Pilihan Speaker Monitor Terbaik dan Berkualitas untuk Kualitas Suara yang Lebih Jernih (2020)

Pilihan Speaker Monitor Terbaik dan Berkualitas untuk Kualitas Suara yang Lebih Jernih (2020)

Sumber gambar iconcollective.edu

Pekerja seni yang berkecimpung di dunia musik, rekaman, dan penciptaan lagu tentu tidak asing dengan monitor speaker. Dengan memproses musik melalui monitor speaker, suara yang dihasilkan akan lebih jernih dan kuat. Berikut simak rekomendasi merek speaker monitor terbaik untukmu dari BP-Guide.

Selain Menikmati Alunan Musik, Proses Pembuatan Musik Juga Membutuhkan Speaker Monitor

Sumber gambar youtube.com

Sehari-hari, kamu pasti sangat akrab dengan yang namanya pengeras suara atau speaker bukan? Speaker memang benda multifungsi yang bisa digunakan oleh siapapun. Misalnya untuk sekedar menikmati alunan musik, mengeraskan suara saat menonton film untuk menciptakan suasana serasa di bioskop, hingga dipakai di acara-acara resmi yang melibatkan banyak orang.

Fungsi speaker lain yang harus kamu tahu adalah untuk memudahkan proses membuat musik oleh produser dan para penyanyi. Studio monitor namanya. Alat ini merupakan kebutuhan dasar yang harus ada dalam perlengkapan home recording studio. Baik itu studio rumahan atau studio profesional, speaker monitor berfungsi menghasilkan suara yang indah.

Harga speaker monitor high end dari merek ternama bisa sangat mahal, mencapai puluhan juga rupiah. Kamu yang masih pemula dalam bidang ini mungkin tidak memiliki budget sebanyak itu kan? Tenang saja, BP-Guide akan merekomendasikan sederet speaker monitor berkualitas dengan harga terjangkau melalui artikel berikut ini.

Fungsi Monitor Speaker

Sumber gambar audiomentor.com

Memproduksi musik atau lagu tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan speaker monitor. Sebutan lain untuk alat ini adalah speaker flat. Biasanya alat ini dioperasikan dengan sound engineer yang handal dalam proses mixing audio sehingga hasil akhirnya bisa maksimal. Uniknya, kualitas dari speaker monitor ini tidak ditentukan dari mereknya.

Masing-masing sound engineer memiliki preferensi berbeda-beda, sehingga apapun mereknya tidak masalah bagi mereka. Speaker monitor dengan harga mahal mencapai puluhan juta belum tentu bisa menghasilkan lagu yang baik seperti keinginan si engineer. Selain itu, budget juga berperan penting dalam menentukan speaker monitor mana yang akan digunakan.

Fungsi lain dari alat yang satu ini adalah membantu seorang pemain musik mendengarkan suara pemain musik lain yang melakukan rekaman secara berjauhan atau dalam waktu berbeda. Begitu pula dengan penyanyi yang ingin mendengar iringan musik secara jelas, dapat dilakukan dengan bantuan speaker monitor.

Tips Memilih Monitor Speaker

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sumber gambar prostudiogear.com

Penggunaan speaker monitor untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan studio recording, mixing audio, dan mastering memang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Hal utama yang harus dipertimbangkan saat memilih speaker monitor adalah kebutuhan masing-masing.

Ini kaitannya erat dengan berapa budget yang dimiliki dan fitur apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah speaker monitor. Ada dua jenis speaker monitor yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan, yaitu indoor dan outdoor.

Speaker monitor untuk kebutuhan outdoor, misalnya, yang terbaik adalah jenis full range. Speaker ini akan menciptakan semua nada, baik itu nada rendah hingga nada tinggi akan tetap stabil dan tidak hilang. Kekuangan speaker monitor ini adalah tidak bisa menciptakan nada yang empuk dan enak didengar.

Berbeda lagi dengan speaker monitor yang akan digunakan secara indoor atau di dalam ruangan. Speaker monitor jensi wooder adalah pilihan terbaik karena nada rendah dihasilkan akan terasa lebih nyaman didengar dan halus. Sebaliknya, speaker ini tidak dapat digunakan di luar ruangan karena akan membuat nada rendah menjadi tenggelam.

