10 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik untuk Kendaraan Kesayanganmu! (2021)

10 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik untuk Kendaraan Kesayanganmu! (2021)

Oli merupakan elemen penting dalam kendaraan bermotor. Dalam memilih oli tidak bisa asal saja. Oli motor harus bisa mencegah mesin mengalami overheat dan harus bisa membuat komponen mesin terjaga kebersihannya agar mesin tidak cepat rusak. Nah, kamu yang memiliki motor matic dan harus segera ganti oli, bisa cek rekomendasi oli terbaik dari BP-Guide berikut, ya!

Kenali Tanda Oli Motor Matic Harus Diganti

Agar kendaraan bermotor bisa bekerja dengan baik, maka oli mesin motornya harus terjaga kualitasnya. Oli mesin motor memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi di dalam komponen mesin. Tidak hanya sebagai pelumas. Oli juga memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin dan membuat suhunya stabil saat terjadi proses pembakaran di dalam silinder mesin. Oli juga berdungsi untuk melindungi mesin dari munculnya karat yang bisa muncul pada mesin.

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, tentu kita ingin motor kita jadi awet dan tidak cepat rusak, utamanya pada komponen mesinnya. Agar komponen mesin tidak cepat rusak, maka ada baiknya rutin mengganti oli. Nah, kamu tentu harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor kamu. Cek tanda-tandanya berikut ini!

Oli yang baru memiliki warna kuning atau biru. Nah, jika sudah terlalu lama digunakan, oli bisa berwarna hitam pekat. Perubahan warna ini terjadi karena kerak sisa pembakaran pada mesin. Cek warna oli kamu, jika sudah menghitam, maka artinya kemampuan melumasinya sudah turun dan sudah waktunya diganti.

Ciri lainnya oli mesin motor sudah harus diganti adalah jika kamu sudah memakainya lebih dari 5.000 kilometer. Atau untuk kamu yang memakai motor matic, ada baiknya mengganti oli jika jarak tempuh motor kamu sudah 3.000 kilometer.

Jika suhu mesin kamu jadi terasa lebih tinggi dari sebelumnya maka ini juga jadi pertanda bahwa kamu sudah waktunya mengganti oli mesin. Saat kamu merasa merasa radiasi panas dari area mesin ke arah kakimu jadi lebih terasa, maka sebaiknya cek kondisi oli kamu, ya. Sebab, jika kondisi oli sudah buruk maka daya hantar panasnya juga menjadi berkurang dan penyebaran panas menjadi tidak rata.

Ketika suara mesin transmisi jadi kasar maka ini juga jadi tanda kamu harus segera mengganti oli motor kamu. Suara motor yang kasar menandakan kualitas oli mulai menurun sehingga daya lumasnya terhadap gear pada transmisi juga ikut terganggu.

Tips Memilih Oli Motor Matic

Pilih yang Berkualitas

Untuk memilih oli motor matic tidak bisa sembarangan. Kamu harus memilih oli yang benar-benar memiliki kualitas tinggi. Di pasaran ada banyak sekali produsen oli yang menawarkan olimatic dengan berbagai janji. Namun, banyak juga yang tidak bertanggung jawab dan memalsukan oli yang dijual dengan kemasan mirip oli yang sudah ternama. Kamu wajib waspada akan hal ini.

Selain itu, pastikan oli yang kamu beli sudah dilengkapi dengan sertifikat API dan JASO. Jika oli memiliki sertifikat API artinya oli sudah diuji oleh American Petroleum Institute. Oli semacam ini juga sudah banyak dipakai di Negara Eropa. Sementara, sertifikat JASO artinya oli sudah dicek kualitas oleh Japanese Automotive Standar Association sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan.

Cek Kekentalann Oli

Kekentelan oli bisa mempengaruhi kualitas olinya. Oli yang kental bisa memperhalus getaran pada mesin. Untuk mengetahui tingkat kekentalan oli kita bisa melihat kode SAE pada kemasan oli. SAE merupakan kependekan dari Society of Automotive Engineering. Pada kemasan yang tertulis SAE 10W-40 maka artinya angka sebelum huruf W menunjukkan tingkat kekentalan oli motor di suhu dingin. Angka di belakang huruf W menunjukkan tingkat kekentalan oli saat mesin motor bekerja.

