10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik untuk Melapisi Aneka Permukaan Kayu (2021)

10 Rekomendasi Cat Kayu Terbaik untuk Melapisi Aneka Permukaan Kayu (2021)

Memiliki furnitur kayu memang harus rajin dirawat agar kesan estetiknya tetap terjaga. Jika catnya pudar, kamu bisa mengecat ulang dengan cat kayu pilihan. Supaya tidak salah pilih, kamu wajib cek tips memilih cat kayu terbaik. Jangan lupa cek juga rekomendasi cat kayu pilihan dari BP-Guide!

Furnitur Bahan Kayu Perlu Dicat Ulang agar Tampak Baru

Di rumah kita tentunya ada banyak furnitur yang terbuat dari bahan kayu. Utamanya, untuk kamu yang gemar menghias rumah dengan tema klasik, natural, atau vintage, pastinya rumah dipenuhi dengan furnitur atau barang-barang pajangan dari kayu. Nah, furnitur atau barang pajangan dari kayu wajib dirawat agar bisa awet dan bisa tetap terlihat bagus dalam waktu lama.

Salah satu cara untuk menjaga furnitur dan pajangan bahan kayu adalah mengecatnya ulang. Kerap kali, furnitur kayu sudah mengelupas catnya atau sudah terkesan kusam. Jika dibiarkan tentu mengganggu pemandangan dan kesan ruangan jadi kurang estetik. Maka dari itu, cara terbaiknya adalah mengecat ulang furnitur atau barang-barang dari kayu agar tampak seperti baru.

Untuk mengecat tentu saja kamu butuh cat khusus kayu. Cat kayu bisa dipakai untuk memperbaiki cat lama atau bisa juga dipakai untuk meningkatkan kondisi kayu atau lapisan coating pada furnitur atau barang-barang berbahan kayu. Fungsi cat kayu lainnya adalah untuk melenturkan serat kayu sehingga bahan kayu tidak akan mudah kering dan memiliki permukaan yang lebih halus.

Tampilan furnitur bahan kayu dan barang-barang bahan kayu juga bisa baik, warnanya lebih tajam, dan kamu juga bisa membuatnya terkesna lebih glossy. Cat kayu juga bisa memberikan proteksi pada aneka furnitur bahan kayu dari jamur dan bakteri pembusuk. Nah, karena fungsinya sangat banyak, yuk ketahui tips memilih cat kayu terbaik supaya kamu tidak salah pilih cat kayu terbaik.

Tips Memilih Cat Kayu

Kenali Jenis Cat Kayu

Cat kayu ada banyak sekali jenisnya. Kamu harus tahu supaya tidak sampai salah pilih, ya.

Pertama, ada cat kayu dengan bahan dasar minyak. Cat kayu jenis ini paling banyak dipakai dan paling populer. Ini karena cat kayu bahan minyak bisa meresap pada kayu dan membuat cat kayunya memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding cat kayu jenis lain. Kebanyakan cat kayu terbuat dari bahan alami seperti minyak biji rami atau linseed oil. Bahan alami tersebut membuat cat butuh waktu lama untuk mengering, yakni sekitar 2 sampai 3 jam.

Berikutnya, ada cat kayu dengan bahan dasar air. Cat jenis ini lebih cepat kering dan lebih ramah lingkungan. Ini karena cat memakai air sebagai bahan pengencernya. Kekurangan jenis cat ini adalah daya covernya tidak terlalu tebal. Kamu wajib mengaplikasikan ulang selapis demi selapis hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.

Ada pula cat kayu dengan bahan akrilik. Jenis cat ini memakai air sebagai pengentalnya. Car kayu dengan bahan akrilik ini memiliki konsistensi yang lebih kental sehingga hasil coveringnya juga tebal. Saat diaplikasikan tidak menetes karena kental dan daya serapnya yang sempurna.

Terakhir, ada cat kayu bahan lateks. Dengan konsistensi yang tipis, cat kayu ini mudah meresap pada kayu. Karena tipis maka lebih cepat kering saat digunakan. Sayangnya, baunya cukup menyengat dan mengganggu saat diaplikasikan.

Pilih Warna

Pemilihan warna juga penting untuk dipertimbangkan saat kamu memilih cat kayu. Ada dua pilihan warna secara umum, yakni warna solid dan warna transparan. Pilihan warna solid bisa menutup warna asli dari produk kayu yang akan kamu cat. Beberapa contoh warna solid adalah warna biru, merah, kuning, hijau, dan lain sebagainya. Sementara, warna transparan biasanya digunakan jika kamu ingin warna kayu asli lebih menonjol. Kamu bisa memilih warna walnut brown untuk cat yang lebih transparan.

