10 Rekomendasi Motor Touring yang Bisa Kamu Pilih untuk Perjalanan Jauh ke Luar Kota (2021)

10 Rekomendasi Motor Touring yang Bisa Kamu Pilih untuk Perjalanan Jauh ke Luar Kota (2021)

Sudah pernah merasakan touring? Jika belum, kamu harus mencoba karena pengalaman touring tentu akan menyenangkan. Tidak perlu takut dengan kendaraan yang perlu digunakan untuk touring. BP-Guide akan memberikan rekomendasi motor touring yang bisa kamu pilih untuk perjalanan jauh. Simak yuk!

Melakukan Touring Keluar Kota Menggunakan Motor Selalu Menyenangkan

Melakukan perjalanan jauh menggunakan motor atau touring menjadi salah satu kegemaran anak muda saat ini. Mungkin terlihat sangat melelahkan, tetapi sebagian orang bilang menyenangkan. Mengendarai motor jarak jauh hingga keluar kota akan memberi pengalaman yang tidak terlupakan. Tentu saja sebelum melakukan hal itu perlu mempersiapkan kondisi fisik dan motor untuk mengurangi risiko di jalan.

Keseruan yang bisa dinikmati ketika melakukan touring salah satunya ialah dapat menikmati udara segar dan kesejukan semilir angin. Umumnya, hal-hal semacam itu bisa didapatkan ketika melewati persawahan atau pegunungan. Itulah yang dicari oleh bikers ketika melakukan touring dengan motor.

Alasan Kamu Harus Touring Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Bisa Bertemu dengan Orang Baru

Banyak keseruan yang bisa dirasakan ketika melakukan touring, salah satunya ialah bertemu dengan orang-orang baru. Hal ini terjadi karena pada saat perjalanan kamu akan berhenti di warung atau suatu tempat untuk beristirahat. Kamu akan bertemu orang baru ataupun sesama bikers dan obrolan singkat pun akan terjadi.

Pertukaran pengalaman, cerita warga setempat, atau obrolan ringan lainnya akan membawa kamu mengenal mereka lebih dekat. Menariknya, kamu akan mengenal budaya daerah setempat dan ini menjadi hal menarik yang akan kamu bawa hingga rumah.

Lebih Akrab dengan Sahabat di Komunitas

Touring biasanya dilakukan berkelompok bersama komunitas bikers atau teman-teman tongkrongan. Ketika melakukan perjalanan bersama, tentu ada banyak hal yang bisa menyatukan satu sama lain. Sikap solidaritas akan terlihat pada saat melakukan touring dan ini menjadi kesan tersendiri.

Selain sikap peduli satu sama lain, obrolan-obrolan atau candaan ringan biasanya memberi suasana yang menyenangkan selama perjalanan. Itulah yang membuat perjalanan touring tidak terasa meskipun harus menempuh jarak yang cukup jauh. Pengalaman selama touring bersama anggota-anggota lainnya akan menjadi kenangan yang nantinya bisa diceritakan.

Menghilangkan Stres

Stres menjadi salah satu penyebab negatif di dalam tubuh dan touring bisa menjadi solusinya. Melihat pemandangan indah, menghirup udara segar, dan menikmati semilir angin akan menyehatkan tubuh dan pikiran. Cara ini cukup efektif membuat otak melupakan sejenak pekerjaan atau pikiran yang menyebabkan stres. Ditambah lagi touring dengan teman-teman atau anggota kelompok dapat membuat suasana semakin seru.

Menambah Banyak Pengalaman

Touring tidak sekadar mendatangi tempat tertentu, menginap, dan melakukan perjalanan, tetapi akan banyak pengalaman yang ditemui. Singgah di suatu daerah dan tahu hal-hal yang menarik akan menjadi pengalaman tersendiri. Selama perjalanan pasti kamu akan menemukan hal-hal baru yang sebelumnya tidak diketahui.

Pengalaman seperti inilah yang juga akan menambah daya kreativitas kamu. Interaksi dengan penduduk sekitar atau bertemu dengan hal baru akan menambah kemampuan sosialisasi dan komunikasi yang lebih baik. Hal-hal baru itulah yang membuat pengalaman kamu semakin luas.

Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Touring

Kondisi Tubuh Harus Bugar

Kesehatan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan sebelum melakukan touring. Kondisi tubuh yang sehat akan membuat kamu lebih bersemangat dan aman selama perjalanan. Hal ini karena touring memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan melakukan perjalanan dengan mobil.

Cek kondisi tubuh sebelum melakukan perjalanan dan pastikan kamu sehat. Jarak tempuh yang jauh akan memakan energi tinggi di dalam tubuh. Jika tubuh kurang bugar, risiko kamu sakit di jalan bisa terjadi.

Menyiapkan Bekal yang Cukup

Ketika melakukan touring sebaiknya membawa barang secukupnya. Membawa bekal sangat disarankan karena kita tidak tahu di jalan akan terjadi apa. Bawalah bekal berupa makanan dan minuman secukupnya.

Bekal bukan hanya makanan dan minuman, tetapi juga perlengkapan P3K. Perlengkapan P3K wajib dibawa sebagai persiapan kesehatan bila terjadi sesuatu selama perjalanan.

Motor yang Tepat untuk Touring

Touring akan menempuh jarak yang jauh dan memerlukan persiapan penuh. Selain persiapan di atas, kamu juga harus memastikan motor yang akan kamu gunakan tepat untuk touring. Tidak perlu motor gede atau mahal, hal terpenting adalah kondisi motor yang prima.

Motor sebaiknya memiliki kondisi yang bisa melakukan perjalanan jarak jauh dan tidak memiliki kendala mesin di pertengahan jalan. Selain itu, perhatikan pula kenyamanan postur riding dan keempukan jok motor yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan.

Rekomendasi Motor Touring yang Bisa Kamu Pilih untuk Perjalanan Jauh

SM Sport V16

SM Sport V16 memiliki desain dengan gaya cruiser klasik yang tetap menjaga kenyamanan pengguna. Memiliki desain dengan stang tinggi dan garpu depan yang panjang, sehingga memberi kenyamanan pengguna selama perjalanan. Joknya rendah dengan ban belakang lebih kecil dibandingkan ban depan.

Motor ini memiliki lampu LED di bagian depan, belakang, dan sen. Menggunakan rem depan ABS yang mengusung speedometer digital. Motor touring ini memiliki panjang 2.300 mm, lebar 1.000 mm, dan tinggi 1.100 mm. Jarak sumbu roda 1.520 mm dan tinggi jok 700 mm.

Harga Rp. 57.750.000-74.925.000

Yamaha XSR 155

Yamaha All New XSR 155 bisa menjadi pilihan motor touring yang nyaman dan aman. Memiliki tipe mesin liquid cooled, 4 stroke, SOHC, 4 Valves, VVA yang memiliki kemampuan baik dalam menempuh jarak jauh. Memiliki tipe starter elektrik dan sistem pelumasan basah.

Motor ini sangat nyaman ketika melewati jalan yang tidak rata karena memiliki jarak sumbu roda 1330 mm dengan jarak terendah ke tanah 170 mm, sedangkan tinggi tempat duduknya yaitu 810 mm. Motor ini juga cukup aman dalam persediaan bahan bakar karena memiliki kapasitas tangki bensin 10,4 liter, sehingga kamu bisa menyimpan stok bensin lebih banyak.

Harga Rp. 50.735.100-63.170.000

Kawasaki Versys X250 Tourer

Kawasaki Versys-X 250 Tourer merupakan produk dari PT Kawasaki Motor Indonesia yang dirilis sebagai produk kendaraan roda dua berbasis adventure touring. Memiliki mesin 250 cc dengan silinder ganda, rangka backbone, suspensi depan panjang, dan kombinasi velg berukuran 19 inci/17 inci. Memiliki teknologi fuel injection 28 x 2 mm dengan katup throttle ganda. Keunggulan lainnya adalah adanya fitur fog lamps, engine guard, hand guards, dan DC outlets.

