Ketahui Cara Memilih Jas yang Tepat dan Intip 10 Rekomendasi Jas Formal Keren yang Mampu Menyempurnakan Penampilan

Ketahui Cara Memilih Jas yang Tepat dan Intip 10 Rekomendasi Jas Formal Keren yang Mampu Menyempurnakan Penampilan

Jas adalah salah satu jenis pakaian pria yang mesti dimiliki dalam lemarinya. Selain digunakan dalam tampilan formal, jas juga bisa dipadukan dengan gaya kasual yang tepat lho! Simak tips memilih dan rekomendasi jas keren dari BP-Guide berikut ini!

Setelan Jas, Pakaian Pria Formal Wajib Punya

Sumber gambar danongviet.vn

Meski tampaknya busana pria tidak mengalami banyak perubahan dan terbatas dalam segi model, bukan berarti kaum adam tidak memperhatikan penampilan, loh. Terlebih saat menghadiri acara-acara tertentu seperti acara semi formal dan formal, kaum pria sebaiknya memberi perhatian lebih pada busana sehingga bisa tampil rapi dan elegan.

Salah satu jenis pakaian yang bisa dipakai oleh pria adalah setelan jas. Busana resmi ini sebaiknya dimiliki oleh pria setidaknya satu setel karena sewaktu-waktu dibutuhkan terutama saat datang ke acara-acara resmi. Selain itu, setelan jas bisa menunjang penampilan pria menjadi tampak lebih dewasa dan mewah.

Tak hanya memberi kesan dewasa, setelan jas yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh juga bisa membuat pria terlihat lebih modis bahkan memberi kesan maskulin daripada busana biasa. Jadi, sebaiknya Anda mulai mempersiapkan setelan jas di rumah, ya.

Tips Mengenakan Setelan Jas Terbaik

Perhatikan Bagian Lengan

Saat ini, Anda tidak harus menggunakan jasa penjahit untuk membuat setelan jas meskipun memang dianjurkan menjahit sendiri agar ukurannya bisa lebih maksimal. Namun, jika Anda terburu-buru dan harus segera memiliki setelan jas, Anda bisa membelinya di swalayan karena saat ini setelan jas jadi sudah banyak dijual di pasaran.

Anda dianjurkan untuk mencermati beberapa hal saat akan membeli setelan jas seperti bagian lengan. Anda sebaiknya memilih jas dengan panjang lengan yang pas, artinya tidak terlalu pendek atau sebaliknya, terlalu panjang. Panjang bagian lengan yang pas akan membuat penampilan Anda seimbang. Untuk mengetahuinya, kenakan jas dan perhatikan apakah bagian telapak tangan masih bisa terlihat atau justru tertutup.

Pastikan Ukuran Sesuai

Sumber gambar www.freepik.com

Jas sebenarnya bukan baju berukuran super besar tetapi pakaian formal yang seharusnya memiliki ukuran sesuai badan. Oleh sebab itu, penting mengetahui ukuran tubuh sebelum Anda memutuskan untuk membuat atau membeli setelan jas.

Anda sebaiknya memilih jas yang tidak ketat serta tidak terlalu longgar. Jika terlalu ketat, maka Anda akan sulit bergerak. Sebaliknya, jika jas terlalu longgar, penampilan Anda akan memberi kesan culun.

Anda dianjurkan memperhatikan detail jas pada bagian bahu, lebar dada, lebar pinggang, panjang lengan, dan panjang jas yang diukur dari bahu. Panjang jas sebaiknya juga diperhatikan dan sebaiknya memiliki rentang yang cukup menutupi bagian depan dan belakang tubuh. Jangan mengenakan jas yang terlalu pendek atau kelewat panjang agar penampilan lebih seimbang.

Beranilah Berkreasi dengan Dasi

Sumber gambar www.machovibes.com

Dasi jadi salah satu elemen dalam busana formal yang umumnya dipakai berbarengan dengan setelan jas. Ada beberapa jenis dasi dan umumnya dibedakan dari segi warna, bahan, serta corak. Untuk dasi sendiri, Anda bisa memilih dasi wol, dasi dengan motif pin dot, dasi bermotif garis-garis, atau bahkan dasi dengan kesan lebih playful.

