Bingung Mencari Model Jas Buat Nikah? Ada 8 Rekomendasi Model Jas Pengantin yang Bisa Dikenakan untuk Hari Pentingmu

Bingung Mencari Model Jas Buat Nikah? Ada 8 Rekomendasi Model Jas Pengantin yang Bisa Dikenakan untuk Hari Pentingmu

Sumber gambar unsplash.com

Hari pernikahan adalah sangat penting, baik untuk pengantin pria maupun wanita. Para cowok juga harus memperhatikan jas apa yang akan dipakai. Pastikan penampilanmu juga sempurna di hari itu. Masih bingung mau pakai jas apa? Nih, BP-Guide punya rekomendasi terbaiknya untukmu.

Busana Pengantin Pria Perlu Dirancang Sebaik Mungkin agar Auranya Semakin Bersinar

Sumber gambar dhgate.com

Pernikahan adalah momen yang penting bagi setiap orang. Kedua mempelai ingin tampil sebaik mungkin di hari istimewa itu. Bukan hanya perempuan yang harus menyiapkan gaun dan riasan yang sempurna, sang calon pengantin pria juga harus tampil gagah dan menawan.

Jas menjadi baju pengantin yang wajib dikenakan oleh pria. Setelah jas lengkap memberikan kesan formal dan elegan, sehingga cocok dikenakan saat resepsi pernikahan. Jadi bukan hanya pengantin wanita saja yang harus ribet dengan penampilan, pengantin pria juga harus terlihat sempurna.

Tips Memilih Jas Pengantin Pria

Pertimbangkan Jenis Bahan

Sumber gambar drapersitaly.com

Jas yang dikenakan saat pernikahan harus nyaman untuk pengantin pria. Memilih bahan yang tepat sangat penting, lho. Ada beberapa jenis bahan pembuat jas yang bisa dipertimbangkan.

Jas yang terbuat dari bahan wol biasanya relatif lebih mahal, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Ada juga jas yang terbuat dari bahan wool silk, yaitu kain dengan tekstur yang lembut. Bahan wool silk Italia sedang nge-tren di kalangan pria karena teksturnya yang mengkilap, sehingga membuat pemakainya terlihat elegan.

Jas berbahan poliester atau high twist juga bisa jadi pilihan yang pas untuk dipakai di pernikahan. Bahan semi wol ini harganya lebih bersahabat dibanding kedua bahan di atas. Meskipun demikian, jas poliester lebih nyaman digunakan.

Pilih Motif dan Warna yang Tepat

Sumber gambar blacklapel.com

Bicara soal motif dan warna jas, tentu tergantung pada si pemakainya. Jika si pengantin ingin terlihat klasik, maka jas hitam polos bisa jadi pilihan yang pas. Sementara itu memilih jas berwarna dan bermotif memberikan kesan modern, dinamis, dan modis. Alternatif warna jas lain seperti khaki dan abu-abu juga bisa jadi pilihan. Apa pun warna dan motif yang dipilih, pastikan serasi dengan gaun pengantin wanita.

Ukur Panjang Lengan yang Sesuai

Sumber gambar cheatsheet.com

Seorang pria akan terlihat gagah jika mengenakan jas yang pas dengan ukuran tubuhnya. Menurut standar internasional, ukuran jas yang pas adalah setengah dari proporsi tubuh secara keseluruhan, yaitu jatuh tepat pada garis pantat.

Untuk panjang lengan sendiri, sesuaikan dengan selera ya. Ada pria yang suka memperlihatkan manset di balik jas, ada pula yang lebih suka semua tertutup sempurna. Jika kamu suka memperlihatkan manset, tunjukkan hanya sebatas sekitar 1 cm saja. Namun jika kamu tidak suka, pastikan panjang lengan jas berada di bawah pergelangan tangan.

Sesuaikan dengan Anggara yang Dimiliki

Di hari pernikahan, pengantin pria tidak boleh ala kadarnya. Ia juga harus mempersiapkan bajunya sesempurna mungkin. Ketika menghitung bujet untuk pernikahan, sisihkan juga untuk jas pengantin pria. Dengan bujet yang telah dipersiapkan, kamu bisa memilih jas yang pas untukmu. Meski bujetmu tidak banyak, pastikan jas yang kamu kenakan benar-benar nyaman dan sesuai seleramu.

Berbagai Model Jas yang Bisa Kamu Kenakan Ketika Menikah

Tuxedo

Sumber gambar www.zalora.co.id

Tuxedo adalah jenis jas yang dikenakan di acara yang resmi seperti resepsi pernikahan atau makan malam. Ciri khas tuxedo adalah terbuat dari bahan yang halus dan mengkilap dengan kerah berbentuk melengkung. Paduan yang pas untuk tuxedo adalah kemeja wing collar dengan dasi kupu-kupu.

Mens Suit dari Izzue adalah rekomendasi tuxedo yang pas untukmu. Warna khaki-nya terlihat elegan dan modern. Tampilan formalmu di hari pernikahan akan semakin oke dengan jas berpotongan regular fit ini. Produk ini dijual di Zalora seharga Rp 599.600.

Double Breasted

Sumber gambar www.lazada.co.id

Jas model double breasted sangat populer di semua kalangan. Dikenal sebagai italian style suit, ciri jas double breast adalah kancingnya yang berjumlah 4 sampai 6 buah. Jas formal ini sangat cocok untuk pria-pria jangkung dan tinggi besar.

