10 Rekomendasi Milk Jug Terbaik untuk Membuat Latte Art (2021)

10 Rekomendasi Milk Jug Terbaik untuk Membuat Latte Art (2021)

Bagi yang ingin belajar latte art, bisa mulai mengumpulkan peralatan yang dibutuhkan. Salah satunya adalah milk jug. Untuk memilih milk jug terbaik, kamu bisa cek tips dari BP-Guide! Jangan lupa juga cek rekomendasi produknya dari kami!

Milk Jug Wajib Dimiliki Pemilik Coffee dan Pecinta Latte Art

Kopi menjadi salah satu minuman favorit orang-orang di seluruh dunia. Umumnya kopi diminum di pagi hari atau kapanpun saat mereka butuh asupan kafein yang bisa bikin kembali bersemangat melakukan aktivitas. Seiring meningkatnya permintaan akan minuman kopi, maka kedai-kedai kopi pun bermunculan, baik yang besar hingga yang kecil. Mereka berlomba-lomba menggaet pelanggan dengan menu kopi andalan mereka sendiri.

Varian kopi pun jadi makin banyak. Selain itu, cara penyajian kopi juga beragam dan bisa disesuaikan dengan selera peminumnya. Pemilik kedai kopi harus bisa memiliki ciri khas sendiri baik dari segi rasa maupun tampilan penyajian kopinya. Hal ini supaya pelanggan bisa tertarik untuk kembali mencoba kopinya lagi.

Salah satu hal yang menarik dari kedai atau kafe kopi adalah jika ada menu coffee latte, utamanya jika lattenya diberi hiasan latte art. Minuman yang satu ini dikenal karena tampilannya begitu cantik. Butuh kemampuan barista yang bagus untuk membuat sebuah latte art yang cantik dan tidak monoton.

Untuk membuat latte art, sebenarnya bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Tentunya kamu harus rajin berlatih untuk bisa mahir membuat aneka gambar latte art. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki alat utama untuk membuat latte art yakni milk jug.

Wadah penyimpanan susu bernama milk jug wajib dimiliki barista atau kamu yang sedang belajar latte art. Dengan milk jug, kamu bisa berlatih menggerakkan jug untuk membuat bentuk yang cantik. Milk jug sendiri fungsinya tidak hanya sebagai tempat foam atau susu untuk latte art, milk jug bisa juga digunakan sebagai alat takar. Dengan begini, kamu tidak perlu bingung mengatur takaran tiap-tiap komposisi kopi maupun susu untuk minuman yang kamu buat.

Tips Memilih Milk Jug

Tentukan Bahan Milk Jug

Bahan milk juga wajib jadi pertimbangan saat akan memilih milk jug. Ada milk jug bahan keramik, bahan kaca, dan yang paling umum adalah bahan stainless steel. Kamu bisa memilih mana yang paling kamu sukai. Atau bisa juga memilih berdasarkan kelebihan masing-masing bahannya.

Untuk milk juga yang difungsikan tak hanya sebagai wadah susu, namun juga sebagai pajangan, kamu bisa pilih milk jug bahan keramik. Bobotnya sedikit berat namun desain dan bentuknya beragam. Milk juga dari keramik juga memiliki aneka motif yang elegan sehingga cocok untuk pajangan juga.

Kamu yang butuh milk jug supaya lebih mudah menakar maka bisa memilih bahan kaca. Milk jug kaca bisa transparan isinya. Meski rentan pecah, milk jug dilengkapi skala ukur yang jelas sehingga kamu bisa melihatnya dengan mudah dan bisa menakar dengan takaran yang presisi.

Nah, jika ingin yang tahan panas dan mudah dalam hal perawatan, kamu bisa memilih milk jug berbahan stainless steel. Bahannya kokoh dan desainnya juga ergonomis. Produk juga memiliki lapisan teflon di dalamnya sehingga kamu akan lebih mudah saat membersihkannya.

Cek Bentuk dan Ukuran

Jika kamu tengah berusaha belajar membuat latte art, kamu akan butuh kesabaran dan ketekunan. Ini supaya hasil latte bisa lebih sempurna. Selain itu, bentuk dan ukuran milk jug juga akan mempengaruhi hasil kamu saat membuat latte art. Maka dari itu, penting untuk memilih milk juga dari segi bentuk dan ukurannya.

