10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik untuk Menemani Kamu Saat di Rumah Saja (2020)

10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik untuk Menemani Kamu Saat di Rumah Saja (2020)

Sumber gambar www.pexels.com

Di zaman seperti sekarang ini, smart TV seakan sudah menjadi kebutuhan utama. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Agar tidak bosan di rumah saja, kita bisa mulai mempertimbangkan membeli smart TV. Dengan begini, kita tidak akan bosan berada di rumah saja. Ada banyak hiburan yang kita dapatkan dari smart TV. Nah, cek dulu cara memilih smart TV yang bagus dan tengok rekomendasinya dari kami!

Smart TV Jadi Pilihan karena Punya Sederet Kelebihan

Sumber gambar www.pexels.com

Televisi adalah salah satu sumber media informasi yang dikenal sejak dulu. Produsen televisi terus berinovasi untuk membuat televisi yang mengikuti teknologi terkini agar terus diminati masyarakat. Smart TV merupakan salah satu jenis inovasi televisi terbaik dan populer di kalangan masyarakat.

Banyak masyarakat beralih ke smart TV karena memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan paling menonjol adalah produk ini mampu dihubungkan dengan internet sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia.

Uniknya lagi, dengan smart TV kita bisa melakukan panggilan telepon dan video juga. Kita juga bisa terhubung dengan media sosial. Selain itu, kita juga bisa bermain game di waktu senggang dengan smart TV. Berbagai kelebihan tersebut tentunya bikin kita jadi makin betah berlama-lama di depan smart TV.

Kita bisa berselancar menikmati aneka video di Youtube, menonton serial TV seru di Netflix, hingga mendengarkan musik favorit dari Spotify. Dengan smart TV kita juga bisa menguduh aneka aplikasi menarik seperti kita mengunduh aplikasi pada smartphone. Tentu saja aplikasi yang tersedia bergantung dengan sistem operasi yang disematkan pada smart TV tersebut.

Kelebihan lain dari smart TV adalah mampu menampilkan layar smartphone ke smart TV tanpa memakai kabel. Kita jadi lebih mudah melakukan berbagai aktivitas di smartphone dengan layar yang lebih besar.

Smart TV juga lebih mudah dioperasikan berkat adanya fitur perintah suara. Hal ini tentu memberikan kenyamanan yang lebih bagi penggunanya. Saat tangan kita repot melakukan hal lainnya, kita cukup mengontrol smart TV dengan perintah suara saja.

Desain smart TV juga jauh lebih elegan ketimbang televisi biasa. Ini juga yang membuat banyak masyarakat lebih senang menggunakan smart TV. Desain smart TV bikin tampilan ruang tampak lebih indah dan menawan. Selain itu desain simplenya juga tampak cocok untuk aneka ruang berdesain minimalis hingga modern.

Tips Memilih Smart TV yang Bagus

Pilih Jenis Layarnya

Sumber gambar www.freepik.com

Saat kamu memutuskan beralih ke smart TV, tentu saja kamu wajib memilih jenis layarnya terlebih dahulu. Di pasaran ada banyak jenis layar yang digunakan pada produk smart TV. Ada layar jenis LCD dan ada juga ada layar jenis OLED. Sementara itu, untuk layar LCD memiliki jenis layar direct dan juga layar edge.

Smart TV dengan layar LCD direct mampu menghadirkan layar yang lebih terang. Makin banyak jumlah LED yang disematkan maka akan semakin jelas gambar yang ditampilkan. Sayangnya, smart TV LCD direct ini lebih cepat panas. Selain itu, tagihan listrik juga lebih cepat bertambah.

Di sisi lain, ada juga smart TV LCD edge. Ini merupakan jenis smart TV yang lebih ringas desainnya dan lebih tipis. Selain itu, smart TV yang satu ini lebih hemat energi. Kekurangannya adalah, karena memiliki jumlah cahaya yang sedikit maka kualitas gambar jadi tidak sebaik smart TV LCD direct.