Untuk menyiasati motif dasi, Anda bisa menyesuaikannya dengan warna kemeja dan jas yang akan dipakai. Untuk dasi bermotif, sebaiknya dipadukan bersama kemeja polos dan jas hitam untuk kesan yang lebih seimbang.

Sebaliknya, jika Anda mengenakan jas bermotif, sebaiknya memilih dasi polos dengan aksen mengkilap yang terbuat dari bahan licin seperti satin jika datang ke acara formal. Untuk acara lainnya, Anda bisa coba menggunakan dasi bermotif klub untuk acara semi formal yang dipadukan setelan jas bersama sepatu kets untuk kesan lebih playful.

Cocokkan dengan Warna Sepatu

Sumber gambar kamfashion.com.vn

Saat ini banyak yang memadukan sepatu kets bersama setelan jas. Sebenarnya hal ini boleh-boleh saja selama Anda bisa menyesuaikan dengan acara. Namun, untuk acara resmi, Anda tetap dianjurkan mengenakan sepatu formal seperti sepatu oxford atau loafers berbahan kulit yang memberi kesan formal.

Anda bisa memilih sepatu yang sesuai dengan warna jas. Jika Anda mengenakan setelan jas berwarna gelap seperti hitam, maka sebaiknya Anda memakai sepatu berwarna gelap seperti hitam atau cokelat gelap.

Sebaliknya, jika Anda mengenakan setelan jas dalam warna lebih terang seperti abu-abu, Anda bisa memilih sepatu dalam warna lebih mencolok seperti merah tua. Jika mengenakan setelan jas dalam warna yang lembut seperti krem, Anda bisa mengenakan sepatu berwarna putih atau cokelat muda agar penampilan jadi semakin modis.

Setelan Jas Harus Cukup Panjang

Model setelan jas memang beragam tetapi sebaiknya Anda tidak asal memilih dan ikuti panduan agar penampilan bisa tetap maskulin. Setelan jas berbeda dengan blazer pria yang cenderung lebih pendek ketika dikenakan. Untuk setelan jas, dianjurkan yang dapat menutupi retsleting celana dan bokong Anda.

Selain itu, Anda sebaiknya memilih model setelan jas yang dapat mengikuti gerak dan lekuk tubuh dengan baik. Untuk membuat jas lebih tahan lama, Anda bisa membuka kancing jas terlebih dahulu saat akan duduk untuk mencegah jas tertarik dan mudah sobek atau berubah bentuk.

10 Pilihan Jas Pria Keren untuk Menunjang Penampilan

Jas Pria The Executive



Salah satu setelan jas yang bisa Anda pilih adalah The Executive Men’s Jas Pria Casual Pesta warna hitam ini. Jas terbuat dari bahan wol impor dan berpotongan slim fit. Hadir dalam berbagai ukuran mulai dari S, M, L, XL, dan XXL yang bisa disesuaikan dengan ukuran dan tinggi tubuh Anda. Jas ini bisa diperoleh di Lazada seharga Rp 475.000.

Sebagai alternatif, Anda bisa memilih Jas Pria Momen Stylish Slimfit dari The Executive Men’s. Jas ini dirancang untuk Anda yang ingin memberi tampilan profesional, terbuat dari bahan wol impor dan terasa halus serta nyaman ketika dikenakan. Bisa dipesan di Lazada seharga Rp 475.000.

Alphawear Exclusive Slowear Jas Pria

Sumber gambar www.blibli.com

Rekomendasi jas pria berikutnya adalah Alphawear Exclusive Slowear Jas Pria. Jas ini terbuat dari bahan milano dengan detail notch lapel, kancing bukaan depan, dan 2 kantong di bagian samping. Selain itu, terdapat saku dada di sebelah kiri yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan sapu tangan sekaligus memaksimalkan penampilan.

