10 Rekomendasi Monitor Gaming untuk Pencinta E-Sport Sejati (2021)

10 Rekomendasi Monitor Gaming untuk Pencinta E-Sport Sejati (2021)

Monitor adalah perangkat penting bagi para gamers. Tak bisa sembarangan, Anda tentu memerlukan monitor yang mumpuni untuk menunjang performa permainan. Berikut adalah 10 rekomendasi monitor gaming bagi Anda pencinta e-sport.

Untuk Menjadi Pemain E-Sport Terkenal, Anda Harus Memiliki Peralatan Gaming Canggih

Apakah Anda ingin menjadi pemain e-sport profesional? Selain skill yang mumpuni, salah satu hal yang perlu dimiliki adalah peralatan gaming yang canggih. Tak bisa dipungkiri, perangkat gaming yang canggih akan mendukung pemain untuk memberikan performa terbaik dalam suatu permainan.

Ada banyak peralatan yang perlu di-upgrade untuk mendukung performa, seperti mouse, keyboard, hingga monitor. Ukuran, bentuk, hingga sensitivitas adalah beberapa faktor yang menjadi alasan kenyamanan penggunaan peralatan gaming berkualitas. Bagi Anda yang hendak melakukan upgrade peralatan gaming, sebaiknya carilah rekomendasi dan referensi dari berbagai sumber terpercaya untuk mendapatkan produk terbaik.

Beberapa Aksesoris Gaming yang Harus Anda Miliki

Mouse Gaming

Berbicara mengenai peralatan game, tentu ada banyak aksesoris yang perlu dimiliki untuk menunjang kelancaran permainan. Salah satunya adalah mouse gaming yang sangat penting bagi para gamers. Berbeda dengan mouse biasa, mouse gaming didesain dengan latency yang lebih rendah.

Salah satu pengaturan penting yang dimiliki oleh mouse gaming adalah dot per inch (DPI) yang berpengaruh pada sensitivitas gerakan. Mouse dengan sensitivitas yang lebih tinggi mampu merespon setiap pergerakan kecil dengan cepat dan akurat. Tentu faktor ini berpengaruh pada performa permainan.

Keyboard Gaming

Aksesoris berikutnya yang diperlukan adalah keyboard gaming. Para gamers profesional umumnya tidak akan ragu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan keyboard gaming. Pada dasarnya keyboard gaming sama seperti keyboard biasa, namun dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan.

Secara garis besar ada dua jenis keyboard gaming, yaitu keyboard gaming membran dan mekanikal. Keyboard manapun yang Anda pilih, pastikan bahwa keyboard tersebut memiliki respon, akurasi, dan tingkat kenyamanan yang tinggi. Desain yang kokoh, ergonomis, opsi mechanical switch, serta fitur-fitur yang sesuai dengan game yang kamu mainkan adalah beberapa hal yang patut dipertimbangkan.

Kursi Gaming

Tak bisa dipungkiri bahwa kenyamanan adalah salah satu poin penting dalam bermain game. Salah satu aksesoris yang dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan para gamers adalah kursi gaming. Kursi gaming sangat diperlukan oleh para pro-player, sebab umumnya menghabiskan waktu yang cukup lama dalam sehari dalam berlatih.

Seperti namanya, kursi gaming memang dirancang khusus untuk para gamers yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan layar komputer. Pada dasarnya kursi ini terdiri dari dudukan, sandaran punggung, serta sandaran lengan yang empuk. Ketiga komponen ini didesain sedemikian rupa agar membuat penggunanya nyaman dan tidak mudah lelah.

Headset Gaming

Aksesoris berikutnya yang diperlukan oleh para gamers adalah headset gaming. Pada dasarnya headset gaming memiliki fungsi yang sama dengan headset lainnya. Namun, headset gaming biasanya dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan suara pada game yang membutuhkan efek audio tinggi.

Tampilan headset gaming juga dirancang lebih garang dengan ukuran yang lebih besar untuk meredam suara yang datang dari luar. Hal ini agar penggunanya tetap fokus pada suara game. Detail suara yang dihasilkan oleh headset gaming lebih mendalam, sehingga gerakan apapun yang dihasilkan oleh game akan terdengar.