Beda lagi dengan smart TV yang memakai layar OLED. Ciri khasnya adalah tipis dan juga ringan. Keunggulan lainnya, smart TV jenis yang satu ini bisa menghasilkan warna gelap sempurna. Keindahan gambar yang dihadirkan layar OLED membuat kita jadi lebih betah menontonnya. Kekurangannya adalah, harganya lebih mahal dari smart TV layar LCD.

Cek Fitur dan Sistem Operasinya

Sumber gambar www.freepik.com

Hal lain yang perlu kamu cek sebelum membeli smart TV adalah mengecek fitur yang kamu dapat dan juga mengecek sistem operasinya. Kamu wajib mengecek apa saja yang kamu dpat dengan membeli smart TV tersebut. Cek WiFi, layanan streaming, aplikasi, prosesor video, interface smart TV dan lain sebagainya. Cek juga apa ada fitur 3D yang pastinya akan sangat berguna jika kamu ingin menonton film 3D.

Selain itu, jangan lupa mengecek sistem operasi yang digunakan. Umumnya smart TV memakai sistem Android, Firefox, hingga Tizen. Dengan mengecek sistem operasinya maka kamu juga sekaligus mengecek kemudahan dan kenyamanan pengoperasian smart TV tersebut.

Kualitas Audio

Sumber gambar www.allconnect.com

Kualitas audio termasuk salah satu hal yang wajib diperhatikan jika hendak membeli smart TV. Kadang kita kurang memperhatikan bagian speakernya. Padahal kualitas audio juga akan mempengaruhi kenyamanan kita saat menonton televisi. Ada baiknya kamu memilih smart TV yang dibekali dengan teknologi Dolby dan DTS. Adanya sistem tersebut membuat audio jadi lebih terdengar jelas. Baik menonton televisi, mendengarkan musik, dan aktivitas lainnya tentu jadi lebih berkesan jika audionya bagus.

Pilih dari Harganya

Sumber gambar www.tomsguide.com

Harga juga bisa jadi pertimbangan penting saat membeli smart TV. Kamu bisa menyesuaikan harga smart TV dengan bujet yang sudah kamu sediakan. Sebuat smart TV bisa jadi mahal jika fiturnya lengkap dan mereknya juga terkenal. Jika bujet kamu terbatas, pilih saja smart TV yang fiturnya sedikit namun sudah bisa memenuhi kebutuhan kamu.

Namun jika kamu memiliki bujet yang besar, maka tak masalah memilih smart TV terbaik dengan desain terbaik dan juga fitur terbaiknya juga. Pilih smart TV dengan bijak. Jangan sampai memaksakan membeli smart TV dengan harga yang terlalu tinggi jika bujet kamu tidak mencukupi.

Ini Dia Deretan Smart TV 4K Terbaik Wajib Kamu Miliki di Rumah

LG 50UM7300PTA 4K UHD Smart LED TV

LG 50UM7300PTA 4K UHD Smart LED TV bisa menjadi rekomendasi pertama untuk kamu. Produk ini hadir dengan jenis layar IPS multi HDR dengan resolusi 4K. Produk dengan ukuran layar 50 inci jelas akan memuaskan kamu saat menonton televisi dan lain sebagainya. Dengan LED direct, smart TV yang satu ini mampu menghasilkan cahaya latar yang lebih optimal.

Kualitas video yang ditampilkan begitu halus, mulus, dan juga kaya warna. Produk ini memiliki fitur AI sehingga lebih mudah untuk dioperasikan. Dengan prosesor Quad Core, smart TV ini juga pastinya bisa beroperasi dengan lancar tanpa hambatan untuk aneka kegiatan mulai dari streaming, main game, dan lainnya.

Harga Rp. 6.399.000-9.477.000

Xiaomi Mi TV 4 4K UHD Smart Android TV

Xiaomi Mi TV 4 4K UHD Smart Android TV menjadi produk sleanjutnya yang tidak bisa dilewatkan. Produk yang satu ini hadir dengan layar 55 inci dengan format HDR 10 bit. Ini membuat smart TV mampu menghadirkan gambar tajam dengan pilihan warna yang indah. Desain smart TV ini cukup elegan dengan bezel tipis yang berkesan minimalis.

