10 Saringan Ikan Buat Anda yang Memelihara Ikan di Rumah (2022)

10 Saringan Ikan Buat Anda yang Memelihara Ikan di Rumah (2022)

Saringan ikan jadi perlengkapan wajib untuk Anda yang memelihara ikan. Yuk, simak rekomendasi saringan ikan terbaik untuk berbagai jenis ikan dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Anda Memelihara Ikan? Pastikan Punya Saringan Ikan Juga!

Memelihara ikan menjadi hobi bagi sebagian besar orang. Jika Anda salah satunya, maka wajib memiliki berbagai perlengkapan termasuk saringannya. Saringan ikan adalah alat yang bisa memudahkan Anda menangkap ikan jika ingin membersihkan kolam atau akuarium tempat ikan Anda hidup.

Saringan ikan sendiri hadir dalam berbagai macam ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Masing-masing produk juga memiliki spesifikasi berbeda lho! Apapun jenis saringan ikan yang Anda pilih, pastikan setidaknya Anda punya satu di rumah ya!

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Saringan Ikan

Ukuran Ikan dan Diameter Jaring

Hal pertama yang harus dipertimbangkan yaitu ukuran saringan yang akan dibeli. Sesuaikan besar diameter jaring atau saringan dengan besarnya ikan Anda. Jangan sampai saringan terlalu kecil atau terlalu besar karena akan menyulitkan Anda saat menggunakannya.

Saringan ikan dengan diameter 5-10 cm cocok untuk ikan-ikan kecil seperti cupang dan guppy. Sedangkan ikan ukuran sedang seperti koi bisa menggunakan saringan berdiameter 30 cm atau lebih. Nah, untuk menjaring ikan ternak yang hidup di kolam seperti ikan lele, Anda bisa menggunakan saringan dengan diameter 40 cm.

Bahan Gagang Saringan

Gagang saringan ikan yang dijual di pasaran biasanya terbuat dari besi, plastik, atau kayu. Dari ketiga bahan tersebut, besi tentunya yang paling kuat dan tidak mudah patah. Untuk menghindari gagang berkarat karena terlalu sering terkena air, Anda bisa memilih gagang berbahan aluminium atau stainless steel.

Jika budget Anda tidak banyak dan ingin membeli saringan ikan bergagang plastik, pastikan plastiknya kuat dan bisa digunakan dalam waktu lama. Keunggulan bahan plastik adalah tidak mudah berkarat.

Bahan Saringan

Bahan saringan juga sangat penting karena bagian itulah yang akan digunakan untuk menjaring ikan. Kalau sembarangan, bisa-bisa sirip ikan tersangkut di saringan. Biasanya ada 2 bahan yang digunakan untuk membuat saringan adalah mesh dan organdi.

Mesh memiliki lubang-lubang yang cukup besar di permukaannya. Sedangkan bahan organdi lebih lembut, sehingga tidak akan merusak sirip ikan.

Cara Membersihkan Saringan

Saringan ikan juga harus dibersihkan secara rutin, terutama jika Anda menggunakan saringannya di kolam yang besar. Kotoran dan lumut yang ada di air maupun kolam akan menempel di saringan. Jadi, pastikan saringan juga mudah dibersihkan.

Tempat Hidup Ikan

Saringan ikan bisa digunakan di akuarium yang kecil hingga kolam berukuran besar. Oleh karena itu, sesuaikan besar saringan ikan dengan tempat hidup ikan Anda. Jika ikan hidup di akuarium, pilih saringan yang diameternya kecil. Namun jika Anda ingin menjaring ikan di kolam besar, pilih yang jaringnya besar agar bisa menangkap banyak ikan sekaligus.

Manfaat Memelihara Ikan

Mengurangi Stres

Memelihara ikan jenis ikan hias bisa membantu mengurangi stress. Melihat ikan yang berenang bebas di akuarium memberikan efek menenangkan bagi yang melihatnya. Itulah mengapa akuarium mudah ditemui di berbagai tempat publik seperti rumah sakit dan perkantoran.

Meningkatkan Kreativitas

Tidak hanya meredakan stres, melihat ikan hias juga dapat meningkatkan kreativitas dan membuat Anda lebih fokus dalam bekerja. Melihat ikan-ikan yang cantik memberikan simulasi visual pada otak yang memicu kreativitas Anda.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi Anda yang kesulitan tidur atau merasa tetap lelah setelah bangun tidur, memelihara ikan hias bisa menjadi solusi alami untuk meningkatkan kualitas tidur. Melihat ikan hias di malam hari bisa mengundang kantuk, serta suara riak air akan memberikan efek menenangkan.

Rekomendasi Saringan Ikan

Serokan Bambu Bulat 5,5 cm

Jika Anda memelihara ikan-ikan kecil, Serokan Bambu Bulat 5,5 cm wajib Anda miliki. Jaring pada saringan terbuat dari bahan organdi yang juga bisa menyaring artemia atau jentik-jentik nyamuk. Meski gagangnya terbuat dari bambu, pada bagian luarnya sudah dilapisi plastik agar tidak mudah lapuk.