Pemilihan warna cat kayu juga bisa disesuaikan dengan tema ruangan. Ini supaya warna produk kayu tersebut bisa serasi dengan tema ruangannya. Kamu bisa sesuaikan dengan warna interior atau warna furnitur lainnya, ya.

Untuk Indoor atau Outdoor?

Jangan lupa untuk mempertimbangkan cat tersebut untuk barang outdoor atau indoor. Peletakkan lokasi produk bahan kayu wajib diperhatikan supaya cat kayu yang dipilih bisa tepat guna. Dengan memilih cat kayu yang tepat maka bisa bikin cat lebih awet dari kondisi cuaca dan lain sebagainya.

Untuk produk kayu yang diletakkan outdoor, ada baiknya kamu memilih cat kayu yang waterproof. Cat jenis ini mampu melindungi kayu tidak hanya dari hujan namun juga dari sinar matahari. Cat dan produk kayu jadi tidak akan mudah lapuk, berjamur, atau berlumut.

Untuk produk kayu yang diletakkan indoor maka kamu bisa pilih cat kayu pelitur. Cat jenis ini memiliki deretan warna yang cantik dan bisa tahan lama digunakan. Cat pelitur juga bisa menonjolkan kecantikan furnitur kayu tersebut.

Ini Loh Deretan Cat Kayu yang Bisa jadi Pilihan

Mowilex Woodstain

Mowilex Woodstain merupakan pilihan cat pertama untuk kamu. Cat yang satu ini hadir dengan bahan pigmen besi oksida. Produk bisa melapisi dengan tebal dan daya tutupnya sangat maksimal. Meski catnya kental namun cat cepat kering sehingga tidak butuh waktu lama untuk proses pengeringan.

Cat kayu yang satu ini hadir dengan hasil semi gloss. Terbuat dari bahan dasar akrilik, catnya berbasis air sehingga kamu bisa cepat memberikan lapisan baru jika dirasa warnanya kurang menonjol.

Cat kayu dari Mowilex ini dilengkapi dengan formula yang tahan air, tahan cuaca, dan anti UV. Hal ini membuat cat bisa mencegah jamur, pelapukan, dan juga kerusakan pada kayu. Bahan cat tidak beracun sehingga aman untuk lingkungan.

Dari segi aroma, cat ini tidak memiliki aroma yang mengganggu. Kamu bisa tetap mengecat dengan nyaman. Cat juga akan mengekspos serat-serat alami dari kayu sehingga hasilnya tampak estetik dan luar biasa.

Harga Rp. 19.000-80.000

Dulux V-Gloss

Dulux V-Gloss merupakan cat kayu yang mudah diaplikasikan. Kamu bisa memakai kuas, spray, atau roll untuk mengaplikasikan produknya. Cat kayu yang satu ini memiliki hasil akhir mengkilap sehingga kesan barang kayu yang kamu cat jadi lebih elegan. Cat kayu ini meski harganya sedikit mahal namun kualitasnya tidak main-main. Warna cat juga awet dan tahan lama.

Harga Rp. 50.000-79.000

Cat Avian Cat Kayu dan Besi

Cat Avian Cat Kayu dan Besi cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil glossy tanpa memakai cat pernis. Produk terbuat dari bahan alkyd dan bahan tersebut bisa menutup setiap bagian furnitur dengan sempurna.

Cat juga cepat kering saat diaplikasikan, kamu jadi tidak butuh waktu lama menunggu catnya kering. Cat yang sudah dipulaskan pada produk kayu bisa tahan lama dan juga tidak akan mudah mengelupas. Catnya juga tahan air dan bahkan tahan air laut.

Harga Rp. 62.000-73.000

Emco Lux Cat Kayu & Besi

Emco Lux Cat Kayu & Besi bisa juga kamu miliki sebagai pilihan. Cat kayu dan besi ini sudah teruji bagus sehingga kamu tidak akan kecewa dengan hasilnya. Cat diformulasikan khusus dari resin dan pigmen warna yang berkualitas tinggi. Ini membuat produk kayu jadi memiliki warna yang cantik dan tahan lama. Cat tidak mudah terkelupas dan tahan terhadap segala cuaca. Daya tutup catnya bagus sehingga cukup sekali pulas sudah cukup menutup bagian yang diinginkan.

Ada 90 lebih varian warna yang tersedia. Kamu bisa memilih warna yang unik dan menarik sesuai dengan warna favoritmu. Cat bisa diaplikasikan dengan spray, kuas, dan rol.