Pertimbangkan Ukuran

Sumber gambar www.image-line.com

Aspek lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih speaker adalah ukurannya. Ada 4 jenis ukuran speaker yang tersedia di pasaran yaitu 8 inch, 10 inch, 12 inch, dan 15 inch. Berbeda ukuran, maka berbeda juga woofer yang dimiliki speaker. Woofer ini sendiri berguna untuk memproduksi suara dengan nada rendah. Semakin besar ukuran woofer, maka semakin rendah nada yang bisa didapatkan.

Speaker dengan ukuran besar cocok untuk ruangan yang besar, sementara speaker berukuran kecil pas dengan ruangan kecil agar tidak memakan terlalu banyak tempat. Pemilihan casing speaker juga sangat penting. Besar kecilnya ukuran casing speaker tergantung pada ukuran speaker itu sendiri.

Boleh-boleh saja memilih casing speaker yang ukurannya unik agar dekorasi rumahmu juga semakin menarik.

Perhatikan Dayanya

Sumber gambar www.howtogeek.com

Terkait dengan daya speaker, semakin tinggi daya yang digunakan bukan berarti semakin baik kualitas suara yang dihasilkan dan semakin besar pula volume suaranya. Kedua hal ini sama sekali tidak berkaitan, sehingga pastikan speaker monitor yang dipilih memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Jangan hanya melihat daya yang tercantum di label yang ditempelkan saja karena informasinya biasanya kurang akurat. Daya speaker yang sebenarnya bisa dilihat dari magnet yang ada di speaker. Jika ingin speaker yang bisa menghasilkan suara keras, jangan hanya melihat besar atau kecilnya daya saja.

Cari Merek yang Sudah Terpercaya

Sumber gambar hardwarezone.co.id

Bicara soal merek, sifatnya relatif bagi setiap orang. Masing-masing merek speaker monitor memiliki karakteristik suara yang berbeda-beda, sehingga tergantung pada selera sound engineer yang menggunakannya. Namun demikian, merek juga bisa menjadi pertimbangan khusus saat memilih speaker monitor lho.

Produk dari brand yang sudah tersohor seperti JBL, Harman Kardon, Armageddon, Logitech, dan Polytron tentu mamu menghasilkan kualitas suara berbeda daripada brand lain yang kurang terkenal. Namun kekurangan dari brand ternama ini adalah harganya yang biasanya lebih mahal.

Mahalnya harga sebanding dengan kualitas yang akan didapat, jadi jangan mudah terkecoh dengan harga murah. Apalagi jika speaker monitor digunakan untuk keperluan profesional atau komersil, tentu kualitas harus lebih diutamakan dibandingkan aspek lainnya.

Pilihan Speaker Monitor dengan Kualitas Terbaik

Sumber gambar homestudiomagic.com

Tingkatkan kualitas audio dengan menggunakan M-Audio AV42 4 Inci Powered Studio Monitors. Speaker desktop yang satu ini dilengkapi dengan driver frekuensi dan bass reflux porting untuk suara yang lebih jernih dan jelas. Woofer pada speaker ini dipalisi dengan 4 inch polypropylene untuk suara bass lebih akurat dan jernih.

Kelengkapan lain pada speaker ini adalah input RCA yang dapat digunakan untuk menghubungkan sistem game, mixer, peralatan DJ, dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula tambahan stereo panel di depan sebesar 1/8 inch yang dapat digunaan untuk menghubungkan komputer, laptop, MP3 player, dan sumber audio lainnya. Output headphone panel di bagian depan berukuran 1/8 inch.

Kini mengolah suara menjadi jauh lebih mudah dengan menggunakan speaker monitor.

Mackie CR3

Speaker monitor Mackie CR3 dirancang untuk segala kebutuhan studio reocrding dan hiburan yang bersumber dari audio. Desainnya sangat ramping, diimbangi dengan kualitas mumpuni. Dapat bekerja secara maksimal untuk memenuhi semua kebutuhan multimedia. Output sebesar 50 watt dapat mengartikulasikan suara stereo agar terdengar semakin jelas.