Harga Rp. 3.000-10.000

EE2 Saringan Ikan Serokan Pengambil Ikan Mini Cupang Hias Koi Berta

Satu lagi rekomendasi saringan mungil untuk ikan berukuran kecil. EE2 Saringan Ikan Serokan Pengambil Ikan Mini Cupang Hias Koi Berta saringannya sangat halus, sehingga tidak akan merusak sirip ikan.

Produk ini memiliki diameter 5 cm dan panjang gagang 20 cm, cocok untuk ikan yang hidup di akuarium. Gagangnya terbuat dari besi, sehingga kuat dan tidak mudah patah.

Harga Rp. 5.000-15.000

Saringan Double Artemia

Saringan Double Artemia adalah saringan ganda yang bisa digunakan untuk menjaring artemia tanpa cangkang. Kain saringan yang digunakan juga sangat lembut.

Saringan ganda ini bisa memisahkan artemia dengan cangkangnya. Ini sangat memudahkan Anda memberi pakan hidup bagi ikan-ikan kesayangan. Gagang saringan terbuat dari bahan stainless steel anti karat sepanjang 25 cm dan ukuran jaring 7x7 cm.

Harga Rp. 10.000-30.000

Serokan Ikan Premium Kotak Persegi

Buat Anda yang mencari saringan ikan berkualitas, maka Serokan Ikan Premium Kotak Persegi. Gagang saringan ini boleh terbuat dari bahan plastik, namun jangan ragukan kekuatannya. Produk ini juga punya ukuran jaring persegi yang cukup besar, yaitu 7x7 cm tetapi bisa digunakan menjaring ikan cupang dengan mudah.

Harga Rp. 20.000-40.000

Serokan Ikan Seser Tangguk Saringan Ikan Ukuran No. 3

Serokan Ikan Seser Tangguk Saringan Ikan Ukuran No. 3 cocok untuk Anda yang memelihara ikan di kolam besar. Sekali serok, banyak ikan bisa terangkut sekaligus. Panjang gagang adalah 35 cm dan diameter saringannya juga 35 cm, sehingga totalnya adalah 70 cm. Sementara kedalaman jaringnya mencapai 32 cm.

Harga Rp. 15.000-30.000

Serokan Seser Ikan Cupang

Karena ukurannya yang kecil, menjaring ikan cupang sebaiknya juga menggunakan saringan yang kecil. Seperti Serokan Seser Ikan Cupang ini. Saringan berbentuk kerucut ini memiliki diameter 5 cm dengan ukuran gagang sepanjang 20 cm. Bahan pembuat gagangnya adalah besi yang kuat dan tahan lama. Sementara bahan saringan yang digunakan adalah mesh.

Harga Rp. 2.000-20.000

Saringan Ikan Lipat

Memiliki saringan besar kadang merepotkan karena Anda akan kebingungan menyimpannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada Saringan Ikan Lipat yang bisa dijadikan alternatif pilihan. Kelebihan saringan ini tentu saja bisa dilipat, sehingga tidak memakan tempat saat menyimpannya.

Tidak hanya jaringnya yang bisa dilipat, tapi gagangnya juga. Tentunya ini memudahkan Anda menyesuaikan panjang gagang sesuai kedalaman kolam.

Harga Rp. 50.000-100.000

Serok Seser Saringan Kotak Bulat Stik Stainles

Serok Seser Saringan Kotak Bulat Stik Stainles adalah produk serbaguna yang bisa digunakan untuk menjaring jentik, artemia, kutir, dan ikan hias. Gagang saringan ikan ini terbuat dari bahan stainless steel sepanjang 20 cm. Sedangkan jaringnya memiliki diameter 6 cm dan 7 cm.

Harga Rp. 10.000-30.000

Jaring Serok Penangkap Ikan Koi Besar D80

Untuk menyaring ikan koi, ada Jaring Serok Penangkap Ikan Koi Besar D80 yang bisa Anda gunakan. Panjang gagang produk ini 150 cm dengan diameter berukuran 80 cm. Gagang saringan terbuat dari bahan aluminium yang ringan dan anti karat. Sementara itu, bahan jaringnya adalah mesh yang kuat dan tidak mudah jebol.

Harga Rp. 200.000-300.000

3D Retractable Shrimp Fish Net

Bagi Anda yang membutuhkan saringan berukuran kecil, ada 3D Retractable Shrimp Fish Net yang panjang gagangnya bisa disesuaikan dengan kedalaman kolam atau akuarium. Diameter dan kedalama saringan ini mencapai 5 cm. Sedangkan ukuran gagangnya bisa disesuaikan mulai dari 18 hingga 55 cm sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 50.000-100.000
From our editorial team

Saringan Ikan Juga Bisa Digunakan Untuk Membersihkan Kolam

Saringan ikan tidak hanya bisa digunakan untuk menangkap atau menjaring ikan lho! Anda juga bisa menggunakannya untuk menyaring kotoran di kolam atau akuarium. Oleh karena itu, segera pilih saringan terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas!

Tag