Jas ini dapat Anda serasikan bersama busana kantor atau ketika akan menghadiri acara formal lainnya. Padukan bersama sepatu formal berwarna hitam untuk keseluruhan yang berkesan maskulin. Pesan melalui Blibli dan Smimoll seharga Rp 612.000.

ICHFA Collection Royal Jas Pria

Sumber gambar www.obralan.co

Jas resmi tak melulu identik dengan warna hitam. Anda juga bisa memilih jas dalam warna lain seperti biru navy yang memberi kesan lebih dinamis dan enerjik. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah ICHFA Collection Royal Jas Pria ini.

Jas lengan panjang ini memiliki desain trendi dengan shawl lapel yang ditunjang 2 saku depan serta 1 kantong dada dalam lining hitam, memberi nuansa kontras elegan pada penampilan.

Jas terbuat dari material bellini class moda. Anda bisa memadukannya bersama kemeja hitam atau kemeja putih. Dapatkan di Blibli seharga Rp 312.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 300.000.

JOBB Harrison-T2

Sumber gambar www.zalora.co.id

Anda bisa memilih jas formal seperti jas Harrison-T2 dari brand Jobb ini. Jas berwarna medium blue ini terbuat dari kombinasi poliester dan viscose dengan potongan slim fit. Jas ini ditunjang dengan 2 kancing pada bagian depan, 2 kantong yang dilengkapi flap pada bagian depan, serta 1 kantong di sisi dada. Terdapat detail kancing pada bagian cuff untuk penampilan Anda yang modis. Dapatkan melalui Zalora seharga Rp 749.500 atau melalui Shopee dengan harga Rp 1.499.000.

Urban Act Jas Pria

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Jika Anda mencari jas yang bisa dikenakan ke berbagai acara, Urbanc Act Jas Pria Kancing 2 warna hitam ini bisa jadi pilihan. Jas ini terbuat dari bahan high twist yang tebal, dilengkapi furing dengan potongan slim fit yang membuat tubuh tampak ramping.

Jas ini hadir dalam beberapa ukuran seperti S, M, L, XL, dan XXL yang dapat disesuaikan dengan lebar juga tinggi badan Anda. Terdapat detail 1 kantong dada di bagian kiri, 2 kantong pada masing-masing sisi jas, serta 1 kantong di bagian kiri dan kanan di dalam jas. Pesan melalui Lazada seharga Rp 799.000 atau di Shopee senilai Rp 679.000.

Crows Denim Trend Navy Skinny Jas Pria

Sumber gambar www.blibli.com

Untuk menghadiri acara semi formal, Anda bisa saja menanggalkan dasi dan mengenakan kemeja berbahan satin serta jas yang warnanya tidak melulu hitam. Bahkan, Anda bisa memadukannya bersama sneakers. Saat ini, banyak artis dan desainer dunia yang gemar memadukan gaya kasual dan semi formal sehingga penampilan tidak berkesan terlalu kaku.

Untuk jas, Anda bisa memilih Crows Denim Trend Navy Skinny Jas Pria warna biru ini. Jas ini terbuat dari bahan staff yang ditunjang dengan kancing depan dan kerah tinggi. Anda bisa memadukan jas ini bersama kemeja bermotif dalam warna gelap atau terang untuk kesan lebih cerah. Dapatkan melalui Blibli seharga Rp 414.000 dan di Zalora dengan harga Rp 415.700.

Salt n Pepper Mens Blazer

Sumber gambar www.zalora.co.id

G-Dragon alias Kwon Ji-yong adalah salah satu member boyband asal Korea Selatan, Big Bang, yang dipandang memiliki fashion taste oke. Hal ini tercermin dari tiap penampilannya yang bahkan mengundang perhatian desainer kelas dunia, Karl Lagerfeld. GD, sapaan akrab dari pemuda ini, juga beberapa kali mengenakan jas pada waktu-waktu tertentu dan tidak segan mengeksplorasi penampilannya.

Anda bisa mengadaptasi gaya GD yang memadukan jas dengan kaus berkerah tinggi untuk kesan semi formal menarik yang tetap stylish. Atau mengombinasikan jas hitam dengan kemeja hitam untuk penampilan yang lebih maskulin.