Milk jug ada yang berbentuk lurus dan ada pula yang berbentuk lonceng di bagian bawahnya. Beda bentuk dan ukuran maka beda pula hasil gambar latte artnya. Nah, kamu harus mencoba keduanya untuk menentukan mana yang sekiranya nyaman untuk kamu. Saat kamu nyaman memakainya maka hasil latte art kamu juga jadi lebih cantik.

Model Ujung Corong

Model ujung corong milk juga juga perlu diperhatikan saat memilihnya. Bagian ujung corong adalah bagian penting dalam membuat latte art. Bagian ini diibaratkan sebagai ujung kuas untuk melukis. Pemilihan model dan bentuk ujung cotong juga harus disesuaikan dengan kenyamanan kamu. Kamu bisa mempertimbangkan dari segi sudutnya, lebar corong, kedalaman corong dan lain sebagainya. Cobalah dan lihat bagaimana susu tertuang ke dalam kopi, apakah terlalu banyak, atau terlalu sedikit, atau menurutmu sudah bisa pas.

Ini Dia Rekomendasi Milk Jug Terbaik untukmu

Milk Jug Ayam Jago Seri 2

Milk Jug Ayam Jago Seri 2 menarik dari segi desainnya. Siapa saja yang melihatnya tentu tertarik memilikinya. Produk yang satu ini cocok jadi hiasan di rumah saat tidak digunakan. Ketika digunakan pun terlihat sangat estetik dan artistik. Nuansa 90-an sangat terasa apalagi jika kamu memiliki deretan produk bergambar ayam jago juga.

Tidak hanya bagus dipajang, produk ini juga bisa digunakan sebagai milk jug untuk latte art, atau sekadar tempat susu untuk minuman lainnya. Dengan ujung moncong mengarah ke atas, produk bisa mencegah susu menetes ke luar teko. Terbuat dari bahan keramik, produk ini terkesan indah dan elegan.

Harga Rp. 89.000-129.000

Kova Teflon Milk Jug

Kova Teflon Milk Jug memberi kesan ringkas dan kokoh. Produk ini memiliki dimensi 11 x 11 x 13 cm dengan ketebalan 1 mm dan berat 270 gram. Kapasitasnya 600 ml sehingga bisa menampung cukup banyak susu. Produk ini hadir dengan banyak sekali kelebihan.

Bahannya dari stainless steel sehingga terbilang tebal dan kokoh. Ini membuatnya awet dan tahan lama digunakan. Lapisan teflonnya juga berkualitas sehingga membuat jug mudah dituang tanpa meninggalkan setetes susu atau cairan lain di dalamnya. Bagian corongnya lancip sehingga jika dipakai membuat latte art lebih sempurna hasilnya. Desainnya ergonomis dengan handle yang nyaman dan memudahkan untuk digenggam.

Harga Rp. 79.000-143.000

Goto Ss Milk Jug Frothing Pitcher

Goto Ss Milk Jug Frothing Pitcher hadir dalam dua pilihan ukuran yakni 350 ml dan 600 ml. Dengan alat ini kamu tidak perlu lagi khawatir gagal membuat latte art. Ujung corong produk dibuat agak lancip sehingga akan bisa membuat bermacam bentuk motif pada sajian latte art. Desain produk juga sangat ergonomis sehingga mudah digenggam. Handlenya juga nyaman dan tidak licin.

Bahannya dari stainless steel sehingga terbilang tebal dan tahan lama digunakan. Produk cocok untuk dipakai di rumah atau di usaha kafe.

Harga Rp. 64.900-84.000

Bodum - Columbia Milk Jug 0.7L

Bodum - Columbia Milk Jug 0.7L merupakan produk yang wajib dimiliki kamu yang ingin mendalami ilmu latte art. Produk yang satu ini akan melengkapi saat minum kopi. Cocok untuk pribadi atau untuk usaha kafe. Terbuat dari baha stainless steel, bahannya kokoh dan tahan lama. Kapasitasnya 700 ml jadi bisa muat banyak dan pas.

Harga Rp. 1.394.000-1.399.000

Subminimal - Stovetop Latte Art Milk Jug

Subminimal - Stovetop Latte Art Milk Jug merupakan produk yang bisa memudahkan kamu untuk membuat latte art. Milk juga yang satu ini hadir dengan fitur flowtip yang sudah dipatenkan. Ini membuat kamu bisa mendapatkan pengalaman berkesan saat belajar melukis latte art. Ini cocok dipakai di kafe atau bisa untuk pribadi.

