digunakan untuk waktu yang lama.

Pemakaiannya pun mudah, apalagi semir wax biasanya dijual satu paket dengan spons pembersihnya. Cara menggunakan semir ban mobil satu ini, kamu cukup menuangkan semir wax ke atas spons. Lalu, gosok secara merata ke permukaan ban sampai bersih.

9 Rekomendasi semir untuk ban mobil kamu agar terlihat selalu tampil bersih dan mengkilap

Axlent Tire Gel 1 liter

Ingin ban mobilmu mengkilap setiap hari layaknya mobil baru? Coba pakai AXLENT Tire Gel 1 Liter. Semir ban mobil berisi 1 liter ini memiliki fungsi Shine alias mengkilapkan ban mpbil dengan wet look yang awet sehingga ban mobil terlihat layaknya baru.

Fungsi High Gloss-nya memastikan ban mobil tetap berkilau dan tidak mengalami keretakan atau muncul getas di permukaan ban. Tentunya, AXLENT Tire Gel 1 liter ini juga bekerja untuk memastikan elastisitas ban tetap terjaga. Apalagi, semir ban mobil satu ini memiliki wangi yang menyegarkan, lho.

Pengaplikasian semir ban mobil AXLENT Tire Gel dapat kamu lakukan dengan tiga langkah mudah. Pertama, kocok botol semir terlebih dahulu. Kedua, oleskan di bagian samping ban hingga rata. Ketiga, diamkan sampai kering, kira-kira 10 menitan. Jangan lupa cuci dan keringkan ban mobil sebelum disemir, ya.

Harga Rp. 50.000-84.700

Autodazzling Shine Dressing 250ml

Autodazzling Shine Dressing dirancang untuk kamu yang ingin memakai semir ban mobil berkualitas premium. Cukup dengan 250 ml, semir ban mobil yang dibuat dari bahan air ini dapat bekerja mempertahankan warna asli pada ban. Nggak hanya itu, ban mobilmu akan jadi lebih mengkilap secara alami.

Selain untuk ban mobil, Autodazzling Shine Dressing 250 ml juga dapat kamu aplikasikan pada material plastik seperti dashboard mobil, trim, jok kulit pada kendaraan. Sifatnya yang multifungsi ini tentu bakal memudahkan pekerjaanmu, kan? Jangan lupa, Autodazzling Shine Dressing 250 ml asli dibuat dari air dan bukan minyak!

Untuk memakainya, kamu cukup mengocok Autodazzling Shine Dressing 250 ml dan semprotkan terlebih dulu pada aplikator. Setelah itu, usapkan pada ban yang ingin dibersihkan menggunakan aplikator tadi. Pastikanlah terlebih dahulu bahwa ban mobilmu tidak basah sebelum diolesi semir ban mobil, ya.

Harga Rp. 67.000-117.000

All Time Dressing 265ml

Semir ban mobil All Time Dressing 265 ml sudah jadi all time favorite bagi banyak orang. Soalnya, All Time Dressing Sealant Guard 265 ml sudah dilengkapi bahan berteknologi canggih yang membuatnya bermanfaat untuk berbagai keperluan. Apa saja bahan dan manfaatnya?

All Time Dressing 265 ml dirancang dengan cairan yang bekerja untuk eksterior atau permukaan berbahan dasar karet, plastik, atau vinyl. Semir ban mobil ini dapat kamu gunakan untuk aneka kebutuhan sekaligus. Selain menjadi semir ban, All Time Dressing 265 ml juga dapat dipakai untuk menghitamkan seat atau kursi mobil yang terbuat dari vinyl.

Kamu pun bisa menggunakannya untuk menghitamkan mesin mobil atau motor, menghapus goresan pada eksterior atau permukaan berbahan karet dan plastik pada mobil atau motor, serta mengembalikan warna hitam pada injakan kaki di mobil dan motor. Semir ban mobil ini tahan hingga 2 minggu dalam sekali pemakaian. Tertarik mencoba?

Harga Rp. 65.000-91.900

Meguiar's Hot Shine Tire Spray 709ml

Dengan teknologi yang canggih, semir ban mobil Meguiar dirancang untuk memberikan kesan glossy nan berkelas pada ban mobilmu. Nggak heran sih, semir ban mobil ini memang memiliki campuran silikon polimer yang tahan air. Selain itu, anti-ozonant dan bahan aktif lainnya akan bekerja untuk menjaga agar warna tidak cepat pudar.

Formula unik ini akan memberikan kesan ban mobil yang basah dan menawan untuk waktu yang lama. Penggunaannya pun mudah sekali, karena kamu tinggal menekan spray dan menyemprotkannya secara merata pada ban. Dijamin, Meguiar's Hot Shine Tire Spray 709ml akan jadi pilihan terbaik untuk ban mobilmu. Berani buktikan?

Harga Rp. 176.000-236.600

Ikame Tyre Polish 5 liter

Ban kendaraan, baik mobil atau motor, merupakan bagian yang paling sering bergesekan dengan jalan raya. Sangat mungkin ban menjadi kotor karena terus berguling di jalanan, kan? Ban yang kotor akan membuat penampilan mobil jadi kurang optimal.

Nah, kalau kamu ingin menjaga warna banmu tetap terjaga kualitas warnanya, kamu perlu pakai semir ban mobil pilihan terbaik. Nggak perlu bingung, karena sudah ada Ikam Tyre Polish 5 liter. Semir ban ini akan menjadikan ban mobilmu nampak baru untuk waktu yang lama setiap kali usai disemir.