Harga Rp. 37.400-65.000

Nippon Paint Woodstain Water-Based

Nippon Paint Woodstain Water-Based sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Cat kayu ini memiliki bahan dasar air sehingga sangat ringan dan cepat meresap pada produk kayu. Cat bisa cepat merata saat diaplikasikan. Produk juga bisa menyamarkan warna kayu yang tidak merata. Formula dari cat kayu ini juga mampu melindungi kayu baik dari jamur dan pelapukan kayu sehingga hasil cat lebih awet.

Cat kayu ini bisa digunakan baik di dalam atau di luar ruangan. Kamu bisa mengaplikasikan pada pagar, kusen, dan lainnya. Cat juga bisa tahan sinar UV dan juga tahan segala jenis cuaca sehingga kamu tidak perlu mengecat ulang dalam waktu dekat.

Harga Rp. 80.000-166.000

Propan Woodstain

Propan Woodstain adalah cat kayu yang ramah lingkungan. Produk cat memiliki kandungan volatile organic compunds yang merupakan senyawa organik dengan kadar yang rendah dan bebas akan kandungan logam berat. Cat ini cepat kering sehingga kamu tidak butuh waktu lama untuk menunggu produk kayu kering. Terbuat dari bahan dasar air, cat kayu ini konsistensinya cair dan cepat meresap ke dalam kayu.

Cat tahan cuaca dan juga tahan jamur. Ini membuat cat tahan lama. Cat juga multifungsi, kamu bisa mengaplikasikan untuk produk kayu untuk indoor atau outdoor. Hasil akhir cat kayu juga bisa mempertegas keindahan dari serat alami pada kayu.

Harga Rp. 67.000-79.000

Kansai Paint Ftalit Cat Kayu

Kansai Paint Ftalit Cat Kayu merupakan cat kayu yang bisa memberikan hasil kilap yang merata pada produk kayu. Cat kayu ini cocok juga untuk barang dari bahan besi. Produk bisa digunakan untuk memberi warna dan juga bisa digunakan sebagai lapisan pelindung pada berbagai permukaan kayu, besi, dan juga logam. Cat ini memiliki hasil covering yang merata dan bagus. Cat cepat meresap jadi catnya cepat kering.

Harga Rp. 55.000-75.000

Propan ACRYLUX

Propan ACRYLUXA merupakan cat kayu yang aman dan ramah untuk lingkungan. Cat bisa diaplikasikan pada aneka permukaan seperti kayu, besi, rotan, plastik, kaca, dan lain sebagainya. Terbuat dari bahan dasar air, catnya cepat meresap pada permukaan dan bisa cepat kering. Ada banyak sekali warna pilihan yang bisa kamu pilih dari cat Propan ini. Catnya bisa tahan lama dan tahan cuaca sehingga bisa digunakan sebagai cat indoor maupun outdoor.

Harga Rp. 65.000-108.000

Biovarnish Wood Stain

Biovarnish Wood Stain merupakan cat kayu yang cocok untuk kamu gunakan melapisi cat pada bahan kayu yang sudah mengelupas. Cat yang satu ini terbuat dari bahan dasar air sehingga catnya ringan dan cepat kering. Kamu butuh mengaplikasikan beberapa kali jika ingin warnanya lebih cemerlang.

Produk ini ramah lingkungan karena bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Cat juga tahan berbagai cuaca dan memiliki daya rekat kuat sehingga tidak mudah mengelupas. Kamu bisa memakai spray atau kuas untuk mengaplikasikan catnya.

Harga Rp. 43.000-81.000

Propan Go Fast A-1000

Propan Go Fast A-1000 adalah rekomendasi terakhir dari kami. Cat kayu sintetis ini tidak memiliki bau menyengat sehingga aman saat diaplikasikan. Warnanya juga tahan lama dan tidak mudah mengelupas. Cat sintetis ini bisa dilarutkan dengan air. Catnya ramah lingkungan karena tidak memakai bahan kimia berbahaya.

Harga Rp. 63.000-81.000
From our editorial team

Pilih Tipe Pengaplikasian Cat Kayu

Untuk mengaplikasikan cat kayu, kamu bisa gunakan banyak cara. Beberapa diantaranya adalah memakai spray dan kuas. Jika kamu memakai kuas, maka bisa lebih hemat karena kamu tidak membutuhkan listrik maupun alat khusus. Pengaplikasian juga bisa lebih merata dan mendetail utamanya untuk bagian yang kecil dan tempatnya sulit dijangkau. Jika memakai spray, kamu jadi bisa menyelesaikan dengan lebih cepat. Sekali spray, cat bisa merata pada permukaan. Kamu butuh listrik dan juga alat khusus untuk mengaplikasikannya. Meski demikian, hasilnya juga bergantung dari kepiawaian kamu untuk menggerakkan cat spraynya. Sebab, jika kurang luwes maka hasil catnya juga jadi kurang merata.