Jas Formal Double Breasted Spy / Jas Formal / Jas Double Breasted / Jas BestQuality - Hitam terbuat dari bahan wol impor berkualitas. Dilengkapi saku di dalam, desainnya sangat modis. Detail full furing membuat jas ini terasa adem dan nyaman dipakai. Kamu pun akan terlihat sempurna di hari bersejarah itu. Tertarik memilikinya? Kamu bisa membeli jas ini di Lazada seharga Rp 390.000.

British Style

Sumber gambar www.zalora.co.id

Jas tradisional Inggris ini sangat populer di kalangan bangsawan London mulai abad ke-19. Ciri dari British Style ini adalah kancingnya yang lebih rendah dari kancing jas pada umumnya. Bahannya pun lebih berat dengan setelah celana yang lebih lancip. Jas ini memberikan kesan formal dan elegan pada pemakainya.

Gianni Visentin adalah jas dengan gaya British yang bisa kamu jadikan pilihan. Nuansa monokrom dengan warna basic mempertegas kesan formal. Detail kerah lapel dan kancing di bagian depan membuatmu terlihat gagah. Jas keren ini terbuat dari bahan poliester kombinasi yang lembut dan nyaman di kulit. Dapatkan produk ini di Zalora seharga Rp 719.550.

Single Breasted

Sumber gambar www.zalora.co.id

Berbeda dengan double breasted, jas single breasted hanya punya satu baris kancing saja. Dalam satu baris ada yang terdiri dari satu, dua, atau tiga buah kancing. Jas model ini memang memberikan kesan kasual yang lebih kuat, namun tetap sopan dan formal.

Jas Pria Single Breased Velvet dari Crows Denim hadir dalam warna hitam menawan. Jas pria lengan panjang ini cocok jadi pilihan saat akad nikah atau resepsi. Terbuat dari bahan berkualitas yang adem, nyaman, dan tidak gerah saat dikenakan. Tersedia ukuran S hingga XXL. Kamu bisa membeli jas keren di Zalora seharga Rp 1.200.000.

Dinner Suits

Sumber gambar www.zalora.co.id

Jas dinner suits bisa jadi pilihan yang pas untukmu, jika pesta pernikahanmu dibuat santai dan semi-formal seperti pesta kebun. Padukan dengan dasi model kupu-kupu, maka kamu akan terlihat super keren di hari pernikahan.

Austen Suit Jacket dari River Island adalah jas model dinner suit dengan warna yang menawan. Detail kancing pada pergelangan tangan dan bagian depan jas membuatmu tampak semakin keren saja. Jas ini bisa menempel pas di tubuhmu karena memiliki potongan regular fit. Jas keren yang terbuat dari bahan poliester campuran ini tersedia di Zalora seharga Rp 1.529.000.

Mandarin Suits

Sumber gambar www.zalora.co.id

Namanya saja mandarin suit, tentu jas ini punya gaya yang sangat khas. Bentuk kerahnya adalah kerah mandarin yang tertutup, sehingga cocok untuk acara di malam hari. Jas mandarin terlihat sangat elegan, pas untuk dikenakan di hari pernikahan. Kelebihan dari jas ini adalah membuat pemakainya terlihat ramping.

Blazer Pria Giero Style dari Crows Denim terbuat dari bahan berkualitas dan nyaman untuk dikenakan. Terdapat furing dormeuil di bagian dalam yang membuat jas ini terasa adem di kulit. Kamu akan terlihat modis di hari pernikahan. Jas ini tersedia di Zalora seharga Rp 396.600.

Italian Style

Sumber gambar www.zalora.co.id

Italian gentlemen terkenal dengan gaya mereka yang klasik dan elegan, ditunjang dengan tampilan formal saat mengenakan jas. Jas bergaya Italia kini sangat populer. Gayanya mirip dengan British Style dengan dua ventilasi di bagian belakang dan bahan mengkilap.

Ciri khasnya adalah kancing yang lebih tinggi dibandingkan jas umumnya dan bagian depan bawah jas membentuk potong huruf V. Kamu yang punya badan tinggi dan ramping cocok banget pakai jas ini.

Corina-T2 dari JOBB adalah setelan jas dengan detail 2 kancing di depan. Potongan slim fit akan menonjolkan bentuk tubuhmu yang ideal. Jas warna biru ini membuatmu terlihat gagah dan energik. Terbuat dari bahan poliester dan viscose yang pasti nyaman. Dapatkan jas ini di Zalora seharga Rp 764.550.

Summer Suit

Sumber gambar www.zalora.co.id

Sesuai dengan namanya, summer suit adalah setelan jas yang pas untuk musim panas. Apalagi dengan iklim tropis Indonesia, summer suit adalah pilihan yang tepat. Ciri khas summer suit adalah bahannya yang ringan dan menyerap keringat, tidak membuatmu kepanasan. Warna-warnanya juga cerah, melambangkan musim panas yang ceria. Jas ini memberikan kesan semi formal, namun tetap sopan.

Slim Fit - Formal Suit - Single Vent - Cream dari Johnwin hadir dalam warna krem yang keren. Cocok untuk kamu pakai di pesta pernikahan yang kesannya tidak terlalu formal. Jas slim fit ini terbuat dari bahan poliester yang berkualitas dan nyaman dipakai. Dapatkan hanya di Zalora seharga Rp 729.900.

From our editorial team

Lakukan Fitting Secara Rutin agar Ukuran Jas Benar-benar Pas di Badanmu

Tidak hanya pengantin wanita saja, pengantin pria juga harus memperhatikan penampilannya di hari pernikahan. Pastikan kamu melakukan fitting rutin agar ukuran jas benar-benar pas di badanmu. Tidak perlu bingung lagi, pilih saja satu dari rekomendasi BP-Guide di atas.