Tips Memilih Spidol dan 10 Rekomendasi Spidol Terbaik untuk Kemudahan Kerja Anda (2020)

Tips Memilih Spidol dan 10 Rekomendasi Spidol Terbaik untuk Kemudahan Kerja Anda (2020)

Menulis di papan tulis atau berbagai media lainnya yang membutuhkan spidol tentu membutuhkan spidol yang berkualitas tinggi. Dengan spidol berkualitas, hasilnya jauh lebih baik, lebih efektif, dan juga lebih hemat. Berikut tips dan beberapa rekomendasi spidol terbaik yang bisa Anda pilih.

Spidol Merupakan Alat Tulis Penunjang Kebutuhan Kantor dan Belajar

Spidol adalah salah satu alat tulis yang sangat dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan kantor, sekolah, atau kampus. Bahkan, banyak seniman yang telah memanfaatkan spidol sebagai pengganti kuas untuk melukis di kanvas atau di dinding.

Berbeda dengan pulpen yang memiliki ujung yang kecil, spidol yang memiliki ujung yang lebih besar dapat menghasilkan garis yang lebih panjang. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa spidol sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas harian.

Kenali Jenis-jenis Spidol agar Tak Salah Beli

Board Marker

Meskipun proses belajar mengajar telah banyak yang memanfaatkan proyektor, tetapi kebutuhan akan spidol tetap tinggi. Hal ini dikarenakan ada pelajaran yang harus dijelaskan menggunakan papan tulis agar lebih mudah dimengerti. Board marker adalah spidol yang dirancang untuk papan tulis. Spidol jenis ini dapat menempel dengan baik di papan tulis, namun dapat dihapus dengan mudah.

Board marker biasanya terdiri dari warna hitam, biru, dan merah. Bagian belakangnya bisa dibuka untuk kebutuhan isi ulang tinta. Keunggulan dari board marker adalah mudah dihapus oleh apa saja. Jadi jika tidak ada penghapus, Anda bisa memanfaatkan kain atau tisu untuk menghapus.

Spidol Permanen

Spidol permanen adalah spidol yang dirancang dengan tinta yang sulit untu dihapus. Tintanya merupakan perpaduan dari gliserida, pirolidon, resin, dan bahan perwarna tahan air, sehingga dapat menempel dengan baik dan susah dihapus. Meskipun susah, tetapi tinta permanen tetap bisa dihapus, namun menggunakan cara yang lebih rumit dibandingkan tinta biasa.

Tinta permanen harus dihapus dengan tekanan yang sangat tinggi atau menggunakan pelarut organik. Tanpa usaha tersebut, tinta permanen akan susah dihapus. Inilah alasan kenapa spidol dengan tinta permanen tidak digunakan untuk papan tulis di sekolah, karena tidak bisa dihapus.

Spidol untuk Teknik

Di dunia teknik desain bangunan, para arsitek juga membutuhkan spidol. Namun, spidol yang dibutuhkan adalah spidol khusus. Hal ini dikarenakan sketsa bangunan yang dirancang haruslah sesuai dengan skala, sehingga ketepatan dari ukuran garis menjadi sangat penting.

Spidol untuk teknik dirancang dengan ujung yang lebih runcing dari spidol jenis lainnya. Ukuran ujung yang kecil membuat spidol ini tidak cocok untuk papan tulis sekolah, karena tulisan yang dihasilkan terlalu kecil.

Spidol untuk Mewarnai

Spidol untuk mewarnai adalah spidol yang memang dirancang dalam banyak warna. Biasanya spidol hanya memiliki dua atau tiga warna saja, tetapi spidol khusus warna ini terdiri dari banyak warna. Setiap merek mengeluarkan spidol warna dengan jumlah warna yang berbeda-beda. Biasanya dalam satu set minimal terdiri dari 12 warna, bahkan ada juga yang terdiri dari sekitar 72 jenis warna.

Spidol jenis ini biasanya tidak digunakan untuk kebutuhan kantor atau proses belajar mengajar, tetapi lebih kepada aktivitas artistik. Spidol ini biasanya dimanfaatkan oleh para seniman atau anak-anak yang suka mewarnai gambar.

Cara Memilih Spidol yang Tepat

Pilih Warna yang Sesuai

Pemilihan warna tinta dari spidol dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda memanfaatkan spidol untuk menulis di papan tulis, spidol berwarna hitam atau biru dapat Anda gunakan. Namun jika Anda membutuhkan spidol untuk melukis atau mengecat, Anda membutuhkan spidol warna yang terdiri dari banyak warna.

Anda juga bisa memanfaatkan spidol warna untuk menulis di papan tulis untuk menambah kesan estetik dalam penjelasan Anda. Sayangnya, tinta spidol warna tidak terlalu menempel di papan tulis, karena memang dirancang bukan untuk papan tulis.

Pilih yang Permanen atau Nonpermanen

Saat Anda ingin memilih spidol antara yang permanen atau nonpermanen, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Jika tulisan yang Anda butuhkan adalah tulisan yang bisa dihapus dan ditulis kembali, maka spidol nonpermanen adalah yang cocok. Biasanya spidol jenis ini digunakan untuk menulis di papan tulis.