Produk ini juga dibekali dengan tuner analog dan juga smart control Mi Remote yang tentunya mempermudah kamu mengoperasikannya. Smart TV ini juga memiliki aneka port mulai dari HDMI, USB, hingga slot untuk ethernet. Smart TV ini juga mendukung WiFi dan Bluetooth 4.2. dengan sistem operasi Android, produk ini bisa memberikan antarmuka visual yang menyenangkan. Ada juga Google Assistant yang memudahkan aneka aktivitas dengan kontrol suara.

Harga Rp. 5.149.000-6.159.000

Sharp 4K UHD TV 4T-C70BK1X

Sharp 4K UHD TV 4T-C70BK1X juga bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan 4K Ultra-HD Resolution with HDR. Ini membuat kita bisa leluasa menikmati gambar yang jernih dan warna-warna yang lebih tajam. Smart TV yang satu ini dilengkapi dengan Google Assistant yang membuat kamu lebih mudh mengoperasikannya. Kamu bisa memerintahnya dengan perintah suara jadi lebih praktis.

Fitur lain yang disematkan pada produk ini adalah adanya Chromecast, Wallpaper Mode, Bluetooth Audio Out, hngga Azan Reminder. Untuk slot colokan yang tersedia juga lengkap. Ada slot USB, HDMI, dan juga slot ethernet.

Harga Rp. 14.750.000-20.988.000

POLYTRON 4K UHD Smart TV Quantum Dot 65 inch PLD 65UV5901

POLYTRON 4K UHD Smart TV Quantum Dot 65 inch PLD 65UV5901 merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan Quantum Dot Technology sehingga bisa membuat kamu jadi lebih puas saat menonton teelvisi karena gambar yang dihadirkan begitu jernih. Smart TV ini memiliki resolusi ultra HD 4K jadi dipastikan mata kita akan dimanjakan dengan warna-warna yang lebih kaya dan dalam.

Ada garansi 2 tahun untuk pembelian televisi yang satu ini. Dengan layar 65 inci, produk ini memiliki bezel tipis sehingga membuat tampilannya sangat elegan. Smart TV ini dibekali sistem operasi Linux yang mudah dioperasikan. Kamu juga bisa melakukan streaming YouTube dan Netflix dengan sekali klik.

Harga Rp. 14.990.000-15.990.000

SAMSUNG 75Q60T 4K Smart TV 75 Inch

SAMSUNG 75Q60T 4K Smart TV 75 Inch tidak boleh ketinggalan untuk kamu coba miliki. Smart TV yang satu ini hadir dengan kemampuan menganalisis dan mengontrol lampu latar. Layar QLED produk ini bisa memberikan detail gambar yang kompleks sehingga bisa menghasilkan tampilan yang istimewa.

Ada smart remote dan juga smart hub pada produk ini sehingga kamu bebas menikmati aneka konten favorit di internet. Kamu juga bebas bermain game, mengakses aplikasi, menikmati siaran televisi dan lain sebagainya. Produk yang satu menyediakan 3 slot HDMI dan 2 slot USB. Dengan memakai sistem operasi Tizen, smart TV ini mudah untuk digunakan.

Harga Rp. 31.000.000-54.459.000

SAMSUNG 55Q80R SMART TV QLED UHD 4K

Kamu tentu tidak ingin melewatkan yang satu ini. Ada SAMSUNG 55Q80R SMART TV QLED UHD 4K sebagai salah satu smart TV terbaik untuk kamu miliki. Dengan layar 55 inci, smart TV ini memiliki resolusi UHD 3840 x 2160 piksel. Gambarnya jernih dengan pilihan warna-warna yang tajam. Produk yang satu ini dilengkapi dengan konektivitas seperti HDMI dan USB. Smart TV ini juga hadir dengan sistem AI sehingga kamu bisa mengendalikanya dengan perintah suara.