Woofer pada speaker monitor ini dilapisi dengan polypropylene 3 inch untuk suara bass yang lebih jelas. Desain waveguide pada speaker monitor ini menghasilkan dispersi dan kejelasan suara di semua tingkat pendengaran. Casing terbuat dari kayu untuk memberikan karakter khas yang alami dan lebih unggul.

Indikasi lampu pada kontrol On/Off dan volume memudahkan penggunaan. Speaker ini juga bisa langsung disambungkan pada smartphone dan sumber audio lainnya. Output audio jack membuat speaker ini sangat kompatibel dan mudah digunakan. Alat ini menggunakan komponen profesional untuk kerja yang semakin optimal.

Harga Rp. 1.700.000-2.380.000

iLoud Micro Monitor

Dibuat dengan daya dan bas yang lebih besar, iLoud Micro Monitor dapat menghasilkan pemutaran suara yang lebih profesional. Suara yang dihasilkan cukup untuk memenuhi satu ruangan kecil dengan audio yang menggelegar namun tetap nyaman didengar telinga. Miliki pengalaman mendengarkan audio yang kaya di dalam rumah atau di dalam ruangan kecil.

Driver ini dilengkapi dengan 3/4 inch silk dome tweeter yang dilengkapi neodymium magnet agar dapat mereproduksi bas besar. Superb stereo imaging membantu kejernihan suara yang dihasilkan. Speaker monitor yang satu ini kompatibel dengan berbagai macam perangkat seperti headphone, konsol gaming, Home Stereo System, TV, car audio system, dan sumber audio yang lainnya.

Harga Rp. 5.000.000-5.220.000

Edifier R1280T

Rekomendasi speaker monitor selanjutnya adalah Edifier R1280T. Dibekali dengan teknologi, utilitas, dan gaya masa kini serta model yang sangat stylish untuk melengkapi dekorasi di rumah atau di kantor. Model speaker rak buku dengan sistem audio yang sangat berkualitas, mampu menghasilkan suara menggelegar.

Driver speaker bass berukuran 4 inch yang disempurnakan dengan port refleks bass bertenaga untuk menghasilkan output suara yang lebih kuat dan kaya. Keunggulan lain dari produk ini adalah personalisasi pada volume, bass, dan treble yang dapat disesuaikan. Pengaturan suara menjadi lebih praktis dengan remote control yang sudah disediakan.

Dual input RCA di bagian panel belakang dapat dihubungkan secara langsung dengan speaker yang memiliki koneksi RCA to RCA atau RCA to AUX. Soal desain, speaker monitor ini terlihat stylish dengan warna kayu alami.

Harga Rp. 1.670.000-3.500.000

Yamaha HS5

Yamaha HS5 memilki ciri khas woofer warna putih dan suara khas Yamaha yang dikenal memiliki akurasi tinggi. Keunggulan lain dari monitor speaker yang satu ini adalah memberikan referensi yang sangat jujur dan tepat, sehingga platform suaranya sangat ideal untuk semua proses mixing.

Perangkat ini dibuat dengan gabungan pengetahuan, keahlian, dan teknologi suara paling mutakhir untuk membawa akurasi suara yang luar biasa. Fitur Yamaha triple mitered joint dapat mengeliminasi resonansi secara lebih efektif dibandingkan dengan speaker lainnya. Keunggulan lain adalah ukuran speaker lebih kecil dengan bobot lebih ringan sehingga sangat mudah dibawa ke mana-mana.

Harga Rp. 1.900.000-3.780.000

DS Acoustic DS5A

DS Acoustic DS5A adalah speaker monitor yang sangat populer di kalangan sound engineer. Dengan harga terjangkau, perangkat ini menawarkan frequency response yang menakjubkan dan akurat. Suara yang dihasilkan oleh perangkat ini terdengar lebih empuk, detail, nyaman di telinga, dan sangat akurat. Semua fitur dan kelebihan ini membuat speaker monitor yang satu ini mampu bersaing dengan produk lain yang harga berkali-kali lipat.

Performa speaker monitor ini semakin oke dengan treble yang jernih dan vocal yang lebih detail. Menggunakan 5 inch woofer dan 1 inch soft domw tweeter driver membantu menghasilkan suara yang tidak tertandingi. Dari segi desain, speaker monitor ini juga tidak kalah lapisan ornamen kayu memberikan tampilan yang mewah dan elegan.

Harga Rp. 1.749.000-1.750.000

Logitech Z337

Logitech adalah produsen peralatan komputer dan gaming device yang sangat unggul dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Tidak ketinggalan, speaker monitor juga menjadi salah satu produk yang dihasilkan oleh merek berkualitas ini. Dengan harga yang terjangkau, alat ini mampu memberikan hasil maksimal.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh speaker monitor ini adalah ukurannya yang kecil dan praktis sehingga sangat mudah dibawa dan dipindahkan. Bass pada speaker monitor ini sangat detail, memberikan suara yang paling menghibur untuk dinikmati. Siap-siap untuk mendengarkan musik dan menonton film dengan suara yang sangat detail.

Harga Rp. 1.099.900-1.980.000

Sonic Gear Titan 9 BTMI

Satu lagi speaker dengan output suara yang jernih dan nendang, serta kompatibel dengan berbagai macam sumber audio. Tambahan remote control dan bluetooth untuk memudahkan penggunaan dan pengendalian jarak jauh. Efek audio yang dihasilkan oleh speaker monitor ini sangat memukau. Gunakan saat menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game untuk mendapatkan pengalaman yang semakin seru.

Total daya 50 watt cukup untuk menghasilkan suara menggelegar dan cukup di ruangan kecil. Efek bass-nya tidak menonjol namun juga tidak terlalu tenggelam dengan efek yang lainnya, menghasilkan suara yang seimbang dan enak didengar. Desainnya yang oke menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh perangkat ini. Warna hitam dengan paduan biru dan abu-abu memberi kesan elegan dan modern. Ditambah dengan LED yang terpasang di sela-sela komponen yang semakin mempercantik desain sekaligus memudahkan penggunaan.

Harga Rp. 715.000-1.240.000

Thonet and Vander Vertrag

Brand yang satu ini berasal dari Jerman. Thonet and Vander Vertrag mampu menghasilkan suara sejernih kristal yang terasa sangat jelas dan menghibur, seperti sedang menonton pertunjukan langsung. Dukungan fitur bluetooth, power yang besar,dan kualitas kabel yang baik menciptakan speaker monitor terbaik yang pernah ada.

Tidak hanya suara yang detail, speaker monitor ini juga didesain secara minimalis dan gaya, memberi kesan elegan dan modern. Paduan bahan kayunya berkualitas dengan warna hitam elegan. Tambahan aksen kuning semakin menambah kesan stylish. Pilihan warna hitam dan putihnya dapat melengkapi dekorasi ruangan.

Harga Rp. 1.100.000-3.931.000

Polytron PMA 9502

Produk dalam negeri tidak kalah oke dengan brand luar. Polytron PMA 9502 adalah buktinya. Active speaker ini dapat juga digunakan untuk karaoke dan dilengkapi pula dengan built-in FM Radio. Tambahan input SD Card dan USB. Ambience light pada alat ini membuatnya terlihat semakin menarik.

Penggunaannya sangat mudah, bisa diatur langsung dari smartphone Anda. Fitur seperti bass dan treble hingga volume kini semakin mudah disesuaikan dengan selera. Putar lagu secara nirkable juga dengan koneksi Bluetooth streaming untuk performa yang lebih baik.

Harga Rp. 805.850-825.000
From our editorial team

Lengkapi Saat Santaimu dengan Monitor Speaker Ini

Fungsi monitor speaker rupanya tidak hanya untuk kegiatan profesional seperti mengarang musik dan lagu saja. Kamu bisa menggunakannya untuk kegiatan lain seperti nonton film dan mendengarkan musik dengan kualitas suara yang lebih mumpuni. Buruan deh, pilih favoritmu dari deretan rekomendasi BP-Guide di atas.