10 Rekomendasi Monitor LG 2021 dengan Teknologi Terbarukan!

10 Rekomendasi Monitor LG 2021 dengan Teknologi Terbarukan!

Monitor adalah salah satu kelengkapan PC yang perlu dimiliki agar komputer dapat beroperasi. Salah satu merek andalan yang menyediakan monitor berkualitas adalah LG. Menawarkan produk dengan teknologi terbarukan, berikut adalah 10 rekomendasi monitor LG terbaik yang patut Anda pilih.

Monitor Selalu Mengikuti Perkembangan Teknologi

Monitor adalah salah satu perangkat keras yang dibutuhkan pada komputer. Perangkat ini digunakan sebagai output data berupa teks, gambar ataupun video secara visual. Monitor tidak bisa digunakan secara terpisah dengan CPU pada perangkat komputer.

Semakin berkembangnya teknologi, monitor juga dirancang dengan kemampuan yang semakin canggih. Mulai dari tampilan hingga berbagai fiturnya terus dikembangkan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya. Apalagi, monitor tidak hanya digunakan untuk bekerja, namun juga kegiatan hobi, salah satunya bermain game.

Mengenal Sejarah Monitor

Heinrich Geibler, Pertama Kali Menemukan Monitor Menggunakan Sinar Katoda (CRT)

Berbicara mengenai monitor, tentu Anda perlu mengetahui beberapa fakta menarik mengenai sejarah penemuannya. Monitor sinar katoda atau Cathode Ray Tube (CRT) pertama kali ditemukan oleh Heinrich Geibler pada tahun 1855. Meski kini sudah jarang ditemukan, monitor ini menjadi awal kemunculan monitor tabung.

Setelah 33 tahun berlalu, seorang ahli kimia Austria bernama Friedrich Reinitzer menemukan kristal cairan yang menjadi dasar pengembangan teknologi LCD. Menjadi fase kedua tahap pengembangan monitor komputer, saat itu tampilan frame rate belum terpikirkan. Meski demikian, penemuan tersebut disusul dengan penemuan-penemuan berikutnya yang mengembangkan monitor hingga menjadi lebih canggih seperti saat ini.

Cathode Ray Tube (CRT) Merupakan Teknologi Layar Tabung

Sumber gambar https://www.tek.id

Cathode Ray Tube (CRT) adalah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi dan oskiloskop. Perangkat ini adalah tabung ruang hampa berisi suatu senapan elektron dan suatu elemen pemanas, yang berfungsi untuk mempercepat dan membelokkan berkas elektron. Perlu diketahui bahwa berkas elektron mudah untuk bergerak dari katoda menuju ke anoda pada ruang hampa yang panas.

Ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, CRT kemudian dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang dipakai pada seluruh pesawat televisi hingga akhir abad ke-20. Umumnya monitor CRT memiliki aspek ratio 4:3, tidak seperti LCD yang memiliki ratio 16:9. Meski demikian, CRT telah menjadi dasar pengembangan layar plasma, LCD, dan berbagai jenis monitor lainnya.

Monitor Zaman Dahulu Memiliki Bentuk Kotak, Berat, dan Ukurannya Besar

Sumber gambar https://carisinyal.com

Pada awal penemuannya, monitor hadir dengan bentuk kotak. Tak hanya berat, monitor CRT yang digunakan pada tahun 80-an hinga 2000-an tersebut juga hadir dengan ukuran yang besar, lebar, dan memanjang ke belakang. Bentuknya yang menyerupai tabung ini kemudian membuatnya disebut sebagai monitor tabung.

Alih-alih monitor CRT, nama monitor tabung memang lebih sering digunakan untuk menyebut perangkat ini. Banyak ditemui pada komputer lawas, kini monitor tabung sudah tidak lagi dipakai. Selain teknologinya yang terlalu usang, banyak kekurangan yang dimiliki oleh monitor tabung. Apalagi, kini sudah tersedia monitor penerusnya yang memiliki performa lebih canggih.

Friedrich Reinitzer Menemukan Teknologi Monitor LCD

Sumber gambar https://carisinyal.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengembangan monitor komputer terbagi atas dua tahap. Tahap pertama adalah penemuan tabung sinar katoda oleh Heinrich Geibler pada tahun 1855. Lalu, tahap kedua adalah penemuan kristal cairan 33 tahun kemudian oleh ahli kimia asal Austria, Friedrich Reinitze.

Penemuan kristal cairan ini merupakan dasar pengembangan teknologi LCD. Liquid Crystal Display (LCD) menggunakan kristal liquid yang dapat berpendar. Dengan menyorotkan sinar melalui kristal cair, intensitas sinar keluar dapat dikendalikan secara elektrik sehingga dapat membentuk panel-panel datar.