Harga Rp. 16.999.000-27.500.000

Sony Bravia KD-55X8000G 4K UHD Smart Android LED TV

Sony Bravia KD-55X8000G 4K UHD Smart Android LED TV tentu bisa jadi pilihan kamu berikutnya. Produk yang satu ini memiliki teknologi HDR 4K sehingga bisa menghasilkan warna yang jernih dan detail alami yang memanjakan mata. smart TV ini hadir dengan sistem operasi Android yang tentunya lebih mudah dioperasikan. Fitur lain yang tersedia adalah adanya fitur tampilan triluminos yang membuat setiap rona dan bayangan tampak nyata.

Untuk emnontonNetflix dan Youtube juga bisa dengan satu tombol praktis saja. Desain smart TV ini elegan dan simpel. Bagian kabel juga tertata rapi dan bisa tersimpan dalam penahan kabel yang disertakan sehingga tidak terlihat berceceran dan berkesan kotor.

Harga Rp. 8.071.000-12.743.000

Panasonic TH-43GX400G 4K UHD Smart LED TV

Panasonic TH-43GX400G 4K UHD Smart LED TV pastinya juga bisa kamu lirik sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan teknologi 4K sehingga mampu menghadirkan gambar yang tajam dan juga jernih. Produk ini bisa bikin kamu lebhi puas menonton televisi karena detailnya terlihat nyata. Smart TV ini hadir dengan layar IPS 43 inci dengan teknologi HDR10 untuk memperlihatkan gambar dengan kontras terbaik.

Dengan smart TV yang satu ini kamu juga bisa menikmati audio yang memukau. Ini karena ada Digital Theater Sound yang disematkan dalam produk ini. Smart TV ini juga cocok digunakan untuk streaming, main game, dan lain sebagainya. Dengan sistem operasi Android tentunya lebih mudah untuk dijalankan.

Harga Rp. 6.373.000-7.374.900

LG 82UN8100 - SMART TV 82Inch 4K

LG 82UN8100 - SMART TV 82Inch 4KLG UN81 juga bisa jadi rekomendasi selanjutnya. Smart TV yang satu ini hadir dengan teknologi AI thinQ sehingga bisa mudah dikontrol dengan suara. Ada fitur True Cinema Experience sehingga seolah kamu sedang nonton di bioskop. Smart TV ini juga dibekali dengan ultra surround sehingga suaranya terdengar begitu menggelegar dan memuaskan.

Produk yang satu ini cocok juga untuk bermain game, nonton video, dan lain sebagainya. Warnanya lebih hidup dan halus sehingga terkesan nyata. Dengan processor Quad Core, produk ini bisa menghilangkan noise pada video dan menciptakan warna serta kontras lebih tajam.

Harga Rp. 38.180.000-5.285.000

Sony Bravia KD-85X9000F 85 Inch UHD 4K

Sony Bravia KD-85X9000F 85 Inch UHD 4K adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk yang satu ini hadir dengan layar LCD direct sehingga mampu menghadirkan gambar yang cerah dan memanjakan mata. Ada teknologi live colour dan triluminos yang membuat gambar jadi lebih berwarna dan juga lebih detail.

Smart TV yang satu ini memakai sistem operasi Android sehingga lebih mudah dioperasikan. Produk dengan layar selebar 85 inci ini memuaskan untuk ditonton bersama keluarga. Produk yang satu ini dilengkapi dengan slot USB, HDMI, dan ethernet.

Harga Rp. 80.000.000-132.132.000
From our editorial team

Pertimbangkan Ukuran Smart TV

Ketika akan membeli smart TV, ada baiknya juga kamu mempertimbangkan ukurannya. Memang sih makin besar smart TV maka semakin memanjakan mata kita. Kendati demikian, sebaiknya disesuaikan saja dengan ukuran luas tempatnya diletakkan. Kita tidak mungkin meletakkan smart TV dengan ukuran yang terlalu besar pada ruangan yang sempit. Ini hanya akan bikin ruangan terkesan lebih kecil. Sesuaikan dengan ukuran ruang agar smart TV bisa jadi dekorasi indah juga dalam ruangan.