Monitor Gaming

Monitor gaming adalah perangkat berikutnya yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan gaming. Perangkat ini berguna untuk menampilkan proses yang dilakukan oleh pengguna dalam bentuk visual. Dalam dunia gaming, monitor sangat berpengaruh pada performa penggunanya.

Berbeda dari monitor pada umumnya, monitor gaming dirancang khusus dengan refresh rate dan response time yang lebih baik. Perangkat ini dirancang untuk membuat keluaran kartu grafis dan CPU terlihat sebaik mungkin saat bermain game. Berbeda monitor tentu representasi warna, gerakan, dan ketajaman gambar yang disajikan juga berbeda.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Monitor Gaming

Resolusi

Berbicara mengenai monitor gaming, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Salah satunya adalah resolusi yang merupakan salah satu fitur penting untuk ketajaman dan kualitas visual gambar. Saat ini ada berbagai monitor dengan beragam dukungan resolusi yang beredar di pasaran, seperti 1080p Full HD, 1440p Quad HD (2K), 2160p Ultra HD (4K).

Dari ketiga resolusi di atas, monitor dengan resolusi 1080p masih mendominasi. Namun, para gamers juga mulai beralih pada monitor beresolusi lebih tinggi, yaitu 1440p yang telah menjadi standar baru dalam monitor gaming. Monitor dengan resolusi 2K tersebut dinilai menawarkan visual yang lebih memukau tanpa harus memerlukan sistem hardware kelas atas.

Refresh Rate

Faktor berikutnya yang patut dipertimbangkan adalah refresh rate. Refresh rate merupakan kemampuan monitor dalam memperbarui tampilan gambar setiap detiknya di layar. Kemampuan ini diukur dalam satuan Hertz (Hz), di mana semakin tinggi nilainya, maka semakin banyak jumlah sinyal gambar yang di-refresh.

Anda yang gemar memainkan game bergenre FPS (first-person shooter), bertarung (fighting), balapan (racing games), RTS (real-time strategy), dan olahraga (sports), tentu membutuhkan monitor dengan nilai refresh tinggi. Sebab, game tersebut membutuhkan gerakan yang sangat cepat dan akurat, sehingga monitor dengan refresh rate tinggi akan menunjang performa gaming. Umumnya monitor saat ini memiliki refresh rate 60Hz, 120Hz, 144Hz, 165Hz dan 240Hz.

Response Time

Response time menjadi faktor berikutnya yang patut dipertimbangkan saat membeli monitor. Response time adalah waktu yang dibutuhkan piksel monitor untuk beralih dari satu warna ke warna lain. Kemampuan ini umumnya diukur dalam satuan milidetik.

Fungsi dari response time adalah untuk menunjukkan seberapa cepat gambar bergerak. Layar monitor gaming umumnya memiliki response time 1 ms yang menunjang performa gaming untuk genre dengan pergantian gambar cepat, seperti FPS dan racing game. Hal ini dimaksudkan agar penggunanya terhindar dari efek screen tearing atau efek layar yang seolah robek.

Adaptive Sync

Adaptive sync adalah teknologi yang patut dimiliki oleh layar gaming. Teknologi ini berperan dalam mengurangi efek screen tearing dalam game. Perlu diketahui bahwa saat ini ada dua teknologi adaptive sync, yaitu NVIDIA G-Sync dan AMD FreeSync.

Meski berguna untuk mengatasi masalah yang sama, kedua teknologi adaptive sync tersebut memiliki perbedaan harga yang signifikan. AMD FreeSync dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan teknologi NVIDIA G-Sync. Teknologi ini bisa dipilih sesuai dengan konfigurasi hardware pada PC penggunanya.

Rekomendasi Monitor Gaming untuk Pencinta E-Sport Sejati

Dell S2417DG

Rekomendasi monitor gaming yang pertama adalah Dell S2417DG. Produk ini memberikan visual berpeforma tinggi, sehingga grafik tidak terdistorsi meski Anda bergerak dengan cepat. Dengan kecepatan refresh mencapai 165Hz, Anda dapat melihat gameplay dengan jelas dan tajam.