Harga Rp. 77.500.000-77.500.000

Sym Jet 14

SYM Jet 14 memiliki teknologi digital panel pada speedo-nya yang bisa menambah nuansa sporty. Dilengkapi dengan lampu di dalam jok yang luas, sehingga memudahkan kamu mengeluarkan barang dari jok ketika malam hari. Memiliki kapasitas tangki bensin hingga 12 liter. Sistem pengeremannya berjenis rem ABS dan floating disk.

Harga Rp. 32.500.000-43.457.175

SM Sport Sm3 Motor Retro 400cc

SM Sport SM3 Motor Retro 400cc memiliki gaya klasik yang terdiri dari mesin 4 langkah 2 silinder segaris 4 katup. Menggunakan ban lebar dengan ukuran depan 120/70-17 inci dan belakang 150/70 inci dengan pelek gaya jari. Tentu ini akan membuat kamu nyaman selama perjalanan dalam berbagai keadaan tekstur jalan. Ditambah lagi dengan fitur pencahayaan lampu full LED sehingga aktivitas touring semakin nyaman.

Harga Rp. 88.600.000-98.600.000

Yamaha XMAX 2021

Sepeda Motor Yamaha XMAX 250 memiliki sistem pembakaran mesin fuel injection dengan tipe kopling single dry clutch. Memiliki tipe mesin liquid cooled 4 stroke, SOHC dengan performa cocok untuk perjalanan jauh. Setiap pembelian juga akan mendapatkan bonus 1 buah helm standar pabrik, 1 buah jaket standar dealer, kartu garansi motor Yamaha, 1 set tool kit, dan 2 buah kunci kontak sepeda motor.

Harga Rp. 60.830.000-97.560.000

Honda ADV 150 CBS

Honda ADV 150 CBS 2020 memiliki tipe mesin 4 langkah, SOHC, PGM-FI, dan eSP. Memiliki sistem kopling otomatis, sentrifugal, tipe kering dengan sistem mesin berpendingin cairan. Ukuran ban belakang adalah 120/70 - 14 M/C tanpa ban dalam sehingga kamu akan terasa nyaman selama perjalanan.

Harga Rp. 34.000.000-57.888.800

Sym Maxsym 600i

Sym Maxsym 600i memiliki tipe mesin satu silinder, SOHC, liquid cooled, 4 stroke, 4 valve, dan injeksi. Memiliki bagasi luas yang bisa memuat dua helm full face, sehingga memudahkan kamu untuk menyimpan tas juga. Dilengkapi pula dengan colokan USB dan charger HP sehingga memudahkan kamu ketika membutuhkan pengisian baterai HP selama perjalanan.

Harga Rp. 141.799.500-141.799.500

Kymco Xciting 400i

Kymco Xciting 400i merupakan skuter touring 400cc dengan mesin dan optik yang kuat serta memiliki desain eksklusif. Didukung oleh 4-katup, electronic fuel injection, dan cradle chassis baja. Memiliki ruang penyimpanan cukup besar dengan kapasitas dua helm. Dilengkapi pula dengan kompartemen untuk menyimpan ponsel.

Harga Rp. 99.000.000-106.000.000

Kawasaki Versys-X 250 City

Kawasaki Versys-X 250 City merupakan motor touring yang ditenagai oleh mesin 250 cc bersilinder ganda, rangka backbone, suspensi depan panjang, dan kombinasi velg 19/17. Memiliki versi standar tetapi tampilannya cukup sporty, sehingga menambah gaya kamu semakin keren. Mesin dalam motor ini juga disematkan dengan mesin DOHC berkapasitas 249cc yang terkenal akan memberikan tenaga mesin secara maksimal.

Harga Rp. 65.560.000-65.560.000
From our editorial team

Kualitas Tempuh Jarak Jauh Perlu Dimiliki oleh Motor Touring

Touring akan memerlukan jarak tempuh yang tidak sebentar, sehingga perlu memilih motor yang tepat. Perjalanan jauh membutuhkan performa mesin mumpuni yang bisa bertahan lama. Pilih dan cek keseluruhan motor sebelum melakukan touring demi keselamatan selama perjalanan.

Tag