Anda bisa coba mengenakan Mens Blazer dari Salt n Pepper sebagai busana pilihan untuk gaya kekinian tersebut. Jas ini memiliki warna hitam dengan 2 kancing dan 2 saku di bagian depan. Selain itu, terdapat 1 saku di bagian dada dengan detail lining untuk kesan formal. Jas dengan kerah lapel ini berpotongan regular fit dan terbuat dari bahan katun untuk kenyamanan Anda. Bisa dipesan seharga Rp 506.961 di Zalora. Dapat pula diperoleh di Lazada seharga Rp 669.800.

Jas Pria Goog On

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Salah satu jas yang bisa Anda pilih adalah Goog On—Jas Pria Single Button Black Style BK 01 ini. Jas ini terbuat dari bahan drill impor berkualitas tinggi. Terdapat detail list putih di bagian saku dada dan jas dilengkapi 2 kantong depan serta 1 kancing bukaan. Jas ini cocok dikenakan untuk berbagai acara dan bisa didapatkan melalui Elevenia seharga Rp 500.000.

Sebagai alternatif, Anda bisa membeli Goog On BK02 Jas Hitam Pria yang hadir di Blibli seharga Rp 414.000 dan terbuat dari material jet black.

Hoof Mozen Jas Blazer Pria

Pilihan berikutnya adalah Hoof Mozen Jas Blazer Pria warna hitam. Jas berpotongan slim fit ini dapat memberi kesan lebih ramping pada tubuh Anda. Terdapat kancing bukaan depan dan 2 kantong pada bagian sisi kiri serta kanan jas juga 1 saku di bagian dada.

Anda bisa memadukan jas berbahan valextra twist ini dengan kemeja bermotif atau kemeja putih polos. Lewat kerah dengan potongan notch lapel, jas ini cocok dikenakan pada berbagai acara termasuk nuansa formal. Dapatkan melalui Blibli seharga Rp 375.000.

Sebagai alternatif, Anda bisa memilih Azena—Hoof Slimfit Mozen Jas Blazer Pria AZN—22 yang terbuat dari bahan wol kasmir import. Finishing dengan setrika uap menjadikan tampilan jas ini terlihat rapi dan bisa dipesan melalui Lazada seharga Rp 325.000.

Jas Pria Johnwin Slim Fit

Sumber gambar www.zalora.co.id

Rekomendasi terakhir datang dari merek lokal asli Indonesia yang menghadirkan busana berkualitas dunia. Merek Johnwin dari PT. Sukses Tulus Sejahtera ini bisa jadi opsi jika Anda ingin memilih jas pria berkualitas seperti Johnwin Slim Fit Jas Kerah Warna Hitam ini.

Jas dengan potongan slim fit ini terbuat dari bahan poliester dan cocok dikenakan pada acara resmi yang Anda hadiri. Terdapat kancing bukaan depan, 2 saku di sisi kiri dan kanan jas, serta 1 kantong pada bagian dada. Bisa dipesan melalui Zalora seharga Rp 999.875.

Untuk alternatif lain, Anda bisa memilih Slim Fit Blazer Full Zipper Abu dari Johnwin. Blazer ini menggunakan retsleting alih-alih kancing sehingga memberi kesan berbeda pada penampilan. Blazer ini terbuat dari bahan poliester dengan warna dasar abu-abu gelap dan bisa diperoleh melalui situs lgsgeneration.com seharga Rp 1.119.840.

From our editorial team

Sesuaikan Penggunaan Jas dengan Kebutuhan Acara

Setelan jas identik dengan acara resmi dan umumnya hadir dalam warna hitam karena memberi kesan formal. Namun, setelan jas tidak melulu identik dengan warna hitam. Anda bisa memilih setelan jas dalam warna lain jika ingin memberi kesan berbeda. Misalnya, Anda bisa memilih setelan jas dengan kombinasi warna antara kemeja dengan jas juga dasi supaya kesan penampilan tidak membosankan. Selain warna gelap, Anda juga bisa mengenakan kombinasi warna yang lebih cerah untuk acara malam hari.