Monitor ini diaktifkan NVIDIA G-Sync dan 3D Vision Ready yang memberikan laju penyegaran sangat tinggi dan waktu tanggapan cepat. Produk keluaran Dell ini juga mendukung fleksibilitas Anda dalam bermain game, karena bisa dimiringkan dan diputar sesuai kenyamanan. Monitor ini dilengkapi dengan konektivitas digital DisplayPort dan HDMI.

Harga Rp. 6.898.000-14.686.400

LG 25UM58-P

Sebagai salah satu merek elektronik ternama, LG juga memiliki monitor gaming andalan. Salah satunya adalah LG 25UM58-P yang hadir dengan resolusi layar 1080p Full HD. Produk ini memerikan visual yang jelas dan tajam dari setiap sudut pandang, sehingga memberikan kenyamanan bagi Anda saat bermain game.

Monitor ini memiliki on-screen kontrol yang menempatkan sejumlah pengaturan monitor untuk kecepatan dan memudahkan akses. Cukup dengan beberapa klik mouse, Anda bisa menyesuaikan volume, kecerahan, mode gambar preset, split screen, hingga dual controller. Tak hanya bisa digunakan untuk gaming, monitor ini juga mendukung efisiensi kerja dengan dukungan mode split.

Harga Rp. 2.360.000-5.102.800

BenQ Zowie XL2740

Bukan rahasia lagi bahwa salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih monitor gaming adalah kecepata refresh. Bagi Anda yang tengah mencari monitor dengan kecepatan refresh terbaik, BenQ Zowie XL2740 adalah jawabannya. Produk ini hadir dengan kecepatan refresh 240Hz yang memberikan pengalaman gameplay paling mulus.

Monitor ini memiliki shield dengan sudut yang dapat disesuaikan dan desain yang dapat dilepas untuk fleksibilitas gaming. Black eQualizer yang menyertainya juga meningkatkan visibilitas dalam pemandangan gelap tanpa mengekspos area terang secara berlebihan. Anda juga dapat menyetel nada warna dengan mudah menggunakan color vibrance yang melengkapinya.

Harga Rp. 9.790.000-21.290.000

Acer Predator XB241H

Acer Predator XB241H adalah monitor gaming dengan visual memukau. Produk keluaran Acer ini berukuran 24 inch yang dilengkapi Twisted Nematic Film (TN Film) Panel. Kehadiran TN Film ini akan memberikan pengalaman gaming dengan visual yang menawan.

Monitor Acer Predator XB241H ini memiliki kecepatan respin 1 ms yang cepat dan efektif menghilangkan efek ghosting untuk objek gameplay yang bergerak cepat. Dilengkapi dengan NVIDIA G-Sync memungkinkan kecepatan refresh monitor yang dinamis sesuai dengan frame rate GPU. Produk ini juga dirancang dengan brightness puncak mencapai 350cd/m² yang cerah.

Harga Rp. 7.390.000-7.800.000

Samsung Curved Gaming C24F390

Samsung adalah merek berikutnya yang memiliki monitor gaming paling direkomendasikan. Salah satunya adalah Samsung Curved Gaming C24F390 yang memiliki kualitas gambar superior dengan rasio kontras 3000:1. Monitor ini didesain melengkung lebih ke dalam yang memberikan pengalaman gaming lebih mendalam.

Dilengkapi dengan Eye Saver Mode, monitor ini terbukti mengurangi ketegangan mata pada pengguna dibandingkan dengan menggunakan monitor datar. Selain didesain melengkung, monitor ini juga super tipis dengan tampilan elegan. Mampu menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan lumnescence kegelapan layar membuatnya dapat mengurangi konsumsi energi hingga 10 persen.

Harga Rp. 1.700.000-3.297.500

Viewsonic XG2405

Anda yang tengah mencari monitor gaming dengan harga miring, Viewsonic XG2405 mungkin bisa menjadi solusinya. Monitor ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, namun dibekali dengan kualitas yang mumpuni. Produk dari ViewSonic ini memiliki ukuran 24 inch dengan resolusi 1080p Full HD.

Viewsonic XG2405 hadir dengan refresh rate 144Hz dan dilengkapi dengan fitur FreeSync AMD. Produk ini juga sudah support untuk konsol-konsol baru, seperti PS5, Nintendo Switch, dan Xbox X. Tersedia pula beberapa pilihan konektivitas, termasuk port HDMI, DisplayPort, dan jack headphone out.