Makin besar angka SAE maka makin kental olinya. Oli yang kental bisa memengaruhi daya gesek mesin motor. Dengan oli kental maka mesin bisa mesin terdengar lebih halus dan tarikan motor bisa sedikit melambat. Oli yang kental juga tidak mudah menguap terutama di cuaca yang panas.

Utamakan Oli Full Synthetic

Saat memilih oli matic utamakan untuk memilih yang full synthetic. Oli semacam ini memiliki keunggulan sendiri dalam hal performanya. Oli sintetis lebih baik jika dibandingkan dengan oli motor berbahan mineral. Bahan dasar oli sintetis hadir dengan tingkat pelumasan terbaik, yaitu ethylene. Oli sintetis juga terbilang lebih awet. Ini karena olinya berfungsi secara stabil meski temperatur mesin dalam kondisi panas.

Ini Loh Deretan Oli Motor Matic untuk Kendaraan Kesayanganmu

Shell Advance 4T AX5 Scooter

Shell Advance 4T AX5 Scooter merupakan oli matic pertama rekomendasi kami. Oli yang satu ini hadir dengan teknologi yang baik untuk mesin. Oli dibekali dengan Active Cleansing Technology yang bisa membersihkan mesin 33 persen lebih baik dari oli lainnya. Oli juga bisa memberikan perlindungan maksimal pada mesin dari endapan dan partikel kotoran yang mengganggu performa mesin.

Oli yang satu ini cocok untuk mesin skuter 4-tak modern. Pelumas ini bisa mengurangi kebisingan getaran mesin dan juga memperpanjang usia mesin. Oli dibanderol dengan harga terjangkau untuk kemampuannya yang luar biasa dalam menjaga dan merawat mesin.

Harga Rp. 33.000-58.000

Yamalube Super Matic

Yamalube Super Matic merupakan oli yang bisa membuat temperatur mesin tetap stabil. Oli akan meredam suhu panas dari mesin motor. Hal ini membuat performa motor lebih optimal. Pelumas yang satu ini juga sangat berkualitas karena sudah memenuhi standar JASO. Produk cocok untuk aneka mesin motor matic.

Mesin motor juga bisa lebih awet karena minim gesekan. Ada formula molybdenum yang mampu membuat oli bekerja maksimal dan mempelama masa pakainya. Terbuat dari full sintetis, oli bisa melumasi mesin hingga ke celah-celah tersempit. Mesin jadi lebih bersih dan bebas dari partikel yang mengganggu.

Harga Rp. 40.000-79.000

Top 1 Action Matic

Top 1 Action Matic adalah produk dari California, Amerika Serikat. Oli berkualitas ini cocok untuk motor matic keluaran terbaru. Dengan teknologi smooth riding additive, oli yang satu ini bisa menghadirkan sensasi berkendara yang nyaman dengan tarikan mesin yang lebih halus.

Oli dikemas dalam botol 800 ml hingga 1 liter. Oli ini sudah memiliki sertifikat JASO. Pelumas yang satu ini hadir dengan kadar sintetik yang lebih tinggi dari merek lainnya sehingga bisa lebih menjaga dan merawat mesin agar lebih awet dan lebih bersih.

Harga Rp. 35.000-110.000

Federal Matic Ecomaxx 30

Federal Matic Ecomaxx 30 adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Oli yang satu ini bagus untuk motor matic. Pelumas hadir dengan formula synthetic special sehingga mesin motor bisa lebih bersih dan awet. Ada active moly di dalam oli yang membuat mesin lebih aman dari gesekan. Kamu juga bisa lebih hemat bahan bakar karena gesekan mesin bisa diminimalisir.

Oli juga mengandung viscoelastic molecules yang bisa meningkatkan kinerja motor agar lebih optimal. Produk juga memiliki double ACT cleaner yang bisa membersihkan komponen mesin motor sehingga mesin tidak cepat rusak. Oli ini cocok untuk aneka motor matic 125 cc hingga 150 cc.