Jenis Monitor Terbaru Setelah CRT dan LCD

Monitor TFT

Sumber gambar https://carisinyal.com

Setelah monitor CRT dan LCD, muncul beragam jenis monitor lain yang menandai perkembangan teknologi. Salah satunya adalah monitor TFT atau Thin Film Transistor. Monitor ini merupakan varian dari LCD yang menggunakan teknologi TFT untuk meningkatkan kualitas gambar. Monitor TFT digunakan dalam sejumlah peralatan, seperti televisi, monitor komputer, ponsel, video game portabel, PDA/Tablet, sistem navigasi dan proyektor.

Sederhananya, monitor ini berupa liquid crystal yang diisikan di antara dua pelat gelas, yaitu colour filter glass dan TFT glass. Berbeda dengan matriks pasif LCD atau sederhana, monitor TFT tampil dengan LCD dalam beberapa segmen matriks aktif. Keunggulan monitor ini dibanding pendahulunya adalah kualitas addressability dan kontras yang lebih baik.

Monitor LED

Sumber gambar https://carisinyal.com

Jenis monitor berikutnya adalah monitor LED atau Light Emitting Diode. Mirip dengan LCD yang menggunakan kristal cair, namun LED menggunakan teknologi CCFL Backlight atau lampu neon fluorescent dalam segi pencahayaan. Lampu tersebut membuat cahaya monitor tampak lebih cerah dengan gambar yang lebih tajam.

Keunggulan dari monitor LED adalah ukuran dan dimensinya yang sangat tipis. Kontras gambarnya juga tajam, bahkan bisa mencapai jutaan pixel. Dibandingkan dengan monitor LCD, LED lebih hemat listrik karena konsumsi listriknya yang rendah dalam mengoperasikannya.

Monitor DLP

Sumber gambar https://carisinyal.com

Monitor DLP adalah jenis monitor berikutnya yang memiliki resolusi tertinggi. Monitor ini bekerja dengan prinsip perangkat micromirror digital atau digital micromirror devices (DMD). Singkatnya, monitor ini memanfaatkan jutaan micromirrors untuk modulasi cahaya secara digital.

Memiliki definis tertinggi membuat monitor ini sangat cocok digunakan untuk pengeditan gambar atau video. Anda juga bisa menggunakannya untuk bermain game untuk memberikan resolusi tampilan yang terbaik. Meski memiliki resolusi tertinggi, sayangnya monitor DLP kurang populer di kalangan pengguna komputer.

Monitor Touch Screen

Sama dengan berkembangnya ponsel pintar dan tablet, teknologi layar sentuh juga diaplikasikan pada monitor. Monitor touch screen adalah bentuk perkembangan selanjutnya dari perangkat monitor biasa. Singkatnya, monitor ini adalah LCD atau LED yang dipasangkan dengan panel layar sentuh.

Sebelumnya, penggabungan monitor dengan teknologi layar sentuh telah banyak digunakan pada ponsel pintar dan tablet yang kemudian sangat digemari. Kehadiran monitor touch screen ini diharapkan juga mampu mendukung perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sama seperti namanya, monitor ini bisa dioperasikan dan diatur menggunakan layar sentuh.

Monitor Plasma

Jenis monitor berikutnya yang tak kalah populer adalah monitor plasma. Pada dasarnya, monitor ini menggabungkan sudut penglihatan luas dari CRT dan kualitas gambar yang baik dari LCD. Penggabungan ini akhirnya menghasilkan layar tipis, ramping, degan sudut pandang yang baik.

Memiliki tingkat kontras yang tinggi membuat monitor ini banyak digunakan untuk produk-produk layar, termasuk TV plasma. Sayangnya, monitor plasma dibanderol dengan harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis monitor lain. Konsumsi dayanya juga dinilai boros, sehingga kurang cocok untuk rumah dengan daya listrik yang rendah.

Rekomendasi Monitor LG 2021 dengan Teknologi Terbarukan Saat Ini

Monitor IPS Full HD 21,5'' - Radeon FreeSync™ (22MN430M-B)

Rekomendasi monitor LG yang pertama adalah Monitor IPS Full HD 21,5'' - Radeon FreeSync™ (22MN430M-B). Produk ini adalah monitor LED yang mampu mengakomodasi kebutuhan visual yang tajam. Monitor Full HD IPS Display ini memberikan warna yang tajam dan pergeseran warna yang terjadi sangat rendah.