Jika Anda membutuhkan tulisan yang tidak bisa dihapus, berarti Anda membutuhkan spidol permanen. Biasanya spidol permanen ini digunakan untuk menandai barang atau menulis tulisan yang tidak akan dihapus. Jangan sampai tertukar, jika tidak Anda akan mendapatkan masalah karena salah memilih spidol.

Hasil Warna Tidak Mudah Luntur

Jika Anda membutuhkan spidol warna, jangan hanya fokus pada kualitas dari hasil warnanya saja. Tetapi Anda juga harus mempertimbangkan daya tahannya. Jangan sampai Anda memilih spidol yang memiliki warna yang cerah, tetapi ternyata warnanya mudah luntur. Jika Anda gunakan spidol tersebut untuk menulis, warna yang luntur dapat merusak karya seni Anda.

Maka dari itu, daya tahan warna dari spidol warna perlu Anda perhatikan. Cara mengetahuinya adalah coretkan spidol ke kertas, kemudian Anda segera usap dengan jari. Jika warnanya tidak menempel di jari Anda, maka tintanya tidak luntur dan cepat meresap.

Sesuaikan dengan Medium yang akan Digunakan

Beda medium, berbeda pula tinta yang dibutuhkan. Setiap tinta dirancang sesuai dengan medianya masing-masing. Spidol dengan tinta yang dirancang untuk papan tulis akan membuat kertas menjadi sobek karena tinta yang terlalu tebal. Maka dari itu, Anda perlu menentukan medium yang Anda miliki untuk membeli spidol yang sesuai.

Pilih Merek yang Sudah Dikenal

Jika Anda masih bingung memilih spidol, pilihlah spidol yang diproduksi oleh merek yang sudah dikenal. Semakin terkenal sebuah merek, maka semakin meyakinkan pula produknya. Hal ini disebabkan banyaknya pelanggan yang puas oleh produknya.

Cara untuk menemukan spidol dengan brand terkenal sangatlah mudah, Anda bisa melihat tata letaknya. Semakin populer mereknya, maka semakin ekslusif pula tata letaknya. Anda juga bisa berselancar di internet untuk menemukan brand spidol yang sedang hangat diperbincangkan.

Rekomendasi Spidol Terbaik Berkualitas Tinggi

Spidol Artline Permanent

Spidol Artline Permanent adalah spidol dengan tinta permanen. Tinta dari Artline ini cepat kering dan tidak bisa dihapus, sehingga cocok untuk Anda yang membutuhkan tulisan atau gambar yang bertahan dalam waktu yang lama. Tidak hanya itu saja, tintanya juga tahan air, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika hasil coretan Anda terkena hujan.

Tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, merah, dan biru. Agar tinta tidak kering, setiap selesai digunakan tutuplah dengan rapat. Jika tidak, tinta akan cepat kering dan tingkat kecerahannya akan berkurang.

Harga Rp. 3.500-8.500

Spidol Snowman Jumbo Marker

Spidol Snowman Jumbo Marker adalah spidol tipe J-500 yang memiliki ukuran yang jumbo, yaitu kurang lebih 2.5 cm. Mata spidolnya berukuran 7.5 x 11.3 mm yang dapat menghasilkan garis dengan ketebalan sekitar 2.0 sampai 12.0 mm. Tinta dari spidol Snowman ini tidak bisa dihapus dan cepat kering. Sehingga tidak luntur ketika terkena jari atau tangan Anda. Warna tintanya juga pekat, sehingga menghasilkan garis yang jelas. Tersedia dalam berbagai warna yaitu, hitam, biru dan merah. Cocok untuk berbagai media, seperti kardus, karung, kertas, kanvas, dan media lainnya.

Harga Rp. 10.900-17.500

Staedtler Luna Fibre Tip Pens Set Spidol

Staedtler Luna Fibre Tip Pens Set Spidol adalah set spidol yang terdiri dari 12 spidol berbagai warna. Dikemas dalam tepat penyimpanan yang mudah untuk dibuka tetapi dapat menjaga spidol agar tidak berserakan. Tinta yang digunakan adalah tinta berkualitas tinggi dan tidak mengandung racun sama sekali sehingga aman digunakan oleh anak-anak sekali pun. Sehingga tingkat keamanannya juga terjamin, Bahan dasar dari tintanya adalah air, sehingga mudah untuk dibersihkan jika terkena baju atau lantai.

Harga Rp. 16.900-60.000

Faber Castel Whiteboard

Faber Castel Whiteboard adalah spidol yang dirancang untuk papan tulis putih. Tintanya terbuat dari pigmen warna berkualitas tinggi, sehingga aman bagi kesehatan. Aromanya juga tidak menyengat, sehingga tidak mengganggu Anda sedikit pun.