Harga Rp. 27.000-84.000

Castrol Active Matic

Castrol Active Matic adalah oli yang dihadirkan dari pabrikan British Petroleum, Inggris. Berbekal standar API SN, oli ini tidak perlu diragukan kualitasnya. Produk yang satu ini terbuat dari bahan dasar semi sintetik dengan kekentalan yang pas. Kamu bisa memakai produk ini untuk motor matic 4-tak modern yang banyak beredar di pasaran. Pelumas ini akan membantu mendinginkan mesin agar tidak cepat panas. Oli juga bisa menjaga kebersihan mesin dan membuatnya lebih awet digunakan.

Harga Rp. 38.000-74.000

Evalube Scootix

Evalube Scootix HX adalah oli yang bikin mesin motor matic jadi lebih cepat menyala dan siap digunakan. Pelumas sintetis ini hadir dengan molydenum dithiocarbomate yang memiliki banyak keunggulan. Produk juga dibekali dengan teknologi veltec yang bisa mencegah mesin motor jadi cepat aus. Dengan harga yang sangat terjangkau, produk ini bisa menghadirkan performa yang luar biasa.

Harga Rp. 29.000-49.000

Motul Scooter Expert

Motul Scooter Expert bisa membuat suhu mesin tetap stabil saat kamu memakai motor matic untuk perjalanan jauh. Oli yang satu ini hadir dengan teknologi technosynthese yang bisa meredam suhu mesin agar tidak cepat panas. Terbuat dari bahan sintetis dan mineral terbaik, tidak heran jika kualitas olinya juga bagus dan tidak perlu dipertanyakan. Sudah ada sertifikat JASO sehingga kamu tidak perlu ragu menggunakannya. Produk hadir dalam kemasan 800 ml dan 1.000 ml.

Harga Rp. 85.000-140.000

Repsol Moto 4T Matic

Repsol Moto 4T Matic sudah dilengkapi dengan sertifikat JASO sehingga dijamin mutunya. Produk pelumas sintetis ini cocok untuk mesin 4-tak berperforma tinggi. Oli cocok juga untuk kamu yang ingin menghemat bahan bakar. Produk yang satu ini bisa memberikan perlindungan maksimal pada mesin sehingga daya tahannya jadi lebih lama. Dengan teknologi terkininya, oli ini bisa mengurangi gesekan mesin sehingga komponen mesin lebih awet. Produk ini juga bisa membantu melindungi dan membersihkan mesin.

Harga Rp. 41.000-80.000

Pertamina Enduro Matic

Pertamina Enduro Matic hadir dengan performa tinggi karena tingkat penguapan oli bisa ditekan dengan baik. Oli yang cepat menguap bisa sangat membahayakan karena mesin jadi lebih cepat panas dan lebih cepat rusak. Produk ini mampu mencegah mesin motor overheat. Pelumas yang satu ini cocok untuk motor matic. Volume oli motor tidak akan cepat berkurang sehingga kamu jadi lebih hemat saat memakainya. Olinya dikemas dalam ukuran 1.000 ml. Oli sintetis ini sudah memiliki sertifikat JASO yang terpercaya.

Harga Rp. 35.000-84.000

SyneRal Synthetic MATIC

SyneRal Synthetic MATIC adalah rekomendasi terakhir kami. Oli yang satu ini membuat tarikan gas motor jadi lebih ringan. Mesin juga terlindung dari panas berlebih alias overheat. Oli akan membuat suhu mesin stabil dan motor jadi lebih nyaman dikendarai. Ada teknologi multi active yang membuat kekentalan oli tetap terjaga. Oli jadi lebih awet dan mesin lebih aman dari risiko kerusakan karena gesekan mesin yang berlebihan. Ada sertifikat JASO pada oli ini sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan. Produk oli hadir dalam kemasan 800 ml dan 1.000 ml.

Harga Rp. 85.000-136.000
From our editorial team

Pilih Oli yang Sesuai dengan Rutinitasmu

Di pasaran kita bisa menemukan banyak sekali merek oli motor kenamaan. Saat kita bingung memilihnya, kita bisa memilih berdasarkan rutinitas kita saat memakai motor tersebut. Jika kamu sering mengendarai motor pada area lalu lintas yang padat dan kerap macet hingga membuat sepeda motor sering berhenti, maka ada baiknya memilih oli dengan zat aditif. Saat motor kerap berhenti maka mesin jadi cepat panas. Adanya zat aditif pada motor bisa mengurangi panas mesin sepeda motor.