Produk yang satu ini desainnya ergonomis dan mudah digenggam. Alatnya hadir dengan sikat pembersih dan pegangan yang tahan panas jadi lebih aman dan nyaman digunakan. Terbuat dari bahan paduan stainless steel dan plastik, produk ini tahan lama digunakan. Milk jug hadir dalam dimensi 12,5 x 8,3 x 11,3 cm dengan kapasitas 450 ml.

Harga Rp. 895.000

Jibbi Jug - Airforce 420ml

Jibbi Jug - Airforce 420ml tentu bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk yang satu ini berkualitas tinggi. Dengan bahan stainless steel grade 304 produknya dijamin kokoh dan tahan lama digunakan. Milk jug mudah dibersihkan tanpa meninggalkan sisa bau. Desainnya ergonomis sehingga memudahkan untuk membuat latte art bahkan untuk para pemula. Beratnya 193 gram sehingga tidak memberatkan tangan yang akan berkreasi membuat gambar. Kapasitasnya 420 ml sehingga bisa membuat kamu lebih leluasa menciptakan gambar.

Harga Rp. 3.450.000

Barista & Co - Shorty Stainless Steel Professional Milk Jug

Barista & Co - Shorty Stainless Steel Professional Milk Jug merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini terbuat dari paduan bahan stainless steel dengan silicon yang membuatnya tahan lama digunakan. Milk jug mudah dibersihkan sehingga tidak ada sisa dan bau tersisa. Produk dengan dimensi 9,2 x 9 x 13 cm ini memiliki kapasitas 600 ml. Milk jug ini dipastikan cocok untuk kamu yang belajar latte art ataupun yang sudah profesional.

Harga Rp. 515.000-585.000

Cafelat - Milk Pitcher

Cafelat - Milk Pitcher bikin kamu lebih nyaman berkreasi membuat aneka gambar latte art yang cantik. Produk eksklusif ini bisa dipakai untuk proses steam susu juga. Milk juga ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi sehingga cocok untuk dipakai harian. Produknya tahan lama digunakan.

Ada 2 varian bentuk yang berbeda sesuai kebutuhan. Bagian pegangannya ergonomis sehingga bisa membuat kamu lebih mudah menuangnya. Ujungnya rata dengan permukaan pitcher sehingga mudah berkreasi membuat aneka art. Bagian ujung juga sedikit meninggi untuk kemudahan penuangan. Ada kapasitas 300ml, 500ml, dan 750ml yang tersedia.

Harga Rp. 485.000-585.000

Barista & Co - Core Milk Pitcher

Barista & Co - Core Milk Pitcher sayang untuk kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini cocok digunakan di bar, kafe, dan kedai kopi. Milk jug ini bisa untuk pemula atau profesional. Terbuat dari stainless steel berkualitas, pastinya tahan karat dan tahan lama digunakan. milk juga dibuat dengan mendetail sehingga desainnya terlihat mengesankan. Produk ini hadir dalam ukuran 8.4 x 9.5 x 11.2 cm dengan berat 250 gram. Kapasitasnya mencapai 420 ml. Milk juga hadir dengan warna black pearl yang elegan.

Harga Rp. 355.000-425.000

Latina STA-3325 Stainless Milk Jug

Latina STA-3325 Stainless Milk Jug adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini memiliki kapasitas besar yakni 600 ml sehingga isiannya terbilang banyak. Dengan width scale di bagian dalam, produk ini cocok untuk barista sehingga mereka bisa lebih tepat menakar jumlah susu yang dibutuhkan. Desain produknya ergonomis sehingga memudahkan barista membuat kreasi. Gagangnya juga nyaman digenggam dan tidak mudah tergelincir saat digenggam.

Harga Rp. 132.000-235.000
From our editorial team

Pilih Milk Jug dengan Tutup

Milk jug juga bisa dipilih dari tutupnya. Memang kebanyakan milk jug ada yang tidak disertai tutup karena kemungkinan susu dalam mlik jug hanya untuk porsi sekali saji saja. Namun, jika kamu berniat menyimpan susu lebih banyak dalam milk jug dan jumlahnya lebih untuk sekali porsi saji, maka kamu bisa memilih jug dengan tutup. Ini akan bisa membuat kualitas susu lebih terjaga. Selain itu, susu juga bisa lebih terlindung dari debu, kotoran, dan kontaminasi benda lainnya juga.