Harga Rp. 2.950.000-3.099.000

Lenovo G25-10

Rekomendasi monitor gaming berikutnya hadir dari merek Lenovo, yaitu Lenovo G25-10. Produk ini hadir dengan frame rate tinggi dan warna-warna cerah. Tersedia dalam ukuran 24,5 inch, monitor ini memiliki resolusi 1080p Full HD yang memberikan visual terbaik untuk gaming.

Lenovo G25-10 memiliki kecepatan refresh mencapai 144Hz dan waktu respon cepat 1 ms, sehingga memungkinkan Anda untuk menikmati gameplay. Teknologi NVIDIA G-Sync yang melengkapinya membuat monitor ini memberikan pengiriman visual yang mulus. Menariknya, monitor ini telah dianugerahi Energy Star Paling Efisien pada tahun 2020 karena mampu mengurangi jejak karbon dan konsumsi daya.

Harga Rp. 2.499.000-2.599.000

Gigabyte G27FC A

Gigabyte G27FC A adalah monitor gaming berikutnya yang patut dilirik. Produk ini hadir dengan kecepatan refresh mencapai 165Hz dan waktu respon 1 ms yang memberikan pengalaman gameplay mulus. Monitor berukuran 27 inch ini memiliki resolusi 1080p Full HD, sehingga menghadirkan visual yang jelas dan tajam.

Salah satu daya tarik dari monitor Gigabyte G27FC A ini adalah tampilannya yang ramping dengan dudukan kokoh. Desain ergonomis ini menawarkan berbagai penyesuaian ketinggian dan kemiringan untuk kenyamanan penggunanya. Monitor ini juga bebas flicker dan memiliki cahaya biru rendah yang mencegah ketegangan dan kelelahan pada mata.

Harga Rp. 3.910.000-5.153.500

HP X24C

Monitor berikutnya yang patut dijadikan pilihan oleh para gamer adalah HP X24C. Produk ini memiliki kecepatan refresh mencapai 144Hz, sehingga memberikan pengalaman gameplay yang mulus. Tak hanya itu, kecepatan penyegaran yang dua kali lebih cepat dari layar standar ini memberikan tampilan objek lebih tajam dan detail lebih bersih.

Dilengkapi dengan teknologi AMD FreeSync Premium, monitor ini mampu menyinkronkan kecepatan refresh dengan GPU. Desainnya juga mendukung kenyamanan Anda ketika bermain karena disertai dudukan pengatur ketinggian. Monitor ini juga memiliki sisi depan yang melengkung dengan bezel tipis yang disertai stand kokoh pada bagian belakangnya.

Harga Rp. 2.623.000-2.800.000

Asus Monitor TUF Gaming VG249Q

Monitor gaming terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Asus Monitor TUF Gaming VG249Q. Produk keluaran Asus ini hadir dalam ukuran 24 inch dengan resolusi 1080p Full HD. Dengan refresh rate mencapai 144Hz membuatnya memberikan pengalaman gameplay yang mulus.

Produk ini dibekali dengan fitur ASUS Extreme Low Motion Blur (ELMB) dengan waktu respon 1 ms untuk mengurangi ghosting dan motion blur. Teknologi FreeSync yang melengkapinya berguna untuk menghilangkan robekan layar dan kecepatan bingkai yang terputus-putus. Monitor ini juga didesain ergonomis dengan fitur dudukan yang mampu disesuaikan posisi dan ketinggiannya.

Harga Rp. 3.399.000-3.499.000
From our editorial team

Tips Merawat Monitor Gaming

Merawat monitor gaming merupakan hal penting, karena perangkat ini adalah salah satu hardware yang mengemban fungsi vital dari keseluruhan kegiatan dalam menggunakan komputer. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk merawat monitor, yaitu menggunakan screen protector untuk melindungi layar dari goresan dan debu, tidak menekan permukaan layar, tidak menutup ventilasi atau lubang sirkulasi monitor, dan membersihkan monitor secara rutin. Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus dan kain lembut untuk membersihkannya.