Monitor keluaran LG ini hadir dengan response time 5ms dan refresh rate 75Hz. Produk ini dilengkapi dengan Flicker Safe dan Reader Mode untuk memaksimalkan kenyamanan visual dengan melindungi mata dari sinar biru yang berbahaya. Teknologi AMD FreeSync yang menyertainya membuat Anda dapat merasakan gerakan mulus di seluruh game beresolusi tinggi dan cepat.

Harga Rp. 1.679.000-2.299.000

Monitor FHD 10 HDR 32'' (32ML600M-B)

Monitor FHD 10 HDR 32'' (32ML600M-B) adalah monitor keluaran LG yang memiliki spektrum warna luas. Produk ini didukung 95% warna DCI-P3 dan 99% warna sRGB. Dukungan tersebut membuat monitor ini cocok untuk Anda yang bekerja di bidang desain kreatif, karena mampu menampilkan warna konten digital secara akurat.

Produk ini kompatibel dengan HDR10 yang membuat area gambar gelap dan terang memiliki lebih banyak detail. Dengan resolusi 1080p Full HD dan teknologi IPS, membuat tampilannya lebih jernih dan detail. Monitor ini didesain fleksibel, sehingga Anda bebas menggunakannya di meja atau menggantungnya di dinding.

Harga Rp. 3.189.900-3.350.000

29'' UltraWide™ Full HD HDR IPS Monitor (29WP60G-B)

Produk berikutnya yang masuk daftar rekomendasi adalah 29'' UltraWide™ Full HD HDR IPS Monitor (29WP60G-B). Monitor LG ini mampu menampilkan pengalaman visual menakjubkan untuk aktivitas gaming. Hadir dengan layar sebesar 29 inch, monitor ini memiliki tipe display FHD dengan resolusi 2560 x 1080.

Panel layar ultrawide anti-glare dan narrow bezel memberikan pengalaman menonton dan gaming yang istimewa. Desainnya juga ringan dan tipis yang membuat monitor ini lebih ringkas ditempatkan di mana saja. Produk ini dilengkapi dengan AMD FreeSync, refresh rate 75Hz, response time 5ms GTG dan 1ms MBR untuk mendukung aktivitas gaming.

Harga Rp. 3.525.000-3.644.600

35'' UltraWide™ QHD HDR VA Curved Monitor (35WN75C-B)

Monitor LG 35'' UltraWide™ QHD HDR VA Curved Monitor (35WN75C-B) adalah pilihan terbaik bagi Anda yang tengah mencari perangkat untuk bekerja. Hadir dengan layar ultrawide aspek ratio 21:9 membuatnya mampu mendukung kebutuhan kerja kreatif Anda. Anda dapat memonitor berbagai potongan klip dalam editing video, dengan berbagai plugins audio dan efek khusus tersaji dalam satu layar sekaligus.

Produk keluaran LG ini kompatibel dengan HDR10 dan spektrum warna berbasis sRGB 99%. Dukungan tersebut membuat monitor ini memiliki tingkatan spesifik dari warna dan kecerahan. Monitor ini dilengkapi AMDFreeSync dengan refresh rate 100Hz dan response time 5ms GTG untuk mendukung kegiatan gaming.

Harga Rp. 8.975.000-10.299.000

UltraFine™ 4K 32 Inch LG 32UN880-B HDR10 Display Ergo (32UN880-B)

Monitor LG berikutnya yang direkomendasikan adalah UltraFine™ 4K 32 Inch LG 32UN880-B HDR10 Display Ergo (32UN880-B). Produk ini memberikan kualitas gambar tak tertandingi dengan memberikan pengalaman nonton yang nyaman. Secara tampilan, layar berukuran 31,5 inch ini didesain kompak dan mudah dalam instalasi.

Tidak menghabiskan banyak ruang di meja, monitor ini telah dilengkapi penyangga canggih dan ergonomis yang dapat disesuaikan ketinggian hingga kemiringannya. Ditujukan untuk para profesional kreatif, monitor ini hadir dengan cakupan 95% ruang warna DCI-P3. Untuk mendukung bermain game, produk ini dilengkapi AMD FreeSync, response time 5ms GTG, dan refresh rate 60Hz.

Harga Rp. 8.599.000-12.872.000

Monitor UHD 4K Kelas 32'' dengan Radeon FreeSync™ (Diagonal 31.5'') (32UK550-B)

Anda yang tengah mencari monitor untuk segmen kelas menengah, Monitor UHD 4K Kelas 32'' dengan Radeon FreeSync™ (Diagonal 31.5'') (32UK550-B) adalah salah satunya. Monitor yang diluncurkan oleh LG tersebut menawarkan sejumlah spesifikasi menarik dengan harga yang terjangkau.