Spidol dari Faber Castel ini memiliki tinta yang cepat kering, sehingga tidak mudah luntur jika tersentuh jari atau tangan Anda. Meskipun cepat kering, tinta dari spidol ini tetap mudah untuk dihapus dan tidak meninggalkan bekas sama sekali. Spidol yang cocok untuk segala medium ini dilengkapi dengan tutup klip agar mudah disimpan di saku Anda.

Harga Rp. 7.000-7.900

Deli Spidol

Deli Spidol adalah spidol buatan Cina yang memiliki efektivitas dan kualitas yang bernilai tinggi. Spidol yang telah memiliki sertifikat CE ini tidak beracun dan rendah bau, sehingga aman dan tidak mengganggu kenyamanan Anda saat menggunakannya.

Spidol ini juga sangat aman untuk anak-anak. Warna yang dihasilkan juga lebih cerah. Tintanya tidak mudah luntur, namun mudah untuk dibersihkan. Dalam satu set terdiri dari 24 warna.

Harga Rp. 12.000-24.000

Spidol Zebra Paint Marker

Spidol Zebra Paint Marker adalah spidol yang memiliki nib berukuran 1,5 mm untuk menghasilkan garis yang detail dan jelas. Tintanya berbahan dasar minyak berkualitas yang tidak mudah luntur dan memiliki daya rekat ke medium yang tinggi. Tintanya juga cepat kering untuk membuat tulisan yang dihasilkan tidak kotor atau belepotan.

Spidol dari Zebra ini cocok untuk berbagai medium, seperti plastik, kaca, metal, vinyl, kain, kayu, karet, dan media lainnya. Namun jangan gunakan pada kertas, karena tintanya yang tebal dapat membuat kertas menjadi robek.

Harga Rp. 19.500-27.200

Giotto Decor Textile

Giotto Decor Textile adalah spidol permanen yang dirancang khusus untuk medium kain. Anda bisa memanfaatkan spidol ini untuk melukis di kain atau kanvas. Tintanya yang berkualitas tidak mudah luntur, meskipun Anda cuci dengan suhu di bawah 60 derajat Celcius. Tersedia dalam berbagai pilihan warna, seperti hitam, neon green, ultramarine blue, kuning, fluo orange, ungu, cokelat, merah, biru langit, fluo yellow, neon pink, dan hijau. Untuk mendapatkan hasil terbaik, setelah pewarnaan Anda bisa menyetrikanya dengan temperatur yang hangat. Untuk medium kain yang licin, Anda perlu berhati-hati karena rentan membuat tinta menjadi melebar.

Harga Rp. 9.500-11.000

Copic Ciao Marker

Copic Ciao Marker adalah spidol yang dirancang khusus untuk mendukung kegiatan seniman. Tidak hanya untuk seniman profesional, spidol ini juga cocok untuk pemula yang baru ingin mencoba melukis menggunakan spidol.

Spidol ini memiliki pegangan yang halus, nyaman, serta mudah untuk dikontrol. Tangan Anda tidak mudah pegal saat menggunakannya meskipun penggunaan dalam waktu yang lama. Terdiri dari dua ujung yang dapat Anda manfaatkan, yaitu ujung super brush dan ujung medium broad. Terdiri dari enam warna, yaitu carmine, chrome orange, cadmium yellow, nile green, ultramarine, dan blue violet.

Harga Rp. 268.000-333.350

Spidol Besar Kenko

Spidol Besar Kenko adalah spidol berkualitas tinggi dengan tinta yang tidak mengandung racun. Spidol yang dirancang untuk papan tulis putih ini memiliki tinta yang pekat dan jelas, namun mudah dihapus dan tidak meninggalkan bekas. Tintanya juga tidak meluber saat digunakan. Spidolnya nyaman digenggam dan tidak membuat tangan Anda sakit. Dalam satu set terdiri dari 3 warna, yaitu biru, hitam, dan merah. Anda bisa menjadikan spidol dari Kenko ini untuk kebutuhan kantor, sekolah, atau kampus.

Harga Rp. 4.000

Spidol Joyko Color Pen

Spidol Joyko Color Pen adalah spidol warna yang berukuran 12,5 cm x 0,8 cm. Dikemas dalam kotak berukuran 27,5 cm x 20 cm x 3,2 cm. Set spidol yang terdiri dari 36 warna ini memiliki kualitas warna yang terbaik dan cepat kering. Meskipun tidak mudah luntur, tintanya tetap hilang saat dicuci. Spidol dari Joyko ini dapat menghasilkan garis yang halus dan juga tebal. Meskipun tinta yang dihasilkannya lebih tebal dibandingkan ballpoint, tetapi tintanya tidak menyebabkan kertas menjadi robek. Anda bisa memanfatkan spidol warna ini untuk menyalurkan bakat seni Anda.

Harga Rp. 34.000-65.000
From our editorial team

Spidol yang Tepat untuk Efektivitas dan Kemudahan Menulis dan Menggambar

Saat menggunakan spidol, maka akan jelas terasa kualitas spidol yang Anda gunakan. Apabila spidol yang Anda gunakan kurang berkualitas maka hasilnya juga akan jelek dan membuat hasil kerja Anda kurang maksimal. Rekomendasi dari BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan