Butuh Audio Lebih Menggelegar? Cek 10 Rekomendasi Soundbar Termurah Berikut (2020)

Butuh Audio Lebih Menggelegar? Cek 10 Rekomendasi Soundbar Termurah Berikut (2020)

Sumber gambar id.pinterest.com

Di rumah saja kerap bikin kita bosan. Padahal, kita bisa menonton film atau mendengarkan musik. Agar lebih seru, kamu bisa pakai tambahan soundbar untuk bikin suara film atau musik lebih mantap. Cek dulu cara memilih soundbar dari kami. Selain itu, jangan lupa intip rekomendasi soundbar termurah dari kami ya!

Soundbar, Speaker Ringkas untuk yang Ingin Hemat

Sumber gambar id.pinterest.com

Menonton televisi hingga mendengarkan musik mungkin sudah jadi kebiasaan kita selama berada di rumah. Kadang kita tidak menonton televisi dengan hanya duduk di sofa depan televisi namun kita lebih menikmati suara dari televisi tersebut sembari melakukan pekerjaan lainnya, entah bersih-bersih rumah, memasak, berolahraga, dan lain sebagainya. Dalam hal ini kita jadi lebih fokus pada suaranya, tentunya jika suaranya terdengar lebih bagus dan tidak pecah saat dikeraskan volumenya maka akan lebih melegakan yang mendengar.

Untuk membuat televisi atau audio yang kita pasang jadi lebih terdengar jernih, jelas, dan tidak pecah, maka kita butuh speaker atau home theater. Namun harga keduanya sangatlah mahal. Jika bujet kita mepet, tentu akan sangat kesulitan membelinya. Belum lagi jika ukuran ruang kita tidak luas, ukuran speaker atau home theatre tentu menghabiskan space dan bikin ruang makin sempit.

Solusinya adalah, kamu bisa beli soundbar. Ini adalah sound system yang berbentuk ramping. Kesannya begitu modern dan elegan. Soundbar bisa dipasang di bawah televisi atau di bagian depan televisi. Desainnya simpel dan tidak makan banyak tempat. Selain itu bisa juga jadi dekorasi ruangan dengan warna dan bentuknya yang simpel.

Perangkat yang satu ini mampu mengeluarkan kualitas suara yang keren dan tidak kalah dari home theatre. Soundbar tidak bergantung pada receiver. Hal ini membuatnya jadi mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Kamu bisa menonton televisi, menonton film, main game, hingga mendengarkan musik dengan lebih puas dengan soundbar. Dari segi harga juga soundbar lebih murah ketimbang home theatre. Tentunya kamu jadi bisa lebih hemat saat membelinya.

Tips Memilih Soundbar yang Bagus

Pilih Desainnya

Sumber gambar id.pinterest.com

Saat memutuskan membeli soundbar, kamu bisa putuskan untuk memilih desainnya. Tidak semua soundbar memiliki desain minimalis dengan bodi ramping. Kamu juga bisa memilih yang bentuknya kotak vertikal atau horisontal. Atau bisa pilih yang kotak menyamping dengan ujung-ujung membulat. Bahkan yang terbaru ada soundbar berbentuk oval dengan tampilan yang futuristis.

Pemilihan desain bisa disesuaikan dengan selera. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan dengan penempatannya. Jika ingin yang bisa diletakkan di samping televisi maka bisa memilih yang desainnya kotak dan tinggi. Jika kamu ingin meletakkannya di rak bawah televisi atau di bawah televisi tepat maka kamu bisa memilih yang bentuknya memanjang ke samping. Nah, jika kamu ingin soundbar tak mengganggu aktivitas menonton, kamu bisa pilih yang desainnya ultra slim untuk diletakkan di bawah televisi.

Pilih Ukurannya

Sumber gambar za.pinterest.com

Ukuran soundbar juga penting untuk dipertimbangkan saat memilih soundbar. Di pasaran tersedia berbagai macam ukuran soundbar mulai dari yang kecil hingga panjang. Kamu tidak harus menyesuaikan panjangnya sound bar dengan ukuran layar televisi, meski hal ini juga sah saja untuk dilakukan.

Kalau ingin menyesuaikan dengan ukuran televisi, maka kamu wajib cek pengukuran ini. Jika televisi kamu memiliki ukuran 42 inci hingga 50 inci maka kamu bisa gunakan soundbar sepanjang 38 cm hingga 45 cm. Untuk televisi ukuran 55 inci sampi 60 inci bisa gunakan soundbar sepanjang 50 cm. Untuk televisi ukuran 70 inci akan lebih tepat memakai soundbar ukuran 60 cm.

Periksa Fiturnya

Sumber gambar www.pinterest.co.uk

Hal lain yang harus diperhatikan saat memilih soundbar adalah mengecek fiturnya. Ada beberapa fitur yang biasa disematkan. Misalnya saja fitur SoundShare dan fitur bluetooth. Dengan begini kamu bisa mendapatkan suara dengan performa yang baik. Sistem ini juga bikin ruangan terlihat lebih rapi karena koneksi bluetooth bikin ruangan bebas kabel. Ini juga bikin kamu lebih mudah mengontrol suara televisi dan soundbar lewat satu remot saja.

Fitur lain yang perlu ada dalam soundbar adalah 3D Sound Plus. Adanya fitur yang satu ini bisa menciptakan suara 3D yang nyata. Ini cocok untuk kamu yang gemar menonton film sehingga seolah sedang berada di bioskop.

Kamu juga perlu pertimbangkan adanya fitur USB. Adanya fitur yang satu ini bisa memudahkan jika kamu ingin mendengar lagu favorit. Tinggal masukkan lagu pada USB lalu colokkan pada soundbar untuk membuatnya terdengar dengan lebih jernih dan enak.

Fitur Sound Mode Switching juga menarik untuk dipertimbangkan. Fitur yang satu ini membuat kita bisa mendapatkan suara yang pas dan tepat saat menonton berita, drama, atau mendengarkan musik. Dengan adanya sound mode ini kita bisa menyesuaikan dengan kegiatan yang sedang kita lakukan dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Periksa Koneksinya

Sumber gambar id.pinterest.com

Tentu saja koneksi penting untuk dipertimbangkan. Cek dulu input audio yang tersedia pada televisi kamu. Umumnya televisi yang baru mulai tidak memiliki colokan audio 3.5 mm. Biasanya, produsen televisi menggantinya dengan optical audio output. Jika hendak memakai soundbar, maka kamu bisa cek colokan apa yang digunakan apakah colokan audio 3,5 mm atau optical audio. Dengan begini kamu bisa mudah menghubungkan televisi dan soundbar.

Jika mungkin, pilih juga soundbar yang memiliki port HDMI. Dengan begini kamu bisa menghubungkan DVD atau blu-ray player langsung ke soundbar tanpa melalui televisi.

Pilih dari Segi Harga

Sumber gambar deltathink.com

Harga juga wajib jadi pertimbangan saat kamu memilih soundbar. Kamu bisa menyesuaikan harganya dengan bujet yang sudah kamu persiapkan. Cek dulu berapa harga soundbar di pasaran. Setelahnya, kamu bisa menabung dan menyesuaikan dengan soundbar yang kamu inginkan. Tidak perlu beli yang terlalu mahal jika keuangan kamu belum mencukupi. Ada banyak kok soundbar harga terjangkau yang tetap bagus untuk dimiliki.

Butuh Soundbar Murah tapi Tidak Murahan? Cek Rekomendasi Berikut!

Xiaomi Redmi TV Soundbar Wired and Wireless Bluetooth Speaker

Xiaomi Redmi TV Soundbar Wired and Wireless Bluetooth Speaker bisa jadi pilihan pertama kamu. Produk yang satu ini hadir dengan fitur utama berupa speaker soundbar yang kuat dengan suara stereo yang sangat jernih dan bass yang menggelegar sehingga kamu bisa lebih menikmati audio yang kamu dengarkan.

Untuk menghubungkannya ada banyak metode. Kamu bisa memakai dukungan koneksi nirkabel Bluetooth 5.0, input AUX, dan koneksi kabel S. Ini membuatnya bisa cocok digabungkan dengan televisi, PC, DVD, dan lain sebagainya. Produk juga dibekali fitur bluetooth sehingga lebih mudah dihubungkan dengan aneka peralatan tanpa memakai kabel dan bikin pemandangan rumah lebih bersih.

Untuk penempatannya, kamu bebas meletakkannya di permukaan datar atau menggantungnya di dinding. Desainnya yang kompak dan ramping bikin alat ini tidak menghabiskan banyak ruang. Desainnya elegan sehingga indah dipandang. Produk ini hadir dalam ukuran 780 x 64 x 63 mm dengan berat 1,5 gram.

Harga Rp. 485.000-808.000

Soundbar Audiobank SBX-100

Soundbar Audiobank SBX-100 ini adalah rekomendasi produk dari kami selanjutnya. Fitur menariknya adalah memiliki suara surround sinematik. Ada juga fitur bluetooth sehingga memudahkan kamu menggunakannya tanpa perlu banyak kabel berseliweran. Ada juga input USB sehingga bikin kamu nyaman dan bebas mendengarkan musik dan lainnya dengan lebih mudah.

Alat ini juga dilengkapi dengan kabel optik sehingga terkesan lebih simpel. Produk juga hadir dengan remote control IR untuk mempermudah pengaturan volume. Dengan display LED, kamu lebih mudah menggunakannya. Ukuran produk ini adalah 92,5cm x 8cm x 6cm.

Harga Rp. 850.000-2.600.000

Nakamichi Soundstation 7 Lite 2.0 Ch Soundbar

Nakamichi Soundstation 7 Lite 2.0 Ch Soundbar juga bisa kamu lirik sebagai pilihan. Desainnya ramping sehingga nyaman dilihat dan dapat memperindah dekorasi ruangan. Dengan finishing glossy, produk ini tampak modern dan futuristik.

Tidak ada lagi kabel berseliweran karena produk yang satu ini memakai fitur bluetooth. Ruangan jadi lebih bersih dan tampak lebih indah. Kamu juga bisa menikmati musik di mana saja dan kapan saja. bukan hanya bluetooth, soundbar ini juga hadir dengan AUX input untuk perangkat audio MP3, HDMI, AC power cord, dan remote control.

Soundbar yang satu ini membuat kamu jadi lebih hemat listrik karena konsumsi dayanya hanya 15 watt.

Harga Rp. 1.399.000-1.847.000

Wireless Soundbar Aldrich Kenzie X8

Jangan lewatkan juga Wireless Soundbar Aldrich Kenzie X8 untuk jadi milik kamu. Produk yang satu ini memiliki desain yang ramping dan indah. Dengan panjang 50 cm, produk ini cocok untuk televisi dengan ukuran kisaran 55 inci.

Soundbar ini memiliki bluetooth version 5.0 sehingga bisa lebih mudah dikoneksikan dengan perangkat apa saja. Alat ini terbuat dari bahan ABS dan metal grill sehingga desainnya bagus. Ada baterai 1200mAh pada produk ini sehingga bisa digunakan dalam waktu 4 sampai 5 jam.

Harga Rp. 230.000-808.400

POLYTRON SOUNDBAR PHT225SB

POLYTRON SOUNDBAR PHT225SB adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan optical audio port yang lebih kekinian. Ada juga fitur bluetooth yang bikin kita lebih mudah mengoneksikannya dengan peralatan lainnya. Soundbar ini juga memiliki port USB dan AUX.

Tampilan produk ini keren dengan LED display. Desainnya keren dan tampak modern sehingga bisa menghias ruangan juga. Ukuran soundbar-nya adalah 729 x 84 x 57 mm, sementara ukuran subwoofer-nya adalah 250 x 250 x 305 mm. Produk ini cocok untuk menghadirkan pengalaman menonton film atau mendengarkan musik dengan lebih memuaskan.

Harga Rp. 1.450.000-2.119.500

Mifa K3 Xiaomi

Mifa K3 Xiaomi adalah rekomendasi selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan. Produk yang satu ini meski harganya terjangkau namun kemampuannya bagus. Soundbar ini sudah didukung TWS system speaker yang mampu menghasilkan kualitas audio yang bisa memuaskan pendengarnya. Kamu bisa mengoneksikannya dengan USB, Micro SD, AUX, dan Bluetooth 5.0.

Mini soundbar ini hadir dengan layar display yang indah. Layar tersebut bisa menunjukkan waktu dan bisa untuk mengatur alarm. Selain itu ada juga baterai berkapasitas 2200 mAh untuk mendukung alat yang satu ini. Adanya baterai tersebut bisa membuat alat ini bisa memutar audio selama 8 jam nonstop.

Harga Rp. 319.000-679.000

Samsung HW-N300/XD

Jangan lewatkan juga Samsung HW-N300/XD sebagai pilihan. Produk yang satu ini cocok untuk menonton film, main game, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Kualitas audio yang kuat bikin kita jadi mendapat pengalaman mendengarkan audio yang baru dengan lebih dramatis.

Hadir dengan desain yang ringkas, produk ini tampak minimalis dan hemat ruang. Soundbar ini bisa diletakkan di mana saja. Kamu bisa menggabungkannya dengan smart TV untuk membuatnya makin berkesan elegan. Ada konektivitas yang lengkap seperti bluetooth, optical audio port, USB, dan lain sebagainya yang tersedia sehingga lebih mudah dikombinasikan dengan peralatan lainnya.

Harga Rp. 1.165.000-2.074.000

LG SJ2

LG SJ2 merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini sederhana namun tampak mewah desainnya. Ini membuatnya cocok untuk melengkapi interior ruangan. Soundbar ini juga memiliki kualitas yang mencengangkan. Fitu subwoofer-nya bikin pengalaman mendengarkan audio lebih memuaskan.

Adanya fitur bluetooth bikin ruangan jadi bebas kabel. Kamu juga bisa memakainya kapan saja dan di mana saja. Produk ini hadir dengan beberapa input port seperti USB dan Portable In Jack Audio.

Harga Rp. 1.900.000-2.093.000

Polytron PHT 230/SB soundbar

Polytron PHT 230/SB menjadi rekomendasi kami yang seru untuk dimiliki. Produk yang satu ini dapat memutar aneka lagu favorit, memutar film dengan audio mengesankan, dan lain sebagainya. Dilengkapi teknologi nirkabel, sehingga kamu bisa lebih mudah mengoneksikannya dengan perangkat lainnya. Ada input USB dan AUX juga yang tersedia. Produk juga dilengkapi dengan aplikasi Polytron Audio Connect.

Soundbar ini hadir dengan LED display yang canggih dan mudah digunakan. Ada juga 2 channel speaker yang mampu menghasilkan suara stereo yang jernih.

Harga Rp. 1.687.000-1.827.000

Samsung HW-K350

Samsung HW-K350 ini adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini hadir dengan subwoofer bertipe Passive. Soundbar ini juga hadir dengan 5 mode suara yang mengagumkan. Ada fitur audio seperti Dolby Digital 2 channel, DTS Digital Surround 2 channel, dan Surround Mode Expansion yang tentunya bisa memuaskan kita saat mendengarkan audio, menonton televisi, dan lain sebagainya.

Untuk koneksinya, soundbar ini memakai konektivitas Bluetooth dan USB. Ini membuatnya mampu memainkan file berformat AAC, MP3, WAV, WMA, OGG, dan FLAC. Alat ini bisa dioperasikan dengan hemat listrik karena hanya butuh daya 150 watt.

Harga Rp. 1.729.000-2.952.000
From our editorial team

Pertimbangkan Merek Soundbar

Saat memilih soundbar, kamu juga bisa mempertimbangkan merek yang digunakan. Ada banyak merek ternama yang menghadirkan soundbar. Kamu bisa pilih dari merek yang biasa kamu gunakan atau merek yang sudah kenamaan. Ini karena merek ternama tentu akan menjaga kualitas produknya. Harganya boleh jadi sedikit lebih mahal, namun tentu harganya jadi lebih sebanding dengan kualitasnya. Selain itu, merek kenamaan biasanya juga memberikan garansi sehingga kita tidak perlu kerepotan saat terjadi kerusakan.