Monitor ini hadir dengan ukuran 31,5 inch disertai dukungan DCI-P3 95% dan HDR10. Tak hanya cocok untuk kegiatan menonton, monitor ini juga dibekali teknologi AMD FreeSync yang mendukung kebutuhan gaming. Namun, produk ini hanya mendukung refresh rate maksimal 60Hz, sehingga lebih cocok untuk game kasual.

Harga Rp. 6.500.000-15.029.500

UltraGear 24GL600F (24GL600F-B)

UltraGear 24GL600F (24GL600F-B) adalah monitor LG berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini hadir dengan layar 23,6 inch yang memberikan pengalaman visual terbaik. Monitor ini didukung dengan response time 1ms untuk memaksimalkan pengalaman gaming yang membutuhkan keputusan instan, seperti RTS dan FPS.

Tak hanya itu, monitor keluaran LG ini juga dibekali dengan refresh rate 144Hz, sehingga gerakan sekecil apapun akan terlihat. Dilengkapi dengan Radeon FreeSync, Anda bisa merasakan gameplay yang halus dan lancar tanpa adanya gambar pecah dan lag. Produk ini memiliki konektivitas HDMI, display port, dan headphone out.

Harga Rp. 2.249.000-2.715.000

27'' Class UltraGear™ Full HD IPS Gaming Monitor - G-Sync® Compatible (27GN750-B)

Monitor gaming kini menjadi jenis panel yang banyak dicari di pasaran. LG memiliki beragam monitor gaming andalan, termasuk 27'' Class UltraGear™ Full HD IPS Gaming Monitor - G-Sync® Compatible (27GN750-B). Produk ini merupakan monitor gaming tangguh yang terintegrasi dengan fungsi berperforma tinggi.

Produk keluaran LG ini dilengkapi teknologi AMD RADEON FreeSync yang memberikan pergerakan lancar dan halus dalam gameplay beresolusi tinggi. Monitor berukuran 27 inch ini kompatibel dengan HDR10 untuk merepresentasikan detail pada bagian terang dan gelap konten dengan rentang dinamis tinggi. Produk ini didukung dengan refresh rate 240Hz dan response time 1ms yang menunjang performanya.

Harga Rp. 5.750.000-5.799.000

Monitor LG UltraWide Dual QHD (49WL95C-WE)

Bagi Anda yang mencari monitor super lebar untuk pengalaman visual yang menyenangkan, Monitor LG UltraWide Dual QHD (49WL95C-WE) bisa menjadi pilihan. Monitor ini memiliki aspek ratio 32:9 dengan ruang piksel setara dua kali monitor 27 inch 16:9 QHD. Dengan piksel 70% lebih banyak dibandingkan resolusi FHD 32:9, monitor ini mampu melampaui batasan multitasking dengan multi-format multiplex.

Dilengkapi dengan Dual Controller, Anda dapat mengendalikan beberapa perangkat yang tersambung hanya dengan satu layar dengan satu keyboard dan mouse. Software On Screen Control memungkinkan Anda mengontrol aneka pengaturan tampilan dengan satu klik mouse. Anda bisa menyesuaikan ketinggian, kemiringan, dan putaran penyangga sesuai kenyamanan penggunaan.

Harga Rp. 17.485.000-24.500.000

34'' Monitor Game UltraWide™ 21:9 Kompatibel dengan G-Sync®, Adaptive-Sync

Produk terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah 34'' Monitor Game UltraWide™ 21:9 Kompatibel dengan G-Sync®, Adaptive-Sync. Monitor keluaran LG ini hadir dengan ukuran ultrawide aspek ratio 21:9. Dilegkapi dengan teknologi Adaptive-Sync, monitor ini kompatibel dengan NVIDIA G-Sync.

Sesuai namanya, produk ini mampu memberikan sensasi gaming yang maksimal bagi penggunanya. Hal ini didukung dengan refresh rate sebesar 144HZ, serta fitur 1ms MBR. Tampilan visualnya juga lebih realistis dengan dukungan HDR sRGB 95%. Monitor ini menawarkan performa maksimal untuk mendukung aktivitas bermain game Anda.

Harga Rp. 3.605.000-7.260.000
From our editorial team

Pilih Monitor dengan Ukuran Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli monitor, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah memilih produk sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang membutuhkannya untuk kebutuhan pekerjaan, monitor dengan spektrum warna yang luas tentu lebih dibutuhkan. Sementara, bagi Anda yang membutuhkannya untuk bermain game, pastikan monitor yang dipilih memiliki refresh rate dan response time yang memadai.