Ikame Tyre Polish 5 liter bekerja untuk menghitamkan warna ban mobil maupun motor dengan alami. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya pada segala jenis material dari bahan karet atau plastik seperti jok dan dashboard mobil. Penggunaan yang rutin bakal membantumu menjaga ban kendaraan dari retak.

Tenang saja, semir ban mobil Ikame Tyre Polish 5 liter aman dipakai dan ramah untuk lingkungan. Apalagi, harganya nggak terlampau mahal. Untuk mendapatkan ban mobil yang mengkilap, kamu hanya perlu mengoleskan semir ini ke permukaan yang ingin kamu bersihkan. Jangan lupa pakai kuas sebagai aplikatornya, ya!

Harga Rp. 202.500-289.550

Waxco Nano Tech Wet Look Tyre Shine 500ml

Semir ban mobil buatan Malaysia satu ini jelas berbeda dengan yang lain. Soalnya, Waxco Nanto Tech Wet Look Tyre Shine 500 ml dirancang sebagai semir ban mobil premium dengan perpaduan teknologi yang lebih mutakhir. Penasaran kan apa saja formula di dalamnya?

Semir ban mobil Waxco Nano Tech Wet Look Tyre Shine 500 ml dirancang menggunakan perpaduan Hi-Gloss serta Endurance. Kombinasi keduanya mampu bekerja maksimal membersihkan serta menghitamkan warna hitam pada ban mobil, serta perlengkapan lainnya yang terbuat dari plastik dan karet hingga berkilap seperti ban baru. Selain itu, semir ban mobil ini juga super hemat, kamu dapat memakainya untuk 160 lebih ban.

Kamu akan beruntung memakainya karena produk semir ban mobil Waxco Nano Tech Wet Look Tyre Shine 500 ml ini ozone friendly dan tidak memiliki CFC sehingga ramah terhadap lingkungan. Cara memakainya super mudah, cukup dengan menuangkan semir ban mobil ini pada lap kering atau spons, lalu oleskan ke ban hingga merata. Setelah itu, diamkan hingga 5 menit dan menjadi kering.

Harga Rp. 135.000-212.000

Brilliant Silicon Emulsi 5 liter

Salah satu kandungan terpenting dalam semir ban mobil adalah silikon emulsion. Dengan silikon yang dipadukan dengan air dan elmusifier ini, kamu akan mendapatkan ban mobil yang mengkilap seperti ban baru. Ini juga merupakan produk yang digunakan di berbagai salon mobil atau motor untuk memberikan penampilan bercahaya.

Biasanya, silikon emulsi ini dipakai sebagai finishing dan diaplikasikan setelah mobil dicuci sampai bersih. Agar hasilnya maksimal, keringkan dulu mobil menggunakan lap, baru oleskan semir ban mobil Brilliant Silicon Emusli 5 liter. Mudah sekali, kan?
Kamu juga bisa menggunakan semir ban mobil ini pada benda-benda lain berbahan karet atau plastik. Diantaranya, ban kendaraan maupun dashboard. Siap memakai Brilliant Silicon Emulsi 5 Liter?

Harga Rp. 125.000-168.000

Kling Silicon Emulsi 5 liter

Untuk produk yang aman dan nggak kaleng-kaleng, kamu perlu cobain Kling Silicon Emulsi 5 liter. Semir ban mobil satu ini dibuat dengan kualitas premium ala Eropa. Material di dalamnya terkandung bahan silicon emulsi sebanyak 33% yang memberi efek hitam dan tanpa lengket.

Kling Silicon Emulsi 5 liter dijamin menjadikan ban mobilmu nampak basah seperti baru. Selain itu, semir ban mobil ini juga menjaga permukaan dari debu atau kotoran yang menempel, baik pada ban kendaraan maupun dashboard dan jok. Produk ini juga terbukti aman guna diaplikasikan pada permukaan velg.

Cara memakainya pun mudah, kamu cukup membersihkan permukaan yang ingin disemir terlebih dulu, lalu oleskan semir pada permukaan tersebut. Kamu bisa menggunakan aplikator seperti kuas atau busa. Jangan lupa oles Kling Silicon Emulsi 5 liter hingga merata agar hasilnya lebih rapi dan maksimal, ya.

Harga Rp. 70.000-72.500

Ikori 5 liter

Satu hal yang harus diperhatikan adalah: hindari membeli semir ban mobil yang warnanya mudah pudar dan berpotensi merusak ban. Itulah kenapa, kamu perlu pakai Ikori 5 liter. Semir ban mobil ini dilengkapi manfaat-manfaat yang nggak boleh kamu lewatkan.

Semir ban mobil Ikori 5 liter bekerja optimal untuk mengkilapkan dan memberikan kesan wet look atau basah pada ban kendaraan. Selain berfungsi menjaga ban dari kotoran, semir ini mampu memberikan warna hitam yang tahan hingga lebih dari 2 minggu. Yang jelas, semir ban mobil Ikori 5 liter tidak berpotensi merusak ban, dan hadir dengan harga yang terjangkau.

Cara memakainya pun mudah, karena kamu nggak perlu mencampurkannya dengan air. Cukup oleskan semir ban mobil ini pada permukaan yang kamu inginkan, baik itu ban kendaraan maupun jok kulit, dashboard, pijakan kaki motor, tutup mesin, atau cover pada spion dan knalpot. Setelah itu, tunggu sampai 15 menit agar semir meresap dengan baik.

Harga Rp. 99.500-208.000